Escargot: Asal Usul, Cara Mengolah, dan Manfaatnya

Editorial Mealy

Tahukah kamu apa itu escargot? Salah satu makanan mahal asal Perancis ini ternyata berbahan dasar bekicot atau siput. Bukan sembarang siput, namun hanya beberapa jenis dengan rasa terbaik dapat diolah dan dikonsumsi.

Kalau versi sederhananya, makanan ini disajikan dengan rempah seperti kecap, jahe, dan cuka. Namun, sekarang sudah semakin banyak modifikasi yang dilakukan untuk menghasilkan menu bekicot yang lebih enak.

Sejarah Escargot

Walaupun baru dikenal lebih luas beberapa dekade saja, namun ternyata makanan berbahan baku bekicot ini sudah ada sejak bangsa Romawi. Tepatnya abad ke-6 masehi. Saat itu hanya kalangan tertentu yang dapat mengkonsumsi escargot yang teridentifikasi dari temuan ilmuwan. Sejarah Escargot Ada satu cerita legenda yang sering dijelaskan di berbagai referensi namun memang belum bisa dipastikan keabsahannya, yaitu tentang pengolahan siput sebagai makanan mewah di tahun 1814.

Kala itu, Tsar Alexander melakukan kunjungan ke kediaman Pangeran Talleyrand yang merupakan seorang diplomat. Koki sang pangeran kala itu yang bernama Antonin Careme dibuat bingung karena sedang tidak memiliki menu makanan tepat untuk disajikan kepada tamu istimewa.

Tiba-tiba muncul ide untuk menghidangkan escargot berasal dari perkebunan. Pengolahan yang dilakukannya sangat ekstra untuk membuat rasa asli dari siput tidak dikenali. Dia memberikan bawang putih dan peterseli serta mentega, alhasil Tsar Alexander menikmati hidangan tersebut.

Sejak itulah konon kabarnya kelezatan mulai mendunia bahkan hingga ke Indonesia yang memang menjadi salah satu habitat berbagai jenis siput.

Cara Mendapatkan Daging Escargot Terbaik

Satu hal yang perlu diingat adalah tidak semua jenis siput bisa diolah menjadi hidangan yang lezat dan layak santap. Hanya beberapa yang direkomendasikan, di antaranya adalah Helix pomatia, Elona quimperiana, dan Helix lucorum.

Saat paling baik untuk mengolahnya adalah ketika sedang melakukan hibernasi, yaitu saat siput tersebut bersembunyi di dalam bagian cangkangnya menjelang musim dingin. Lalu, untuk mengolahnya menjadi sajian enak bisa diolah dengan cara berikut:

Panen Escargot

Panen Escargot Hal pertama yang dilakukan adalah memanen siput kualitas bagus, kemudian pastikan dalam kondisi hidup jika memang ingin mengolah sendiri dari awal hingga siap untuk disajikan.

Ada juga versi escargot kaleng yang memang sudah siap dimasak, tentunya dengan menggunakan bumbu yang kamu suka.

Simpan 10 Hari

Kalau kamu memilih membeli siput dari lokasi panen, maka siput yang sudah didapatkan tersebut harus disimpan terlebih dahulu dalam ember yang ditutup namun diberi beberapa lubang bernafas.

Paling tidak, selama 10 hari siput harus disimpan dan tetap diberi makan dan minum yaitu air tawar dan selada yang sudah dicincang.

Pada hari ketujuh, kamu bisa menghentikan pemberian selada lalu mengganti air tawar dengan air anggur agar tekstur dan rasanya saat diolah menjadi lebih lezat.

Bersihkan Lendir

Bersihkan Lendir Sebelum membersihkan lendir, siram siput dengan garam secukupnya lalu biarkan hewan tersebut secara alami mengeluarkan lendir yang ada pada tubuhnya. Biasanya akan dibutuhkan waktu sekitar empat jam sampai semua lendir pada tubuh siput keluar sempurna.

Setelah itu, kamu bisa membersihkan lendir tersebut dan membilas bersih siput.

Kupas Cangkang

Lanjutkan dengan proses merebus selama 10 menit, lalu keluarkan daging siput dari bagian cangkang dan siput sudah siap untuk diolah menjadi menu lezat.

4 Cara Penyajian Escargot Terbaik

Di Perancis, setidaknya ada tiga menu paling spektakuler dari siput yang rasanya enak dan menjadi masterpiece berbagai restoran. Untuk mengolahnya tidaklah sulit, mau tahu?

Mentega dan Parsley

Kalau kamu ingin menampilkan kesempurnaan siput dalam sebuah menu mewah ala Perancis, maka menggunakan mentega dan parsley saat memasaknya adalah hal utama. Proses pengolahannya yaitu dengan memanggang siput bersama mentega beraroma bawang putih.

