Cara Membuat Bolu Pisang Kukus Mengembang

Editorial Mealy

Bolu pisang kukus cukup digemari oleh masyarakat Indonesia, karena rasanya yang enak dan aromanya khas. Cara membuat bolu pisang kukus mengembang juga tidak sulit dan bahannya mudah didapatkan. Metode pengolahan dengan dikukus mempertahankan aroma pisang.

Terlebih lagi, pisang adalah buah tropis yang sangat mudah ditemukan di Indonesia dan harganya terjangkau. Jika bosan makan pisang begitu-begitu saja, cobalah untuk mengolahnya menjadi kue bolu kukus yang enak dan gurih.

Keunggulan Pisang untuk Kue Bolu

Meskipun harganya tidak semahal buah impor tapi buah pisang mengandung nutrisi yang tidak kalah bagus bagi tubuh kita. Mengolah pisang menjadi kue bolu yang dikukus tentunya akan menghasilkan camilan enak dan sehat untuk seluruh anggota keluarga.

Kandungan nutrisi buah pisang tidak bisa disepelekan begitu saja. Di dalam pisang terkandung protein, vitamin A, B, B1 dan C, zat besi, fosfor, kalsium dan kalium. Jenis pisang yang cocok untuk bolu diantaranya ambon, uli, raja maupun pisang lampung.

Hal yang perlu diperhatikan saat memilih buah pisang yang bagus untuk kue bolu adalah tingkat kematangannya. Pisang yang sudah matang dan kulitnya berwarna cokelat cenderung lebih enak kalau dibuat bolu, karena aromanya sudah wangi dan rasanya manis.

Cara Membuat Bolu Pisang Kukus Mengembang

Pisang sendiri sebenarnya sudah memiliki tekstur yang lembut, tapi ketika akan diolah menjadi kue bolu, pisang harus dihaluskan lebih dulu. Adapun cara membuat bolu pisang kukus mengembang yaitu sebagai berikut.

Bahan-Bahan 

Kunci utama dalam membuat kue, termasuk bolu, adalah pada pemilihan bahan-bahan yang bagus dan takaran yang pas. Jadi, perhatikan ukuran bahan yang diperlukan dan pastikan takarannya pas saat membuatnya. Bahan-bahan kue bolu pisang kukus lembut yaitu:

Bahan Bahan Kue Bolu Pisang

  • Buah pisang yang sudah matang, 2 atau 4, tergantung ukurannya.
  • Telur 2 butir
  • Terigu protein sedang 6 sendok makan
  • Gula pasir 4 sendok makan
  • Minyak goreng 4 sendok makan
  • Vanili ¼ sendok teh
  • SP ½ sendok teh 
  • Garam ¼ sendok teh

Langkah-langkah Membuat Kue Bolu Pisang Kukus

Jika semua bahan yang diperlukan sudah siap, berikutnya adalah tahapan untuk membuat kue bolu kukus pisang enak dan lembut. Langkah-langkah pembuatan kue pisang kukus adalah sebagai berikut.

  • Kupas dulu kulit pisang, lalu haluskan pisang dengan sendok atau garpu sampai teksturnya mirip dengan bubur.
  • Campurkan tepung terigu dan garam lalu ayak agar tidak menggumpal.
  • Ambil wadah untuk membuat adonan bolu, bisa baskom atau mangkuk besar dari plastik. Pastikan wadah bersih dan benar-benar kering supaya adonan bisa mengembang.
  • Masukkan telur ke dalam wadah, tambahi gula pasir, SP dan vanili.
  • Kocok telur hingga gula, SP dan vanili larut.
  • Ambil campuran tepung, kemudian masukkan ke dalam adonan telur sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan.
  • Kalau semua bahan sudah tercampur dengan merata, masukkan buah pisang yang sudah dihaluskan tadi, dan aduk kembali.
  • Tambahkan minyak goreng ke dalam adonan dan aduk dengan gerakan seperti melipat. Tujuannya agar minyak tidak menempel dan tertinggal pada dasar adonan.
  • Panaskan dulu dandang atau panci untuk mengukus kue sampai airnya mendidih.
  • Ambil loyang kue yang ukurannya sesuai dengan dandang, olesi dulu minyak agar kue tidak lengket. Taburi sedikit tepung pada permukaannya.
  • Tuang adonan ke dalam loyang, ratakan permukaanya. Agar tidak ada udara pada adonan, goyang-goyangkan dulu loyangnya.
  • Masukkan adonan bolu pisang ke dalam dandang atau panci kukusan, masak sekitar 25 menit.
  • Pasang serbet atau kain pada tutup dandang untuk menghindari air menetes pada adonan.
  • Kalau sudah sekitar 25 menit, cek apakah bolu sudah matang dengan cara menusuknya menggunakan garpu, lidi atau tusuk gigi. Kalau sudah tidak ada adonan yang menempel pada garpu berarti bolu pisang sudah matang.
  • Angkat bolu dari dandang dan tuangkan pada rak kawat, tunggu dingin.
  • Potong-potong kue bolu pisang sesuai keinginan.

