Cara Mengolah Iga Sapi Cepat Empuk dan Anti Amis

Editorial Mealy

Iga sapi sering dimasak menjadi makanan yang harganya mahal. Jika ingin memasak iga sapi sendiri di rumah, tentu ada caranya. Pertama, ketahui dulu cara mengolah iga sapi agar bisa empuk dan baunya tidak amis. Iga sapi memang memerlukan waktu yang cukup lama untuk menjadi empuk.

Iga sapi memiliki rasa yang lebih enak dari bagian lainnya, sekalipun dagingnya hanya sedikit. Hanya saja, seringkali saat merebus iga sapi kita jadi menghabiskan gas dan menjadi boros. Apakah ada cara khusus merebus iga sapi supaya cepat empuk?

Cara Mengolah Iga Sapi Agar Empuk

Iga sapi bisa diolah menjadi masakan apa saja, mulai dari dibakar hingga sup dan sebagainya. Tentu saja sebelum dimasak menjadi aneka olahan, iga sapi harus direbus lebih dulu. Karena dagingnya menempel pada tulang, jadi harus benar-benar empuk agar bisa dimakan.

Untuk itu, orang yang ingin memasak iga sapi sebaiknya tahu dan memperhatikan beberapa hal berikut ini.

Jenis Masakan yang Ingin Dibuat

Ternyata, tips untuk mengolah iga sapi harus memperhatikan apa masakan yang akan dibuat. Cara mengolah yang berbeda akan membutuhkan jenis iga sapi yang beda juga. Contohnya, kalau ingin memasak iga bakar, pilih iga sapi yang berukuran cukup besar.

Sedangkan jika mau mengolah sup iga, belilah iga sapi yang bagian short ribs atau spare ribs. Kedua bagian tersebut bisa menghasilkan kaldu yang rasanya enak. Pastikan juga bahwa iga sapi masih segar. 

Ciri iga sapi segar diantaranya berwarna merah cerah dan jika ditekan terasa kenyal. Daging iga yang segar akan segera kembali ke bentuk semula jika ditekan menggunakan jari. Hindari membeli iga yang sudah kecoklatan sekalipun harganya lebih murah.

Cara Memasak Iga Sapi

Setelah berhasil mendapatkan iga sapi yang bagus dan sesuai dengan jenis masakan, kini saatnya untuk memasak. Umumnya, pada iga sapi ada lemak yang menempel pada daging, kalau tidak suka, hilangkan dulu sebelum diolah.

Cara menghilangkan lemak pada iga yaitu dengan memotongnya menggunakan pisau yang cukup tajam. Selain itu, dalam cara mengolah iga sapi, sebaiknya tidak perlu dicuci dulu. Tanpa dicuci, kita bisa mendapatkan iga sapi yang rasanya lebih juicy. 

Mencuci iga juga akan membuat kaldu yang dihasilkan cenderung kering dan kurang enak. Rebus iga bersama daun salam, jahe, bawang putih dan serai agar tidak amis. Cara menghilangkan bau amis pada iga sapi tersebut cukup efektif digunakan.

Cara lain untuk menghilangkan bau amis adalah dengan membuang air rebusan pertama setelah sisa darah dan kotoran pada iga keluar. Lalu, rebus kembali iga sapi dengan air yang baru hingga empuk dan kaldunya keluar. Masukkan iga saat airnya masih dingin dan belum mendidih.

Memasak Iga Sapi

Langkah yang selanjutnya yaitu memasak iga sapi yang sudah direbus tadi. Perhatikan jenis masakan yang ingin dibuat. Untuk sup iga, jelas dibutuhkan kaldu yang gurih. Caranya yaitu merebus iga dengan api kecil saja.

Kalau kaldunya sudah didapatkan, tambahkan bumbu rempah agar iga menjadi lebih enak. Rempah yang digunakan yaitu bawang putih dan bawang merah yang ditumis. Setelah itu, baru masukkan sayuran, seperti wortel dan kentang.

Bagaimana kalau ingin memasak iga bakar? Ungkep dulu iga dengan bumbu-bumbunya menggunakan api kecil. Ketika membakar iga, olesi iga dengan sisa bumbu ungkep, ini akan membuat rasanya makin nikmat.

Menyimpan Iga Sapi

Bagaimana kalau iga sapi tidak habis dalam sekali makan? Iga sapi bisa disimpan untuk dimakan lagi besok. Tapi, iga sapi harus disimpan dengan cara yang benar supaya tidak merusak rasanya dan menjadi bau.

