Banyak yang Belum Tau, Red Velvet Ternyata Terbuat dari Cokelat

Editorial Mealy

Saat ini, sudah banyak aneka dessert yang terdapat pada varian red velvet dan menjadi favorit bagi kebanyakan orang. Apakah kamu tahu bahwa red velvet dari cokelat? Ya, memang bahan dasar dari rasa manis dan unik ini memang berasal dari cokelat. 

Banyak varian kue dari rasa ini seperti puding, waffle, macaron, cupcake, maupun fudge. Bagaimana jika rasa red velvet yang memenuhi kenikmatan di dalam ini ternyata dari cokelat? Apakah sama saja seperti pada saat makan cokelat? 

Apakah merupakan bubuk kakao yang dicampur dengan buah stroberi jadi warnanya merah? Atau mungkin ada campuran bahan lainnya? Yuk kenali red velvet pada pembahasan kali ini. 

Mengenal Karakteristik Red Velvet dari Cokelat

Beberapa mengira seperti yang sudah dijelaskan di atas yaitu bubuk kakao yang dicampur dengan buah stroberi. Akan tetapi, pernyataan tersebut ternyata salah dan tidak benar loh. 

Red velvet sendiri ternyata adalah campuran dari bahan-bahan utama seperti bubuk kakao, buttermilk, maupun white vinegar. Oleh sebab itu, tampilan dari red velvet ini sangat cantik dengan warna yang menarik. Ada beberapa karakteristik yang bisa diketahui dari si manis red velvet yaitu:

1. Warna Cokelat Kemerahan

Hal tersebut dikarenakan karakteristik bubuk kakao belanda yang memiliki warna cokelat muda. Sehingga jika dicampur dengan warna lainnya tidak begitu pekat dan bisa berbaur dengan manis. Jadi, pada saat semua bahan sudah tercampur dengan baik maka warnanya akan cantik. 

Sebenarnya, bukan warna pink atau merah hati karena lebih kepada warna cokelat kemerahan pada awalnya. Akan tetapi, karena perubahan zaman maka warnanya juga ikut berubah menjadi warna merah. 

Hal tersebut dikarenakan adanya tambahan bahan yaitu ekstrak buah bit. Kedua tampilan ini memang berbeda namun mengenal warnanya saja sudah identik dengan red velvet. Keduanya sama-sama memiliki tampilan yang sangat menarik. 

2. Perpaduan Rasa Manis yang Khas 

Red velvet sendiri memiliki rasa manis yang khas dan ada sedikit pahit dari cokelat. Oleh sebab itu, banyak orang yang menyukainya dan tertarik untuk mencobanya sebagai pilihan rasa dessert yang tepat. 

Tampilannya sendiri sangat girly dengan warna merah namun tetap elegan. Tampilan tersebut menggambarkan rasanya yang cukup unik karena diracik dengan berbagai bahan utama sehingga bisa menjadi satu kesatuan. 

Rasa tersebut merupakan ciri khas yang dimiliki karena berbeda dengan rasa lainnya. Jadi, pilihan rasa manis dan pahit dari red velvet bisa dipadukan dengan berbagai macam bahan lainnya. 

3. Tekstur Lembut

Tekstur yang dimiliki oleh red velvet ini cenderung seperti cokelat. Jadi, pada saat dimakan kamu bisa merasakan sensasi lembut dengan cita rasa yang manis. Bahan-bahan yang dipadukan baik itu ekstrak bit maupun bubuk kakao memiliki cita rasa yang sempurna dengan buttermilk dan white vinegar. 

Akan terasa cukup mengesankan di mulut karena berbeda dengan rasa cokelat lainnya meskipun bahan utamanya adalah bubuk kakao. Pastinya sekali saja memakannya maka akan merasakan rasa yang disukai bagi pecinta manis. 

Jika digunakan pada pembuatan kue maka tekstur yang didapatkan akan sangat lembut dan moist. Biasanya tekstur lembut kue bukan hanya dari red velvet namun dari bahan lainnya yang digunakan. Kamu bisa menemukan rasa ini dengan tekstur lembut di toko roti. 

