Cara Memakan Buah Tin untuk Sembuhkan Berbagai Penyakit

Editorial Mealy

Buah tin memiliki banyak keistimewaan, terutama dalam manfaatnya untuk kesehatan. Keistimewaan buah tin disebutkan dalam kitab suci umat Islam. Apakah ada cara memakan buah tin yang khusus agar kita bisa mendapatkan manfaatnya bagi kesehatan tubuh?

Keistimewaan buah tin sudah bisa dilihat dari bentuknya. Bentuk buah tin beda dari buah kebanyakan, yaitu mirip air mata yang menetes. Begitu juga warnanya, ungu atau hijau, tentu sangat menarik mat orang yang melihatnya.

Kandungan Gizi Buah Tin

Buah yang dalam bahasa Latin disebut Ficus Carica ini mempunyai banyak kandungan nutrisi penting didalamnya. Kandungan gizi pada buah tin tersebut dikuatkan oleh pendapat-pendapat medis, sehingga tidak perlu diragukan lagi.

Melansir dari laman Dokter Sehat, buah tin mengandung vitamin yang cukup lengkap, yaitu vitamin B kompleks, C, E dan K. Selain vitamin, buah tin juga mengandung fitonutrien dan mineral. Adapun jenis mineral dalam buah tin diantaranya zat besi, sodium, tembaga, mangan, seng dan selenium.

Apakah hanya itu saja kandungan nutrisi yang ada didalam buah tin, tentu saja tidak. Buah tin sangat bagus untuk menjaga kesehatan karena kandungan antioksidanny cukup tinggi. Ini juga alasannya kenapa buah tin bagus untuk menjaga kecantikan. 

Apa Saja Manfaat Makan Buah Tin?

Cara memakan buah tin kadang membuat orang bingung, apakah disendok, dikupas atau langsung dimakan begitu saja dari kulitnya. Ini adalah hal yang wajar mengingat buah tin memang tergolong jarang dikonsumsi oleh orang Indonesia pada umumnya.

Padahal buah tin, atau dalam bahasa Inggris disebut fig ini memiliki manfaat yang luar biasa bagi tubuh. Manfaat buah tin bagi tubuh mulai dari menjaga kesehatan hingga mengobati bermacam jenis penyakit.

Apa saja manfaat buah tin untuk kesehatan, inilah daftarnya.

1. Mencegah Hipertensi

Hipertensi atau darah tinggi merupakan jenis penyakit yang sering diderita oleh orang Indonesia. Salah satu penyebabnya adalah tingkat konsumsi garam dan minyak yang cukup tinggi. Kalau memiliki riwayat hipertensi, tidak ada salahnya makan buah tin.

Buah tin mengandung kalium yang bermanfaat untuk menjaga tekanan darah normal dan mengurangi efek buruk konsumsi garam atau natrium. Setelah konsumsi makanan jadi atau fast food dalam porsi banyak, imbangi dengan makan buah tin.

2. Menjaga Jantung Tetap Sehat

Apakah buah tin baik untuk jantung, jawabannya iya. Kandungan senyawa bernama pektin pada buah tin dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida dalam darah. Kolesterol dan trigliserida merupakan dua zat didalam darah yang memicu terbentuknya plak pada jantung.

Akibatnya, pembuluh darah akan menyempit dan meningkatkan risiko serangan jantung pada seseorang.

3. Mengatasi Kurang Darah

Ketahui cara memakan buah tin yang benar agar tidak terkena anemia. Kondisi kurang darah atau anemia sering dialami oleh kaum wanita, akibat menstruasi yang dialami setiap bulan. Anemia tidak boleh dibiarkan terlalu lama karena bisa menimbulkan masalah kesehatan lainnya.

Anemia juga membuat tubuh menjadi lemas, pusing dan kadang-kadang disertai rasa berputar-putar di kepala. Buah tin yang kaya zat besi akan meningkatkan jumlah sel darah merah untuk mencegah terjadinya anemia.

4. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Berbagai cara makan buah tin dapat dilakukan agar bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan penyakit, salah satunya pencernaan. Banyak orang yang mengeluhkan gangguan pada pencernaannya karena pola makan yang salah.

Jika terjadi masalah dengan kesehatan alat pencernaan, atasi menggunakan buah tin. Dilansir dari laman Alodokter.com, buah tin mengandung zat prebiotik yang sangat bermanfaat untuk kesehatan pencernaan.

Bukan hanya itu saja, makan buah tin secara rutin dapat mengobati berbagai keluhan pencernaan seperti diare, kembung, sembelit hingga kram perut. Konsumsi buah tin sebanyak 1-2 kali sehari untuk menjaga kesehatan pencernaan.

