7 Ide Hiasan Tumpeng untuk Hari Kemerdekaan Indonesia

Editorial Mealy

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan tumpeng, bukan? Makanan yang satu ini sering hadir di berbagai acara penting, salah satunya hari kemerdekaan. Kamu bisa membuat hiasan tumpeng untuk hari kemerdekaan yang cantik dan tidak membosankan.

Tumpeng merupakan nasi yang berbentuk kerucut, biasanya disajikan dengan banyak lauk di samping-sampingnya. Kini, tumpeng bukan hanya dijadikan makanan biasa, tetapi juga dihias dengan secantik mungkin dan biasanya disajikan di atas tampah.

Berbagai Ide Membuat Hiasan Tumpeng untuk Hari Kemerdekaan

Kalau Kamu ingin membuat hiasan sendiri kamu bisa sekreatif mungkin. Untuk membuat hiasan tumpeng yang cantik.

Bunga Cabai atau Paprika

Bunga Cabai Atau Paprika Kamu bisa menggunakan cabai atau paprika untuk menjadi hiasan tumpeng, loh. Kamu bisa mengubah cabai dan paprika menjadi bunga yang cantik dan tentunya bisa memperindah penampilan tumpeng.

Cara membuatnya juga sangat mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan cabai atau paprika dan pisau yang tajam beserta wadah. Kemudian, kamu harus memotong cabai atau paprika tersebut secara vertikal menjadi 5 – 7 potongan dengan pisau, sisakan dibagian bawahnya.

Setelah dipotong vertikal, buang biji yang ada di dalam cabai atau paprika agar lebih mudah dibentuk menjadi kelopak. Agar bentuknya menjadi mirip seperti bunga, kamu harus melengkungkan masing-masing potongan cabai atau paprika itu.

Rendam cabai yang sudah dilengkungkan di dalam air dingin atau air es beberapa jam atau semalaman sehingga bunga cabai yang kamu buat bisa mekar secara sempurna.

Bunga Mawar Terbuat dari Tomat

Bunga Mawar Terbuat Dari Tomat Hiasan tumpeng untuk hari kemerdekaan lainnya terbuat dari tomat. Selain bisa dimakan bersama dengan lauk pauk, tomat juga bisa menjadi bunga mawar yang menarik juga disimpan di dalam tumpeng.

Kamu perlu menyiapkan tomat dan pisau, pastikan pisau yang digunakan tajam. Untuk membuatnya kamu bisa memotong tomat bagian bawah, kemudian potong kulit tomat secara melingkar bergelombang. Usahakan agar kulitnya tidak terputus. 

Kemudian, gulung kulit tomat tersebut secara perlahan hingga membentuk spiral dengan bagian kulit tomat paling luar tetap berada di luar agar rapi dan mudah dibentuk. Tempatkan gulungan kulit tomat dengan bagian bawah kulit tomat menghadap bawah untuk menjadi alas. 

Langkah terakhir, kamu bisa membuat kelopak bunga sesuai dengan keinginanmu. Kamu dapat mengencangkan atau melonggarkan gulungan sesuai selera, jangan lupa untuk selalu berhati-hati agar bentuknya tidak rusak.

Bunga Wortel

Bunga Wortel Wortel memiliki warna orange yang cantik secara alami. Teksturnya juga cocok untuk dibentuk menjadi apapun. Kamu bisa mengkreasikannya sesuai imajinasimu. Salah satu hiasan tumpeng hari kemerdekaan yaitu bunga yang dibentuk dari wortel.

Kamu cukup siapkan wortel dan pisau yang tajam. Jangan lupa untuk mencuci bersih wortel setelah dikupas kulitnya. 

Untuk membentuk kelopak bunga, kamu bisa memotong wortel dengan ketebalan o,5 cm, bagian pinggir wortel tersebut dibentuk menyerupai bunga. Gunakan pisau garnish bagian ketiga untuk mempermudah.

Kamu juga bisa membentuk bunga mawar dengan wortel. Potong tipis tipis bagian tengah hingga atas wortel. Di bagian bawahnya, kamu bisa potong dadu, kemudian tusukkan di ujung tusuk gigi. Belah wortel yang telah dipotong tipis tersebut dari tengah sampai bawah, jangan sampai putus.

Rendam wortel di air garam beberapa saat, sampai wortel layu dan mudah dibentuk. Kemudian, kamu bisa melipat belahan tersebut hingga wortel berbentuk seperti kerucut. Tusukkan wortel di tusukan gigi, dari bawah ke atas hingga wortel dadu tadi berada di bagian atasnya.