4. Aroma Cokelat atau Ekstrak Bit

Saat melihat warna dari red velvet kemungkinan besar orang-orang akan menganggap bahwa rasanya adalah rasa strawberry. Sayangnya, hal tersebut tidak tepat karena di dalam bahan red velvet sendiri tidak ada rasa buah itu. Meskipun, untuk memberikan topping yang pas adalah strawberry. 

Aroma yang muncul dari makanan ini juga bukan strawberry karena aromanya cukup khas dan unik. Karena red velvet dari cokelat maka akan terasa aroma cokelat maupun ekstrak bit yang tergantung dari bahan utama pembuatannya. 

Bukan hanya itu, karena ada campuran buttermilk dan white vinegar akan ada aroma manis dan segar. Bahan-bahan pembuatan red velvet ini sangat dominan dengan rasa manis yang menyegarkan.

Jadi, cukup jelas bukan bahwa aroma dari rasa ini cukup menarik. Aroma yang menggugah selera akan bisa menjadi pilihan yang tepat. Orang-orang tidak akan melewatkan hidangan dari campuran red velvet ini sendiri. 

Beberapa Hidangan Rasa Red Velvet

Seperti yang dijelaskan di atas bahwa red velvet terbuat dari cokelat yang biasa digunakan sebagai bahan pembuatan dessert. Nah, apakah kamu tahu dessert apa saja yang dapat dihidangkan dengan rasa menarik ini? Berikut beberapa dessert yang bisa dihidangkan dengan rasa red velvet, yaitu:

1. Cake Red Velvet

Olahan yang sangat cocok dan bisa digunakan sebagai dessert pilihan adalah cake red velvet. Dengan rasa red velvet ini maka akan menghasilkan kue yang cukup manis. Bisa jadi sebagai bahan dasar rotinya berwarna merah red velvet.

Dengan begitu bisa dipadukan dengan variasi tambahan lainnya. Biasanya untuk memberikan tampilan menarik bisa menambahkan krim atau buah-buahan senada seperti cherry atau strawberry. Pastinya cake akan terasa lebih nikmat dan memiliki rasa khas dari red velvet. 

2. Cupcakes

Dessert pilihan yang kedua adalah cupcakes yang cukup populer saat ini. Untuk kue atau roti bisa berwarna merah karena terbuat dari bahan yang rasanya red velvet. Oleh sebab itu, tampilannya akan sangat menarik dan menggoda. 

Red velvet dari cokelat sehingga rasanya cukup khas. Dan bisa digunakan sebagai bubuk taburan sebagai topping. Dengan begitu rasa oriental dari red velvet bisa dirasakan pada cupcakes pilihan ini. 

3. Swirl Brownies

Terkenal dengan rasanya yang manis dan pahit yang sangat lezat sehingga bisa dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan brownies. Siapa bilang pembuatan brownies hanya bisa untuk cokelat saja? Pastinya, bahan red velvet akan membuat kue semakin enak untuk dimakan. 

Selain itu, bahan ini tidak akan membuat kue terasa bantat atau keras. Karena bisa dibuat seperti bubuk sehingga tidak akan berat jika digunakan sebagai bahan brownies. 

4. Milkshake Red Velvet Float

Selain untuk cake, ternyata red velvet juga banyak yang digunakan untuk minuman manis. JIka dipadukan dengan susu maka akan menambah rasa manis yang sangat kuat. Karena di dalam red velvet sendiri sudah ada buttermilk yang cocok dicampur dengan susu.

Setelah berhasil membuat minuman red velvet maka bisa menambahkan float berupa ice cream strawberry atau krim putih saja. Taburi dengan bubuk red velvet sehingga rasanya akan semakin enak. 

Apakah red velvet ini bikin gendut? Banyak orang yang takut mengkonsumsi cake atau dessert dengan rasa manis karena bisa membuat gendut. Memang hal tersebut tidak bisa dipungkiri karena gula memang menambahkan energi pada tubuh. 

Oleh sebab itu, penggunaan red velvet dari cokelat ini harus tepat pada takaran dan kegunaannya. Dengan begitu akan membuat hidangan menjadi lebih lezat dan orang yang memakannya bisa merasa senang tanpa harus takut gendut.

Yuk, tulis resep masakanmu

Buat resep di Mealy, dibayar tiap bulan!