Cara Membuat Sambal Padang Daun Singkong

Editorial Mealy

Secara umum masakan padang selalu dilengkapi dengan sambal hijau. Sambal hijau menjadi ciri khas dari masakan padang. Selain itu sambal ini juga dilengkapi dengan daun singkong. Lantas bagaimana cara membuat sambal padang daun singkong?

Masakan padang memang dikenal sangat khas di Indonesia dan banyak sekali masyarakat yang menjadikannya makanan favorit. Namun masakan padang rasanya tidak lengkap jika tidak ada sambal daun singkongnya. 

Tak harus ribet menjadi warung nasi padang, kamu juga bisa membuat sambal daun singkong khas masakan padang di rumah. Sambal ini bahkan bisa menjadi pengiring makanan jenis apapun agar terasa lebih nikmat. Cara buatnya juga tergolong cukup mudah. 

Cara Membuat Sambal Padang Daun Singkong Hijau Sederhana

Meskipun bisa dikatakan pembuatan sambal hijau khas masakan padang ini cukup mudah, namun bagi sebagian orang yang masih awam dan belum pernah masak masakan padang akan terasa sulit. Untuk itu sebelum membuatnya perlu dipelajari dulu cara yang tepat agar hasil sambel lebih nikmat. 

Dengan bahan-bahan sederhana dan cara yang praktis, kamu bisa perhatikan beberapa ulasan cara di bawah ini dalam membuat sambal padang dengan daun singkong sederhana namun terasa nikmatnya: 

1. Siapkan Bahan yang Dibutuhkan

Persiapan Bahan

Tentu saja hal paling utama yang harus dilakukan untuk membuat sambal padang daun singkong ini adalah menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan, bahan apa saja itu? Diantara bahan yang dibutuhkan adalah berikut ini: 

  • Tomat hijau 2 buah
  • Cabai hijau teropong 5 buah
  • Cabe rawit hijau 7 buah atau menyesuaikan level pedasnya
  • Cabe hijau keriting 7 buah
  • Bawang merah 5 siung
  • Bawang putih 2 siung 
  • Minyak goreng
  • Garam secukupnya 
  • Daun jeruk 2 lembar
  • Penyerapan rasa
  • Daun singkong 
  • Air secukupnya
  • Jeruk nipis

2. Rebus Daun Singkong

Setelah semua bahan siap, cara membuat sambal padang daun singkong selanjutnya adalah menyiapkan air di dalam panci lalu didihkan. 

Kemudian saya mendidih kamu bisa masukkan garam secukupnya dan daun singkong untuk direbus dalam beberapa menit saja sampai terlihat matang. 

Setelah daun singkong lunak dan dirasa sudah matang, teriakan terlebih dulu. Jangan terlalu lama merebus daun singkong agar gizi dan warnanya tetap stabil. Sebagai informasi tambahan, jika kamu tidak ingin menggunakan daun singkong maka diganti dengan daun pepaya. 

Biasanya masakan padang juga menyiapkan satu daun pepaya sebagai alternatif saat daun singkon tidak bisa didapatkan. Cara merebus daun pepaya juga sama dengan daun singkong. 

3. Rebus Bahan Bumbu Dasar

Ganti air sisa rebusan singkong dengan air baru. Sebaiknya jangan gunakan air sisa rebusan daun singkong karena sudah tercampur dengan garam. 

Masukkan bawang putih, bawang merah, cabe keriting hijau, cabe hijau teropong, cabe rawit hijau, dan tomat ke dalam air mendidih dan rebus hingga melunak. 

4. Ulek Kasar

Setelah bahan bumbu sudah lunak karena direbus, lanjut ke cara membuat sambal padang daun singkong dengan mengulek bahan dasar tersebut. Ulek bahan bumbu dasar tersebut dengan ulekan kasar, artinya tidak perlu terlalu halus. 

Sebagian orang pada tahapan ini memilih untuk menggunakan blender agar proses menghaluskan bahan utama jadi lebih cepat. Jika ingin menggunakan blender, jangan terlalu lama memblendernya karena bentukan sambel harus kasar dulu. 

Sebaiknya gunakan ulekan manual karena umumnya ulekan manual akan lebih sedap terasa dan tekstur sambal akan lebih sempurna. 

5. Tumis Bumbu

Tumis

Siapkan wajan penggorengan. Beri minyak goreng secukupnya dan panaskan lebih dulu. Setelah minyak panas masukkan bumbu ulekan kasar yang sudah disiapkan sebelumnya. 

