Cara Buat Telur Separuh Masak/Matang

Editorial Mealy

Telur pasti sudah tidak asing lagi menjadi makanan sehari-hari. Banyak sekali orang yang menyukai telur separuh masak, atau telur setengah matang. Untuk itu, kamu perlu tahu terlebih dahulu bagaimana cara buat telur separuh masak yang benar.

Ternyata, cara membuat telur setengah matang ini tidaklah sulit. Kamu hanya perlu teliti dan mengerti cara memasaknya. Makan telur separuh masak juga bisa memberikan banyak manfaat untuk tubuh. Jadi, tunggu apalagi?

Cara Buat Telur Separuh Masak Anti Gagal

Beginilah cara membuat telur yang setengah matang dengan cara direbus

Siapkan Telur, Wadah dan Air Secukupnya

Siapkan Telur Wadah Dan Air Secukupnya Kamu bisa menggunakan telur ayam yang putih maupun coklat, penting untuk melihat kualitas telur terlebih dahulu. Cuci telur dengan air bersih, jika telur tersebut baru dikeluarkan dari kulkas maka diamkan di suhu ruangan beberapa saat sampai tidak begitu dingin.

Siapkan juga wadah untuk tempat telur beserta air untuk merebusnya. Kamu bisa menyesuaikan kadar air yang digunakan sesuai dengan jumlah telur. Semakin banyak jumlah telur, maka air yang disiapkan juga lebih banyak.

Panaskan Air 

Langkah yang kedua yaitu tuangkan air kedalam panci dan masak hingga mendidih. Jangan dulu memasukkan telur sebelum airnya mendidih sempurna. Karena, suhu air merupakan kunci dari sukses atau tidaknya merebus telur yang separuh masak.

Rebus Telur

Rebus Telur Setelah air mendidih dan telur telah memiliki sus ruangan, masukkan telur ke dalam air rebusan. Untuk hasil yang maksimal, kamu perlu merebus telur kurang lebih selama 5 hingga 6 menit tergantung pada ukuran telur.

Jika telurnya kecil, maka waktu merebus juga semakin sedikit begitu juga sebaliknya. Jangan terlalu lama merebus karena bisa mengakibatkan telur terlalu masak sehingga tidak lumer di bagian kuning telurnya.

Angkat Telur

Setelah telur tersebut 5 menit direbus, angkat segera dan tiriskan dalam air dingin dalam beberapa menit. Fungsi dari air dingin ini adalah untuk menghentikan proses pematangan yang terjadi setelah direbus. 

Tunggu hingga kulit telur hangat ketika dipegang, tidak lagi panas. Jika sudah hangat, artinya proses cara buat telur separuh masak sudah hampir selesai. 

Simpan Telur di Wadah

Angkat telur yang sudah direndam dalam air dingin dan simpan di wadah yang sudah disediakan. Jangan lupa untuk mengecek kematangannya dengan sedikit membelah bagian ujung telur. Kamu akan melihat bagian keras dari kulit telur sementara kuning telurnya masih lumer.

Agar lebih nikmat, kamu bisa menambahkan mentega, lada bubuk, garam ataupun kecap sesuai dengan seleramu. Belah telur menjadi dua untuk meyakinkanmu akan tingkat kematangannya.

Cara Masak Telur Separuh Masak dengan Air Fryer

Kamu juga bisa memasak telur setengah matang menggunakan air fryer dengan cara berikut:

Bersihkan telur sampai bersih.

Masukkan telur ke dalam air fryer.

Atur pengaturan waktu ke 8 menit dengan suhu 100 derajat celcius.

Tunggu hingga air fryer berbunyi. Jika sudah berbunyi, diamkan sebentar telur didalam air fryer.

Keluarkan telur separuh masak dan cobalah untuk memecahkannya. Kamu bisa menambahkan bumbu agar lebih enak.

Tips Dalam Cara Buat Telur Separuh Masak

Ada beberapa tips yang bisa kamu praktekkan ketika memasak telur separuh masak agar tidak gagal. Simak lebih detailnya di bawah ini

Jika sebelumnya kamu menyimpan telur dalam kulkas, sebaiknya jangan dulu langsung direbus melainkan diamkan dulu beberapa saat agar telur memiliki suhu yang sama dengan suhu di ruangan.