BACA JUGA: 7 Game Memasak Asli Indonesia yang Bikin Bangga

Tips Membuat Bolu Pisang Kukus Mengembang

Keluhan hampir setiap orang yang sedang belajar membuat kue bolu pisang kukus adalah hasil yang tidak memuaskan. Kue bolu bantat, keras karena adonan tidak bisa mengembang secara sempurna. Kenapa adonan bolu tidak mengembang bisa disebabkan oleh beberapa faktor.

Jangan menyerah, masih ada tips agar kue bolu pisang bisa mengembang sempurna. Apa saja tipsnya, simak berikut ini.

Pilih Bahan yang Berkualitas

Bahan-bahan kue bolu ikut berpengaruh pada hasilnya nanti, apakah bisa mengembang sempurna atau tidak. Pastikan bahwa semua bahan-bahan kue bolu pisang kualitasnya bagus, mulai dari terutama tepung terigu dan telur.

Gunakan tepung terigu protein sedang dan telur yang masih segar, agar kue bolu pisang nanti hasilnya memuaskan serta enak rasanya. Semua bahan yang akan dipakai harus ada di suhu ruang, kalau sudah terlanjur masuk kulkas, biarkan dulu hingga suhunya normal.

Meskipun ada beberapa jenis pisang yang bisa diolah menjadi kue bolu, tapi yang paling bagus adalah pisang ambon. Pilih pisang ambon yang kulitnya sudah menjadi cokelat, tandanya telah matang sempurna.

Untuk membuat kue bisa mengembang lebih bagus, gunakan juga SP. Pengembang kue SP dapat membuat adonan lebih cepat mengembang dan kocokannya stabil meskipun dibiarkan agak lama. Agar bolu moist, pakai margarin yang sudah dilelehkan atau minyak goreng/ minyak sayur.

Buat Adonan dengan Benar

Cara membuat bolu pisang kukus mengembang yang selanjutnya adalah buat adonannya dengan benar. Apa maksudnya? Pembuatan adonan kue harus dilakukan dengan cara yang benar, mulai dari pemilihan wadah hingga tahapan-tahapannya.

Wadah yang bagus untuk membuat adonan bolu adalah yang terbuat dari bahan plastik, stainless ataupun kaca. Sebelum digunakan untuk membuat adonan, pastikan bahwa wadah benar-benar kering dan bersih. Air yang menempel pada wadah bisa menyebabkan adonan bantat.

Setelah itu, mulai langkah membuat adonan dengan mengocok telur dan gula lebih dulu hingga mengembang. Bagaimana ciri adonan telur sudah mengembang sempurna? Yaitu kalau warnanya sudah berubah menjadi putih dan teksturnya kaku mirip whipe cream. 

Jika kocokan telur masih bisa menetes ketika diangkat dengan sendok atau spatula, artinya masih belum mengembang sempurna. Setelah telur mengembang, baru masukkan pisang dan bahan-bahan kering yaitu tepung. Aduk perlahan dengan arah yang sama.

Panaskan Dulu Panci

Tips berikutnya yaitu panaskan dulu panci atau dandang yang akan dipakai untuk mengukus kue. Panci yang belum panas akan membuat adonan turun dan menjadi bantat. Bungkus tutup dandang dengan serbet agar uap air tidak menetes.

Kukus sesuai waktu yang dibutuhkan, biasanya sekitar 25-30 menit. Hindari untuk membuka-buka tutup panci selama proses pengukusan karena itu hanya akan membuat kue tidak matang.

Tidak terlalu sulit bukan cara membuat bolu pisang kukus mengembang sempurna dan menghasilkan kue yang lembut. Jika hasilnya kurang bagus pada percobaan pertama, jangan menyerah, lain waktu buat lagi kue bolu pisang kukus dengan lebih hati-hati dan sesuai resep.

Referensi:

https://www.blueband.com/id-id/resep/resep-kue?gclid=EAIaIQobChMI2svrwoej_QIV7pNmAh18QAxbEAMYASAAEgKI4_D_BwE

https://www.kompas.com/food/read/2022/08/23/121100975/resep-bolu-pisang-kukus-35-menit-empuk-dan-tidak-seret

Yuk, tulis resep masakanmu

Buat resep di Mealy, dibayar tiap bulan!