Cara Melelehkan Coklat Putih Agar Tidak Menggumpal

Editorial Mealy

Coklat tidak hanya punya warna coklat kehitaman. Ada juga jenis coklat putih yang warnanya putih dan rasanya manis. Coklat putih biasanya dijadikan bahan masakan tertentu dengan cara dilelehkan lebih dulu. Cara melelehkan coklat putih sebenarnya tidak terlalu rumit. 

Hanya saja beberapa orang yang masih awam biasanya tidak mahir melelehkan coklat putih. Alhasil coklat yang dilelehkan jadi menggumpal, bahkan menjadi gosong. Tentu saja tekstur coklat yang dilelehkan ini seharusnya cair dan masih memiliki rasa yang khas. 

Maka untuk bisa melelehkan coklat putih secara sempurna, perlu dilakukan beberapa teknik yang tepat. Ada beberapa poin juga yang sangat perlu diperhatikan sehingga coklat putih bisa mencair dengan sempurna dan bisa dijadikan campuran bahan makanan tertentu. 

Cara Melelehkan Coklat Putih dengan Sempurna

Meskipun secara umum melelehkan coklat ini mudah, namun bagi kaum awam tentu masih harus memperhatikan beberapa hal agar hasil lelehan terlihat sempurna. 

Melelehkan coklat putih ini berbeda dengan melelehkan jenis coklat lain karena titik lelehnya yang kemungkinan berbeda. Agar tidak bingung, langsung saja berikut ini bisa disimak beberapa kiat mudah melelehkan coklat putih: 

1. Potong Coklat Kecil-Kecil

Potong Coklat Kecil Kecil

Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum melelehkan coklat putih adalah memotongnya menjadi bagian kecil-kecil. Hal ini dilakukan agar proses melelehkan coklat jadi lebih mudah dilakukan. Pemotongan coklat bisa dilakukan menggunakan pisau tajam. 

Namun jika kamu punya pemalu keju atau coklat, kamu bisa gunakan alat tersebut agar lebih mudah menjadikan coklat putih dalam potongan kecil-kecil. 

2. Gunakan Microwave

Gunakan Microwave

Cara yang satu ini adalah opsi yang bisa digunakan atau bisa memilih untuk menggunakan cara lain apabila tidak memiliki microwave. Saat menggunakan microwave, mula-mula coklat bisa ditaruh ke dalam mangkuk kaca atau keramik. 

Gunakan daya microwave hingga 50% dan lelehkan coklat dalam kurun waktu 1 menit saja. Setelah satu menit coklat bisa dikeluarkan dan diaduk untuk semakin menyempurnakan lelehan coklat. 

3. Lelehkan dengan Double Boiler

Lelehkan Dengan Double Boiler

Cara melelehkan coklat putih batangan yang selanjutnya adalah dengan cara double boiler. Cara yang satu ini sudah sangat umum digunakan. Metode double boiler ini dilakukan dengan memanfaatkan dua panci sekaligus yang dapat ditumbuk satu sama lain. 

Panci bagian bawah diisi dengan air dan panci bagian atasnya diisi dengan potongan atau coklat putih batangan yang tidak perlu dipotong. Letakkan tumpukan panci tersebut di atas api. Panaskan atau didihkan air yang sudah ada dalam panci. 

Ketika air sudah mendidih maka panas uap dari air di panci bawah secara otomatis juga akan membuat suhu panci atas panas. Selanjutnya bisa dilihat coklat putih secara perlahan akan meleleh dengan sempurna. 

Jika sudah dipastikan coklat meleleh, segera angkat dan aduk, pastikan agar coklat tidak terlalu lama diangkat karena bisa menyebabkan gosong. Perlu diperhatikan, metode ini tidak perlu menutup panci dengan penutup karena harus diaduk hingga leleh. 

4. Panaskan di Atas Kompor Secara Langsung 

Panaskan Di Atas Kompor Secara Langsung

Jika sebelumnya cara melelehkan dilakukan dengan panci di atas panci dengan memanfaatkan uap air panas, maka berbeda halnya dengan cara yang satu ini. Cara melelehkan coklat putih kali ini dilakukan langsung di atas wajan atau panci yang langsung dipanaskan di atas kompor. 

Kamu tidak perlu menggunakan uap air panas untuk melelehkan coklat. Namun metode ini sangat rawan terhadap resiko gosong. Hal ini karena coklat putih dipanaskan secara langsung di atas api. Untuk itu kamu harus terus mengawasi dan mengadukan coklat. 

