5 Cara Mengolah Rumput Laut Kering

Editorial Mealy

Rumput laut merupakan tanaman berwarna hijau yang mengandung banyak karbohidrat, serat, vitamin, protein, dan mineral. Tanaman ini dapat diolah dalam kondisi segar maupun kering. Namun, cara mengolah rumput laut kering cenderung lebih banyak dilakukan karena rasanya yang enak.

Selain menjadi makanan, rumput laut juga digunakan sebagai campuran obat-obatan, skincare, dan suplemen. Meskipun demikian, banyak orang yang kurang suka dengan aroma serta rasa dari rumput laut. Oleh karena itu, dibutuhkan pengolahan yang tepat agar aromanya menjadi pudar.

Rumput laut yang diolah menjadi lembaran dikenal dengan nori. Kamu pasti sering melihatnya di restoran atau film-film dimana pemerannya makan sushi yang dilapisi lembaran rumput laut. Tidak hanya makanan, cemilan seperti agar-agar pun banyak yang terbuat dari rumput laut.

Cara Mengolah Rumput Laut Kering Sebelum Dikonsumsi

Rumput laut tergolong mudah untuk diolah karena teksturnya yang renyah dan kenyal. Kamu bisa mengolah tanaman ini menjadi berbagai hidangan lezat yang bercita rasa gurih maupun manis. Nah, khusus untuk rumput laut yang kering, kamu bisa mengolahnya dengan cara-cara berikut.

Memilih Rumput Laut yang Berkualitas

Sama seperti bahan masakan lainnya, terlebih dahulu kamu harus memiliki rumput laut yang berkualitas. Adapun ciri-ciri dari rumput laut yang bagus adalah yang memiliki tekstur yang kaku dan warnanya tidak keruh. Aroma yang tercium pun terasa segar dan tidak terlalu menyengat.

Di pasaran, terdapat berbagai jenis rumput laut yang diperjualbelikan, mulai dari warna hijau, pink, hingga bening. Akan tetapi, semuanya tentu memiliki rasa yang sama, sehingga akan lebih baik jika kamu membeli rumput laut yang berwarna hijau alami dan belum diproses.

Selain warna, pastikan juga untuk memegang rumput laut untuk memastikan kondisinya masih bagus dan layak untuk dikonsumsi. Jika kamu membeli rumput laut kemasan, jangan lupa untuk membaca keterangan untuk memastikan pengolahannya tidak menggunakan bahan pengawet.

Banyak rumput laut di pasaran yang tidak layak konsumsi namun tetap diperjualbelikan. Salah satunya yaitu menjual dengan harga yang sangat murah. Jadi, kamu harus selektif dalam memilih sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli rumput laut.

Cuci Bersih dan Saring

Setelah membeli rumput laut, kamu harus menghilangkan semua kotoran yang menempel. Caranya dengan mencucinya dengan air dingin yang bersih menggunakan saringan. Kamu bisa menggunakan air kran dengan meletakkan saringan yang berisi rumput laut, lalu mengalirnya dengan air.

Gunakan tangan untuk membuka semua kotoran yang terlihat pada seluruh bagian rumput laut. Lakukan beberapa kali pencucian hingga rumput laut benar-benar bersih dan siap untuk diolah. Hindari untuk mencuci sebanyak satu kali dengan alasan tanaman tersebut sudah terlihat bersih.

Akan tetapi, cara tersebut hanya boleh dilakukan untuk rumput laut yang membutuhkan pengolahan. Berbeda jika kamu membeli rumput laut instan yang siap untuk dikonsumsi secara langsung, maka mencuci atau membersihkan rumput lautnya tidak perlu dilakukan.

Rebus dengan Air Mendidih

Rumput laut yang sudah dibeli dan dicuci bersih, selanjutnya harus direbut dalam air mendidih. Caranya mudah, cukup dengan memasak air hingga mendidih lalu masukkan rumput laut. Masak beberapa saat sekitar 2 menit lalu angkat dan keluarkan dari panci.

Sebagai catatan, kamu tidak boleh merebus rumput laut dalam waktu yang lama karena bisa merusak teksturnya. Tujuan perebusan ini dilakukan untuk membunuh bakteri atau kotoran yang menempel di rumput laut dan membuat teksturnya menjadi lebih kenyal dan tidak kaku.

