Cara Memasak Beras Shirataki dengan Mudah, yang Mana Favoritmu?

Editorial Mealy

Beras shirataki merupakan karbohidrat dengan serat yang cukup tinggi dibandingkan dengan beras biasa. Dan, untuk cara memasak beras shirataki ini cukup tricky agar kandungan dan gizinya terjaga dengan baik. Pasalnya kandungan seratnya membantu pencernaan tetap lancar. 

Banyak penderita yang mengkonsumsi beras shirataki agar dapat mengatur pencegahan glukosa. Kamu bisa menggunakan beras ini untuk menjaga kesehatan serta bisa memasaknya sendiri di rumah. Namun jangan lupakan tips dan trik dalam memasak beras tinggi serat ini. 

Karakteristik Beras Shirataki

Berbicara mengenai beras, pastinya yang terlintas adalah biji-bijian berwarna putih. Akan tetapi, untuk beras shirataki ini sendiri memiliki warna yang cukup unik yaitu berwarna lebih bening jika dibandingkan dengan beras biasa yang ada di Indonesia. 

Bentuknya juga bukan yang pipih panjang namun lebih bulat sehingga tidak panjang seperti kebanyakan beras pada umumnya. Dan bentuk tersebut adalah pada saat belum masak atau mentah namun jika sudah dimasak maka akan lebih lemas dengan warna bening dibanding nasi biasanya. 

Hal tersebut dikarenakan warna beningnya berasal dari bahan dasar beras itu sendiri. Ternyata beras shirataki ini berasal dari umbi-umbian yang juga termasuk karbohidrat. Bahan umbi-umbian ini kemudian diolah menjadi beras yang unik. 

Akan tetapi, bukan hanya diolah menjadi beras namun juga diolah menjadi mie loh. Jadi, tetap sebagai bahan karbohidrat untuk memasak dan memenuhi kebutuhan olahan makanan sehari-hari. 

Kandungan yang dimiliki oleh beras shirataki ternyata gizinya lebih tinggi dan dapat dijadikan sebagai pengganti beras. Sangat cocok dikonsumsi oleh orang yang sedang menjalani diet. Dan rasanya tidak akan jauh berbeda dengan nasi yang biasa dikonsumsi. 

Karena tinggi serat, maka bisa membantu pencernaan lebih sehat dan perut terasa lebih cepat kenyang. Di Indonesia sendiri sebenarnya lebih terkenal mie shirataki. Jadi, bagaimana jika ada beras shirataki? Apa yang harus dilakukan agar bisa dimasak dengan benar? 

Tips & Cara Memasak Beras Shirataki 

Sebenarnya, untuk beras shirataki ini memiliki metode memasak yang berbeda-beda dan tinggal disesuaikan dengan keinginan kamu. Ada beberapa cara memasak beras shirataki yang umum namun tetap harus memperhatikan langkah yang tepat, yaitu:

1. Direbus dalam Panci

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah merebus beras di dalam panci sehingga bisa menggunakan panci yang ada di rumah. Sama seperti memasak beras pada umumnya bukan? Karena tinggal memasukkan beras ke dalam panci yang sudah diisi dengan air mendidih. 

Ada langkah tepatnya agar bisa memasak beras shirataki pada panci yang baik, yaitu:

  1. Langkah 1

    Cuci beras terlebih dahulu sampai bersih dengan cara mencuci sekitar 2 sampai 3 kali saja.

  2. Langkah 2

    Gunakan panci yang pas dengan diisi air 2,5 cangkir air untuk perbandingan 1 cangkir beras shirataki.

  3. Langkah 3

    Panaskan panci dan tunggu sampai air mendidih.

  4. Langkah 4

    Kemudian, setelah mendidih bisa memasukkan beras shirataki ke dalam panci tersebut.

  5. Langkah 5

    Masak selama kurang lebih 20 menit atau beras shirataki mengembang sampai dengan 5 kali lipat.

  6. Langkah 6

    Aduk-aduk agar matangnya merata dan nasi shirataki selesai dimasak

Ada tips yang bisa digunakan untuk memasak beras ini karena merupakan beras yang cukup langka dan jarang dimasak oleh orang Indonesia. Caranya adalah dengan merendamnya selama 30 menit terlebih dahulu sebelum dimasak dalam panci. 

Dengan tips ini maka pada saat dimasak hasilnya akan lebih lembut dan merupakan cara memasak beras shirataki pulen. Dan untuk menjaga nasi agar tetap lembut dan tidak kering maka bisa menutup panci setelah memasaknya. 

