Makanan Khas Sunda Cocok untuk Bisnis Kuliner

Editorial Mealy

Setiap kota pastinya memiliki makanan khas tersendiri. Salah satunya yaitu makanan khas Sunda yang ternyata populer dan bisa menjadi peluang bisnis kuliner yang bisa dicoba. Sunda memang mempunyai deretan kuliner khas. 

Tidak hanya enak, akan tetapi juga unik. Ada makanan dengan rasa asin, manis, gurih, bahkan rasa pedas. Selain itu, ada juga makanan khas, makanan berat, ringan, minuman segar, bahkan sampai dengan jajanan kaki lima.

Makanan Khas Sunda Cocok untuk Bisnis Kuliner

Masakan Sunda memang selalu identik dengan sayuran lalap atau daun-daunan hijau. Jika dari segi rasa, kuliner Sunda memang mempunyai cita rasa unik, gurih, pedas, dan manis di hidangan penutupnya. 

Ternyata makanan khas dari Sunda bisa memberikan peluang yang besar untuk kamu yang ingin membuka bisnis kuliner. Apabila kamu bingung makanan Sunda apa yang bisa dijadikan sebagai ladang bisnis yang menguntungkan, silakan menyimak penjelasan berikut:

Nasi Tutug Oncom

Nasi Tutug Oncom Untuk kuliner yang satu ini berasal dari Tasikmalaya. Hal ini sesuai namanya karena terbuat dari bahan utama olahan oncom, lalu dicampur menjadi satu. Untuk menikmati nasi tutug oncom, bisa menambahkan lauk tahu, tempe goreng, ikan asin, atau ayam goreng. 

Supaya bisa menambah cita rasa bisa menambahkan sambal terasi dan lalapan daun kemangi maupun timun supaya terasa lebih lezat dan segar.

Surabi

Surabi Surabi berbahan dasar tepung beras, santan, kelapa, dan terigu yang dimasak di tungku tanah liat. Surabi menjadi salah satu pancake dengan gaya khas Sunda. Terdapat dua jenis surabi yang ada di Sunda, seperti rasa asin dan manis. 

Untuk rasa asin pada biasanya memiliki taburan oncom di bagian atas. Sedangkan untuk surabi manis disiram dengan kuah gula merah. Jenis surabi manis cocok dikombinasikan dengan topping saus durian, coklat dan keju.

Seblak

Seblak Siapa di sini yang hobi makan seblak? Ini merupakan makanan khas Sunda yang paling banyak dicari oleh masyarakat. Ada beragam pilihan topping yang ada pada menu seblak seperti kwetiu, kerupuk, bakso mie kuning, telur, ceker ayam dan sayuran. 

Untuk semua bahan tersebut dimasak hingga layu dan empuk, lalu ditambahkan kaldu atau air yang sudah dibumbui. Apabila sudah matang, maka seblak sudah bisa dinikmati.

Cuanki

Cuanki Saat memasuki musim hujan dan dingin, cuanki menjadi hidangan yang paling tepat. Sebenarnya untuk makanan khas dari Sunda ini berupa bakso seperti pada biasanya. Akan tetapi cuanki memiliki pangsit goreng. 

Pada biasanya, makanan ini dikombinasikan dengan tahu bakso, gorengan dan juga kerupuk pangsit yang disiram ke dalam kuah kaldu nikmat.

Karedok

Karedok Untuk makanan khas Sunda yang ke 5 ini hampir mirip seperti lotek. Hanya saja, perbedaannya karedok memiliki beragam sayuran hijau yang segar dan mentah, lalu disiram dengan bumbu kacang. Berhubung sayuran tidak direbus, maka akan terasa lebih renyah pada saat dimakan. 

Ciri khas dari saus karedok yaitu menggunakan kencur, bawang putih, gula merah dan asam jawa, sehingga memberikan aroma yang lebih harum.

Cilok

Cilok Hampir semua orang pasti mengenal jajanan cilok. Tapi apakah kamu tahu bahwa ternyata cilok berasal dari jajanan Sunda yang cukup populer. Cilok juga disebut sebagai aci dicolok yang terbuat dari bahan tepung kanji maupun tapioka dibentuk bola-bola berukuran kecil dan teksturnya kenyal. 

Pada saat dimakan, lebih enak ketika disiram sambal kacang maupun saus sambal. Ada juga jenis cilok yang di dalamnya terdapat isian ayam suwir, tetelan sapi, abon atau cilok polos aja.

Es Goyobod

Es Goyobod Sebagian besar masyarakat yang tinggal di luar Jawa Barat akan kurang familiar dengan nama es Goyobod. Ini merupakan es campur atau sop buah kuliner khas Jawa Barat. Isi dan toppingnya sedikit berbeda, karena mempunyai ciri khas tersendiri. 

Di Bandung, es goyobod ini populer dan memperoleh respon yang positif. Sehingga bisa dijadikan sebagai peluang bisnis yang menguntungkan. Dengan adanya target market secara spesifik, maka bisa membantu kamu untuk menjalankan bisnis kuliner ini dengan keuntungan yang cukup banyak.

Tahu susu Lembang

Tahu Susu Lembang Di daerah Lembang Bandung memiliki kuliner ciri khas yaitu tahu susu Lembang yang mana untuk tahu ini berbeda seperti tahu pada biasanya. Untuk satu gigitan saja mampu memberikan sensasi tersendiri dengan teksturnya yang sangat lembut dan gurih. 

Susu Lembang termasuk sebagai makanan khas Sunda yang bisa memberikan peluang bisnis cukup besar, karena sudah memiliki banyak penggemar. Jika kamu masih bingung menentukan pilihan bisnis kuliner dengan peminat yang banyak, tahu susu Lembang sebagai solusinya.

Combro

Combro Makanan ini menggunakan bahan utama singkong di bagian dan dalamnya diisi dengan sambal oncom. Cita rasa dari jajanan ini karena menggunakan bumbu bawang merah, bawang putih, cabe rawit, dan cabe merah.

Sate Maranggi

Sate Maranggi Masih ada makanan khas dari Sunda yang memberikan potensi peluang usaha yang cukup tinggi, yaitu sate maranggi. Ini merupakan sate yang terbuat dari bahan daging sapi dipotong tipis kemudian ditusuk di bambu dan dibakar sampai matang. 

Ternyata sate maranggi itu sendiri memiliki hati di para penggemar kuliner. Alasannya, karena cita rasanya yang sangat gurih dan mempunyai bumbu yang sangat khas. Kelezatan sate maranggi menjadi salah satu favorit banyak orang dan bisa menjadikan potensi ini sebagai peluang bisnis. 

Makanan khas Sunda memang memiliki banyak keragaman, karena kota ini terkenal sebagai pusat kuliner yang bisa menggugah selera. Rempah-rempah dan bumbu yang digunakan memberikan ciri khas tersendiri.

Yuk, tulis resep masakanmu

Buat resep di Mealy, dibayar tiap bulan!