Cara Membuat Takoyaki Enak dan Tidak Alot

Editorial Mealy

Takoyaki adalah jajanan khas Jepang yang mulai digemari di Indonesia. Membeli takoyaki yang enak kadang harganya menguras kantong. Solusinya, pelajari cara membuat takoyaki dan bikin sendiri street food khas Jepang tersebut di rumah.

Takoyaki di negara asalnya merupakan makanan yang dibuat dari adonan tepung yang dicetak bulat dan diisi dengan daging gurita di dalamnya. Rasa takoyaki semakin enak kalau disiram dengan saus khas Jepang, mayonaise dan parutan katsuo.

Cara Membuat Takoyaki Rumahan

Cara Membuat Takoyaki Rumahan

Saking banyaknya penggemar Takoyaki di Indonesia, saat ini kita sudah bisa menemukan penjual makanan tersebut di pinggir jalan. Tapi, tidak ada yang bisa menjamin bahwa rasa takoyaki yang dijual dipinggir jalan akan enak dan higienis.

Namun, kalau harus terus-terusan membelinya di mal pastinya memberatkan kantong. Alternatifnya, buat sendiri takoyaki di rumah. Kalau bahannya bagus dan cara membuatnya benar, resep takoyaki rumahan tidak kalah enak dari resto dan mal.

Bagaimana cara membuat takoyaki rumahan yang enak, simak tipsnya berikut ini.

Pilih Bahan Takoyaki

Seperti sudah dikatakan bahwa enak tidaknya takoyaki sangat dipengaruhi oleh kualitas bahan yang dipakai, mulai dari tepung hingga bahan isiannya. Takoyaki sendiri terdiri dibagi menjadi tiga jenis, yaitu kulit, isian dan bahan pelengkapnya.

Ketiga bagian tersebut sama-sama harus berkualitas kalau ingin mendapatkan takoyaki yang enak. Bahan untuk kulit takoyaki terdiri dari tepung terigu protein sedang, kaldu ikan, telur, baking powder, minyak goreng dan garam. Minyak goreng disini digunakan sebagai olesan pada kulit takoyaki.

Sementara itu, bahan isian takoyaki diantaranya potongan daging gurita yang sudah direbus, jahe iris, kol atau kubis dan daun bawang. Lalu, bahan pelengkapnya yaitu mayonaise, saus takoyaki dan katsuo atau ikan kering.

Membuat Kulit Takoyaki

Faktor penting dalam cara membuat takoyaki adalah kulitnya. Banyak yang mengeluh, ketika membuat takoyaki di rumah hasilnya kulitnya keras dan alot. Apa yang terjadi? Kemungkinan besar karena kulit yang terlalu tebal, akibat adonannya terlalu kental.

Lalu bagaimana cara membuat kulit takoyaki yang seharusnya, agar tidak alot dan keras? Sebenarnya tidak terlalu sulit, ikuti langkah berikut:

  • Campurkan saja semua bahan-bahan adonan kulit, yaitu tepung terigu protein sedang, kaldu ikan, telur, baking powder, minyak goreng dan garam.
  • Aduk hingga merata sempurna, semua bahan menyatu. Tambahkan air.
  • Buat adonan yang encer saja, hingga mudah dituangkan dengan gelas.
  • Agar adonan kulit tidak menggumpal, saring dulu sebelum dituangkan ke dalam cetakan.

Cara Memanggang Takoyaki

Mengolah takoyaki memerlukan cetakan, jadi ini menjadi bagian yang cukup penting juga. Itu artinya, letak cetakannya juga harus diperhatikan. Balik tungku kompor supaya letak cetakan lebih tinggi, sehingga tidak mudah gosong.

Kalau tungku kompor dipasang seperti biasanya, maka kulit takoyaki akan hangus sebelum bagian isinya matang sempurna. Cara memanggang takoyaki yaitu:

  • Panaskan dulu cetakannya dan olesi dengan minyak goreng sedikit saja.
  • Kalau cetakan sudah cukup panas, baru tuangkan kulit takoyaki.
  • Ketika sisi takoyaki sudah mulai keras, balik dan tuang lagi adonan dan isi dengan bahan isian.
  • Putar-putar takoyaki menggunakan tusuk sate setiap kali sisinya sudah mulai mengeras.
  • Putar-putar hingga semua bagiannya matang merata, yaitu warnanya menjadi keemasan. Angkat dari cetakan.

Topping Takoyaki

Memberikan toping adalah bagian tidak terpisahkan dari cara membuat takoyaki. Ciri khas takoyaki adalah sausnya, dengan rasa manis dan gurih. Caranya seperti berikut:

  • Masukkan saus takoyaki ke dalam plastik segitiga lalu potong ujungnya.
  • Corat coret bagian atas takoyaki dengan saus dan mayonaise, lalu taburi katsuo.
  • Kamu bisa menambahkan irisan daun parsley kering dan taburan cabai kering kalau ingin rasa yang lebih nikmat.

