8 Alat Wajib Untuk Membuat Bakso yang Harus Kamu Gunakan!

Editorial Mealy

Bakso merupakan hidangan kesukaan banyak orang. Bakso juga bisa diolah dengan berbagai cara seperti digoreng, dibakar, dan direbus. Untuk kamu yang suka makan bakso, kini kamu bisa membuat bakso sendiri di rumah dengan menggunakan alat wajib untuk membuat bakso.

Dengan bantuan alat-alat ini, kamu bisa membuat bakso sendiri di rumah sesuai dengan seleramu. Kamu jadi bisa menikmati bakso kapanpun di rumah. Ini dia beberapa rekomendasi alat yang digunakan untuk membuat bakso sendiri di rumah! Apa saja ya?

Rekomendasi Alat Wajib Untuk Membuat Bakso

Rupanya ada banyak alat dapur yang bisa mempermudah proses memasak. Seperti inovasi alat-alat untuk membuat bakso. Dengan alat-alat ini, kamu tidak perlu mengotori tanganmu dengan adonan bakso terutama saat proses pembentukan bakso. Ini dia rekomendasi alat pembuat bakso!

1. Cetakan Bakso Stainless Steel 

Cetakan Pembuat Bakso StainlessAgar bakso berbentuk bulat sempurna, kamu bisa menggunakan cetakan bakso yang berbentuk seperti scoop es krim dengan bahan stainles steel. Cetakan bakso jenis ini memang termasuk dalam cetakan paling praktis yang bisa kamu gunakan.

Penggunaan cetakan ini juga mudah seperti menggunakan gunting. Kamu cukup memasukkan atau mengambil adonan bakso kemudian satukan dua gagang pada alat ini. Adonan bakso akan menjadi bulat sempurna. Lalu, kamu bisa langsung menggoreng atau merebus adonan bakso yang sudah dicetak. 

Cetakan bakso ini cenderung menghasilkan adonan bakso dengan ukuran yang lebih besar. Namun prosesnya harus dilakukan satu per satu karena hanya ada satu cetakan dalam satu alat ini. Harganya juga lebih mahal jika dibandingkan cetakan bakso yang terbuat dari plastik.

2. Cetakan Bakso Berbentuk Sendok Sayur

Cetakan Bakso Sendok Sayur Alat wajib untuk membuat bakso yang berikutnya adalah cetakan bakso berbentuk seperti sendok sayur. Selain bisa digunakan untuk mengaduk adonan bakso, cetakan jenis ini bisa digunakan untuk mencetak bakso menjadi bulat sempurna. 

Caranya pun sangat mudah. Kamu cukup menekankan sendok sayur ini pada adonan bakso. Kemudian adonan bakso akan keluar dari bagian tengah sendok sayur. Lalu kamu cukup mengambil adonan bakso yang sudah dicetak dengan sendok makan sebelum direbus atau digoreng. 

Cetakan ini menjadi salah satu cetakan yang paling mudah ditemui karena banyak dijual di supermarket hingga toko online dengan harga yang variatif namun masih terjangkau. Mudah dan hemat bukan? Apakah kamu juga punya alat wajib yang satu ini. 

3. Cetakan Bakso Plastik

Selanjutnya, alat yang digunakan untuk membuat bakso adalah cetakan bakso yang berbentuk plastik. Umumnya cetakan ini mampu menghasilkan beberapa butir bakso sekaligus. Harganya juga lebih murah dibandingkan cetakan bakso yang terbuat dari stainless steel. Cetakan Bakso Plastik

Alat ini dapat mencetak lebih dari 2 bakso dalam sekali cetak. Bentuk alat ini juga menyerupai scoop es krim namun berjajar setidaknya 4 buah. Gagangnya juga menyambungkan dua cetakan paling ujung sehingga lebih mudah untuk digenggam. 

Kamu cukup memasukkan adonan bakso ke dalam cetakan ini kemudian tutup dan adonan akan terbentuk menjadi bakso untuk selanjutnya diolah. Perawatan cetakan bakso yang terbuat dari plastik juga lebih mudah dan murah jika dibandingkan dengan cetakan bakso stainless steel. 

4. Sendok Cetakan Bakso

Meski sama-sama sendok namun alat wajib untuk membuat bakso satu ini memiliki wujud yang berbeda. Cetakan jenis ini berbentuk seperti spatula dengan ujung yang menyerupai batang bambu yang dibelah menjadi 2. Kamu cukup menyendokkan adonan daging dengan sendok ini. Cetakan Bakso Sendok Sayur

Kemudian kamu bisa langsung memotong adonan bakso dengan spatula atau sendok makan sesuai besaran yang kamu inginkan. Adonan bakso yang sudah kamu potong bisa langsung dimasukkan dalam air mendidih atau digoreng dalam minyak panas. 

