7 Lauk yang Tahan Lama Walau Tidak Disimpan di Kulkas

Editorial Mealy

Memasak adalah kegiatan yang mungkin kurang disukai bagi sebagian orang. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak orang yang memutuskan untuk mengonsumsi 7 lauk yang tahan lama walau tidak disimpan di kulkas.

Hal ini juga berlaku bagi anak kos atau pekerja kantor yang jarang memasak karena padatnya aktivitas. Lauk yang tahan lama tentu bisa disimpan untuk dikonsumsi di hari berikutnya.

Pengeluaran pun menjadi lebih hemat karena tidak perlu belanja bahan masakan setiap hari. Lalu, apa saja makanan yang awet meski tidak disimpan di kulkas?

7 Lauk yang Tahan Lama Walau Tidak Disimpan di Kulkas

Inilah 7 lauk yang tahan lama walau tidak disimpan di kulkas yang bisa dijadikan pilihan bagi kamu yang malas memasak:

1. Kering Kentang

Kering Kentang

Rekomendasi makanan tahan lama yang pertama adalah kering kentang. Makanan yang satu ini cukup mudah dijumpai di warung atau rumah makan.

Saat pulang kampung, tidak jarang kamu juga akan membawa kering kentang untuk dibawa ke perantauan. Hal ini karena makanan tersebut sangat praktis dikonsumsi dan bisa tahan lama, sehingga kamu tidak perlu repot-repot memasak lauk lagi.

Saat tengah malam tiba dan kamu merasa lapar, kering kentang bisa dijadikan solusi terbaik untuk mengganjal perut. Selain dijadikan lauk, makanan yang tahan lama ini juga bisa dikonsumsi sebagai camilan.

Pastikan untuk menyimpan mering ketang di wadah kering dan tertutup rapat supaya lebih awet. Jangan lupa untuk menaruhnya di tempat yang strategis agar tidak didatangi semut.

2. Abon

Abon adalah salah satu jenis lauk yang cukup awet, bahkan dalam waktu hitungan minggu. Abon adalah makanan yang terbuat dari bahan dasar daging, baik itu daging ayam atau daging sapi.

Namun, saat ini variasi rasa abon cukup beragam, yakni seperti rasa ikan dan udang. Abon memiliki rasa yang manis dan gurih, sehingga cocok disantap bersama dengan nasi putih panas.

Makanan ini diolah sedemikian rupa hingga bertekstur layaknya serat kapas dengan warna kecokelatan. Makanan ini sangat cocok dikonsumsi oleh anak kos yang ingin menyiapkan sarapan atau makan siang dengan mudah dan praktis.

Abon bisa dibuat sendiri ataupun beli dalam bentuk kemasan. Saat ini, sudah banyak abon kemasan yang dijual secara bebas di berbagai pusat perbelanjaan, sehingga semakin praktis untuk dikonsumsi.

3. Kering Tempe

Kering Tempe

Selain kering kentang, makanan lain yang awet meskipun tidak disimpan di kulkas adalah kering tempe. Lauk yang satu ini wajib dimasukkan ke dalam daftar menu mingguan untuk stok di kos. 

Sesuai namanya, kering tempe merupakan olahan dengan bahan dasar tempe. Kering tempe adalah lauk yang digunakan sebagai pelengkap nasi kuning, nasi uduk, nasi langgi hingga nasi rames.

Olahan kering tempe biasanya dicampur dengan teri dan kacang tanah, sehingga semakin menambah cita rasa gurih dan sedap.

Jika bisa dimasak dengan baik, kering tempe bisa bertahan hingga seminggu.

Cara menyimpannya tidak harus menggunakan kulkas karena kamu hanya perlu menempatkannya di wadah yang tertutup, lalu simpan di tempat yang sejuk.

4. Dendeng Balado

Dendeng

Dendeng balado merupakan salah satu lauk yang banyak digemari oleh masyarakat dan biasanya dapat ditemukan dengan mudah di rumah makan padang.

Selain beli, dendeng balado juga bisa dibuat sendiri di rumah. Cara membuatnya yaitu dengan menyiapkan daging sapi, lalu iris tipis-tipis.

Setelah itu, goreng irisan daging sapi hingga kering. Cara pengolahan dendeng balado yang dikeringkan membuatnya dapat bertahan lama walaupun tidak ditaruh dalam kulkas.

