Kelebihan dan Kekurangan Panci Presto

Editorial Mealy

Pressure cooker atau disebut juga dengan panci presto sering digunakan untuk membuat berbagai olahan, terutama yang berhubungan dengan daging. terdapat kelebihan dan kekurangan panci presto yang harus kamu tahu terlebih dahulu sebelum membelinya.

Panci presto berguna untuk membuat olahan menjadi cepat matang dan empuk. Oleh karena itu, banyak orang yang menggunakan panci ini untuk olahan daging agar empuk. Sekarang, kamu bisa menemukan panci ini banyak di pasaran dengan harga yang beragam.

Beberapa Kelebihan dan Kekurangan Panci Presto 

Pasti ada kelebihan maupun kekurangan yang terdapat di semua panci presto. Kamu bisa mengetahuinya terlebih dahulu sebelum membeli. Pastikan kamu bisa mendapatkan semua kelebihan panci presto dengan membeli panci yang berkualitas.

Apa saja kelebihan dan kekurangan panci presto?

Kelebihan Panci Presto

Menghemat Waktu dan Energi

Sudah tidak heran jika salah satu kelebihan panci presto adalah dapat menghemat waktu proses memasak. Kamu bisa mengurangi waktu memasak hingga 20% – 70% sesuai dengan jenis dan bahan olahan yang dimasak. 

Dengan begitu, energi yang dihabiskan pun bisa berkurang, gas yang kamu gunakan juga bisa lebih hemat. Energi yang digunakan oleh panci presto disebut-sebut bisa mencapai 50% - 75% lebih sedikit daripada energi yang digunakan oleh panci biasa.

Waktu dan energi yang sudah dikurangi itu jadi bisa kamu gunakan untuk hal lain. Sehingga tidak banyak waktu dan energi yang terbuang. Bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk memasak olahan dengan panci presto?

Makanan yang Dimasak Mengandung Nutrisi Lebih Banyak

Makanan yang dimasak dengan panci presto dapat memiliki nutrisi lebih banyak dibandingkan dengan makanan yang direbus. makanan yang dimasak dengan panci presto menyimpan vitamin dan mineral lebih banyak.

Hal tersebut karena vitamin dan mineral yang terkandung dalam makanan tidak hancur oleh sinar cahaya atau oksigen. Uap dalam panci dapat menggantikan peran udara ketika dimasak, begitupun dengan tutup yang rapat dapat menghindari cahaya masuk ke dalam panci.

Tidak heran jika makanan yang dimasak dengan presto lebih menyehatkan daripada sekedar di rebus saja. Ini bisa menjadi pilihan kamu yang ingin tetap sehat walaupun memakan makanan yang banyak dan berlemak.

Menghaluskan Berbagai Biji-Bijian dan Bahan Olahan yang Keras Lainnya

Selain untuk membuat empuk, panci presto juga bisa menghaluskan berbagai macam bahan yang keras, seperti biji-bijian bahkan tulang. Waktu yang ditempuh untuk menghaluskan berbagai bahan yang keras ini pun tidak memerlukan waktu yang lama.

Sterilisasi

Kelebihan lainnya jika kamu memasak dengan panci presto yaitu bisa mensterilisasikan makanan yang dimasak. Hal ini karena suhu yang dihasilkan oleh panci presto ini sangatlah tinggi, bisa mencapai lebih dari 100 derajat celcius.

Semakin tinggi suhu pada panci presto, maka kemungkinan besar mikroorganisme yang ada dalam makanan juga lebih banyak yang hilang jika dibandingkan dengan memasak menggunakan panci atau wajan yang biasa.

Ini bisa membuat makanan kamu lebih steril, bebas dari segala macam mikroorganisme yang tidak menyehatkan. Sehingga kamu bisa terhindar dari berbagai bakteri jahat yang dapat membuat mu sakit.

Serbaguna

Panci presto atau pressure cooker ini tidak hanya bisa memasak daging saja, melainkan juga bisa memasak berbagai macam olahan seperti semur, bubur, sup, ketupat, opor dan lain sebagainya. Kamu bisa memasak apapun, baik untuk olahan lembek maupun olahan yang berbahan dasar keras.

Panci serbaguna ini juga bisa digunakan untuk berbagai cara memasak. Seperti merebus, mengukus, ataupun memasak. Kamu tidak perlu menggunakan banyak macam alat, karena dengan satu alat saja bisa memasak berbagai macam bahan dengan banyak cara.