Hal ini karena suhu telur yang dingin akan mempengaruhi durasi waktu ketika merebusnya, seringkali menyebabkan telur belum matang seperti yang diinginkan.

Agar mempercepat proses waktu menunggu, kamu bisa memasukkan telur ke dalam air dengan suhu normal pada telur yang baru dikeluarkan dari kulkas. Jangan rendam di air hangat atau mendidih karena akan mempengaruhi durasi memasak.

Untuk telur yang berukuran kecil, kamu cukup merebusnya 5 menit dan upayakan jangan sampai melebihi waktu tersebut.

Jika telurnya berukuran besar, rebus selama 5,5 hingga 6 menit saja dan jangan melebihi waktu tersebut karena akan sangat berpengaruh pada tingkat kematangan.

Untuk mempermudah, gunakan timer atau stopwatch dengan hitungan 5 – 6 menit.cara ini sangat ampuh terutama untuk kamu yang sering lupa. 

BACA JUGA: Cara Membuat Takoyaki Enak dan Tidak Alot

Manfaat Memakan Telur Separuh Masak

Setelah tahu cara buat telur separuh masak, apakah kamu tahu apa manfaatnya untuk tubuh? 

Telur Kaya Akan Protein, Kolin dan Biotin

Manfaat dari telur separuh masak yang pertama adalah telur tersebut mengandung banyak protein dan biotin. Disebutkan bahwa telur yang dimasak setengah matang atau separuh masak memiliki kadar protein lebih baik dan lebih mudah dicerna.

Biotin yang terkandung dalam telur separuh masak juga merupakan nutrisi yang sangat penting berperan dalam metabolisme lemak dan gula. Biotin ini juga dikenal dengan vitamin B7 atau vitamin H yang tidak dapat kamu temukan di jenis telur lainnya dengan takaran yang sama.

Kolin juga turut hadir dalam telur ini karena proses perebusan. Telur yang direbus memang menjadi sumber utama telur memiliki kolin yang berperan penting dalam pemeliharaan dan pertumbuhan sel. Beberapa kombinasi nutrisi itulah yang akan membantu otak kamu bekerja di pagi hari.

Untuk Memperkuat Tulang dan Otot

Manfaat lainnya yaitu untuk memperkuat tulang dan otot. Jika kamu senang berolahraga telur setengah matang sangat cocok untuk kamu konsumsi sebagai pendukung nutrisi dalam memperkuat otot dan tulang.

Telur dipercaya memiliki banyak protein dengan tambahan asam amino sebagai sumber energi baik. Asam amino ini dapat meningkatkan kinerja tubuh sehingga kamu bisa menjadi lebih aktif dan dapat memicu kesehatan dan kekuatan otot kamu.

Telur yang kaya akan vitamin D juga bisa menjaga kesehatan tulang dan gigi. Vitamin D memang merupakan nutrisi yang berperan penting dalam pertumbuhan tulang dan gigi. Tidak heran jika banyak orang yang mengkonsumsi telur untuk menjaga kesehatan tulang.

Cocok untuk Diet

Telur setengah matang menjadi salah satu alternatif makanan ketika diet. Hal ini karena telur yang direbus mengandung rendah kalori sehingga cocok bisa menurunkan berat badan. Telur memang sering menjadi menu diet yang disarankan oleh dokter.

Meskipun demikian, kamu juga harus memperhatikan asupan nutrisi yang lain. Kamu bisa mengkombinasikannya dengan makanan lain agar tetap seimbang. Jika kamu sedang diet, jangan lupa untuk rutin mengkonsumsi telur separuh matang ini, ya.

Kamu bisa mempraktekan cara buat telur separuh masak di rumah dengan mudah dan anti gagal. Tanpa membutuhkan waktu yang lama, kamu bisa membuat sarapan sehat dengan olahan telur ini sehingga bukan hanya perut yang kenyang tetapi juga nutrisi yang terpenuhi.

Jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan dan makan makanan yang sehat, seperti telur separuh masak yang direbus ini. Banyak sekali manfaat yang bisa kamu rasakan setelah rutin mengkonsumsinya. Selamat mencoba!

BACA JUGA: 10 Cara Memasak Sarden Kaleng Agar Tidak Amis

Yuk, tulis resep masakanmu

Buat resep di Mealy, dibayar tiap bulan!