Cara Membuat Panggangan Sate Sederhana

Editorial Mealy

Ingin memanggang sate tapi tidak punya panggangan yang layak? Tenang saja, kamu bisa membuat alat panggangan sendiri di rumah dengan sederhana dan mudah. Sebenarnya, memang cukup mudah cara membuat panggangan sederhana untuk sate. Namun banyak orang yang memilih untuk membelinya. 

Pertimbangan membuat panggangan sendiri di rumah adalah bisa lebih hemat dan bentukannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kelengkapan alat serta bahan yang ada. Untuk itu akan sangat menguntungkan jika bisa membuat alat pemanggang sendiri di rumah. 

Meski sederhana, alat pemanggang yang dibuat sendiri ini bisa dijadikan pemanggang sate bahkan memanggang bahan makanan lainnya. Sehingga penggunaannya bisa lebih serbaguna untuk berbagai kebutuhan panggangan. 

Cara Membuat Panggangan Sederhana dan Praktis 

Di pasar mungkin memang sudah banyak sekali penjual alat pemanggang sate. Namun seperti yang dikatakan di atas, membuat alat pemanggang sendiri akan lebih menghemat pengeluaran dan bisa menyesuaikan pemanggang dengan penggunaan. 

Untuk itu simak berikut ini kiat membuat panggangan sederhana untuk sate yang mudah dibuat sendiri di rumah: 

1. Siapkan Semua Bahan yang Diperlukan

Cara membuat panggangan sate sederhana, pertama kamu membutuhkan beberapa bahan diantaranya seperti seng, besi kecil, kawat, besi berlubang, tang, dan gergaji besi. Nantinya dengan berbagai alat dan bahan ini, kamu tak hanya bisa memanggang sate namun juga ikan dan kepiting. 

Secara umum beberapa bahan yang diperlukan ini sangat mudah ditemukan di pasar atau toko sekitar. Jadi proses menyiapkan bahan ini juga bisa dilakukan dengan cepat. 

2. Buat Konsep Desain Pemanggan dengan Tepat

Membuat alat tertentu secara mandiri memang dibutuhkan effort yang cukup apalagi jika pada dasarnya kamu tidak ahli dalam hal pembuatan alat sejenis pemanggang. Untuk itu salah satu solusi agar memudahkan proses pembuatan adalah dengan membuat konsep lebih dulu. 

Konsep yang dimaksud di sini adalah terkait ukuran tinggi, lebar dan gambaran bentuk pemanggan yang nantinya akan dibuat. Secara umum konsep ini bisa digambar secara jelas agar proses pembuatan juga berjalan dengan lancar. Kamu bisa gambar konsep di kertas. 

3. Proses Potong Bahan

Mula-mula pastikan dulu bahwa semua bahan dan alat yang dibutuhkan sudah lengkap. Selanjutnya cara membuat panggangan sederhana dimulai dengan memotong bahan seperti kawat, seng dan lainnya. 

Pemotongan dilakukan dengan ukuran yang sesuai dengan konsep pada kertas yang sudah dibuat sebelumnya. Bahan pembuatan alat pemanggang yang dibuat dengan besi ini, harus dipotong menggunakan gergaji besi khusus yang sudah disiapkan. 

Agar ukuran pemotongan sesuai dengan konsep pada dibuat, pastikan untuk menggambar ukuran juga di bagian besi atau bahan yang akan dipotong. Kamu juga bisa memanfaatkan mesin gerinda yang lebih praktis digunakan untuk memotong bahan besi. 

Untuk bahan kawat yang nantinya dijadikan sebagai alat pengait, kamu bisa memotongnya menggunakan alat tang khusus. Ukuran potongannya sesuaikan dengan kebutuhan. 

4. Proses Merangkai Alat Pemanggang

Setelah tiga proses terlewati, cara membuat panggangan sederhana selanjutnya adalah mulai merangkai alat pemanggang tersebut. Pastikan semua bahan yang akan dirangkai sudah dipotong sesuai dengan kebutuhan ukuran. 

Cara merangkainya sendiri adalah dengan cara mengaitkan satu bagian besi kecil dengan besi lainnya menggunakan alat pengait berupa kawat. Rangkai besi yang satu dengan yang lainnya dengan membuat jarak tertentu, jangan terlalu dekat dan jangan pula terlalu jauh. 

Rangkaiannya nanti akan terlihat seperti barisan besi horizontal sebagaimana pemanggan sate kebanyakan. Rekatkan besi yang satu dengan lainnya secara kuat menggunakan kawat. 

Selanjutnya kamu bisa pakai bahan seng sebagai tempat arang. Rangkai bahan seng menjadi bentuk kotak memanjang atau mengikuti kaki pemanggang. 