Bagi kamu yang tidak suka pedas, maka dendeng balado bisa menjadi alternatif terbaik karena rasa yang dihasilkan tidak terlalu pedas karena memakai cabai merah besar sebagai pelengkapnya.

Bagi kamu yang tinggal di perantauan dan tidak mempunyai kulkas, maka menyimpan stok makanan bukan hal yang sulit. Dendeng balado dapat disimpan di tempat yang kering, seperti lemari atau rak khusus makanan jika kamu tinggal di kamar kos.

Jika ingin menyantapnya, sebaiknya panaskan terlebih dahulu agar semakin nikmat ketika disantap bersama nasi pulen.

5. Telur Asin

Telur Asin

Telur asin ialah jenis telur yang diawetkan dengan metode pengasinan. Kamu dapat menyimpan telur ini dalam bentuk mentah ataupun rebus.

Tenang saja, karena telur yang sudah diasinkan bisa bertahan lebih lama dibandingkan telur biasa. Kamu juga tidak perlu menyimpan telur asin di kulkas, sehingga cukup awet untuk anak kost.

Kandungan mineral dan gizi dalam telur asin cukup tinggi, tetapi mudah rusak karena sifat alami ataupun pengaruh organisme kulit telur. 

Kerusakan telur umumnya dapat diketahui setelah telur asin berada di udara terbuka lebih dari 2 minggu tanpa diawetkan.

Gejalanya yakni bisa karena cangkangnya pecah, mikroba yang masuk ke telur, udara yang keluar pada kantong telur, hingga berkurangnya kadar air pada telur.

Pengasinan adalah salah satu upaya pengawetan yang tidak hanya bermanfaat untuk mengawetkan telur asin, tetapi juga dapat meminimalisir bau amis yang tidak sedap.

6. Rendang

Daging Rendang

Rendang merupakan makanan yang berasal dari Kerajaan Minang, Sumatera Barat. Berdasarkan sejarah, istilah “rendang” berasal dari bahasa Minang "randang" yang mengacu pada teknik mengolah makanan dengan cara diproses untuk dikeringkan atau dihilangkan airnya.

Makanan yang cocok dijadikan stok lauk untuk seminggu ini telah dinobatkan sebagai salah satu makanan terlezat di dunia. Hal ini menandakan bahwa rendang tidak hanya cocok untuk lidah orang Indonesia, tetapi juga lidah orang luar negeri.

Rendang dibuat dengan bahan utama berupa daging yang diolah sedemikian rupa dengan santan dan berbagai bumbu rempah.

Proses memasak rendang memerlukan waktu yang tidak sebentar, yakni sekitar 7-8 jam supaya air dalam rendang dapat menyerap sempurna. Saat memasak makanan ini, penting sekali untuk memakai api yang kecil agar tidak mudah gosong.

Agar sajian rendang yang dihasilkan bisa disimpan lebih lama, maka pilihlah daging rendang yang segar dengan karakteristik warna kemerahan.

7. Bawang Goreng

Bawang Goreng

Siapa yang tidak suka dengan bawang goreng? Makanan yang satu ini menjadi favorit bagi banyak orang karena cita rasa yang khas dan cocok digunakan pada berbagai olahan makanan.

Bawang goreng merupakan bawang merah yang digoreng sampai berwarna keemasan. Makanan yang termasuk ke dalam 7 lauk yang tahan lama walau tidak disimpan di kulkas ini termasuk jenis bumbu tabur yang umumnya tidak tertinggal sebagai pelengkap makan agar semakin nikmat.

Bawang goreng dapat dijadikan andalan bagi anak kos yang ingin menyimpan makanan tahan lama tanpa perlu dimasukkan kulkas.

Meskipun tidak terbuat dari daging seperti halnya rendang, namun taburan bawang goreng ini sudah cukup lezat disantap bersama nasi.

Umur simpannya juga relatif lama yakni mencapai ratusan hari, sehingga bisa digunakan sebagai bahan stok makanan ketika tanggal tua.


Setelah menyimak 7 lauk yang tahan lama walau tidak disimpan di kulkas, dapat dipahami bahwa berbagai makanan yang disebutkan di atas sangat cocok dikonsumsi oleh anak kos, pekerja kantoran, atau kamu yang suka malas memasak agar tidak kelaparan.

Yuk, tulis resep masakanmu

Buat resep di Mealy, dibayar tiap bulan!