5. Mencegah Penyakit Kanker

Manfaat hebat dari buah tin adalah bisa mencegah penyakit kanker. Buah tin adalah buah yang tinggi antioksidannya yaitu karotenoid. Paparan sinar UV, polusi, asap kendaraan, zat kimia dan sebagainya merupakan radikal bebas yang bisa memicu kanker.

Oleh sebab itu, tubuh memerlukan senyawa antioksidan untuk mencegah efek buruk dari radikal bebas, yang menyebabkan kanker.

6. Meningkatkan Kesuburan Pria dan Wanita

Manfaat buah tin untuk kesuburan wanita disebabkan oleh kandungan zat besi di dalamnya. Zat besi akan menjaga kesehatan ovarium dan ovulasinya. Selain itu, vitamin B6 pada buah tin berdampak pada kuatnya rahim untuk mempersiapkan kehamilan.

Sedangkan bagi pria, buah tin bermanfaat untuk meningkatkan jumlah dan gerakan sperma sehingga peluang kehamilan lebih besar. Adanya mangan, kalium dan kalsium pada buah tin membantu menjaga kesehatan reproduksi pria.

7. Sebagai Anti Aging

Bagi kaum hawa, makan buah tin dapat digunakan untuk mencegah terjadinya penuaan dini. Sama halnya dengan manfaat buah tin untuk mencegah kanker, adanya antioksidan pada buah tersebut menangkal radikal bebas, yang menyebabkan penuaan dini.

8. Membuat Kulit Tetap Elastis

Seiring dengan bertambahnya umur, kekencangan kulit akan berkurang lalu muncul keriput. Bagaimanapun hampir tidak ada wanita yang ingin terlihat keriput dan kulitnya mengendur. Tidak perlu melakukan perawatan kecantikan yang mahal, cukup makan buah tin saja.

Antioksidan dan vitamin C pada buah tin bermanfaat untuk menjaga elastisitas kulit dan mencegah datangnya keriput. Antioksidan akan merangsang pembentukan kolagen yang berfungsi untuk menjaga kulit tetap kencang dan elastis.

9. Membuat Kulit Lebih Cerah

Tidak usah membeli skincare mahal hanya untuk membuat kulit cerah, beli saja buah tin. Pada buah yang disebut juga buah ara ini, terkandung antioksidan yang sangat baik untuk kulit, yaitu vitamin A dan C.

Rutin makan buah tin membuat asupan vitamin A dan C tercukupi. Efeknya, kulit kusam akan menghilang dan perlahan-lahan menjadi cerah kembali.

BACA JUGA: Tips Memilih Daging Rendang yang Tepat

Cara Memakan Buah Tin

Melihat begitu banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan makan buah tin, rasanya sayang kalau dilewatkan begitu saja. Lalu, bagaimanakah cara makan buah tin yang benar?

Buah Tin Segar

Buah Tin Segar

Buah tin bisa langsung dikonsumsi dalam bentuk segar, sebagaimana buah pada umumnya. Jika ingin makan buah tin segar, kupas dulu kulitnya dengan cara memutar batangnya. Setelah itu, kupas kulitnya dengan jari dari atas hingga terbuka. 

Makan buah tin bersama makanan atau minuman, bisa dicampurkan pada kue, puding dan jus agar rasanya lebih enak.

Buah Tin Kering

Buah Tin Kering

Cara makan buah tin kering lebih mudah lagi, yaitu tinggal direndam dulu dengan air hingga teksturnya kembali lembut. Kalau ingin lebih empuk teksturnya, bisa merebus buah tin dulu beberapa menit. Jangan terlalu lama agar tidak merusak nutrisinya, terutama vitamin C.

Setelah itu, buah tin kering bisa dikonsumsi dengan smoothies, bubur ataupun oatmeal. Dapat juga menaburkan buah tin kering diatas kue.

Cara memakan buah tin cukup mudah, bisa langsung dalam bentuk segar ataupun yang sudah kering. Campurkan buah tin pada minuman ataupun makanan, seperti oatmeal, bubur dan smoothies agar rasanya menjadi lebih enak.

Referensi:

https://kumparan.com/berita-hari-ini/3-cara-makan-buah-tin-untuk-mengatasi-berbagai-masalah-pada-tubuh-1xj5QWDHBZa/full

https://www.popmama.com/life/health/sarrah-ulfah/manfaat-buah-tin-beserta-cara-mengonsumsinya

https://www.nuansa.web.id/edukasi/cara-makan-buah-tin-segar-dan-kering/

Yuk, tulis resep masakanmu

Buat resep di Mealy, dibayar tiap bulan!