Cara Membuat Kacang Sembunyi Tetap Renyah

Editorial Mealy

Kacang sembunyi adalah camilan renyah yang disukai oleh kebanyakan orang Indonesia. Tapi, agar tetap bisa renyah, kamu sebaiknya tahu cara membuat kacang sembunyi yang benar. Kebanyakan camilan seperti kacang akan melempem dan berubah rasa kalau sudah berapa lama.

Kacang sembunyi bisa dijadikan alternatif sebagai suguhan hari raya Idul Fitri yang sebentar lagi datang. Membuat kacang sembunyi sendiri, selain lebih hemat juga bisa memilih bahan-bahan yang berkualitas, sehingga rasanya akan lebih enak.

Cara Membuat Kacang Sembunyi Enak dan Renyah

Camilan ini dinamakan kacang sembunyi karena kacangnya memang seperti bersembunyi di balik adonan kulit. Meskipun bersembunyi dan tidak terlihat dari luar, tetapi kacang yang digunakan tetap harus dipilih yang bagus.

Bahkan untuk menggorengnya diperlukan trik khusus agar tetap renyah lapisan luarnya. Selain itu, trik khusus menggoreng kacang sembunyi juga akan membuat lapisan gula pada kulit tidak membuat melempem.

Agar bisa mendapatkan kacang sembunyi yang enak dan tetap renyah, perhatikan hal-hal berikut ini.

Pilih Bahan yang Bagus

Pilih Bahan Kacang Tanah Bagus

Kunci sukses pada cara membuat kacang sembunyi diantaranya yaitu pada bahan-bahan yang bagus. Bahan-bahan untuk membuat kacang sembunyi adalah :

  • Kacang
  • Gula pasir
  • Tepung terigu
  • Margarin
  • Minyak
  • Air

Pilih kacang tanah yang bagus kualitasnya, meskipun harganya mungkin lebih mahal. 

Cara Mengolah Kacang Tanah

Cara Mengolah Kacang Tanah

Selain kualitasnya bagus, kacang tanah yang akan digunakan harus diperlakukan dengan benar. Cara mengolah kacang sembunyi yang benar, kamu harus mematangkan kacang tanahnya lebih dulu. Bagaimana cara mematangkan kacang tanah tersebut?

Sangrai dulu kacang tanah, hindari untuk menggorengnya. Kalau kacang digoreng akan jadi lebih berminyak dan membuat teksturnya kurang renyah. Selain disangrai, boleh juga mematangkan kacang dengan cara dioven.

Lalu bagaimanakah dengan kulit kacang sembunyi? Jika tidak ada cukup waktu untuk membuat adonan kulit kacang sembunyi, alternatifnya adalah memakai kulit pangsit yang banyak dijual di pasar atau supermarket.

Cara Membuat Adonan Kulit Kacang Sembunyi

Cara Membuat Adonan Kulit Kacang Sembunyi

Hal lain yang harus diperhatikan yaitu cara membuat adonan kulit kacang sembunyi. Membuat kulit kacang sembunyi ini bagi sebagian orang termasuk cukup sulit, jadi harus benar-benar diperhatikan caranya.

Cara dan langkah membuat kulit kacang sembunyi yaitu:

  1. Campurkan terigu dan margarin, lalu tambahkan air sedikit demi sedikit.
  2. Uleni adonan kulit sampai menjadi kalis dan tidak lengket di tangan.
  3. Giling adonan agar pipih dan tipis, menggunakan gilingan mie atau botol bekas sirup.
  4. Giling adonan hingga permukaannya halus dan rata.
  5. Kalau sudah, potong-potong kulit dengan ukuran 1x2 cm. Sisihkan dulu.

Penambahan air sedikit demi sedikit pada tepung bertujuan supaya adonan tidak menggumpal, sehingga mudah kalis.

Membentuk Kacang Sembunyi

Apalagi yang harus dikerjakan kalau adonan kulit semuanya sudah dipotong? Berikutnya yaitu mulai membentuk kacang sembunyi. Usahakan supaya kacang sembunyi memiliki ukuran yang relatif sama supaya terlihat rapi dan matangnya merata.

Ambil adonan kulit dan letakkan kacang pada salah satu sudut, lalu gulung perlahan-lahan. Kalau menggulungnya dengan benar, maka akan didapatkan kacang sembunyi yang bentuknya memanjang. Ulangi langkah penggulungan sampai kacang habis.

Goreng Kacang Sembunyi

Goreng Kacang Sembunyi

Kalau semua kulit sudah diisi kacang, saatnya untuk menggoreng. Cara menggoreng kacang sembunyi harus benar-benar diperhatikan supaya teksturnya renyah. Siapkan minyak dulu dan panaskan. Kalau minyak goreng sudah panas,  barulah gula pasir dimasukkan.

