Mie Korea Selatan yang Viral dan Lezat

Editorial Mealy

Korea Selatan memang selalu bisa menarik perhatian. Tak hanya terkenal dengan K-Pop atau drama Korea saja, Negeri Ginseng tersebut juga terkenal karena aneka kulinernya yang lezat. Salah satu yang paling terkenal dari kuliner Korea Selatan adalah mie Korea.

Ada banyak jenis mie asal Korea yang menggugah selera. Tak heran jika mie-mie tersebut juga dipasarkan di berbagai negara lainnya selain Korea Selatan. Nah, kami berikan daftar lengkap mie asal Korea Selatan yang sangat populer dan enak, khusus untuk kamu para pecinta Korea.

Aneka Jenis Mie Korea yang Enak dan Sangat Populer

Berbicara tentang mie memang tidak pernah ada habisnya. Kuliner yang satu itu selalu mendapatkan tempat tersendiri di hati para pecinta kuliner. Pasalnya, mie mempunyai rasa yang enak dan cocok dimakan dalam segala situasi.

Mie asal negara Korea kini juga menjadi incaran banyak orang, terlebih dengan maraknya K-Pop dan drakor yang menjadikan banyak orang tertarik untuk mencobanya.

Nah, jika kamu adalah salah satu dari orang-orang yang ingin mencoba mie asal Korea tersebut, simak terlebih dahulu aneka jenis Mie Korea berikut ini sebelum menentukan mana yang akan dicoba.

Kalguksu

Kalguksu Kalguksu adalah sajian mie tradisional khas Korea. Ini merupakan jenis mie kuah yang disukai oleh warga Korea saat memasuki musim panas. Mie tersebut biasanya disajikan dalam sebuah mangkuk besar dengan kuah yang banyak.

Kalguksu sendiri diartikan sebagai mie potong. Hal itu karena mie tersebut berasal dari mie gandum yang dipotong-potong. Sementara itu, kuahnya berasal dari kaldu ikan teri kering yang dicampur dengan rumput laut dan kerang. Jadi, kuah tersebut mempunyai rasa asin yang dominan.

Jika ingin versi pedasnya, kamu bisa mencoba Jjampong Kalguksu yang mempunyai rasa pedas, Beodeot Kalguksu dengan isian berupa jamur, serta Dak Kalguksu yaitu kalguksu dengan isian ayam. Nikmatilah mie kuah tradisional Korea tersebut bersama dengan side dish berupa kimchi dan mandu.

Jjampong

Jjampong Mie khas Korea lainnya yang perlu dicoba adalah Jjampong. Ya, ini juga merupakan salah satu makanan Korea yang sering muncul di drakor. Jadi, para pecinta drama Korea pasti sudah tak asing lagi dengan mie Korea yang satu ini.

Jjampong merupakan mie dengan cita rasa yang pedas dengan kuah pedas yang khas. Karena pedas, maka kuah Jjampong berwarna merah. Kuah tersebut terbuat dari kaldu babi atau kaldu seafood yang dicampur dengan bubuk cabai atau disebut sebagai gochugaru.

Bagaimana dengan mie Jjampong? Jadi, mie tersebut dibuat dari tepung terigu seperti mie pada umumnya atau mie khas Tiongkok. Hal itu sebenarnya juga tak lepas dari sejarah penyebaran kuliner mie khas Tiongkok ke Korea Selatan.

Berbeda dari mie kuah pedas dari Tiongkok yang pernah disebarkan ke Jepang dan Korea, Jjampong mempunyai ciri khas isian berupa seafood.

Ini dinamakan juga sebagai Haemul Jjampong. Biasanya, aneka seafood yang disajikan dalam Jjampong adalah cumi, udang, dan kerang.

Guksu

Guksu Jika kita sudah membahas tentang kalguksu di atas, kini kita bahas tentang mie yang menjadi bahan dasar kalguksu yaitu guksu. Guksu adalah sup mie. Sup tersebut tak hanya berisi mie saja, tetapi juga aneka sayuran dan daging yang bisa menjadi lauk dari mie itu.

Jenis mie dari guksu sendiri juga berbeda dari mie lainnya. Perbedaannya terletak pada tekstur dari ukuran dari mie tersebut. Guksu lebih menggunakan mie dengan tekstur tipis dan ukuran yang panjang. Inilah yang membedakannya dengan kalguksu.

