Menu Diet Sederhana dan Enak yang Praktis

Editorial Mealy

Menu diet sederhana dapat membantu kamu untuk mencapai berat badan yang diinginkan dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Saat diet, kamu tentunya tidak hanya berfokus pada bagaimana memakan makanan dengan porsi yang sedikit. 

Hal tersebut tentu tidak efektif. Kamu perlu mempelajari bagaimana caranya defisit kalori. Selain itu, kamu juga perlu untuk membuang stigma makanan diet yang tidak enak. Banyak menu yang bisa kamu coba untuk diet.

Daftar Menu Diet Sederhana

Saat diet, tentunya kamu sangat memperhatikan apa saja yang dimakan. Untuk itu, akan lebih mudah untuk membuat makanan diet sendiri daripada jajan di tempat lain. Selain porsi makan, kamu tentu juga perlu untuk menentukan jam makan.

Ketika diet, jam makan yang dianjurkan adalah pukul 06.00 hingga 08.00 untuk sarapan, pukul 09.3 hingga 10.00 untuk camilan pagi, pukul 12.00 hingga 14.00 untuk makan siang, pukul 16.00 hingga 17.00 untuk camilan sore, dan pukul 18.00 hingga 19.00 untuk makan malam.

Apakah kamu sudah mengikuti anjuran jam makan tersebut? Jika belum, kamu dapat menyesuaikan jam makan agar diet lebih efektif. Selanjutnya, kamu dapat membiasakan jam makan dan memakan makanan yang sehat. 

Beberapa menu yang bisa kamu cobain sendiri di rumah adalah:

1. Telur Kukus

Telur Kukus

Menu diet yang mudah dan bisa kamu coba buat adalah telur kukus. Untuk proses pembuatannya, telur ini sama dengan telur dadar. Kamu dapat mengocok telur, menambahkan beberapa bahan seperti jamur, bawang daun, tomat, garam dan bumbu lainnya.

Untuk mengurangi konsumsi minyak, telur dimasak dengan cara dikukus. Kamu bisa menggunakan wadah kaca atau wadah berbahan dasar stainless untuk mengukus. 

2. Pepes Tahu dan Tempe

Pepes Tahu Dan Tempe

Menu diet sederhana dan murah yang bisa kamu buat di rumah adalah pepes tahu dan tempe. Untuk membuat pepes tahu dan tempe, bahan dapat dikukus dan dicampur dengan bumbu pepes. Kamu dapat menambahkan daun kemangi untuk menambah aroma.

Untuk menambah rasa, kamu dapat menambahkan irisan cabai, garam dan bumbu penyedap secukupnya. Agar lebih lezat, kamu juga bisa menambahkan daging udang cincang ke dalam pepes.

3. Urap

Urap

Bosan dengan sayuran yang itu-itu saja? Kamu bisa cobain bikin urap, nih. Makanan tradisional satu ini memiliki kandungan kalori yang rendah dan tentunya tetap mengenyangkan. Urap merupakan sayuran yang mungkin mudah untuk kamu bikin atau beli.

Bahan yang digunakan pada urap juga mudah ditemui seperti kacang panjang. Untuk menambah rasa, kamu dapat menambahkan irisan cabe. Jika ingin ditambah dengan protein, kamu dapat menambahkan dada ayam yang sudah direbus.

4. Mashed Potato

Mashed Potato

Ketika diet, nasi merupakan makanan yang mungkin akan kamu kurangi atau hindari. Sebagai gantinya, kamu dapat menggunakan kentang. Salah satu variasi dalam memasak kentang adalah dengan membuat mashed potato. 

Mashed potato bisa menjadi pengganti nasi karena mengandung karbohidrat tinggi. Ini bisa menjadi menu diet sederhana tanpa nasi. Untuk membuatnya, kamu cukup mengukus kentang dan ditumbuk hingga halus. 

Untuk menambah rasa dan tidak hambar, kamu bisa menambahkan sedikit garam atau merica.

5. Salad Sayuran

Salad Sayuran

Nggak punya banyak waktu buat memasak? Kamu bisa bikin salad dengan bahan sayuran yang ada. Untuk menu yang satu ini, kamu perlu untuk memperhatikan dressing yang digunakan. Banyak yang berpikir bahwa memakan salad dengan dressing itu rendah kalori.

Beberapa dressing malah meningkatkan jumlah kalori dari salad. Contohnya mayonaise sebagai dressing salad yang akan membuat dietmu gagal. Sebagai gantinya, kamu bisa memilih dressing dengan bahan dasar minyak zaitun. 

