Cara Membuat Salad Buah yang Enak dan Awet

Editorial Mealy

Salad buah disukai oleh siapa saja dan sering dijadikan sebagai salah satu menu dalam hidangan. Bagaimana cara membuat salad buah agar tidak cepat menjadi basi sekalipun sudah disimpan untuk beberapa waktu.

Selain sehat, salad buah juga sangat segar dinikmati di siang hari yang panas. Salad buah lebih bagus untuk dijadikan sebagai snack dibandingkan keripik dan sejenisnya. Sayangnya, kadangkala salad buah sudah berubah rasa menjadi tidak enak kalau dibiarkan terlalu lama.

Cara Membuat Salad Buah Tetap Segar

Salad terdiri dari beberapa jenis buah yang bisa dipilih sesuai dengan selera. Tapi sayangnya, buah kadang mudah basi hingga akhirnya menjadi tidak enak rasanya. Nah, karena itulah perlu mengetahui bagaimana tips membuat salad yang tidak mudah basi berikut ini.

Rendam Dulu Buah dengan Air

Perlu diketahui, ada beberapa jenis buah yang warnanya akan berubah cokelat jika terkena udara, seperti apel dan pir. Untuk mencegahnya, segera masukkan buah-buah tersebut ke dalam air dingin begitu dikupas agar tidak mengalami browning. 

Baru setelah akan digunakan sebagai salad, angkat apel dan pir dari air dan tiriskan menggunakan saringan. Saat merendam, boleh juga menambahkan sejumput garam ke dalam air dingin tersebut.

Simpan Menggunakan Plastik Zip atau Cling Wrap

Selain merendamnya dengan air yang dingin, agar buah awet dan tidak mengalami perubahan warna, pakai plastik zip. Plastik zip adalah plastik yang bagian atasnya bisa dikunci, ini dapat dibeli di toko plastik. Plastik zip biasanya dipakai untuk wadah obat.

Kalau tidak ada plastik zip, cara menyimpan buah yang lainnya yaitu memakai cling wrap. Ini adalah gulungan plastik yang mudah sekali ditemukan di toko-toko. Biasanya digunakan untuk menutup makanan sebelum disimpan di kulkas atau sebelum disajikan.

Untuk menyimpannya, kupas dan potong-potong dulu buah baru masukkan ke dalam plastik. Membungkus buah dengan plastik selain mencegah terjadinya perubahan warna juga bermanfaat untuk menjaga kesegarannya.

Pakai Air Lemon

Kamu bisa memanfaatkan air perasan jeruk lemon untuk mencegah terjadinya oksidasi. Proses oksidasi inilah yang menyebabkan perubahan warna pada buah. Bagaimana caranya? Mudah saja, iris jeruk lemon dan peras airnya. Setelah itu, campurkan dan aduk dengan buah lalu masukkan ke kulkas.

Kalau ingin menggunakan buah untuk salad, keluarkan buah dari kulkas dan cuci dulu. Hindari mencuci buah sebelum disimpan, karena bisa membuat buah cepat busuk.

Pisahkan dengan Dressing

Hal yang cukup penting dan harus diperhatikan dalam cara membuat salad buah agar awet yaitu memisahkannya dengan dressing. Jangan satukan buah dengan dressing salad jika belum akan dikonsumsi. 

Macam-Macam Salad Buah dan Cara Membuatnya

Salad buah tidak hanya sekedar buah-buahan yang dicampurkan dengan dressing saja. Salad buah bisa dibuat dari berbagai bahan dan dressingnya. Apa saja macam-macam salad buah enak yang biasanya dihidangkan dalam perjamuan? Inilah beberapa jenis salad buah enak tersebut.

Salad Buah Susu

Salad Buah Susu

Pertama, ada salad buah yang dicampur dengan susu. Segar dan manisnya buah dipadukan dengan gurihnya susu, siapa yang tidak suka. Salad buah ini menggunakan susu kental manis sebagai topingnya. Jenis salad buah susu ini sangat tepat bila dijadikan makanan penutup pada jamuan.

Kalau ingin rasanya lebih enak dan segar, simpan dulu salad di kulkas dan nikmati ketika siang hari ataupun saat udara sedang panas. Cara membuat salad buah dengan susu ini tidak sulit, siapkan dulu buah-buahan yang akan digunakan, terserah apa saja jenis buahnya.