Setelah itu, akan ada tambahan bawang putih yang dicincang halus dan daun parsley sebagai penambah aroma. Jika dipanggang dalam waktu tepat, maka rasa daging siput akan benar-benar empuk dan kenyal sehingga sangat mudah dikonsumsi.

Kentang dan Krim

Jika ingin rasa escargot yang lebih creamy, bisa dipadukan dengan kentang panggang yang diberi tambahan bawang putih, mentega, dan krim yang lezat. Untuk hasil maksimal, banyak yang memilih versi kalengan dari siput.

Kemudian tumis sampai matang, baru setelah itu diletakkan pada bagian atas kentang. Setelah itu, baru diberikan bumbu tambahan dan krim dan panggang sampai matang.

Saat disajikan, biasanya akan diberikan taburan irisan daun parsley atau rosemary untuk memaksimalkan aroma khas makanan Perancis.

Wine dan Roti Gandum

Jika ingin mengkonsumsinya bersama roti gandum, pengolahan yang tepat adalah dengan memanggang siput. Dimana masing-masing diberikan bumbu spesial, tentunya tak jauh dari bawang putih dan rempah daun-daunan beraroma.

Setelah matang, tinggal disajikan bersama roti gandum bakar yang sudah diolesi garlic butter untuk memaksimalkan aroma bawang putih yang lezat.

Sup Escargot

Memang tidak bisa sembarangan mengolah dan menyajikan siput menjadi sebuah sup yang lezat. Di Perancis biasanya koki handal menyajikannya dengan kuah sop berupa krim kental yang sudah diberi berbagai bumbu dan rempah.

Jadi rasa dari siput menjadi naik level dan tidak akan ada rasa amis saat menggigit dan menelannya. Menu ini sudah pure menjadi sebuah menu baru yang eksklusif, wajar jika dibanderol dengan harga mahal.

BACA JUGA: Kenali Rempah dalam Masakan Eropa Lebih Dekat

Kandungan dari Escargot

Kenapa banyak orang suka dengan siput ini? Selain memiliki cita rasa yang enak setelah diolah dan disajikan, juga karena kandungan di dalamnya yang kaya vitamin dan mineral penting bagi kesehatan. 

Apa saja kandungan hebatnya? Berikut ini kajian kandungannya dalam setiap 100 gram daging escargot tersebut:

  • Protein 12 gram

  • Lemak 1%

  • Kalsium 237 mg

  • Fe 1,7 mg

  • Hidrat Arang 2%

  • Arginin 4,88 gr

  • Leusin 4,62 gr

  • Asam Aspartat 5,98 gr

  • Asam Glutamat 8,16 gr

  • Lisin 4,35 gr

Dengan kandungan yang super lengkap tersebut, tidak ada salahnya untuk mencoba mengkonsumsinya meskipun mungkin bagi kamu yang belum pernah makan siput akan sedikit geli dengan tekstur kenyalnya.

Manfaat Escargot

Jika kamu sudah tahu escargot itu apa hingga proses mengolahnya, maka tidak ada salahnya juga untuk mengenal apa saja manfaat dari makanan ini ketika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat.

Membantu Perkembangan Otot

Kandungan proteinnya yang tinggi ditambah asam amino terbaik akan membantu perkembangan otot menjadi lebih maksimal. Apalagi kalau dibarengi dengan olahraga teratur, hasilnya akan lebih maksimal untuk tubuh dan kondisi otot jangka panjang.

Mengembalikan Mood

Ketika sedang melow atau sedih, mungkin mencoba makan escargot menjadi solusi. Ada kandungan hormon melatonin dan serotonin yang akan membantu merubah suasana hati menjadi lebih baik.

Atasi Kurang Gizi

Protein dan zat besi di dalam siput pilihan akan membantu meminimalisir masalah kurang gizi. Kolaborasi keduanya akan memaksimalkan lemak esensial dan penyerapan nutrisi yang lebih baik.

Penasaran untuk mencoba mengkonsumsi escargot? Kamu bisa mengolahnya sendiri, kemudian memasaknya dengan menerapkan salah satu cara masak yang tepat dan makan sebagai bagian dari sarapan atau makan malam.

Tekstur kenyal dan rasa gurih dari daging siput ini akan membuat ketagihan. Tapi, jangan terus menerus mengkonsumsinya. Kamu tetap harus membatasi konsumsi makanan ini dibarengi dengan konsumsi sumber protein dan mineral lainnya.

Yuk, tulis resep masakanmu

Buat resep di Mealy, dibayar tiap bulan!