Bibim Guksu

Bibim Guksu Masih dari golongan guksu, ada juga mie khas Korea yang dinamakan bibim guksu. Itu merupakan sajian mie dengan rasa asam, pedas, dan manis. Mie tersebut mempunyai kuah yang banyak dan harus disajikan dalam kondisi panas agar lebih nikmat untuk dimakan.

Namun, ada juga yang menyajikan bibim guksu dalam versi dingin. Ini tentunya disesuaikan lagi dengan keinginan dari konsumen. Bumbu merah dari kuah bibim guksu tersebut mampu meningkatkan selera dan menjadikan makanan tersebut terlihat lebih menarik.

Saus untuk kuah atau bumbunya sendiri sebenarnya terbuat dari gochujang, cuka beras, bawang putih, gula, biji wijen, dan minyak wijen. Semua bahan tersebut dicampur dan jadilah saus untuk kuah bibim guksu yang begitu nikmat.

Sementara itu, bahan pembuatan mie bibim guksu adalah mie jenis somyeon yang cukup tipis. Sama seperti kebanyakan mie Korea lainnya, mie tersebut juga terbuat dari tepung gandum sehingga aman dan lebih sehat untuk dikonsumsi.

Topping dari bibim guksu juga mempunyai banyak jenis. Beberapa di antaranya adalah kimchi, tauge, rumput laut atau gim, telur rebus, berbagai macam sayuran segar, dan acar lobak atau danmuji. Tentu saja, para pecinta pedas harus mencoba mie yang satu ini.

Japchae

Japchae Bukan hanya Jjampong, mie yang satu ini juga sering kita lihat di berbagai acara reality show Korea atau drama Korea. Makanan ini sebenarnya lebih mirip dengan bihun goreng di Indonesia. 

Hal itu tidak sepenuhnya salah karena bahan bakunya memang berupa bihun putih transparan yang tipis dan licin. Bihun tersebut terbuat dari tepung ubi. Japchae sendiri berasal dari dua kata bahasa Cina-Korea, yaitu Jap dan Chae. 

Jap berarti campur dan Chae mempunyai arti sayur. Jika digabungkan, japchae berarti sayur yang dicampur. Pasalnya, japchae memang bihun yang dicampurkan dengan aneka sayuran menjadi satu hidangan. Sayuran tersebut biasanya berupa wortel, zucchini, timun, dan berbagai macam jamur. 

Meskipun tidak menggunakan daging seperti mie khas Korea lainnya, tetapi japchae tetap enak untuk dinikmati.

Ramyeon

Ramyeon Tentu kebanyakan orang sudah kenal dengan makanan Korea yang satu ini. Ramyeon merupakan makanan khas Korea yang sudah terkenal di berbagai negara. Ramyeon atau ramyun adalah makanan instan yang sering dimakan di berbagai kesempatan. Jadi, ini mirip seperti mie instan dari Indonesia.

Ramyeon biasanya dimakan langsung dari panci yang juga digunakan untuk memasak. Makanan tersebut sering dimakan bersama dengan kimchi, sosis, dan toppoki.

Ramyeon ini sebenarnya juga masih berkaitan dengan ramen dari Jepang. Hanya saja, ramyeon mempunyai cita rasa yang lebih pedas dan mengandung minyak serta biji wijen.

Jjajangmyeon

Jjajangmyeon Ini adalah mie goreng hitam Korea yang terkenal. Saus hitam kental tersebut terbuat dari saus kacang hitam dengan rasa gurih dan manis. Saus tersebut dicampur dengan topping daging babi atau bisa juga diganti dengan daging ayam dan daging sapi.

Aneka jenis mie Korea tersebut pasti sudah sering kamu lihat, apalagi jika kamu adalah pecinta K-Pop atau drakor. Pasalnya, banyak dari mie tersebut yang sering muncul di acara televisi Korea.

Semuanya juga sangat enak untuk disantap dalam segala kondisi. Tenang saja, sekarang sudah banyak toko yang menjual mie Korea halal sehingga kamu tak perlu ragu lagi untuk mencoba berbagai mie khas Korea Selatan tersebut.

BACA JUGA: Sedang Viral, Ini 5 Jenis Mie dari Jepang

Yuk, tulis resep masakanmu

Buat resep di Mealy, dibayar tiap bulan!