Susun potongan wortel dari mulai yang terkecil terlebih dahulu, kemudian disusul dengan yang lebih besar. 

BACA JUGA: Kenali 10 Jenis Potongan Sayuran dan Ukurannya

Membuat Huruf dari Lobak Putih

Agar lebih menarik, kamu juga bisa membuat kata yang huruf-hurufnya dibentuk dengan lobak putih. Pertama, potong lobak putih dengan ketebalan 1 cm. Kemudian, cetak huruf yang sesuai dengan keinginanmu. 

Potong lobak sesuai dengan cetakan huruf tersebut. Lakukan hal tersebut hingga huruf-huruf itu bisa dirangkai menjadi kata. Setelah huruf-hurufnya sudah jadi, susun hingga membentuk kata yang sesuai dengan yang kamu inginkan.

Bunga Mawar dari Timun

Bunga Mawar Dari Timun Selanjutnya, kamu bisa membuat bunga dari bahan yang satu ini, yaitu timun. Ada berbagai macam hiasan tumpeng untuk hari kemerdekaan yang bisa dibentuk dari timun, salah satunya mawar. Kamu perlu menyiapkan timun dengan pisau yang tajam terlebih dahulu.

Cara membuat bunga mawar, kamu bisa mengiris timun menjadi enam potongan tipis. Siapkan juga satu potong timun bagian bawah dengan potongan tebal, dan lubangi tengahnya. Atau, kamu juga bisa irisan sedikit bagian pinggir timun secara vertikal di 6 bagian, jangan sampai putus.

Tempelkan irisan timun yang tadi dipotong tipis di bagian tengah timun yang sudah dilubangi tengahnya, atau tempelkan irisan timun di tengah irisan timun yang berada di tiap sisi timun. Agar lebih indah, kamu juga bisa membuatnya lebih dari 6 irisan.

Dengan begitu, timun tersebut akan terlihat seperti bunga mawar yang mekar sempurna. Jangan lupa untuk selalu berhati-hati, ya.

Kipas dari Timun

Kipas Dari Timun Selain menjadi bentuk bunga, kamu juga bisa membuat hiasan lain dari timun, yaitu hiasan berbentuk kipas. Jangan lupa siapkan timun yang bersih dan pisau yang tajam.

Untuk cara membentuknya, potong timun menjadi dua bagian. Kemudian, kupas sedikit permukaan kulit pada sepotong timun dan iris-iris tipis dengan posisi miring. Lakukan hal yang sama pada potongan yang lain.

Selanjutnya, timun yang sudah diiris tersebut ditumpuk dan dipotong lagi menjadi dua bagian. Lebarkan irisan tersebut hingga bentuknya menyerupai kipas tangan. Mudah, bukan?

Bunga dari Sawi Putih

Bunga Dari Sawi Putih Tidak hanya menjadi pelengkap mie instan saja, sawi juga bisa dibuat untuk hiasan tumpeng dengan bentuk bunga yang cantik. Kamu bisa membuat bunga yang mekar dengan hanya menyiapkan sawi dan pisau garnish yang berbentuk V.

Kamu hanya perlu memotong bagian batang daun sawi dengan cara mendorong pisau V dari luar ke dalam pada bagian batang daun yang keras, jangan sampai putus. Buang saja bagian daunnya, lakukan hingga semua batang daun di serut dan semua daun terpotong.

Kemudian, bersihkan daun sawi yang masih tersisa dengan pisau tersebut hingga tidak ada lagi daun yang tersisa. Pada tahap ini bunga dari sawi sudah mulai terlihat, tetapi belum sepenuhnya mekar. 

Kamu hanya perlu merendamnya di air dingin atau air es beberapa jam atau semalaman, maka bunga akan terlihat segar dan mekar sempurna sehingga menghasilkan bentuk yang indah.

Menghias tumpeng adalah kegiatan yang seru sekaligus mengasah kreativitas kamu, terutama ketika hari kemerdekaan tiba. Kamu bisa mengkreasikannya dengan hiasan tumpeng untuk hari kemerdekaan yang unik dan menarik perhatian banyak orang.

Jangan ragu untuk mencoba beberapa ide hiasan ini, karena membuat hiasan tumpeng tidaklah sulit. Kamu hanya butuh pisau yang tajam dengan berbagai bentuk, sehingga bisa membuat kreasimu sendiri. Mana menurutmu yang paling menarik di atas?

Yuk, tulis resep masakanmu

Buat resep di Mealy, dibayar tiap bulan!