Mengenal Caviar, Tobiko, dan Ikura Serupa Tapi Tak Sama

Editorial Mealy

Pecinta kuliner negeri sakura, pastinya sudah tidak asing dengan kudapan sushi. Salah satu toping yang digunakannya adalah telur ikan. Pada ulasan kali ini, kamu akan mengenal caviar, tobiko, dan ikura serupa tapi tak sama. 

Tidak hanya lezat, telur ikan juga kaya akan gizi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan otak. Tak heran jika makanan ini ada yang dibanderol mahal di berbagai negara. Namun, hal ini bukan tanpa alasan mengingat untuk proses produksinya sendiri dinilai cukup rumit.

Mengenal Caviar, Tobiko, dan Ikura

Pada dasarnya, penggunaan telur ikan untuk hidangan masakan Jepang memang sangat populer. Tampilannya dengan warna cerah dan menarik juga membuat kuliner yang disantap semakin lezat. Namun, mungkin kamu sering terkecoh dalam membedakan caviar, tobiko, dan ikura. 

Supaya tidak salah dalam memilih menu dengan telur ikan favorit, sebaiknya simak penjelasannya berikut ini. 

  1. Caviar

Caviar Mewah

Pada dasarnya, caviar identik dengan masakan prestisius dengan harga selangit. Jenis telur ikan ini sendiri berasal dari ikan sturgeon yang keberadaannya di perairan Amerika Utara dan Eurasia. Habitatnya yang terbatas dan tidak bisa hidup di semua kondisi perairan membuat harganya mahal.

Bahkan ikan sturgeon sendiri sudah dinyatakan sebagai salah satu hewan laut langka. Jadi, sudah terbayang bukan betapa mahalnya telur ikan satu ini? Bagaimana tidak, hewan dengan nama ilmiah Acipenseridae ini membutuhkan waktu belasan tahun sampai telurnya bisa dipanen. 

Belum lagi tekstur dan rasanya yang menggugah membuat telur ikan berwarna hitam ini tidak hanya sehat. Makanan ini sangat premium karena pengaruh proses penangkapan penuh risiko dan tidak boleh sembarangan. Adapun caviar berkualitas super didapatkan ketika sturgeon betina siap bertelur. 

Salah satu ciri ikan langka tersebut hendak bertelur yaitu berenang dari perairan asin ke anak sungai tawar. Ketika momen tersebut terjadi, maka penangkapan dan pemanenan caviar bisa dilakukan. 

Sebenarnya, saat ini sudah ada beberapa perusahaan berteknologi canggih yang memprediksi dengan tepat momen penangkapan caviar. Namun, tentu hal ini tidak membuat telur ikan jenis ini menurun harganya. Keberadaan ikan surgeon yang terbilang langka membuat harganya juga fantastis.

  1. Tobiko 

Tobiko Gunkan Maki

Bagi pecinta olahan hasil laut, memang sebaiknya mengenal caviar, tobiko, dan ikura serupa tapi tidak sama. Mungkin di sisi lain kamu juga pernah mendengar nama telur ikan tobiko, apakah sama dengan yang disebutkan sebelumnya?!

Tobiko berasal dari telur ikan terbang atau flying fish dengan nama ilmiah Exocoetidae. Mudah untuk membedakannya dengan caviar, karena makanan ini berwarna merah cerah. Ukurannya sangat kecil namun terdapat sensasi tersendiri ketika menggigitnya. 

Tobiko cenderung renyah, bahkan seperti meletus ketika digigit dengan makanan seperti sushi. Pada makanan Jepang, kudapan ini seringkali dikombinasikan dengan yuzu, jus bit, wasabi, dan tinta cumi. Rasanya jadi lebih kaya, unik, dan tentunya tetap bergizi.

  1. Ikura 

Telur Ikan Salmon Ikura

Dengan mengenal caviar, tobiko, dan ikura serupa tapi tak sama maka hal ini akan memudahkan kamu memesan menu yang tepat. Bagi pecinta salmon, mungkin juga akan ketagihan dengan telur ikan satu ini. Ikura merupakan telur dari ikan salmon dimana teksturnya lebih berair dibanding tobiko dan caviar. 

Tak heran jika penggunaannya sangat cocok untuk makanan Jepang seperti sushi dan sashimi. Bahkan sering juga digunakan sebagai taburan pada chirashi don, dijamin rasanya lebih kaya dan segar.

Kandungan Nutrisi Caviar, Tobiko, dan Ikura

Mengkonsumsi makanan dengan topping telur ikan tidak hanya lezat, namun juga menyehatkan. Lalu, sebenarnya apa saja yang terkandung pada telur ikan sehingga membuatnya dibanderol mahal?

