Cara Membuat Tauge Goreng Bogor Nikmat dan Gurih

Editorial Mealy

Ingin tauge yang selalu segar waktu dikonsumsi, buat saja sendiri di rumah. Cara membuat tauge atau kecambah tidak sulit, bahkan anak SD sudah belajar tentang hal itu. Kuncinya adalah pada proses dan tahapan pembuatan tauge yang dilakukan dengan benar.

Kecambah bisa diolah menjadi apa saja, salah satunya dibuat menjadi makanan khas Bogor yang enak yaitu tauge goreng. Selain harganya murah, tauge juga merupakan sumber vitamin E, antioksidan yang sangat bagus untuk kecantikan dan kesuburan.

Cara Membuat Tauge di Rumah

Meskipun harga tauge di pasar termasuk murah, tapi kadang-kadang kalau tidak sekali habis cepat sekali menjadi busuk. Padahal, tauge yang masih segar sangat enak jika dimakan, baik dijadikan urap, lalapan hingga dimasak berbagai jenis olahan.

Supaya bisa mendapatkan tauge atau kecambah yang kondisinya masih segar, mengapa tidak membuatnya sendiri di rumah. Bukan hanya mudah, bahan-bahan pembuatan tauge juga murah. Tinggal ikuti petunjuk pembuatan kecambah dan dalam beberapa hari sudah didapatkan tauge segar.

Yuk, segera catat apa saja bahan-bahan untuk membuat tauge dan langkah-langkahnya berikut ini.

Bahan-Bahan 

Pemilihan Bahan Tauge Goreng

Bahan dasar untuk membuat tauge adalah kacang kedelai, tapi bisa juga memakai kacang hijau. Boleh memilih jenis kacang yang akan dibuat tauge, semuanya enak, jadi tergantung pada selera masing-masing saja.

Bahan dan alat yang diperlukan yaitu :

  • Kacang kedelai atau kacang hijau berkualitas bagus, 100 gram
  • Baskom
  • Serbet yang bersih dan kering, 2 lembar
  • Wadah yang ada lubangnya, misalnya ceting nasi.
  • Air 

Cara Pembuatan Tauge

Semua bahan dan alat sudah disiapkan, cek lagi jangan sampai ada yang kelupaan. Setelah itu, lakukan tahapan pembuatan kecambah melalui langkah-langkah berikut ini.

  • Cuci hingga bersih kacang yang akan dijadikan kecambah.
  • Isi baskom dengan air, lalu masukkan kacang kedelai atau kacang hijau kedalamnya.
  • Lihat apakah ada biji kacang yang mengapung di atas permukaan, kalau iya segera ambil dan buang.
  • Pastikan semua kacang terendam air dengan sempurna dan biarkan selama 24 jam.
  • Selama proses perendaman kacang, ganti airnya 3-4 kali supaya tidak bau.
  • Kalau sudah 24 jam, tiriskan kacang kedelai atau kacang hijau dan masukkan ke dalam wadah yang berlubang.
  • Letakkan serbet di bawah wadah tersebut supaya kacang tidak jatuh berceceran.
  • Ambil serbet lainnya, gunakan untuk menutupi wadah, lalu letakkan pada tempat yang tidak kena sinar matahari atau lembap.
  • Lakukan penyiraman sebanyak 2-3 kali per hari untuk menjaga pertumbuhan tauge.
  • Tunggu sampai 2-3 hari, buka tutup wadah, tauge sudah tumbuh dan siap dimasak.
  • Sebelum dikonsumsi, pastikan tauge sudah dicuci sampai bersih, terutama kalau akan dimakan mentah.

Kalau sudah dipanen dalam waktu 2-3 hari saja, maka kamu akan mendapatkan tauge pendek yang biasanya digunakan untuk masakan rawon. Sedangkan kalau ingin tauge yang panjang, tunggu hingga sekitar 5 hari baru dipanen.

Cara Membuat Tauge Goreng Khas Bogor 

Bagi orang Indonesia, tauge adalah bahan makanan serba guna dan dapat dimakan mentah atau direbus dulu. Banyak makanan khas Indonesia yang memakai kecambah, salah satunya tauge goreng khas Bogor. Setelah berhasil dengan cara membuat tauge, sekarang tinggal mengolahnya.

Sering orang yang mencoba membuat tauge goreng sendiri di rumah mengeluhkan rasanya yang tidak seenak yang dijual abang gerobakan. Apa penyebabnya? Simak saja tips membuat tauge goreng enak ala gerobakan berikut ini.

