Kenali Gula Cair Singkong, Alternatif Pemanis Lebih Sehat

Editorial Mealy

Dalam kehidupan sehari-hari, gula menjadi bahan pokok yang harus ada di dalam dapur. Selain untuk memaniskan minuman ternyata juga bisa untuk membumbui makanan loh. Kamu bisa menemukan alternatif pengganti yaitu gula cair singkong. 

Apakah kamu sudah pernah mendengar gula singkong sebelumnya? Gula singkong ini bisa digunakan untuk pemanis loh. Namun, tetap saja sebagai pemanis alami dari sebuah bahan makanan yang sehat. 

Pastinya dengan adanya gula singkong maka akan membuat penyakit yang disebabkan oleh gula menjadi menurun. Inovasi dalam dunia gula-gulaan ini akan menambahkan cita rasa yang menarik pada makanan. Nah, bagaimana bisa singkong dijadikan gula? Lihat pada ulasan di bawah ini. 

Pengertian Gula Cair Singkong

Jika saja disebut gula singkong maka merupakan sebuah gula yang terbuat dari singkong. Tanaman ini ternyata bisa menjadi sebuah gula atau pemanis untuk makanan. Bentuk dari gula ini adalah cair sehingga dikenal juga sebagai gula cair singkong. 

Menariknya, tingkat kemanisan yang dimiliki oleh gula singkong ini adalah 2,5x lebih manis jika dibandingkan dengan gula tebu. Ya, gula yang biasa dikonsumsi saat ini namanya adalah gula tebu yang berasal dari tanaman tebu. 

Pada gula cair yang terdapat pada singkong ini bebas gluten yang mana adalah bahan yang cukup berbahaya untuk tubuh. Jadi, keunggulan dari gula cair ini adalah lebih sehat. Kandungan lainnya yang tidak kalah baik adalah rendahnya kalori dan karbohidrat yang cocok untuk diet. 

Jika dirasakan memang lebih manis dan juga mudah larut pada air sehingga cukup sedikit saja untuk penggunaannya. Gula ini bisa bertahan sampai dengan satu tahun meskipun tanpa pengawet sehingga harganya lebih murah karena penggunaannya yang irit. 

Proses Pembuatan Gula Cair Singkong

Bentuk dari gula singkong ini adalah cair yang mana berbeda seperti gula pasir. Akan tetapi, untuk pembuatannya sendiri tidak dapat dilakukan secara sendiri karena proses pembuatannya melewati proses kimia yang pastinya higienis. 

Untuk proses-proses pembuatannya sendiri bisa melalui beberapa tahapan, yaitu:

  1. Langkah 1

    Persiapan bahan baku yaitu singkong dengan bentuk yang baik. 

  2. Langkah 2

    Kemudian, bahan baku tersebut harus dipisahkan dengan kulitnya. 

  3. Langkah 3

    Kulit dari singkong akan direndam selama 3 hari dalam proses pembuatan gula cairnya. 

  4. Langkah 4

    Setelah 3 hari perendaman, bisa langsung digabungkan dengan singkong yang sudah dikupas sebelumnya. 

  5. Langkah 5

    Tahapan selanjutnya adalah proses likuifikasi serta sakarifikasi agar bisa menjadi cair. 

  6. Langkah 6

    Lalu, akan dilakukan cara pemucatan dengan menggunakan arang aktif. 

  7. Langkah 7

    Dan juga, untuk tahapan terakhir adalah dilakukan penyaringan, uap, dan pengemasan.

Proses-proses di atas dilakukan dengan steril dan menggunakan alat-alat kimia yang dijaga kebersihannya. Kemudian, untuk proses pengemasan sendiri dipilih pengemasan yang awet dan tahan lama sehingga tidak akan mudah rusak gula cair di dalamnya. 

Untuk perusahaan yang melakukan proses pembuatan gula ini pastinya akan membuat produk dengan kualitas terbaik. Karena kesehatan yang mengkonsumsinya juga diperhatikan sehingga bisa menjad alternatif pengganti gula tebu. 

Dimana Bisa Mendapatkan Gula Cair Singkong? 

Sebenarnya, mencari gula ini terbilang susah-susah gampang karena tidak terlalu terkenal untuk kebutuhan rumah tangga. Butuh usaha yang besar agar bisa mendapatkan gula cair sehat ini. 

Akan tetapi, karena sudah ada toko online sehingga akan mudah mendapatkannya karena bisa diorder secara online. Cara pemesanannya juga terbilang cukup mudah pada online shop yaitu facebook, shopee, tokopedia, dan e-commerce lainnya. 

