10 Cara Memasak Sarden Kaleng Agar Tidak Amis

Editorial Mealy

Sebagian orang terkadang ragu atau mempertimbangkan kembali untuk membeli sarden kalengan karena bau amisnya yang kuat. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, terdapat setidaknya cara memasak sarden kaleng agar tidak amis. Jadi, kamu yang tadinya ragu mencoba bisa berani. 

Sebanarnya, sarden kalengan berbagai merek yang bisa kamu temui di swalayan maupun pasar dapat langsung disantap dengan cara dihangatkan langsung. Namun, seperti yang disinggung sebelumnya sebagian orang ada yang tidak menyukai sensasi amis dari sarden kalengan. 

Oleh karena itu, berikut ini akan disajikan beberapa macam cara yang mungkin bisa membantu kamu mengolah sarden menjadi santapan baru yang lezat tanpa bau amis. Penasaran dengan caranya? Mari perhatikan pembahasan berikut ini. 

Berikut 10 Cara Memasak Sarden Kaleng Agar Tidak Amis

Sarden kalengan yang dijual umumnya mempunyai varian rasa saus tomat, saus cabai atau pedas, dan saus ekstra pedas. Makanan ini berguna sekali dibawa sebagai bekal untuk perjalanan jauh karena mudah dimasak. Hanya tinggal dihangatkan dan ditambah beberapa bumbu lain opsional.

Sarden yang dimakan bersama nasi hangat adalah hidangan yang begitu nikmat dan disukai oleh mayoritas orang. Kamu yang suka makanan olahan ikan, wajib mencoba sarden kalengan. Supaya rasanya lebih nikmat tanpa tercium bau amis, ikuti langkah-langkah di bawah ini. 

  1. Memilih Sarden Kaleng Berkualitas

Saat memilih sarden kaleng yang dijual di pasaran, kamu bisa mempertimbangkan beberapa hal. Misalnya seperti varian rasa yang dijual atau bobot ikan sarden yang termuat di dalam kaleng. Pastikan kamu membeli dari merk yang mempunyai izin resmi beredar. 

Tidak hanya itu, cek tanggal kedaluwarsa dari kaleng sarden. Belilah sarden yang mempunyai bentuk fisik utuh dan tidak penyok. 

  1. Menumis dengan Bawang Putih, Bawang Merah, dan Cabai

Salah satu kiat diantara cara memasak sarden kaleng agar tidak amis yaitu dengan menumisnya bersama bumbu tambahan berupa bawang putih, bawang merah, dan cabai. Ketiga bumbu dapur itu pasti sudah tidak asing lagi kamu temui di berbagai jenis masakan. 

Cara menumisnya yaitu dengan mengiris bawang putih, bawang merah, dan cabai menjadi bagian kecil-kecil. Kamu bisa mengatur jumlah cabai sesuai dengan selera. Jika menyukai pedas maka bisa menambahkan banyak cabai ke dalam tumisan. 

Pertama-tama, tumis terlebih dahulu bahan-bahan tersebut. Baru setelah wanginya harum, kamu bisa menambahkan sarden kaleng ke dalam wajan atau panci. Masak hingga bumbunya tercampur rata dan tunggu sampai matang. 

Irisan bawang putih, bawang merah, dan cabai bisa membantu mengurasi bau amis pada sarden sedikit berkurang. 

  1. Menambahkan Daun Salam dan Lengkuas

Berikutnya, cara memasak sarden kaleng dengan bumbu tambahan yaitu bisa menggunakan daun salam dan lengkuas. Kedua bahan ini mudah kamu dapatkan ketika pergi belanja ke bakul sayur terdekat dengan harga yang sangat terjangkau.

Supaya bau amis pada sarden bisa berkurang yaitu dengan memasukkan lengkuas yang sebelumnya telah digeprek ke dalam tumisan. Menggeprek lengkuas bertujuan supaya aromanya dapat menguar secara maksimal mengalahkan rasa amis pada ikan. 

Lengkuas ini bisa dimasukkan setelah bumbu iris sebelumnya ditumis sampai setengah matang. Tidak hanya lengkuas saja, menambahkan daun salam yang segar dan berdaun lebar bisa membantu menyedapkan rasa sarden kalengan. 

  1. Memasukkan Irisan Jahe

Selain lengkuas dan daun salam, jahe ternyata juga bisa membantu mengurangi bau amis pada ikan sarden kalengan. Wah bagaimana caranya itu? Pertama-tama, kamu perlu mengolah jahe terlebih dahulu dengan cara membakarnya. 