Pemilihan Bahan Tauge Goreng

Ingin mendapatkan rasa tauge goreng yang enak, perhatikan bahan-bahan yang digunakan. Bahan tauge goreng Bogor terdiri dari kecambah, tahu, lontong dan mie basah kuning. Kalau ingin enak, maka bahan-bahan yang disebutkan di atas harus dipilih yang bagus.

Setelah pemilihan bahan tauge goreng, siapkan juga kuah oncomnya. Masalah yang sering dialami kalau memasak tauge goreng di rumah yaitu kuah oncomnya terasa langu. Jangan bingung, ada rahasia agar kuah oncom tauge goreng tidak langu.

Membuat Kuah Oncom

Bahan kuah oncom yaitu oncom, tauco manis, kecap manis, gula, garam dan air. Selain itu, kuah oncom juga memerlukan bahan lainnya yaitu cabai merah dan rawit serta bawang merah. Sebagai penyedap, tambahkan irisan daun kucai di atasnya.

Cara Mengolah Tauge Goreng

Yang tidak kalah penting dari cara membuat tauge adalah bagaimana mengolahnya menjadi tauge goreng. Tauge harus direbus lebih dulu sesaat sebelum diracik menjadi tauge goreng. Kalau tauge sudah direbus lalu disimpan beberapa waktu baru diracik, rasanya jadi tidak enak lagi.

Itu disebabkan adanya kandungan air yang terlalu banyak pada tauge sehingga membuat teksturnya basah dan cepat busuk. Inilah salah satu rahasia yang disimpan oleh abang-abang gerobak agar tauge goreng buatannya selalu segar.

Masalah yang kedua adalah kuah oncom agar tidak langu, adalah pilih oncom yang sudah matang. Atau kamu bisa membakar oncom lebih dulu, boleh langsung di atas api ataupun menggunakan oven.

Cara yang lebih praktis bisa memanggangnya di atas wajan teflon. Setelah oncom matang, baru dimasak menjadi kuah oncom yang enak dan gurih, anti langu.

Membuat Kuah Oncom

Memilih oncom yang sudah matang barulah langkah awal dalam pembuatan kuah tauge goreng khas Bogor yang enak. Hal yang tidak kalah penting adalah bagaimana cara mengolah oncom menjadi kuah tauge goreng, sehingga menghasilkan rasa yang gurih dan tidak berbau langu.

Mengolah kuah oncom ini tidak kalah penting dari cara membuat tauge karena semua bahan merupakan satu kesatuan. Adapun cara membuat kuah oncom untuk tauge goreng, yaitu :

  • Tumis semua bumbu, yaitu bawang merah, cabai merah dan cabai rawit yang telah dihaluskan lebih dulu. pastikan menumisnya hingga betul-betul matang dan wangi.
  • Kalau bumbu tumis sudah matang, siram dengan sedikit air, baru masukkan potongan oncom dan bumbui dengan gula, garam dan kecap manis. Masak hingga mendidih. 
  • Kuah oncom siap untuk disiramkan pada tauge goreng.

Jika ingin kuah oncom memiliki rasa yang lebih pedas, perbanyak jumlah cabai rawitnya. Atau tambahi dengan sambal saat menikmati tauge goreng.

Penyajian Tauge Goreng

Penyajian Tauge Goreng

Terakhir adalah bagaimana cara menyajikan tauge goreng agar menarik dan mengundang selera. Ambil piring saji, lalu letakkan semua bahan yang terdiri dari tauge, tahu, mie dan lontong diatasnya. Tata sedemikian rupa agar tidak terlihat seperti sampah.

Siramkan kuah oncom di atasnya, terserah mau memakai berapa banyak kuahnya. Ambil irisan daun kucai dan taburkan di atas kuah oncom. Daun kucai akan menambah rasa segar pada tauge goreng. Sajikan saat masih panas atau hangat, apalagi kalau cuacanya sedang dingin.

Tauge yang segar tentu saja rasanya lebih enak daripada yang sudah layu. Oleh sebab itu, sangat baik kalau tahu bagaimana cara membuat tauge sendiri, tidak membeli dari pasar. Kapanpun ingin membuat tauge goreng, kecambah yang segar selalu tersedia.

Referensi: https://www.fimela.com/food/read/3777129/cara-mudah-membuat-tauge-sendiri-di-rumah

https://www.pelajaricaranya.com/2015/08/langkah-langkah-cara-membuat-toge-tauge.html

https://masfikr.com/membuat-tauge/

Yuk, tulis resep masakanmu

Buat resep di Mealy, dibayar tiap bulan!