5 Menu Buka Puasa Hemat dan Gampang

Editorial Mealy

Bagi umat muslim, berpuasa merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan saat bulan suci Ramadhan. Namun, di luar bulan tersebut, umat muslim juga tetap bisa menjalankan puasa sunah jika mampu. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mengenal menu buka puasa irit.

Memilih hidangan dengan harga yang murah tidak hanya menghemat uang, namun juga untuk menjaga kestabilan finansial. Kamu bisa mengalokasikan biaya membeli menu berbuka yang berlebih ke hal-hal lain yang juga bermanfaat dan dibutuhkan sehari-hari.

Meskipun demikian, harga yang murah tidak mencerminkan rasa yang kurang enak. Terdapat banyak pilihan menu buka puasa yang lezat yang dijual dengan harga yang terjangkau. Selain itu, kamu juga bisa membuatnya sendiri dengan memanfaatkan bahan-bahan rumahan.

Daftar Menu Buka Puasa Irit

Terdapat dua tipe orang saat berbuka puasa, ada yang menyukai menu yang manis dan ada pula yang suka makanan asin. Umumnya, makanan yang manis dimakan terlebih dahulu dan selanjutnya makanan dengan rasa gurih dan asin dimakan bersama dengan nasi.

Sambal Terong Lalap

Pilihan menu berbuka yang pertama yang bisa kamu coba adalah sambal terong lalap. Di pasar, terong bulat dijual dengan harga yang cukup murah per ikat atau per kilogram. Nah, untuk membuat hidangan ini, kamu membutuhkan terong bulat sebanyak 200 gram dan rebon tawar 2 sendok makan.

Adapun bahan untuk bumbu adalah bawang putih, cabai merah besar, gula, bawang merah, garam, cabai rawit, kaldu bubuk, dan saus tiram. Pertama-tama, tumis rebon tawar hingga wangi lalu masukkan semua bahan untuk bumbu cincang. Aduk dan tumis hingga rebon dan bumbu hampir matang.

Setelah itu, masukkan terong dan bumbui dengan gula, kaldu bubuk, saus tiram, serta garam. Lakukan koreksi rasa dan masak di atas api besar selama beberapa menit. Jika terong terlihat berubah warna, maka segera angkat dan sajikan diatas piring.

Kamu bisa menikmati terong sambal lalap bersama dengan nasi saat berbuka puasa. Tips untuk memasak menu ini adalah hindari menggunakan cabai yang banyak untuk mengurangi risiko naiknya asam lambung yang berbahaya untuk kesehatan.

Tempe Goreng Sambal

Tempe goreng adalah salah satu menu yang sering disajikan di rumah sebagai lauk sehari-hari. Harga tempe yang murah, pengolahan yang gampang, serta kandungan gizi yang bagus untuk kesehatan menjadi faktor utamanya. Oleh karena itu, hidangan ini juga cocok digunakan sebagai menu berbuka.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat tempe goreng sambal yaitu tempe, garam, serai, bawang merah, daun jeruk, cabai rawit, minyak panas, kaldu ayam, serta gula. Potong tempe berbentuk memanjang, dadu, atau dadu sesuai dengan selera masing-masing lalu taburi dengan garam

Goreng potongan tempe tersebut di atas wajan hingga berubah menjadi golden brown. Setelah matang, campur irisan serai, daun jeruk, cabai rawit dan bawang merah ke dalam sebuah wadah. Tambahkan air perasan jeruk kunci, kaldu bubuk, dan gula lalu remas-remas hingga semuanya merata.

Gunakan sarung tangan plastik agar tangan kamu tidak pedas. Setelah itu, siram bumbu menggunakan minyak panas bekas menggoreng tempe dan aduk rata. Jika rasa sudah sesuai, masukkan tempe ke dalam sambal pedas dan siap untuk disantap bersama nasi setelah berbuka.

Pepes Tahu

Selain tempe, olahan tahu juga dapat menjadi menu buka puasa irit yang bisa dibuat dengan mudah. Pepes tahu dapat diisi dengan daging apapun sesuai pilihan, salah satunya yang paling enak adalah jamur merang. Kamu hanya membutuhkan beberapa bahan untuk membuat hidangan ini.