Cara menyimpan iga sapi adalah simpan menggunakan wadah tertutup dan letakkan di freezer. Akan lebih bagus lagi kalau disimpan dalam kondisi vakum. Jadikan iga sapi per porsi masakan agar lebih mudah ketika ingin memasaknya dan menghindari menempelnya bakteri.

Kalau mau dikonsumsi, keluarkan dulu iga sapi dari freezer dan letakkan di bagian refrigerator. Hindari langsung meletakkannya pada suhu ruang, karena itu akan membuat daging iga sapi menjadi tidak segar lagi.

Cara Mengolah Iga Sapi Tanpa Presto

Agar cepat empuk, kebanyakan orang memilih merebus iga sapi dengan panci presto. Tapi bagaimana kalau tidak ada panci presto di rumah? Tenang saja, karena ada cara mengolah iga sapi tanpa presto yang mudah dilakukan dan hasilnya tetap empuk.

BACa JUGA: 5 Fakta Water Chestnuts

Cara merebus iga sapi tanpa presto yaitu sebagai berikut.

1. Rebus Dulu 1 Menit

Rebus Iga Sapi 1 Menit

Langkah pertama yaitu merebus iga sapi selama 1 menit untuk mengeluarkan kotorannya. Gunakan air dalam jumlah yang cukup, yaitu hingga merendam semua bagian iga. Tujuannya agar iga sapi bisa empuk dan kotorannya hilang.

Selama perebusan ini, tambahkan serai dan daun salam untuk menghilangkan bau amis. Tambahkan juga sedikit garam. Kalau sudah 1 menit, angkat panci dari kompor dan buang seluruh air rebusan dan ganti dengan yang baru.

2. Perebusan Kedua 

Memasuki proses perebusan kedua, didihkan air dan masukkan iga sapi ke dalamnya. Masak selama sekitar 10 menit saja. Hitung waktunya dengan benar, yaitu 10 menit sejak iga sapi yang sudah direbus tadi dimasukkan dalam air mendidih.

Jika sudah 10 menit, matikan kompor dulu dan biarkan iga tetap di dalam panci selama 30 menit dengan panci yang tertutup. Setelah itu, nyalakan lagi kompor dan rebus iga kembali sekitar 10 menit. Jangan buka tutup panci saat merebus iga.

Kalau sudah 10 menit, matikan lagi kompor dan diamkan selama 25 menit. Ingat, pancinya tetap ditutup. Setelah 25 menit berlalu, kita sudah bisa menikmati kaldu dan iga sapi yang empuk. Selain empuk, daging iga sapi maupun kaldunya juga tidak akan terasa amis sedikitpun.

Tips Merebus Iga Sapi

Sukses tidaknya cara mengolah iga sapi dipengaruhi oleh bagaimana kita merebusnya. Perebusan yang benar akan menghasilkan iga yang empuk dan tidak amis. Perhatikan beberapa tips merebus iga sapi berikut ini untuk hasil terbaik.

1. Rebus Menggunakan Jeda

Agar cepat empuk, rebus iga dengan jeda. Rebuslah dulu air dengan api besar hingga mendidih dan masukkan iga sapi. Masak selama 5 menit dengan panci tertutup, lalu matikan dulu kompornya. 

Diamkan iga 30 menit di dalam panci dan rebus lagi selama 7 menit. Buang kotoran yang muncul dan gunakan kaldunya untuk memasak sup iga sapi.

2. Rebus Dua Kali

Cara lain yaitu rebus iga sapi sebanyak 2x. Pertama rendam iga sapi dalam panci dengan air bersih dan rebus 5 menit. Buang air rebusannya dan cuci iga menggunakan air dingin. Masak air 1,5 liter lalu masukkan iga dan masak memakai api kecil. 

Rebus iga selama 90 menit dengan panci yang tertutup. Setelah itu, baru gunakan airnya untuk memasak sup iga.

Cara mengolah iga sapi agar cepat empuk dan tidak amis ternyata tidak sesulit yang dibayangkan. Kuncinya adalah ketahui bagaimana tips untuk merebus iga sapi dan perhatikan langkah-langkahnya dengan baik. 

Referensi:

https://www.fimela.com/food/read/4129947/4-tips-membuat-sup-iga-sapi-yang-dagingnya-empuk

https://m.briliofood.net/foodpedia/tanpa-presto-begini-trik-rebus-iga-sapi-agar-empuk-dan-hemat-gas-2209212/patut-dicoba-di-rumah.htm

Yuk, tulis resep masakanmu

Buat resep di Mealy, dibayar tiap bulan!