Membakar jahe bertujuan untuk mengeluarkan aroma jahe. Baru setelah jahe terbakar secukupnya, kamu bisa mengupas dengan menggunakan sendok. Jahe yang telah dikupas bisa diiris tipis-tipis. Irisan jahe kemudian dimasukkan ke dalam wajan untuk ditumis. 

Setelah tercium bau wangi yang harum, kamu bisa membuka sarden kaleng terserah rasa apa saja untuk dicampurkan dengan tumisan bumbu. 

  1. Menambahkan Tomat

Cara memasak sarden kaleng agar tidak amis berikutnya adalah dengan menambahkan tomat. Tomat juga memiliki kemampuan untuk mengurangi bau amis pada ikan sarden. Kamu cukup memotong tomat ke dalam beberapa bagian. Misalnya dibelah menjadi empat bagian. 

Tomat yang sudah dibelah itu selanjutnya ditumis bersama bumbu lain. Selain berkhasiat mengurangi bau amis pada ikan sarden kaleng, tomat juga mampu memberikan cita rasa baru berupa rasa asam yang segar. 

Bagi kamu yang tadinya sudah panik menambahkan terlalu banyak cabai sehingga terasa pedas, kehadiran tomat bisa membantu menetralkan rasa pedas dalam sarden. 

  1. Menambahkan Daun Jeruk atau Serai

Cara memasak sarden kaleng agar lebih enak yaitu bisa dengan menambahkan daun jeruk atau serai. Bahan ini bisa membuat masakan sarden kamu terasa lebih harum dan tidak amis lagi. Siapkan serai secukupnya lalu geprek serai tersebut untuk mengeluarkan aroma wangi serai. 

Nah, jika kamu juga berkeinginan menambahkan daun jeruk, gunakan bagian daun jeruk tanpa tulang tengahnya. Tulang tengah daun jeruk dibuang dengan tujuan agar kamu terhindar dari rasa pahit daun tersebut. Kamu juga bisa menyobek-nyobek daunnya untuk mengeluarkan aroma. 

  1. Menambahkan Daun Kemangi

Siapa yang tidak tahu daun kemangi? Kemangi adalah daun yang sering dijumpai dalam warung-warung lalapan. Opsi lain yang bisa ditambahkan ke dalam tumisan sarden agar wanginya jauh lebih nenadang selain daun jeruk atau salam adalah daun kemangi. 

Penambahan daun ini bisa ditambahkan setelah ikan sarden selesai ditumis bersama bumbu lainnya dan menuju matang. Lebih baik kamu menggunakan daun kemangi yang masih segar supaya harumnya terasa pada makanan. 

  1. Menambahkan Air Asam Jawa

Menambahkan air asam jawa termasuk ke dalam cara memasak sarden kaleng agar tidak amis. Fungsinya hampir sama seperti tomat yang bisa membuat bau asam tidak jadi tercium. Kamu bisa membuat air asam jawa sendiri. 

Caranya dengan menyeduhkan air hangat ke asam. Tunggu hinga airnya berubah warna dan asam telah sepenuhnya larut. Penambahan air asam jawa bisa ditambahkan ketika sarden kaleng mau matang. 

  1. Menumis Bumbu Sampai Harum

Resep masak sarden kaleng sederhana dan enak adalah dengan menumis semua bumbu hingga tercium bau harum. Jangan menumisnya setengah-setengah karena nanti bau amis dari sarden tidak bisa dikalahkan. 

Kamu perlu menumis semua bumbu yang ada sampai tercium wangi. Selain itu, bumbu yang sudah berbau wangi menandakan bahwa bumbunya matang. Atur panci penggorengan dengan api yang sedang supaya kamu bisa menumis bumbu hingga matang tanpa gosong. 

  1. Menambahkan Telur Ceplok

Cara memasak terakhir untuk membuat sarden tidak terasa amis yaitu dengan menambahkan telur ceplok. Kamu bebas mengatur tingkat kematangan telur ceplok mau itu matang sempurna atau setengah matang, 

Telur ceplok bisa dimanfaatkan untuk mengurangi bau amis pada sarden. Selain itu, menggoreng telur ceplok dan menambahkannya untuk disantap bersama sarden menjadikan makanan terasa lebih nikmat. 

Setelah menyimak cara memasak sarden kaleng agar tidak amis di atas, apakah kamu sudah mulai yakin untuk mencoba makanan satu ini? Menyantap sarden dengan nasi hangat adalah menu makanan favorit yang menggugah selera makan. Selamat mencoba!**

Yuk, tulis resep masakanmu

Buat resep di Mealy, dibayar tiap bulan!