  1. Ikura Bagus untuk Kesehatan Tubuh dan Otak

Menariknya, telur ikan salmon ternyata tidak kalah bergizi dibanding daging ikannya. Nutrisinya sangat tinggi karena mengandung omega-3, omega-6, omega-7, dan omega-8. Makanan ini juga mengandung lemak baik yang lengkap, protein, zat besi, kalsium, fosfor, vitamin D, vitamin A, dan sebagainya. 

Rutin mengkonsumsi telur ikan salmon atau ikura ini sangat bagus untuk kesehatan tubuh, kecerdasan otak, dan elastisitas kulit.

  1. Caviar Meningkatkan Fungsi Sistem Saraf 

Tidak sedikit yang sudah mengulas caviar sebagai makanan langka, bernilai fantastis, dan tentunya bergizi. Namun, apakah kamu sudah mengetahui keterangan lebih lanjut mengenai kandungan telur ikan satu ini?

Caviar kaya akan protein, lemak, vitamin (A, D, E, K), fosfor, kalium, omega-3, omega-9, dan sebagainya. Teksturnya yang crunchy dan bercita rasa unik membuatnya dihargai selangit. Bahkan untuk beberapa gram caviar saja sudah dihargai ratusan ribu rupiah. 

Kudapan yang berasal dari ikan surgeon ini membantu meningkatkan sistem saraf dan imunitas tubuh. Mengkonsumsi telur ikan jenis ini juga bisa melancarkan peredaran darah sehingga organ berfungsi dengan baik. 

  1. Tobiko Tinggi sebagai Suplemen Kesehatan 

Dikenal berukuran lebih kecil dibanding caviar dan ikura, namun bukan berarti kandungan nutrisinya remeh. Bagaimana tidak, telur ikan terbang ini tetap kaya akan gizi. Makanan ini memiliki kandungan protein tinggi, omega-3, omega-6, asam lemak, dan sebagainya. 

Tak heran jika mengkonsumsi makanan dengan topping tobiko bisa menyehatkan tubuh. Makanan yang juga kaya akan mineral ini dikenal lebih terjangkau harganya. Jadi, tidak ada salahnya mengkonsumsi rutin telur ikan ini sebagai penambah asupan gizi harian. 

Mengkonsumsi tobiko juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga bagus untuk kesehatan tubuh. Telur ikan yang satu ini tidak hanya bersahabat dari segi harga, namun juga nutrisinya. Tobiko memang bisa menjadi alternatif yang tepat bagi yang baru merintis usaha makanan ala Jepang.

Mengapa Ikura dan Tobiko Seringkali Salah Dikenali?

Tidak sedikit yang salah mengenali antara telur ikan ikura dan tobiko. Kamu mungkin kerap kali mengkonsumsi sushi atau sashimi, namun apakah sudah mengetahui jenis telur ikan yang dijadikan toppingnya?

Pada dasarnya, mengenal caviar, tobiko, dan ikura serupa tapi tak sama bisa menjadi pengetahuan yang bagus. Baik di sisi konsumen maupun bagi yang berniat membuka usaha makanan Jepang. Telur ikan ikura berasal dari ikan salmon, telurnya berwarna kemerahan.

Sedangkan tobiko berasal dari ikan terbang dan wujud telurnya lebih orange. Adapun ukuran tobiko sendiri lebih kecil dibanding ikura, namun keduanya menciptakan sensasi meletus di mulut. 

Selain itu, ikura juga bertekstur lebih lembut, kenyal, dan berair. Baik ikura maupun tobiko, keduanya memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan tubuh. 

Berapa Harga Caviar, Ikura, dan Tobiko?

Telur ikan memang menjadi makanan penuh gizi, tidak sedikit pula yang merasa penasaran dengan harganya. Mungkin kamu pernah mengeluhkan mengapa topping telur ikan pada sushi yang dipesan sedikit? Sebaiknya cari tahu terlebih dahulu mengenai harga pasaran kudapan satu ini. 

  1. Ikura per 100 gr Rp270.000
  2. Tobiko per 100 gr Rp37.000
  3. Caviar per 100 gr Rp4.500.000

Bagaimana, tertarik dengan menu-menu makanan dengan topping telur ikan? Mengenal caviar, tobiko, dan ikura serupa tapi tak sama penting dilakukan. Terlebih jika kamu berniat membuat masakan menggunakan bahan tersebut atau memulai bisnis kuliner.

Yuk, tulis resep masakanmu

Buat resep di Mealy, dibayar tiap bulan!