Cara Membuat Selai Srikaya di Rumah

Editorial Mealy

Di antara berbagai macam selai yang kini dijual di pasaran, selai srikaya sempat viral di media sosial beberapa waktu lalu. Nah, selai srikaya yang populer itu tak lepas dari rasa lezat yang dimilikinya. Karena itulah, cara membuat selai srikaya banyak dicari oleh orang-orang, terutama para ibu rumah tangga.

Nah, agar bisa membantumu dalam membuat selai srikaya yang enak, maka artikel ini memberikan beberapa resep selai srikaya, termasuk resep selai srikaya pandan yang wangi dan enak. Jadi, simak penjelasan berikut hingga akhir agar bisa mencoba membuat selai srikaya yang terlezat.

Mengenal Selai Srikaya

Selai srikaya memang sangat enak. Namun, tahukah kamu bahwa sebenarnya selai tersebut membutuhkan waktu pembuatan yang cukup lama? Ya, selai srikaya sebenarnya memerlukan proses hingga berjam-jam.

Fakta lainnya adalah selai tersebut tidak terbuat dari buah srikaya. Jadi, selai itu hanya dibuat dari campuran santan, gula, dan telur yang memberikan rasa rich (kaya). Karena itulah, selai ini dinamakan sebagai selai srikaya.

Selai srikaya mempunyai banyak warna. Ada yang hijau, coklat, dan kuning. Itu semua tergantung dari pewarna makanan yang ditambahkan pada adonan selai tersebut.

Biasanya, selai srikaya yang sering kita lihat adalah selai yang berwarna hijau. Warna hijau tersebut berasal dari daun pandan sehingga meningkatkan aroma dan rasa khas dari selai tersebut.

Bagaimana Cara Membuat Selai Srikaya yang Enak dan Beragam?

Jika kamu berpikir bahwa selai tersebut hanya terkenal di Indonesia saja, maka itu salah. Pasalnya, selai tersebut juga populer di beberapa negara Asia lainnya seperti Malaysia, Thailand, Singapura, Filipina, dan Brunei. Di Indonesia sendiri, selai srikaya awalnya hanya populer di daerah Palembang saja.

Seiring berjalannya waktu, banyak orang luar Palembang yang mencobanya saat datang ke Palembang dan mulai membuatnya sendiri di daerah asalnya.

Jika kebanyakan selai srikaya dibuat dengan proses yang lama dan sulit, di sini kami memberikan beberapa cara membuat selai srikaya yang mudah dan cepat.

Resep Selai Srikaya Kurma

Resep Selai Srikaya Kurma Kurma bisa dijadikan sebagai bahan baku pembuatan berbagai jenis makanan, termasuk selai srikaya. Ya, selai srikaya kurma memang masih terdengar asing. Namun, selai srikaya yang satu ini sangat layak untuk dicoba karena rasanya akan terasa cukup berbeda dengan kebanyakan selai srikaya lainnya.

Jika tertarik untuk membuatnya, siapkan beberapa bahan berupa kuning telur, pasta kurma, santan kental, dan daun pandan. Kemudian, ikuti beberapa langkah berikut ini:

  • Campurkan pasta kurma dengan santan hingga tercampur merata.
  • Kemudian, masukkan juga kuning telur. Lalu, saring campuran dari semua bahan tersebut.
  • Setelahnya, siapkan panci yang agak besar dan masak air hingga mendidih.
  • Masukkan campuran tadi ke sebuah wadah dan steam di atas air mendidih tersebut.
  • Selanjutnya, aduk selai tersebut agar tidak ada yang menggumpal. Proses ini berlangsung selama 1,5-2 jam hingga selai mengental. Jika selai kental sebelum 1,5 jam, maka bisa diangkat.
  • Selai tersebut akan menjadi lebih kental ketika sudah dingin. Jika sudah kental, sajikan itu dengan roti yang lembut.

BACA JUGA: Berbagai Bahan Pemanis Sebagai Pengganti Gula yang Aman

Karena selai srikaya kurma tersebut menggunakan pasta kurma, maka pasta itu bisa dibeli di toko atau dibuat sendiri.

Cara membuatnya adalah dengan menggunakan daging buah kurma sebanyak 16-20 buah. Daging kurma tersebut harus direndam terlebih dahulu di air hingga beratnya hanya menjadi 250 gram saja.