Aduk-aduk sebagaimana cara menumis pada umumnya. Tambahkan penyedap rasa, jeruk nipis dan daun jeruk ke dalam tumisan. Aduk terus hingga sambal terlihat matang dan sajikan. 

BACA JUGA: 8 Proses Pengawetan Ikan Secara Alami yang Bisa Kamu Coba!

Cara Buat Sambal Ayam Pop Khas Masakan Padang

Bagi kamu yang sudah sering makan di Rumah Makan Padang mungkin sudah sangat familiar dengan sajian lauk dan sambalnya. Salah satu pilihan lauknya ada ayam pop. Ayam pop ini juga disajikan dengan sambal padang daun singkong, namun bukan sambal hijau seperti yang dijelaskan sebelumnya. 

Sambal ayam pop ini warna merah dan lebih halus dibandingkan dengan sambal hijau. Meski berbeda namun keduanya sangat khas dengan masakan padang. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat sambal ini juga tidak jauh berbeda dengan sambal hijau. Langsung saja ini dia cara membuatnya: 

1. Persiapan Bahan

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat sambal padang ayam pop ini diantaranya seperti bawang merah, cabai merah besar, cabai keriting merah, tomat merah, gula garam secukupnya, minyak dan air secukupnya, daun jeruk. 

Pada persiapan bahan ini memang sambal merah cenderung tidak pedas sehingga penggunaan cabe rawit tidak diperlukan atau tidak diharuskan. Namun jika kamu ingin ada rasa pedasnya, kamu bisa tambahkan cabe rawit berwarna merah sesuai selera. 

Selain cabe rawit, jeruk nipis juga tidak diharuskan ada dalam rangkaian bahan sambal merah ini. Apakah ada tambahan bahan lain yang khas? Tentu saja ada, dalam hal ini kamu bisa menambahkan pete agar rasanya lebih khas lagi. 

Bagi kamu para pecinta pete, beberapa buah pete bisa turut disiapkan untuk dijadikan topping sambal merah. Jika sudah menyiapkan semua bahan tersebut, rebus semua bahan utama seperti cabe, tomat, dan bawang merah hingga melunak. 

Bila perlu pete juga bisa direbus sebentar saja namun jangan mencampurnya dengan rebusan bahan utama sambal. 

2. Haluskan Bumbu

Haluskan Bumbu

Tekstur sambal merah ayam pop ini berbeda dengan sambal hijau. Sambal hijau cenderung terlihat lebih kasar. Sedangkan sambal merah ini sangat halus. 

Tak hanya teksturnya, rasa sambal merah ini juga tidak pedas dan cenderung gurih dibandingkan sambal hijau yang lebih pedas. Jika pengolahan sambal hijau lebih baik diulek kasar, mama berbeda dengan sambal merah ini yang lebih baik diblender sampai halus. 

Penggunaan blender tidak masalah jika dilakukan sedikit lebih lama karena memang tujuannya membuat sambal merah yang teksturnya halus dan encer. Namun jika ingin lebih khas dan sedap, kamu juga bisa mempertimbangkan penggunaan ulekan manual. 

3. Tumis

Sebagaimana sambal hijau, sambal merah ayam pop ini juga dimasak dengan cara ditumis. Siapkan wajan penggorengan beserta minyaknya. Panaskan sebentar lalu masukkan bumbu yang sudah dihaluskan dengan blender atau diulek manual sebelumnya. 

Aduk-aduk bumbu lalu tambahkan gula, garam, dan penyedap rasa sesuai selera dan secukupnya. Masukkan juga daun jeruk kemudian aduk rata hingga sambal terlihat matang. 

Kamu bisa langsung tambahkan pete untuk turut ditumis agar sambal juga bisa merusak ke dalam pete tersebut. 

Sambal merah umumnya disajikan bersama ayam pop padang. Selain itu pengajian menggunakan daun singkong juga tidak masalah karena pada dasarnya memang masakan padang selalu disediakan dengan sayur daun singkong andalan. 

Baik sambal hijau maupun sambal merah ayam pop, keduanya sangat khas dengan masakan padang dan umumnya memang disajikan di Rumah Makan Padang. Meskipun rasa dan teksturnya berbeda, namun sambal hijau dan sambal merah ini punya rasa yang khas dan lezat. 

Cara membuat sambal padang daun singkong di atas bisa jadi rujukan untuk kaku yang belum pernah memasak sambal khas padang sebelumnya. Tahapannya mudah dan bahannya sangat mudah ditemukan di pasar, jadi kamu bisa langsung membuatnya sendiri di rumah.**

Yuk, tulis resep masakanmu

Buat resep di Mealy, dibayar tiap bulan!