BACA JUGA: 4 Teknik Merebus & Bahan Panci yang Aman

Kekurangan Panci Presto

Kelebihan dan kekurangan panci presto harus kamu tahu agar bisa menjadi pertimbangan. Panci ini juga memiliki kekurangan yang bisa kamu pertimbangkan sebelum membelinya. Simak lebih detailnya di bawah ini.

Bisa Merusak Kandungan Sayuran jika Terlalu Lama

Jika kamu memasak sayuran terlalu lama dengan panci presto, sayuran tersebut bisa kehilangan nutrisinya, bahkan nutrisi tersebut bisa saja hancur dan menyebabkan makanan atau sayuran mengeluarkan bau yang tidak sedap.

Harus Menambahkan Air

Salah satu kekurangan panci presto lainnya yaitu harus menambahkan air minimal 500 ml di setiap masakan. Jika airnya kurang dari itu, maka makanan yang kamu buat bisa gosong. Hal tersebut terjadi karena proses penguapan pada panci ini sedikit.

Makanan Dapat Terlalu Matang

Kekurangan lainnya yaitu makanan berisiko terlalu matang karena suhu panas dalam panci yang sangat tinggi. Hal ini dapat mempercepat proses pemasakan tetapi juga bisa beresiko makanan terlalu matang jika dibiarkan dimasak terlalu lama.

Pastikan kamu tidak memasaknya terlalu lama sehingga bisa menghasilkan kematangan yang sempurna pada makananmu. Jangan tinggalkan makanan yang sedang dimasak dengan panci presto begitu saja, karena bisa lupa.

Sulit Memeriksa Tingkat Kematangan

Pasti kamu selalu ingin memeriksa tingkat kematangan ketika memasak agar makananmu matang sempurna. Namun, dengan panci presto hal ini cukup sulit dilakukan karena panci tertutup sangat rapat dan terdapat katup yang menahan tekanan.

Kamu harus melepaskan katup tersebut lebih dulu sebelum membuka tutup panci untuk menurunkan tekanan di dalam. Jika tidak, maka tekanan yang keluar akan menyembur ketika kamu langsung membuka tutupnya.

Sementara itu, waktu yang dibutuhkan untuk menurunkan dan menaikkan kembali tekanan pada panci presto cukup lama. Sehingga proses memasak pun akan lebih lama lagi.

Bumbu Kurang Meresap Sempurna

Ketika memasak daging, seringkali bumbu kurang meresap sempurna karena waktu yang terlalu cepat untuk mengempukkan daging. Ketika daging sudah empuk, terkadang belum sempurna meresap ke dalam daging sehingga rasa daging terasa lebih hambar.

Tips Memasak dengan Panci Presto

Selain mengetahui kelebihan dan kekurangan panci presto, kamu juga harus mengetahui tips ini: Pertama, kamu bisa memeriksa panci terlebih dahulu sebelum digunakan. Periksalah bagian cincin karet yang melapisi tutup dan pastikan tidak kering ataupun retak.

Kedua, makanan yang kamu masak jangan diisi terlalu banyak. Kamu bisa mengisi panci dengan maksimal dua per tiga dari keseluruhan isi panci. Jika makanan tersebut berbahan biji-bijian yang bisa mengembang saat dimasak, maksimal diisi setengah dari keseluruhan panci.

Selanjutnya, gunakan takaran air yang pas dan secukupnya agar makanan kamu tidak gosong saat dimasak. Kamu juga harus lebih memperhatikan masakan ketika memasak makanan yang bisa berbuih seperti kacang polong dan sebagainya.

Terakhir, cucilah panci secara menyeluruh setelah digunakan. Jangan sampai ada yang terlewat sedikitpun karena akan berpengaruh pada kualitasnya.

BACA JUGA: [5 Jenis Panci dan Fungsinya Untuk Memasak](https://mealy.id/blog/jenis-panci-dan-fungsinya-untuk-memasak

Terdapat kelebihan dan kekurangan panci presto yang bisa kamu pertimbangkan sebelum membelinya. Ingatlah bahwa kekurangan akan selalu ada di setiap barang, termasuk panci presto.

Kamu bisa memilih panci presto dengan kualitas yang bagus untuk meminimalisir kekurangan tersebut. Panci presto bisa memudahkan kamu dalam memasak apapun asalkan kamu mengerti cara menggunakannya dengan baik.

Yuk, tulis resep masakanmu

Buat resep di Mealy, dibayar tiap bulan!