Kaki pemanggang di sini bisa dibuat dengan menggunakan besi berlubang yang bentuknya memanjang dan telah disiapkan sebelumnya pada bagian persiapan bahan. 

Kamu bisa membuat lubang kecil pada sisi sisi seng yang akan direkatkan dengan bagian rangkaian pemanggang lainnya. Pengait juga bisa mengandalkan kawat. Bagian horizontal yang dibuat dengan besi pastikan telah tersusun rapi dan kuat karena dipakai untuk meletakkan sate. 

5. Finishing

Pada tahap finishing kamu hanya perlu melakukan cek ulang apakah semua bagian pemanggang sederhana ini sudah saling terkait dengan kuat dan aman atau belum. Rapikan kawat yang menjadi pengait bagian-bagian pemanggang agar tidak bahaya saat terkena tangan. 

Selain itu jika semua sudah dipastikan aman dan siap pakai, kamu bisa mulai menyiapkan arang untuk memanggang. Agar menambah nilai estetika pada alat pemanggang sederhana ini, kamu bisa berikan warna pada kaki pemanggan atau seng yang digunakan untuk tempat arang. 

BACA JUGA: 5 Tingkat Kematangan Daging Pada Steak yang Wajib Diketahui

Alternatif Alat Panggangan Sederhana

Jika kamu masih bingung atau tidak berhasil mempraktekkan cara membuat panggangan sederhana di atas, tenang saja karena masih ada alternatif lain yang bisa dicoba selain membeli alat panggangan sate di pasar. 

Cara alternatif ini akan memanfaatkan beberapa alat elektronik dapur yang sudah sering dipakai. Ada beberapa alat elektronik dapur yang bisa digunakan sebagai pengganti alat pemanggang, yaitu: 

1. Teflon

Teflon

Alternatif cara membuat pemanggang sederhana yang tidak berhasil untuk sate, yang pertama ada teflon. Teflon juga sering dikenal dengan sebutan wajan anti lengket. 

Biasanya teflon digunakan untuk menumis dan menggoreng. Namun tahukah kamu? Ternyata teflon ini juga cukup praktis digunakan sebagai alat panggangan. 

Kamu bisa memanggang roti bakar, kue kering, hingga sate lo. Tentunya caranya juga hampir sama dengan menggunakan alat panggan sate biasa. Kamu hanya perlu mengoleskan margarin atau minyak sedikit saja pada permukaan teflon. 

Selanjutnya kamu bisa langsung memanggang tusukan sate ke atas teflon tersebut. Pastikan untuk membolak-balik sate sebagaimana mestinya agar matanya merata. 

2. Rice Cooker

Rice Cooker

Orang yang masih awam mungkin berpikir bahwa rice cooker hanya bisa digunakan untuk memasak nasi. Namun pada kenyataannya rice cooker saat ini bahkan bisa digunakan untuk memasak seperti menumis hingga memanggang sate. 

Memang sangat jarang ada yang menggunakan rice cooker ini sebagai alat untuk memanggang sate. Biasanya rice cooker lebih sering dipakai untuk memanggang kue sebagai ganti mesin oven. 

Meski begitu tidak ada salahnya untuk mencoba menggunakannya untuk memanggang sate jika memang cara membuat panggangan tidak bisa dilakukan.

Caranya juga hampir sama dengan memasak nasi, yaitu menekan tombol cook dan menunggu hingga sate matang sempurna. 

Kamu juga bisa melakukan teknik bolak-balik sate agar kematangan sate lebih sempurna. Namun kamu harus lebih sering mengecek kondisi sate di dalam rice cooker.

3. Baking Pan Kompor

Alat yang satu ini umumnya digunakan untuk memanggang kue bolu. Baking pan kompor dilengkapi dengan besi seperti pemanggang sate. Dengan kelengkapan alat inilah kamu bisa memanfaatkannya menjadi alternatif pemanggang sate. 

Jika di rumahmu kebetulan ada alat-alat seperti besi kecil, besi berlubang, seng, dan kawat, maka tidak ada salahnya untuk membuat pemanggang sate sendiri di rumah. Kamu bisa jadikan ulasan cara membuat panggangan sederhana di atas sebagai acuan dalam membuat pemanggang. 

Cara yang diulas di atas adalah cara paling mudah untuk dipraktekkan. Namun jika kamu masih merasa aturan percaya diri, kamu bisa gunakan alternatif sebagaimana yang dijelaskan di atas atau bisa juga dengan membeli langsung di pasar.

Yuk, tulis resep masakanmu

Buat resep di Mealy, dibayar tiap bulan!