Cara Membuat Takoyaki Tanpa Cetakan

Cara Membuat Takoyaki Tanpa Cetakan

Bagaimana kalau tidak punya cetakan takoyaki? Tenang saja, kamu bisa buat takoyaki tanpa cetakan. Catat caranya berikut ini.

Bahan-Bahan

  • Terigu segitiga biru 150 gram
  • Dashi 1 sendok teh
  • Kecap asin 1 sendok makan
  • Air 350 ml
  • Garam ¼ sendok teh
  • Telur 1 butir
  • Isian: gurita, keju, sosis, crab stick, telur puyuh (pilih salah satu)
  • Saus takoyaki
  • Pelengkap: nori, katsuo, mayonaise

Cara Membuat

  • Campurkan semua bahan untuk takoyaki, aduk sampai rata dan kalis. Diamkan dulu sekitar 15 menit.
  • Masak bahan isian, kalau gurita rebus dulu.
  • Panaskan cetakan cetakan martabak mini, olesi minyak sedikit dan tuangkan adonan kulit takoyaki setengah.
  • Masukkan bahan isian lalu tutup dengan adonan lagi hingga penuh.
  • Kalau teksturnya sudah agak keras, tusuk dengan lidi/ tusuk sate, lalu putar-putar sampai matang semua sisinya.
  • Angkat takoyaki, tempatkan pada wadah. Siram dengan saus, mayonaise dan taburi katsuo atau nori.
  • Jadi, sebagai pengganti cetakan takoyaki, kita bisa memakai cetakan martabak mini.

BACA JUGA: Mengulik Sate Lilit Masakan Khas Pulau Dewata

Tips Membuat Takoyaki dari Ahli

Kalau masih belum yakin dengan cara memasak takoyaki seperti yang dijelaskan di atas, silahkan simak tips yang dibagikan oleh Wafa Harwindo, pemilik usaha takoyaki, sebagaimana dilansir dari Kompas,com berikut ini.

Gunakan Bahan dengan Komposisi yang Pas

Kalau ingin mendapatkan takoyaki yang enak, gunakan bahan-bahan dengan ukuran yang tepat. Tepung untuk takoyaki sebaiknya yang mix dan siap pakai, bukan terigu biasa. Selain itu, perhatikan juga komposisi adonan yang lainnya, mulai dari telur, air dan bumbu.

Untuk mendapatkan ukuran yang pas, selain bisa melihat resep yang ada, kamu juga dapat melakukan trial and error, yaitu mencoba-coba campuran bahan hingga ditemukan komposisi yang tepat. Gunakan air es atau air biasa untuk membuat adonan.

Siapkan Isiannya

Bagian penting dan mempengaruhi enak tidaknya takoyaki adalah bahan isiannya. Bahan isian untuk takoyaki ada macam-macam, seperti gurita, kepiting, keju, bakso, sosis dan sebagainya. Siapkan dulu isiannya sebelum memanggang takoyaki.

Gunakan Api Sedang

Dalam memanggang takoyaki agar matang sempurna, gunakan api sedang-tinggi. Maksudnya yaitu, pakai api sedang pada awal pemanggangan dan besarkan saat sudah hampir matang. Apakah memanggang takoyaki dengan api besar tidak apa-apa?

Api yang lebih besar menjelang matang ini bertujuan agar takoyaki memiliki tekstur yang renyah namun dalamnya tetap lembut, seperti yang diungkapkan oleh Wafa.

Pakai Minyak yang Banyak

Meskipun pada beberapa resep dan cara membuat takoyaki, hanya dituliskan minyak sedikit saja, tapi kali ini agak berbeda. Justru menggunakan minyak cukup banyak pada saat memanggang malah akan membuat tekstur takoyaki menjadi renyah.

Jadi, tidak apa-apa menambahkan minyak goreng cukup banyak pada cetakan saat dipanaskan, agar renyah, garing tapi tidak kering.

Balik Saat Setengah Matang

Perhatikan juga saat yang tepat untuk membalik takoyaki. Baliklah takoyaki ketika setengah matang supaya bentuknya tetap bulat dan tidak menjadi kempis. Lihat pada bagian pinggir takoyaki, kalau sudah tidak encer berarti bisa dibalik.

Balik dan putar takoyaki perlahan dengan tusuk sate untuk mempertahankan bentuk bulatnya.

Tinggal ikuti saja cara membuat takoyaki yang ada di resep atau menurut tips yang diberikan. Kalau semua dilakukan sesuai langkah-langkahnya, dijamin takoyaki rumahan yang dibuat tidak kalah enak dari yang dijual di mal.

Yuk, tulis resep masakanmu

Buat resep di Mealy, dibayar tiap bulan!