Langkah Membuat Kulit Panada yang Lembut dan Enak, Dijamin Anti Gagal

Editorial Mealy

Tidak sedikit yang masih bingung mengenai langkah membuat kulit panada lembut dan gurih. Padahal, bagian kulit begitu krusial untuk menghasilkan panada yang menggugah selera. Bagi kamu yang ingin membuat kuliner khas Manado satu ini, simak ulasan berikut. 

Pada dasarnya, adonan kulit panada tidak hanya bergantung dari bahan yang digunakan. Melainkan proses ketika diuleni juga penting diperhatikan. Jika adonan kurang elastis, maka hasilnya saat digoreng pun kurang maksimal. 

Langkah Membuat Kulit Panada Mudah dengan Hasil Memuaskan

Panada menjadi kuliner yang tidak hanya lezat, melainkan juga mengenyangkan dan sehat. Terlebih jika kamu membuatnya dengan kombinasi protein dan sayuran. Tidak sedikit yang terlalu berfokus pada isian, padahal membuat bagian kulitnya juga membutuhkan ketelatenan. 

Agar hasil adonan kulit panada tidak mengecewakan, ada baiknya mengikut langkah-langkah pembuatannya yang baik dan benar sebagai berikut. 

1. Menyiapkan Bahan-Bahan yang Tepat dan Berkualitas

Langkah membuat kulit panada yang pertama tentunya menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Tidak perlu khawatir, kamu tidak akan asing dengan bahannya karena mirip seperti membuat roti. Jadi, tidak sulit mencarinya bagi yang ingin membuat untuk sendiri maupun usaha. 

Bahan-bahan tersebut adalah tepung terigu protein sedang, ragi instan, baking powder, gula pasir, santan, telur, dan garam. Pastikan jenis terigu yang digunakan tepat agar mengembang sempurna menjadi roti panada empuk dan lembut. Begitu pula dengan ragi, pastikan masih aktif atau layak dipakai. 

Biasanya pada roti reguler, jenis tepung yang dipakai adalah protein tinggi. Jadi, untuk kulit panada memang sedikit berbeda pada bagian ini sehingga harus diperhatikan dengan baik. Tujuan penggunaan jenis tepung ini sendiri agar bagian kulitnya mengembang dan memiliki pori-pori kecil. 

2. Uleni Adonan Kulit Panada Sampai Elastis

Jika ingin membuat kulit panada yang lembut, maka butuh perjuangan dengan membuat adonannya elastis terlebih dahulu. Proses ini sangat berpengaruh terhadap hasil akhir sehingga pemula harus memperhatikannya dengan baik.

Campurkan bahan kering (tepung terigu, baking powder, ragi, gula) terlebih dahulu lalu aduk merata. Selanjutnya masukkan telur dan santan secara perlahan lalu tambahkan sejumput garam. 

Adapun penggunaan santan bisa meningkatkan rasa gurih pada kulit panada sehingga menjadikannya lebih lezat. Uleni adonan menggunakan mixer dengan kecepatan sedang saja sampai kalis dan elastis. Setelah itu, adonan diistirahatkan sampai mengembang, jangan lupa ditutup terlebih dahulu. 

3. Membuat Isian Panada dengan Lauk 

Cara membuat kulit panada yang lembut dan enak kurang lengkap tanpa proses pembuatan isian. Perlu diingat bahwa isian juga tidak boleh diabaikan, terlebih jika berniat membuka usaha kuliner panada. 

Adapun pada resep panada khas Manado sendiri biasanya menggunakan tumisan ikan tongkol atau cakalang asap. Isian panada juga seringkali dikombinasikan dengan sayuran sehingga kandungan gizinya bertambah. 

Jika tidak memungkinkan menggunakan cakalang asap, tumisan tongkol tidak kalah lezat. Agar isian tidak bau amis, tongkol diberi perasan jeruk nipis lalu diamkan selama 10 menit. Setelah itu, kamu bisa langsung mengukusnya sampai matang lalu lauk disuwir.

Adapun bumbu yang harus disiapkan adalah bawang putih, bawang merah, tomat, kemiri, serai, cabai, dan jahe. Tumis sampai harum lalu masukkan ikan tongkol yang sudah disuwir.

4. Mengisi  Kulit Panada

Setelah membuat tumisan lezat seperti cara di atas, langkah membuat kulit panada selanjutnya yaitu menggiling adonan. Ambil adonan yang sudah diistirahatkan lalu letakkan di alas yang sudah ditaburi sedikit terigu agar tidak lengket. 