2. Menggunakan Rice Cooker

Kedua adalah cara memasak beras shirataki dengan praktis dan mudah karena bisa menggunakan rice cooker. Cukup menghemat waktu bukan? Karena kamu bisa melakukan cara memasak beras shirataki rice cooker sambil melakukan tugas lainnya karena tinggal menunggu nasi matang saja. 

Akan tetapi, ada tips yang bisa dilakukan agar nasi matang dengan sempurna. Ikuti langkah-langkah di bawah ini sehingga proses memasaknya bisa maksimal, yaitu:

  1. Langkah 1

    Cucilah beras shirataki dengan takaran 1 cangkir pada wadah, bisa dicuci sebanyak 2-3 kali. 

  2. Langkah 2

    Kemudian, rendam beras shirataki terlebih dahulu pada air suhu ruang selama 30 menit, jika sudah lalu tiriskan. 

  3. Langkah 3

    Lanjutkan dengan memasukkan beras shirataki pada panci rice cooker.

  4. Langkah 4

    Tambahkan 2,5 cangkir air dan pastikan bahwa cangkir yang digunakan sama seperti pada saat mengukur beras mentah sebelumnya.

  5. Langkah 5

    Lalu, tekan tombol cook untuk memasak dan tunggu sampai proses memasak selesai.

Yang menguntungkan dari memasak menggunakan rice cooker adalah akan menghemat waktu dan tidak perlu mengecek secara berulang. Rice cooker sendiri bisa mengatur sendiri kapan waktu matang untuk beras yang sedang dimasak. 

3. Memasak dengan Dicampur Beras Lainnya

Selain dimakan murni beras shirataki sendiri, ternyata ada cara memasak beras shirataki yang berbeda yaitu dengan dicampurkan pada beras biasa. Hal ini biasa dilakukan untuk orang yang tidak terbiasa memakan beras shirataki itu sendiri. 

Oleh sebab itu, untuk mengganti memakan beras shirataki bisa mencampurkan kedua jenis beras secara perlahan dengan jumlah yang bisa diatur. Dengan begitu maka berangsur akan memakan beras shirataki yang lebih dominan. 

Takaran yang pas untuk memasak beras shirataki dan beras beras biasa adalah perbandingan 40:180 gram. Yang bisa dicuci terlebih dahulu masing-masing beras yaitu beras biasa sebanyak 4-5 kali dan beras shirataki 2-3 kali. 

Kemudian, campurkan kedua beras tersebut dan rendam dalam air suhu ruang selama 30 menit. Masak menggunakan takaran air yang dibutuhkan sesuai dengan takaran di atas adalah 300 – 350 mililiter air bersih. 

Cara memasak campuran beras shirataki dan beras biasa bisa dilakukan menggunakan panci tebal ataupun rice cooker. Prosesnya tinggal mengikuti 2 langkah yang sudah disebutkan di atas.  

4. Mencampurkan dengan Bahan Pelengkap

Apakah kamu bosan dengan hidangan nasi putih? Cara memasak lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan mencampurkan beras shirataki dengan bahan pelengkap lainnya. Biasanya digunakan untuk membuat bubur, nasi daun jeruk , nasi liwet asal medan, dan lainnya. 

Untuk bahan pelengkap yang ingin digunakan dalam makanan kamu bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan saja. 

Caranya juga beragam bisa memasak beras shirataki terlebih dahulu kemudian mencampurkan dengan bahan pelengkap. Atau cara memasak dengan langsung mencampurkan dalam kondisi yang mentah dan dimasak secara bersama-sama. 

Jika sudah mengenal cara memasak beras shirataki secara dasar maka akan lebih mudah untuk mengkreasikannya dengan bahan pelengkap lainnya. Pastinya akan lebih mudah jika menggunakan resep-resep yang sudah ada. 

Inspirasi untuk memasak menggunakan beras shirataki ini bisa ditemukan dimana-mana sehingga tidak perlu bingung lagi. Dan jika masih bingung maka bisa memasaknya setengah takaran terlebih dahulu sehingga bisa merasakan beras shirataki secara polos. 

Bagaimana dengan cara memasak beras shirataki di atas? Manakah yang menjadi favoritmu? Pastinya untuk cara memasak bisa disesuaikan dengan pertinbangan-pertimbangan tersendiri. Selamat mencoba memasak dengan tips dan trik di atas untuk hidangan yang lezat.

Yuk, tulis resep masakanmu

Buat resep di Mealy, dibayar tiap bulan!