9 Jenis Sutil atau Spatula dan Fungsinya untuk Memasak

Editorial Mealy

Sutil atau nama lain dari spatula, merupakan salah satu alat masak yang sangat dibutuhkan di dapur. Terlebih untuk menggoreng, tentunya dibutuhkan spatula. Spatula diciptakan dengan berbagai bentuk untuk menyesuaikan dengan kegunaannya.

Di setiap dapur wajib memiliki alat masak satu ini karena penggunaan spatula hampir diperlukan setiap hari untuk memasak. Jika tidak ada satupun spatula yang tersedia di dapur, maka kegiatan memasak tidak dapat dilakukan mengingat barang ini sangatlah krusial. 

Jenis spatula apa saja yang harus kamu punya di dapur? Berikut pembahasannya.

Jenis Sutil dan Fungsinya

Spatula didesain dengan bentuk yang berbeda dan memiliki fungsi yang berbeda pula. Namun, apakah kamu sudah paham kegunaan setiap jenis spatula? Agar tidak bingung, mari kupas secara lengkap 9 jenis spatula dan kegunaannya berikut.

Spatula Kayu

Spatula Kayu

Hampir di setiap dapur pasti ditemukan spatula jenis ini. Jenis kayu yang paling umum digunakan untuk membuat spatula ini yaitu kayu mahoni. Spatula ini sangat aman dipakai untuk memasak karena ramah lingkungan. 

Namun, sebelum membeli spatula kayu, pastikan kayu yang digunakan aman dan cocok untuk memasak. Pasalnya, tidak semua jenis kayu baik digunakan untuk membuat peralatan masak. Ada kayu pinus dan cemara yang memiliki banyak getah dan aroma khas sehingga tidak cocok untuk membuat spatula. 

Selain itu, kelebihan spatula jenis ini yaitu tidak menimbulkan goresan di penggorengan karena bentuknya yang tidak tajam. Material kayu juga tidak dapat menghantarkan panas sehingga tangan akan aman dari panas saat memasak.

Namun, kekurangan dari spatula jenis ini yaitu rentan berjamur jika diletakkan di tempat lembab. Solusinya, simpan spatula di tempat yang tidak mudah lembab dan pastikan selalu dalam keadaan kering sebelum disimpan. 

Selain itu, spatula kayu juga dapat menyerap makanan dengan mudah, sehingga untuk membersihkannya harus benar-benar ekstra. Hal tersebut bertujuan agar spatula tidak meninggalkan bau yang dapat merusak cita rasa makanan jika digunakan kembali.

Sutil kayu biasa digunakan untuk memasak berbagai makanan, mulai dari gorengan sampai masakan berkuah dan bersaus.  

Spatula Berongga

Spatula Berongga

Jenis spatula satu ini umumnya berbahan dasar aluminium. Namun, yang membedakan yaitu adanya rongga di bagian tengah spatula yang berguna untuk menyaring air ataupun minyak saat mengangkat makanan dari wajan atau panci. Bisa juga dipakai untuk menggoreng telur. 

Keutamaan spatula jenis ini dapat mempermudah meniriskan makanan saat diangkat. Bentuk spatula jenis ini ada yang berongga bulat ada juga yang berongga memanjang dengan gagang yang cukup panjang. Fungsinya tetap sama, namun desainnya saja yang berbeda. 

Spatula ini juga cocok digunakan ketika menyantap shabu-shabu. Jika menggunakan sendok sayur kurang efektif karena kemungkinan akan sulit mengambil isi dari dalam masakan yang berkuah banyak. Untuk itu, penggunaan spatula berongga sangat efektif untuk menyaring isi makanan berkuah.

Spatula Stainless

Spatula Stainless

Spatula jenis ini paling sering digunakan untuk memasak baik di dapur, resto, maupun para pedagang kaki lima pasti menggunakan jenis spatula ini. Keunggulan spatula stainless ini yaitu lebih awet dan kuat digunakan untuk memasak dalam porsi banyak.

Spatula ini juga dilengkapi dengan gagang yang panjang dan dilapisi bahan yang tidak dapat menghantarkan panas agar aman digunakan. Namun, kekurangannya yaitu tidak dapat digunakan untuk teflon dan wajan keramik karena dapat menimbulkan goresan dan lapisannya bisa terkelupas. 

Kebanyakan spatula ini difungsikan untuk menggoreng ikan, ayam, dan menumis. Untuk penggunaan spatula ini disesuaikan dengan kebutuhan. Jika memasak dalam porsi besar, maka gunakan spatula dengan pegangan panjang agar tangan terhindar dari panas. 