Sendok cetakan bakso ini juga memiliki ukuran yang lebih ramping dibandingkan alat lainnya. Bahannya yang terbuat dari plastik juga membuat cetakan ini terjangkau dan mudah untuk dirawat atau dibersihkan. Apakah kamu pernah coba cetakan yang satu ini?

5. Kotak Cetakan Bakso

Cetakan bakso selanjutnya juga terbuat dari plastik namun bedanya cetakan ini berbentuk seperti kotak bekal. Setidaknya kamu bisa mencetak hingga 16 butir bakso dengan cetakan ini. Cetakan ini sangat cocok untuk membuat bakso dalam jumlah banyak dan porsi besar. Kotak Cetakan Bakso

Caranya cukup dengan meletakkan daging atau adonan bakso dalam cetakan kemudian tutup agar bakso berbentuk bulat sempurna. Jika dibandingkan dengan cetakan bakso yang terbuat dari stainless steel, cetakan satu ini juga lebih terjangkau dengan hasil yang lebih banyak. 

Cetakan bakso jenis ini juga memiliki holder di bagian sampingnya sehingga lebih mudah diangkat dan dipindahkan. Fungsi lain dari holder ini adalah untuk mengocok adonan bakso yang belum berbentuk bulat sempurna. 

6. Food Processor

Food Processor Kamu tidak akan bisa membuat adonan bakso tanpa adanya food processor. Ya, alat yang digunakan untuk membuat bakso ini menjadi dasar dari proses membuat bakso. Tanpa food processor daging, tepung, es batu, telur, dan bumbu-bumbu tidak akan tercampur sempurna. 

Food processor juga berfungsi untuk menghaluskan daging dan mencampur bahan-bahan pembuatan bakso. Dengan alat ini kamu bisa menghasilkan adonan bakso dengan mudah dan praktis. Cukup masukkan semua bahan, cetak, dan adonan bakso siap diolah lebih lanjut. 

Namun untuk menggunakan food processor, pastikan daya listrik yang digunakan cukup. Selain itu, karena bentuk food processor yang menyerupai blender, kamu harus berhati-hati terhadap pisau food processor. Jangan sampai terluka ketika akan membersihkan pisau food processor. 

7. Alat Penggiling Daging

Alat Penggiling Daging Alat wajib untuk membuat bakso yang berikutnya adalah alat penggiling daging. Alat ini merupakan versi manual dari food processor. Namun bedanya alat penggiling daging tidak dapat digunakan untuk mencampurkan daging dengan bahan-bahan pembuat bakso. 

Alat penggiling daging ini memiliki bentuk yang menyerupai alat pencetak mie. Kamu perlu memasukkan daging yang sudah dipotong kecil-kecil, kemudian putar gagang di bagian belakang alat. Daging akan meluncur ke bawah dan keluar dalam bentuk gilingan daging yang halus. 

Kemudian kamu perlu mencampurkan gilingan daging ini dengan bahan-bahan pembuat bakso seperti bakso, tepung, es batu, dan bumbu-bumbu. Campurkan dalam wadah yang cukup besar agar tidak sulit mencampur adonan bakso yang akan dibuat. 

8. Mangkok Besar

Mangkok Besar Mangkok besar juga menjadi salah satu alat yang digunakan untuk membuat bakso. Tanpa adanya mangkok besar, kamu akan kesulitan mencampurkan adonan bakso. Sesuaikan ukuran mangkok dengan jumlah adonan bakso yang akan kamu buat, apalagi jika kamu membuat beberapa kilo adonan bakso. 

Mangkok besar ini bisa terbuat dari plastik maupun stainless steel dengan ukuran yang berbeda-beda. Dengan mangkok besar, adonan bakso juga dapat tercampur dengan rata karena memiliki ruang yang cukup untuk mencampur daging, tepung, dan berbagai bahan pembuat bakso lainnya. 

Ternyata membuat bakso sangat mudah bukan? Terlebih dengan adanya alat wajib untuk membuat bakso. Proses pembuatan bakso jadi lebih mudah, bersih, dan higienis. Kamu juga bisa menyesuaikan alat yang digunakan untuk membuat bakso dengan kebutuhanmu. Sangat praktis ya!

Yuk, tulis resep masakanmu

Buat resep di Mealy, dibayar tiap bulan!