Pastikan untuk terus mengawasi hingga coklat putih benar-benar leleh dengan sempurna. Hindari Menggunakan api yang terlalu besar. Sebaiknya gunakan api kecil saja untuk menghindari resiko gosong. 

5. Gunakan Cream atau Susu

Gunakan Cream Atau Susu

Jika kebetulan kamu ingin membuat ganache yang lezat, maka cara yang satu ini diaplikasikan. Gunakan cream atau susu sebagai campuran coklat putih yang akan dilelehkan. Mula-mula letakkan coklat putih di dalam mangkuk. 

Tarus cream atau susu di atas panci dan panaskan. Setelah cream atau susu mendidih, tuangkan ke atas mangkuk yang tadinya sudah berisi coklat putih batang. Tutup mangkuk dan diamkan sekitar 5 menit. 

Dalam 5 menit coklat akan meleleh dan menyatu dengan cream atau susu. Aduklah campuran tersebut untuk memastikan coklat leleh dengan sempurna. 

6. Emulsi Coklat Putih

Emulsi Coklat Putih

Selanjutnya ada cara yang juga mudah dilakukan, yakni dengan metode emulsi. Metode emulsi adalah metode yang dilakukan jika coklat putih yang ingin dilelehkan justru menggumpal. Kamu bisa memanfaatkan mentega dalam metode ini. 

Mula-mula campurkan mentega ke dalam panci yang berisi gumpalan coklat putih. Gunakan sedikit mentega saja, sekitar 1 sendok teh cukup. Aduk dan panaskan kembali di atas api, dan tunggu hingga coklat meleleh dan bercampur dengan cairan mentega. 

Cara ini bisa dilakukan apabila ingin membuat adonan yang nantinya akan mencampur coklat putih dan mentega. Tidak disarankan menggunakan cara ini apabila ingin menggunakan coklat putih murni yang leleh tanpa campuran apapun. 

Sebagai tambahan, kamu juga bisa mengganti mentega dengan minyak sayur yang notabennya tidak memiliki rasa. Nantinya coklat putih yang dicampur dengan minyak sayur akan tetap terasa seperti coklat putih yang manis. 

BACA JUGA: Kentang Ternyata Tidak Hanya Berwarna Kuning dan Berbentuk Bulat Loh

Tips Jitu Sukses Lelehkan Coklat Putih

Setelah memahami berbagai cara melelehkan coklat putih dengan mudah, kini ada beberapa tips jitu yang juga bisa jadi referensi saat mulai melelehkan coklat. Tips ini perlu diperhatikan dan menjadi pelengkap dari berbagai cara atau metode melelehkan coklat putih. Berikut ini ulasan tipsnya: 

1. Gunakan Wadah Penghantar Panas

Melelehkan coklat putih artinya kamu harus memanaskan coklat tersebut hingga bisa menjadi cair atau kental. Untuk itu sangat dibutuhkan wadah yang dapat menghantarkan panas dengan cepat agar coklat putih bisa meleleh dengan sempurna. 

2. Hindari Mencampur Coklat dengan Air

Sifat air dan minyak sayur tentu berbeda. Coklat putih bisa dicampur dengan minyak sayur untuk membuatnya leleh. Namun tidak dengan air yang justru akan membuat coklat putih menggumpal. Dalam hal ini cairan yang masuk Dalam yang dilelehkan jangan terlalu banyak. 

3. Jaga Suhu Atau Besaran Api

Terakhir hal yang tak kalah penting diperhatikan adalah menjaga besaran api yang dibutuhkan untuk melelehkan coklat putih tersebut. Sebagaimana yang sudah dijelaskan dalam rangkaian cara melelehkan coklat batang putih, api yang digunakan sebaiknya bukan api yang besar. 

Atur besaran api menjadi kecil atau sedang. Api yang terlalu besar akan membuat panci atau wadah coklat putih jadi cepat panas. 

Kemudian dengan panci yang terlalu panas tersebut akan membuat coklat jadi cepat gosong. Untuk itu sangat penting menjaga nyala api tetap kecil atau sedang. 

Melelehkan coklat putih memang tidak bisa dilakukan secara asal-asalan. Jika dilakukan secara asal-asalan, coklat yang tadinya bisa mencair justru bisa menggumpal dan tidak bisa digunakan sebagaimana mestinya. 

Berbagai tips dan cara melelehkan coklat putih di atas bisa dijadikan acuan bagi kamu yang baru pertama kalinya ingin melelehkan coklat putih

Yuk, tulis resep masakanmu

Buat resep di Mealy, dibayar tiap bulan!