Untuk sayuran yang digunakan, kamu dapat menggunakan selada, tomat, mentimun, jagung dan lainnya. Jangan lupa untuk memastikan sayuran tersebut bersih, ya.

6. Dada Ayam Kukus

Dada Ayam Kukus

Siapa bilang diet nggak bisa makan ayam? Bisa, kok. Tapi, tentunya bukan ayam goreng dengan kulit crispy kesukaan kamu, ya. Sebagai gantinya, kamu bisa memakan dada ayam kukus. Dengan begitu, kamu akan mengurangi konsumsi minyak goreng. Tentunya juga jauh lebih sehat.

Selain itu, kamu juga bisa memakan dada ayam panggang dengan cara dipanggang di dalam oven. Kamu juga bisa membakarnya dengan menggunakan bara api. Kamu dapat melakukan variasi terhadap dada ayam selain dengan cara digoreng. 

BACA JUGA: Apa Perbedaan Antara Baking Powder dengan Baking Soda Ketika Membuat Kue? Simak Disini Agar Tidak Gagal Lagi!

Menu Diet Sederhana Untuk Sehari-hari

Ketika diet, kamu perlu untuk mengatur menu makanan sehari-hari. Mulai dari menu sarapan, camilan, hingga makan malam. Nah, beberapa menu yang bisa kamu konsumsi ketika diet setiap harinya adalah:

Menu Sarapan

Untuk mengawali hari, kamu dapat mengkonsumsi:

  1. Telur rebus atau orak-arik. 

  2. Susu rendah lemak.

  3. Sereal gandum.

  4. Minuman shake.

  5. Roti panggang dan alpukat

Jika kamu tidak menyukai susu, kamu dapat mengganti susu dengan teh atau kopi yang rendah gula atau tanpa gula dan susu.

Menu Makan Siang

Ketika siang hari, menu yang bisa menjadi pilihanmu adalah:

  1. Dada ayam panggang atau tumis.

  2. Salad sayur.

  3. Kentang rebus atau panggang.

  4. Nasi merah dengan ikan bakar dan sayur bayam.

  5. Tumis tuna brokoli.

  6. Ayam fillet panggang

  7. Ayam teriyaki

  8. Pepes tahu dan tempe bacem

Kalau kamu masih makan dengan nasi putih, maka porsinya perlu untuk diperhatikan. Jangan sampai terlalu banyak karbohidrat yang masuk ke tubuhmu.

Menu Makan Malam

Untuk makan malamnya, beberapa menu yang bisa kamu pilih adalah:

  1. Brokoli tumis dengan nasi merah.

  2. Salad sayur dan ayam.

  3. Susu rendah lemak.

  4. Jus buah.

  5. Ikan bakar dengan salad.

  6. Camilan Siang dan Sore

Selama diet, kamu masih bisa ngemil, kok. Tapi, tentunya kamu harus membatasi jumlahnya. Beberapa cemilan yang cocok untuk diet adalah:

  1. Oatmeal.

  2. Buah.

  3. Kacang-kacangan.

  4. Yoghurt rendah lemak.

  5. Biskuit gandum

  6. Telur rebus

Penuhi Nutrisi Tubuh Saat Diet

Jangan hanya asal defisit kalori, kamu juga butuh untuk memenuhi nutrisi tubuh. Beberapa zat nutrisi yang dibutuhkan adalah:

Karbohidrat

Contoh makanan yang mengandung karbohidrat adalah nasi, biji-bijian, buah, sayuran, dan kacang-kacangan. Beberapa karbohidrat perlu untuk kamu batasi, seperti nasi putih, minuman kemasan, dan alinnya.

Protein

Contoh makanan yang mengandung protein adalah ikan, daging, kacang-kacangan, keju, kedelai dan telur. Protein dibutuhkan untuk pertumbuhan jaringan pada tubuh.

Lemak

Lemak dibutuhkan untuk menjaga struktur sel di tubuh dan membantu tubuh agar berfungsi dengan baik. Contoh makanan yang mengandung lemak adalah ikan, minyak sayur, daging unggas tanpa lemak dan lainnya.

Vitamin, Mineral dan Air

Vitamin yang dibutuhkan adalah A, B, C, D, E, K. sedangkan mineral yang dibutuhkan adalah zinc, kalsium, dan selenium. Air dibutuhkan agar tubuh tetap bugar dan tidak kekurangan cairan.

Menu diet sederhana bisa kamu lakukan dengan mudah dan praktis. Jangan lupa untuk memahami jumlah kalori pada setiap makanan dan pilih makanan yang sehat.

Yuk, tulis resep masakanmu

Buat resep di Mealy, dibayar tiap bulan!