Kemudian giling panada sampai benar-benar pipih, namun jangan sampai robek. Ambil adonan secukupnya lalu isikan tumisan tongkol ke dalamnya sesuai selera. Jika semua adonan sudah dibentuk, istirahatkan kembali selama 20 menit. 

Agar ketika didiamkan kulit panada tidak membuka, pilin di bagian pinggirannya seperti membuat pastel. 

5. Menggoreng Panada dengan Api Sedang

Langkah membuat kulit panada yang tepat terasa kurang jika tidak mempelajari cara menggorengnya. Adonan yang cantik akan maksimal jika hasil sesudah digoreng juga memuaskan. Siapkan minyak di wajan dengan api sedang lalu tunggu sampai panas.

Kamu bisa menggunakan minyak yang telah beku sebelumnya agar panada tidak terlalu berminyak. Setelah itu, goreng adonan panada sampai kecoklatan, jangan sampai api terlalu besar karena bisa membuatnya gosong. 

Tips Agar Adonan Kulit Panada Elastis

Kesulitan melakukan langkah membuat kulit panada yang elastis? Sebenarnya, hal ini kerap kali dialami pemula yang baru pertama kali membuatnya. Tidak perlu khawatir, beberapa tips di bawah ini bisa dilakukan agar adonan kulit panada bagus.

1. Pakai Terigu Protein Sedang

Penasaran dengan cara buat kulit panada yang lembut dan enak? Pada dasarnya, kuncinya berada pada proses ketika menguleni adonan. Pastikan terigu yang digunakan merupakan protein sedang, jangan protein tinggi. 

Jika memaksakan memakai terigu protein tinggi, serat roti dan permukaan pori-porinya tampak lebih besar. Hal ini menyebabkan kulit panada justru lebih keras dan jauh dari kesan lembut. Jika menyukai panada empuk, pilihlah jenis terigu yang tepat. 

2. Ragi dan Baking Soda dalam Keadaan Baik

Pastikan ragi yang digunakan tidak dalam keadaan terbuka sebelumnya. Kamu bisa membeli ragi sachet yang bisa langsung digunakan untuk kulit panada. Hal ini juga berlaku untuk baking powder, jangan membiarkannya tersimpan secara terbuka.

3. Uleni dengan Alat yang Tepat

Cara membuat kulit panada yang lembut dan mengembang memang cukup tricky. Jika menggunakan mixer standing, pasang pedal spiral dan pedal hook secara tepat. Nyalakan mixer dengan kecepatan sedang karena setelahnya harus diuleni secara kalis dan elastis. 

Namun, seperti apa elastis yang dimaksud, elastis pada adonan artinya tidak mudah rusak atau sobek. Penggunaan mixer dan tangan harus cermat sehingga adonan tidak mengecewakan.

Apakah Isian/Tumisan Mempengaruhi Kulit Panada?

Membuat isian panada merupakan langkah penting, jangan sampai bumbunya tidak matang. Hal ini akan menyebabkan rasa dan aroma langu sehingga kurang menggugah selera. Proses menambahkan garam, gula, dan santan juga perlu diperhatikan agar benar-benar terserap ke dalam lauknya. 

Untuk menambah cita rasa isian, kamu juga bisa memasukkan daun kemangi yang sudah dipetik dari pucuknya. Namun, pastikan hasil tumisan benar-benar kering agar tekstur kulit panada tetap terjaga. Jika tumisan basah atau bahkan berkuah, kulit panada akan lembek dan kurang lembut.

Bagaimana Agar Panada Tidak Terlalu Berminyak?

Panada adalah roti yang digoreng dan diberi isian, mungkin kamu terpikir untuk membuatnya tidak terlalu menyerap minyak. Pada dasarnya, hal ini bisa dilakukan asal cukup telaten memperhatikan minyak yang digunakan. 

Usahakan menggunakan minyak kelapa yang disimpan di dalam kulkas. Dengan kata lain, minyak tersebut sudah frozen lalu cairkan kembali di wajan. Kamu akan takjub karena ketika digunakan untuk menggoreng, panada tidak akan menyerap banyak minyak. 

Ketika menyalakan api kompor pun tidak boleh sembarangan, usahakan api sedang saja. Jika terlalu besar akan mudah gosong, sedangkan terlalu kecil akan menyerap banyak minyak. 

Langkah membuat kulit panada yang lembut dan empuk harus dipahami dengan baik. Terlebih jika kamu berniat menjualnya, tentu rasa dan tekstur rotinya sangat penting. Penggunaan bahan tepung yang tepat sangat penting dipahami, begitu juga dengan proses penggorengannya.

Yuk, tulis resep masakanmu

Buat resep di Mealy, dibayar tiap bulan!