Tunggulah sampai larutan gula berubah menjadi karamel, sambil terus diaduk supaya tidak hangus. Setelah karamel terbentuk, masukkan kacang sembunyi, goreng dan terus diaduk. Jika kacang sembunyi telah berubah warna menjadi kecoklatan dan terbalut gula, matikan kompor dan angkat.

Yang perlu diperhatikan dalam tips menggoreng kacang sembunyi yaitu gunakan api kecil untuk mencegah gula gosong, yang bisa menyebabkan kacang rasanya pahit.

Cara Menyimpan Kacang Sembunyi

Tidak ada salahnya mempelajari cara membuat kacang sembunyi sekarang, meskipun lebaran masih lama. Kacang sembunyi bisa tetap renyah sekalipun disimpan beberapa lama, asal caranya benar.

Kacang sembunyi yang masih panas biasanya akan saling menempel satu dan lainnya, maka pisahkan dulu. Tuangkan kacang sembunyi yang masih panas pada wadah dan goyang-goyang agar saling lepas. Jangan menunggu sampai dingin, karena itu justru membuat kacang lebih menempel.

Kalau sudah dipisah-pisahkan, tunggulah sampai benar-benar dingin baru disimpan. Cara menyimpan kacang sembunyi yang benar yaitu dimasukkan ke dalam wadah kedap udara. Kalau cara menyimpannya sudah benar, kacang sembunyi bisa awet hingga seminggu bahkan lebih.

BACA JUGA: 7 Lauk yang Tahan Lama Walau Tidak Disimpan di Kulkas

Cara Menyimpan Kacang Tanah Agar Tidak Tengik

Enak tidaknya kacang sembunyi tentunya sangat dipengaruhi oleh kualitas kacang yang dipakai. Hanya saja, kadang orang cenderung membeli dulu kacang tanahnya jauh-jauh hari sebelum lebaran agar harganya tidak mahal.

Kalau terpaksa memang harus membeli kacang tanah jauh-jauh hari, perhatikan cara menyimpannya supaya tidak menjadi tengik. Cara menyimpan kacang tanah yang benar adalah sebagai berikut.

1.  Teliti Ketika Membeli

Saat membeli kacang tanah di pasar, perhatikan baik-baik apakah ada yang busuk atau tidak. Jangan beli kacang tanah yang tercampur dengan yang busuk, karena bisa menyebabkan yang lain menjadi tengik. Selain busuk, hindari juga membeli kacang yang tampak layu dan sudah kering.

2.  Catat Tanggal Pembelian 

Setelah membeli kacang tanah, sebaiknya catat berapa tanggalnya. Ini dilakukan supaya kita tahu pasti sudah berapa lama kacang disimpan. Masa simpan kacang tanah tanpa mengurangi kualitasnya adalah sekitar 3 bulan, jadi jangan membiarkannya lebih dari itu.

Bersihkan dulu kacang tanah dari kotoran, tapi jangan dicuci. Setelah itu, baru masukkan ke dalam wadah untuk disimpan.

3.  Simpan dengan Wadah Kedap Udara

Sama seperti cara menyimpan kacang sembunyi, saat menyimpan kacang tanah sebaiknya juga menggunakan wadah kedap udara. Wadah yang kedap udara akan menghindarkan kacang dari pertumbuhan jamur yang memicu pembusukan.

Letakkan dan simpan kacang pada tempat yang kering, misalnya di rak piring yang ada di dapur.

4.  Simpan Kacang di Kulkas

Cara membuat kacang sembunyi yang enak dan renyah tidak bisa dipisahkan dari kualitas kacangnya, termasuk cara menyimpannya. Selain disimpan pada wadah kedap udara dan diletakkan pada tempat yang kering, kacang tanah juga dapat disimpan di kulkas. 

Kacang tanah yang disimpan di kulkas malah bisa tahan sampai 6 bulan sejak tanggal pembelian. Selain itu, suhu yang rendah juga bermanfaat untuk mencegah tumbuhnya jamur dan menyebabkan kebusukan. Masukkan kacang pada wadah kedap udara, baru disimpan dalam kulkas.

5.  Dikeringkan dengan Oven

Cara lain untuk mengawetkan kacang tanah yaitu dengan dikeringkan menggunakan oven. Bersihkan kacang lalu masukkan ke dalam oven. Baru setelah kering, dimasukkan wadah kedap udara dan disimpan.

Langkah dan cara membuat kacang sembunyi ternyata cukup beragam. Mulai dari pemilihan kacang tanah, cara melipat dan cara menggoreng yang benar. Kalau kacang sembunyi sudah matang, simpan menggunakan wadah kedap udara supaya tetap renyah.

Referensi : https://bobo.grid.id/read/082935880/jangan-sampai-tengik-dan-berjamur-inj-5-tips-menyimpan-kacang-tanah-agar-lebih-tahan-lama?page=all https://www.merdeka.com/jabar/cara-membuat-kacang-sembunyi-yang-renyah-dan-gurih-bikin-nagih-kln.html

Yuk, tulis resep masakanmu

Buat resep di Mealy, dibayar tiap bulan!