Spatula Sayur

Spatula Sayur

Spatula sayur memiliki ciri khas yaitu gagangnya panjang dan dilapisi bahan anti panas seperti karet atau silikon untuk melindungi tangan dari panas saat memasak. Bentuk ujungnya yang cekung dan bulat berguna untuk mengangkat isi dan kuah pada masakan.

Spatula jenis ini biasa digunakan untuk memasak makanan berkuah seperti rawon, sup, bakso, dan kari. Material paling umum yang digunakan untuk membuat spatula sayur yaitu stainless steel. 

Spatula Silikon

Spatula Silikon

Spatula/sutil jenis ini sudah populer di kalangan masyarakat. Sifatnya yang tahan panas dan food grade menjadikannya aman bagi kesehatan. Silikon dengan bahan food grade tidak akan menimbulkan bau, tidak luntur, tidak berminyak, dan aman dipakai pada temperatur panas.

Selain itu, kelebihan spatula silikon yaitu bahannya elastis dan pipih sehingga tidak dapat menggores permukaan wajan. Selain itu, banyak tersedia beragam warna sehingga dapat dipilih sesuai selera. 

Spatula jenis ini biasa digunakan untuk memasak pasta, menumis, bahkan cocok untuk mengaduk adonan kue. Namun, tidak disarankan menggunakan spatula jenis ini untuk menggoreng dalam minyak yang banyak. 

BACA JUGA: Wajib Tahu, Ini Perbedaan Merica dan Ketumbar

Spatula Teppan

Spatula Teppan

Namanya mungkin terdengar kurang familiar, namun sering dijumpai di restoran Jepang yang menggunakan panggangan plat besi. Bentuknya pipih, lebar, ceper, dan gagangnya pendek mirip pisau dan terbuat dari logam atau stainless steel. Bahannya cukup kuat dan tajam.

Spatula jenis ini digunakan untuk mengaduk, memotong, mencacah bahan masakan, dan membalikkan masakan yang ada di atas wajan plat besi. Untuk menggunakannya diperlukan dua buah sutil. 

Spatula Frosting

Spatula Frosting

Spatula ini biasa digunakan di bidang per-kue-an. Bentuk ujungnya yang panjang, tipis, ramping, dan memiliki gagang yang pendek cocok digunakan untuk meratakan krim pada kue. Material pembuatan sutil frosting yang paling umum yaitu stainless steel dan aluminium.

Jenis spatula ini memiliki beragam ukuran dan bentuk seperti persegi panjang dan segitiga yang dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Untuk menghias kue yang cukup besar, maka gunakan spatula frosting yang memiliki ukuran besar agar pengaplikasian krim pada kue dapat terlihat sempurna.

Spatula Jepit

Spatula Jepit

Spatula ini merupakan suatu inovasi baru untuk memudahkan membalik makanan yang sedang dimasak. Keunggulan dari penggunaan spatula jenis ni yaitu mempertahankan bentuk makanan agar tidak rusak ketika dibalik. 

Spatula ini didesain dengan mengkombinasikan antara spatula datar dan spatula berbentuk garpu yang dibuat menyatu dengan gagang untuk memudahkan menjepit makanan. Bagi pemula yang baru terjun di dapur, alat masak satu ini sangat membantu. 

Spatula ini sangat cocok digunakan untuk memasak telur atau memasak makanan berbentuk datar yang lain. 

Spatula Pasta

Spatula Pasta

Spatula ini didesain khusus untuk memudahkan dalam memasak pasta. Bentuk pasta yang panjang dan cukup licin sangat sulit jika disaring menggunakan spatula biasa. Dengan menggunakan spatula pasta, maka pengambilan pasta akan lebih mudah.

Bentuknya bulat, berlubang, dan bergerigi dapat efektif meniriskan air dan menyaring pasta agar tidak jatuh kembali ke dalam panci karena bentuknya yang berlubang.

Spatula pasta ini cocok digunakan untuk memasak berbagai jenis pasta, seperti spaghetti, fusilli, fettuccine, dan macaroni. 

Dari 9 jenis sutil tersebut, masing-masing memiliki bentuk dan fungsi yang berbeda-beda. Setelah mengetahui berbagai bentuk dan fungsinya, jangan sampai salah menggunakan jenis spatula satu dengan yang lain.

Yuk, tulis resep masakanmu

Buat resep di Mealy, dibayar tiap bulan!