Siapkan mangkuk dan tuangkan whipe cream, krim keju dan susu kental manis serta air lemon. Setelah diaduk semuanya, masukkan buah-buahan dan aduk lagi. salad siap dinikmati.

Salad Buah dengan Yogurt

Salad Buah Dengan Yogurt

Bagi yang tidak suka susu atau alergi susu, bisa diganti dengan yogurt. Selain enak, yogurt juga sangat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan. Sebaiknya pilih yogurt tanpa rasa atau plain agar tidak menambah jumlah kalorinya.

Salad buah ini menggunakan keju sebagai topping dan mayonaise untuk dressingnya. Siapkan dressing yang dibuat dari mayonaise, susu kental manis, yogurt dan sedikit garam. Setelah itu simpan dalam kulkas. Kalau ingin memakannya, campurkan dengan buah yang sudah disiapkan.

Agar lebih enak, tambahkan parutan keju di atasnya atau dijadikan toping pada salad buah.

Salad Buah dengan Madu

Salad Buah Dengan Madu

Cara membuat salad buah yang tidak kalah enak dan sehat adalah menggunakan madu. Rasanya, semua orang sudah tahu apa saja manfaat madu untuk kesehatan tubuh. Jadi, selain segar, salad buah dengan madu tentunya dapat membantu kesehatan tubuh.

Campurkan mayonaise dengan madu lalu aduk hingga merata. Setelah itu, masukkan buah-buahan dan aduk lagi. Tambahkan air perasan lemon kalau ingin mendapatkan rasa yang lebih segar. Nikmati salad buah dengan madu yang sehat tersebut.

Salad Buah dengan Granola

Salad Buah Dengan Granola

Salad buah bisa ditambah manfaat baiknya dengan menambahkan granola sebagai topingnya. Granola kaya akan serat dan sangat bagus untuk menjaga kesehatan organ pencernaan dan menurunkan bobot tubuh.

Selain itu, manfaat granola untuk tubuh yaitu menjaga kesehatan jantung dengan cara menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Tekstur granola yang renyah, juga bisa menambah sensasi rasa enak pada salad buah.

Gunakan madu dan greek yogurt sebagai topping salad, kalau suka bisa menambahkan chia seed. Campurkan bahan dressing dan simpan dulu di kulkas. Kalau sudah dingin, baru dicampurkan dengan buah, taburi dengan granola dan segera nikmati.

Untuk menambah rasa segar, bisa juga ditambahkan beberapa lembar daun mint di atas salad buah tersebut.

Salad Buah Sederhana

Salad Buah Sederhana

Tidak ingin ribet dengan berbagai bahan salad buah, dressing dan topingnya, buat saja yang sederhana. Salad buah sederhana tidak kalah enak dan bermanfaat dibandingkan jenis-jenis yang lainnya.

Salad buah sederhana hanya memerlukan mayonaise sebagai dressing dan parutan keju untuk topingnya. Untuk buah yang digunakan bisa apel, pir, pisang ataupun strawberry yang harganya relatif terjangkau.

Kupas kulit buah dan potong sesuai keinginan kamu. Kalau ingin segera dimakan, cuci dulu buahnya dan tiriskan. Tapi kalau tidak segera disantap, jangan cuci buah, langsung simpan saja setelah dikupas.

Siapkan wadah untuk mengaduk dressingnya, lalu masukkan buah-buahan ke dalamnya. Aduk-aduk supaya dressing dan buah menyatu merata. Kalau sudah, taburi dengan keju parut di bagian atasnya. Segera nikmati salad buah selagi masih segar.

Salad buah sederhana ini bisa juga menggunakan tambahan yogurt sebagai dressingnya ataupun perasan lemon kalau suka rasa masam. 

Agar mendapatkan salad yang enak dan selalu segar, perhatikan bagaimana cara membuat dan menyimpannya. Perhatikan langkah-langkah cara membuat salad buah termasuk metode penyimpanannya supaya tidak berubah warna dan rasa.

Pilih dan gunakan buah-buahan yang masih segar untuk dibuat sebagai salad. Jangan biarkan buah di suhu ruangan terlalu lama kalau sudah dikupas agar tidak berubah warna karena proses oksidasi dan browning. 

Referensi: https://www.gramedia.com/best-seller/cara-membuat-salad-buah/

https://www.piknikdong.com/cara-membuat-salad-buah.html

https://www.gramedia.com/best-seller/cara-membuat-salad-buah/

Yuk, tulis resep masakanmu

Buat resep di Mealy, dibayar tiap bulan!