Kemudian, rendam lagi daging kurma tersebut selama 1 jam hingga menjadi benar-benar lunak. Jika sudah, haluskan daging kurma tersebut sampai benar-benar halus. Kini, pasta kurma sudah siap dan bisa digunakan untuk membuat selai srikaya dengan langkah-langkah seperti di atas.

Resep Selai Srikaya Vegan

Resep Selai Srikaya Vegan Apakah kamu seorang vegan? Jika iya, maka resep selai srikaya vegan ini bisa menjadi pilihan tepat untukmu jika ingin menikmati selai srikaya yang enak.

Cara membuat selai srikaya vegan tersebut juga sangat mudah. Pertama, siapkan dulu bahan-bahannya seperti gula, santan kental, daun pandan, dan labu madu. Jika sudah, mari ikuti cara pembuatannya berikut ini:

  • Kukus dulu labu hingga matang.

  • Kemudian, labu yang sudah matang tersebut dihaluskan dan campur dengan santan, gula, serta daun pandan.

  • Selanjutnya, masaklah campuran tersebut di panci atau wajan dengan api kecil sambil diaduk secara terus-menerus agar menjadi kental.

  • Jika sudah mengental, selai srikaya vegan sudah jadi dan siap disajikan untuk dinikmati.

Sebagai tambahan informasi, karena labu juga mempunyai rasa yang manis jadi jangan tambahkan terlalu banyak gula.

Resep Selai Srikaya Pandan

Resep Selai Srikaya Pandan Selai srikaya yang banyak dijual saat ini merupakan jenis selai srikaya pandan. Cara membuat selai srikaya yang satu ini sebenarnya juga sudah banyak beredar di internet. Namun, kami bisa memberikan cara pembuatan beserta tips dan triknya agar lebih cepat, yaitu 10 menit saja.

Jadi, siapkan kuning telur, gula, santan kental, garam, dan daun pandan yang sudah dihaluskan. Selanjutnya, lakukan beberapa tahap berikut ini untuk menghasilkan selai srikaya pandan yang lezat dan wangi.

  • Campur dulu semua bahan yang sudah disiapkan tadi. Pastikan bahwa gula sudah benar-benar larut dan adonan tidak menggumpal.

  • Setelah itu, masak selai tersebut dengan api kecil di atas wajan sambil terus diaduk agar adonan selai menjadi mengental, tidak menggumpal, dan matang secara menyeluruh.

  • Jika sudah, angkat selai tersebut dari kompor dan dinginkan sebentar.

  • Jika memang masih ada adonan yang menggumpal atau tidak rata, maka blend saja semua selai tersebut menjadi satu karena itu tidak akan mempengaruhi rasa atau tekstur selai srikaya pandan secara keseluruhan.

Ada satu tips dan trik penting jika ingin memasak selai srikaya pandan itu hanya waktu 10 menit. Pastikan bahwa gula yang digunakan merupakan gula kelapa atau gula palem.

Jika menggunakan gula pasir, proses harus melalui tahap double boiling terlebih dahulu agar gula pasir bisa menjadi karamel dan menghasilkan selai dengan warna coklat keemasan.

Oleh karena itu, penggunaan gula palem lebih mempercepat proses pembuatan selai srikaya ini karena warna gula palem sudah coklat. Selain itu, aroma dan rasa dari gula palem lebih khas dan kuat, sehingga itu akan menambah cita rasa kelezatan dari selai srikaya yang dibuat.

Bukan hanya itu, selai srikaya pandan bisa lebih cepat dibuat jika menggunakan santan kental. Jadi, jangan gunakan santan cair. Selain itu, pastikan juga bahwa hanya menggunakan kuning telur, bukan putih telurnya juga.

Sudah paham dengan cara membuat selai srikaya, bukan? Jadi, pastikan kamu mengikuti semua tips dan trik di atas agar bisa membuat selai srikaya dengan cepat, enak, dan mudah. Terkait dengan jumlah bahan yang digunakan, sesuaikan saja dengan keinginan dan kebutuhan.

Bukan hanya resep tersebut saja, kamu juga bisa menggunakan tambahan bahan lainnya, seperti buah-buahan untuk dikombinasikan dengan bahan baku selai tersebut. Jadi, kamu bisa membuat selai srikaya dengan aneka rasa buah.

Yuk, tulis resep masakanmu

Buat resep di Mealy, dibayar tiap bulan!