Mulai dari tahu putih, jamur merang, daun kemangi, telur, santan, bawang putih, kencur, cabai, kemiri, gula, garam, dan penyedap rasa. Haluskan tahu terlebih dahulu lalu peras agar kandungan airnya berkurang. Tumis semua bumbu halus hingga tercium aroma wangi.

Campurkan tahu yang telah diperas dengan bumbu halus, telur, dan daun kemangi lalu aduk secara merata. Ambil sedikit adonan tahu lalu tempatkan di atas daun pisang. Jika suka, kamu bisa menambahkan daun salam dan irisan serai kemudian gulung daun pisang.

Pastikan kedua ujung daun tertutup sempurna untuk menghindari kebocoran adonan pepes. Setelah itu, kukus sekitar satu jam lalu bakar pepes tahu di atas bara kurang lebih 5 menit. Nah, pepes tahu untuk buka puasa sudah siap dinikmati bersama dengan keluarga.

Kolak Pisang

Nah, menu buka puasa irit lainnya yang banyak diminati adalah kolak pisang. Menu ini sangat andalan saat bulan Ramadhan dan bisa ditemui di berbagai penjual takjil. Harga per porsinya pun tergolong cukup murah, yaitu mulai dari Rp5.000. Akan tetapi, jika kamu tertarik untuk membuatnya tentu lebih bagus lagi.

Bahan-bahan untuk membuat kolak pisang sangat mudah untuk didapatkan yaitu pisang kepok matang, gula merah, gula pasir, air putih, dan santan. Kupas pisang kepok tersebut dan potong-potong sesuai dengan selera. Siapkan panci untuk memasak kuah dengan mendidihkan air terlebih dahulu.

Setelah itu, masukkan semua bahan selain pisang hingga gula mencair. Tambahkan pisang ke dalam air pisang dan masak hingga dagingnya empuk dan matang. Terakhir, masukkan santan kelapa dan masak kembali hingga mendidih. Angkat kolak setelah matang dan sajikan di atas mangkuk.

Pisang Penyet

Jika beberapa menu buka puasa sebelumnya memiliki rasa gurih, maka pisang penyet bisa menjadi pilihan para pecinta manis. Hidangan ini sangat cocok dinikmati setelah seharian menahan lapar dan langsung ditutup dengan makanan bercita rasa manis.

Pertama-tama, siapkan pisang kepok dengan jumlah sesuai selera. Buka dan goreng pisang tersebut hingga berwarna kecoklatan. Setelah itu, tiriskan pisang untuk membuang minyaknya dan penyet-penyet agar berbentuk pipih. Olesi mentega pada bagian atas pisang secara merata.

Bahkan, jika ingin menghemat biaya lagi, maka kamu bisa membeli susu untuk dijadikan topping bersama meses. Tuang susu sedikit demi sedikit diatas pisang dengan membentuk pola zig-zag agar terlihat menarik. Setelah itu, bisa ditambahkan dengan meses warna-warni agar lebih cantik.

Sayur Bening

Selain sebagai hidangan sehari-hari, sayur bening juga enak dijadikan sebagai menu berbuka bersama dengan nasi dan lauk lainnya. Cara membuatnya pun cukup mudah yaitu dengan memasak air hingga mendidih lalu memasukkan potongan jagung manis, wortel, serta bumbu-bumbu.

Setelah wortel dan jagung terlihat sedikit matang, masukkan bayam yang telah dipetik dan dibersihkan ke dalam panci. Masak beberapa saat dan koreksi rasa dari sayur bening. Jika terasa enak, maka matikan api lalu angkat sayur bening dan sajikan selagi hangat.

Buka puasa merupakan momen membahagiakan bagi umat muslim setelah menahan haus dan lapar seharian. Oleh karena itu, mereka biasanya membutuhkan hidangan atau menu yang menyegarkan, sehat, enak, serta mengenyangkan.

Meskipun demikian, kamu sebaiknya tetap memilih menu buka puasa irit agar namun tetap lezat agar menghindari sifat yang boros. Umumnya, setelah buka puasa seseorang tidak bisa mengonsumsi banyak makanan. Jadi, membuat menu yang hemat adalah pilihan yang tepat.

BACA JUGA: Berikut Adalah Teknik Menumis yang Harus Dikuasai

Yuk, tulis resep masakanmu

Buat resep di Mealy, dibayar tiap bulan!