Namun, cara mengolah rumput laut kering seperti ini tetap memberikan kesan renyah dan rasa yang khas. Kamu tidak perlu khawatir jika rasanya menjadi berubah selama perebusannya mengikuti aturan. Jangan berpikir bahwa semakin lama merebus rumput laut, maka semakin sehat.

Merendam dalam Air Dingin

Setelah merebus rumput laut, angkat menggunakan saringan dan tiriskan. Siram kembali dengan air mengalir agar lebih bersih. Kamu tidak perlu menyentuhnya jika tidak ingin, namun pastikan air yang digunakan mengalir sehingga kotoran yang menempel bisa terbuang bersama air.

Mencucinya di wadah justru membuat kotoran tetap menempel pada rumput laut. Setelah mengalir, ambil wadah dan isi dengan air dingin, lalu masukkan rumput laut. Rendam sekitar 5 menit untuk menghentikan proses memasak serta menjaga tekstur rumput laut agar tetap renyah.

Pastikan seluruh bagian rumput laut terendam dengan sempurna di dalam air. Tidak perlu membolak-balik karena bisa merusak bagian rumput laut. Cukup diamkan saja hingga beberapa menit berlalu dan segera mengangkatnya kembali. 

Simpan dalam Kulkas

Rumput laut yang sudah diangkat sebaiknya disimpan di dalam kulkas selama 5 menit. Namun, terlebih dahulu tiriskan rumput laut hingga air yang menempel bekas rendaman menjadi hilang. Jika sudah dingin, kamu bisa mengolah rumput laut tersebut menjadi berbagai jenis masakan.

Tujuan penyimpanan rumput laut di kulkas adalah agar bisa bertahan 3-4 hari tanpa rusak. Jadi, kamu tidak perlu khawatir jika ingin mengolah rumput laut beberapa hari kemudian. Cukup beli dan lakukan beberapa langkah sebelumnya kemudian simpan di dalam kulkas sebagai stok.

Akan tetapi, perhatikan waktu penyimpanan rumput laut. Jika lebih dari 4 hari, lakukan pengecekan apakah kondisinya masih bagus dan layak untuk diolah. Jangan lupa masukkan rumput laut ke dalam wadah yang tertutup rapat agar tidak terkena udara dari luar.

BACA JUGA: Cara Membuat Kacang Sembunyi Tetap Renyah

Resep Sup Rumput Laut ala Korea

Setelah memahami cara mengolah rumput laut kering, selanjutnya kamu dapat mencoba untuk memasak resep yang mudah dan praktis. Pernah mendengar atau melihat sup rumput laut di drama Korea? Ternyata kamu bisa membuatnya dengan mengikuti resep berikut ini.

Bahan:

  • Rumput laut kering 1 bungkus

  • Bakso ikan 6 buah, potong dadu

  • Tulang ayam

  • Jamur

  • Merica dan garam 1 sendok teh

  • Gula ½ sendok makan

  • Bawang putih 2 siung, cincang halus

  • Bawang merah 5 siung, cincang halus

  • Air 650 mL

Cara Membuat:

  1. Rebus air dan masukkan tulang ayam. Masak sekitar 1 jam dan sisihkan

  2. Tumis bawang merah serta bawang putih yang telah dicincang hingga harum, lalu tuang ke air rebusan tulang ayam

  3. Masukkan jamur, potongan bakso ikan, serta rumput laut

  4. Tambahkan bumbu untuk memberikan cita rasa

  5. Lakukan koreksi rasa pada sup rumput laut. Jika terasa ada yang kurang, kamu bisa menambahkan seperti lada, garam, dan berbagai penyedap lainnya

  6. Sajikan sup rumput laut ke atas mangkuk dan siap untuk disantap

Rumput laut adalah salah satu tanaman yang memiliki banyak manfaat, termasuk kesehatan tubuh. Mengonsumsi tanaman ini bisa menurunkan berat badan, meningkatkan energi, menguatkan tulang dan lain-lain. Tidak hanya itu, rumput laut juga bagus untuk kecantikan wajah.

Cara mengolah rumput laut kering bisa dimulai dengan pemilihan tanaman yang berkualitas. Setelah itu, lakukan beberapa langkah seperti yang disebutkan sebelumnya agar tekstur dan rasanya tetap terjaga. Makanan dan minuman yang dibuat dari olahan rumput laut pun terasa sangat enak.

Yuk, tulis resep masakanmu

Buat resep di Mealy, dibayar tiap bulan!