Harga dari gula ini berkisar Rp. 30.000,- untuk setiap 600 gram nya. Apakah terbilang mahal? Jawabannya adalah tidak karena cara menggunakannya hanya butuh sedikit saja. Rasanya lebih manis 2,5x lipat dibandingkan dengan gula tebu loh. 

Apabila kamu menggunakan 1 sendok teh gula tebu maka untuk menggunakan gula cair ini hanya butuh 1/3nya sehingga bisa mendapatkan rasa manis yang sama. Cukup hemat bukan untuk menggunakan gula ini? 

Keunggulan Gula Cair Singkong untuk Tubuh

Bisa dijadikan sebagai gula alternatif saat tidak merasakan gula tebu karena takut akan efek samping yang didapatkan. Kamu bisa mengenal gula cair yang berasal dari singkong ini. Gula ini berasal dari Cassava dan sudah terbukti aman, halal, dan higienis. 

Saat ini, gula ini sudah didefinisikan sebagai Healthy Daily Sugar atau gula harian yang dirasa lebih sehat. Nah, dari sini dapat dilihat bukan bahwa gula ini memiliki kelebihan pada kesehatan. Akan tetapi, masih ada keunggulan lain yang bisa ditemukan, yaitu:

1. Mudah Dicerna Tubuh

Gula ini sangat mudah dicerna tubuh karena merupakan fruktosa atau gula buah. Dengan kata lain, gula ini berasal dari buah-buahan yang kaya akan serat dan baik untuk kesehatan. Selain mudah dicerna juga bisa membantu makanan lainnya agar nutrisinya bisa diserap dengan baik oleh tubuh. 

2. 100% dari Bahan Alami

Singkong adalah sumber daya alam yang bisa dikatakan sebagai bahan alami. Jadi, gula ini adalah 100% terbuat dari bahan alami yang mana sangat aman dikonsumsi untuk anak-anak di bawah usia 5 tahun, ibu hamil, maupun ibu menyusui. 

Dan ternyata karena kandungan bahan alaminya juga bisa digunakan untuk makanan maupun minuman yang dipanaskan. Tidak akan ada senyawa berbahaya yang membahayakan tubuh loh. 

3. Rendah Kalori

Bagaimana bisa gula rendah kalori? Karena gula cair ini terbuat dari singkong atau Cassava yang kalorinya sendiri rendah. Bisa dikatakan meskipun rasanya lebih manis namun kalorinya hanya setengah dari gula pasir loh.

Jika 1 kg gula pasir mengandung 3870 kalori, gula cair ini hanya 1.734 kalori saja. Jadi, gula ini bisa dikonsumsi oleh orang yang melakukan program diet. Kabar baiknya, untuk penderita diabetes ternyata juga aman mengkonsumsi gula cair singkong sebagai ganti gula pasir bukan? 

4. Tidak Mengandung Gluten dan Bahan Pengawet

Kelebihan lainnya yang bisa dirasakan oleh kesehatan adalah bahwa gula cair ini tidak mengandung gluten. Yang mana gluten pastinya ada pada gula pasir yang biasa digunakan sehari-hari. 

Pasalnya, saat ini sangat banyak kasus alergi gluten sehingga tidak boleh makan sembarangan. Dan juga, bebas gluten baik untuk orang yang menderita autis atau hiperaktif. 

Selain itu, dalam kandungan gula ini tidak diberikan pengawet, pemutih, maupun kimia buatan lainnya yang bisa membahayakan tubuh. Hal tersebut sudah bisa diatasi dengan seluruh rangkaian proses kimia yang sangat panjang dan pastinya steril. 

5. Mudah Larut, Tidak Pahit, dan Tidak Gatal Di Tenggorokan

Saat ini berbicara mengenai bentuk dan rasa dari gula cair ini yang mudah larut dalam air. Selain itu, rasanya sudah dipastikan manis tidak ada rasa pahit sedikitpun. Bisa dicampur dengan minuman dan tidak akan terasa gatal di tenggorokan karena tidak ada ampas atau sisa gulanya. 

Menarik bukan untuk jenis gula cair singkong ini? Akan menjadi pilihan yang tepat jika kamu mencari alternatif pemanis yang lebih sehat. Bahkan keunggulannya akan sangat baik mempengaruhi tubuh bukan? Yuk, segera order gula manis dan sehat ini.

Yuk, tulis resep masakanmu

Buat resep di Mealy, dibayar tiap bulan!