Mengenal Ragam Buah Mangga yang Ada di Indonesia

Editorial Mealy

Buah mangga termasuk salah satu jenis buah yang mudah ditemukan di daerah Indonesia. Hampir mayoritas orang pernah mencicipi daging buah satu ini yang cenderung berwarna kuning. Nah, apakah kamu mengenal apa saja ragam buah mangga yang tersebar di Indonesia?

Kamu mungkin pernah bertanya-tanya ketika membeli mangga di tempat yang berbeda dan ketika dikupas memiliki rasa yang berbeda. Kemungkinan mangga yang kamu beli adalah dua mangga yang berbeda jenisnya. Di Indonesia sendiri, memang tersebar banyak jenis mangga yang bervariasi. 

Sensasi rasa buah mangga yang membuatnya mudah dikenali dari jenis mangga lainnya bisa dilihat dari tingkat keasaman atau kemanisannya. Terkadang ada jenis mangga yang manis legit dan asam segar. Begitu pula dengan teksturnya yang tidak selalu sama. 

Apa Saja Ragam Buah Mangga di Indonesia?

Mangga adalah buah yang sering digunakan untuk membuat produk makanan dan minuman dalam negeri ini. Misalnya seperti jus, susu, smoothie, topping kue, kue, pudding, dan lain sebagainya. Namun, untuk menjadikan mangga sebagai bahan baku maka perlu mengetahui jenisnya. 

Mengetahui jenis mangga dapat membantu kamu mengenal karakteristiknya sehingga bisa dipadukan dengan bahan lainnya secara tepat. Misalnya jika ingin membuat kue dengan topping mangga, kamu bisa mempertimbangkan mangga yang rasanya manis atau asam. 

Bila menginginkan yang manis maka belilah mangga yang memang memiliki karakteristik rasa manis. Begitu pula sebaliknya, bila yang kamu inginkan sebagai topping kue adalah mangga dengan rasa asam. Nah, apa saja ragam buah mangga yang ada di Indonesia? Perhatikan pembahasan berikut.

1. Mangga Arum Manis

Sesuai dengan namanya, mangga arum manis adalah mangga yang mempunyai cita rasa manis. Aroma yang dikeluarkan dari buah ini juga terasa wangi dan sedap. Sebagian orang mungkin mengenalinya sebagai mangga gadung. 

Bentuk buah mangga arum manis adalah berbentuk jorong dengan ujungnya yang agak meruncing. Jika diperhatikan, kulit buah ini cukup tipis dan mempunyai bintik-bintik berwarna putih di mana pada bagian ujungnya terdapat warna merah keunguan. 

Jika kamu mengupas buah mangga gadung ini, maka pemandangan yang mungkin kamu dapati adalah warna daging buahnya yang kuning serta mempunyai tekstur lunak. Mangga arum manis tidak banyak mengandung air maupun berserat.

Bagi kamu yang tertarik mencoba mangga ini bisa mencoba pergi ke pasaran. Sebab, mangga jenis ini termasuk jenis mangga yang banyak dipanen oleh petani. Satu pohon mangga arum manis kira-kira bisa menghasilkan hingga 50-an kg per panen. 

Mangga ini dijual dengan harga yang terjangkau sehingga menjadi favorit sebagian orang. Selain itu, mangga ini tumbuh di tanah dataran rendah dengan pasokan sinar matahari cukup. 

2. Mangga Apel

Meskipun namanya adalah mangga apel, bukan berarti mangga ini hasil perkawinan dengan buah apel. Melainkan, mangga ini merupakan mangga yang mempunyai bentuk fisik seperti buah apel. Awalnya, jika belum matang warna kulit mangga apel akan berwarna hijau. 

Namun, jika sudah memasuki usia matang, mangga apel ini akan berubah warna kulit menjadi lumayan kemerahan persis seperti buah apel. Kamu bisa mencium bau sedap dari mangga ini ketika memasuki usia matang. 

Akan tetapi, mangga apel tidak mempunyai tingkat rasa kemanisan yang setara dengan mangga arum manis. Oleh karenanya, terutama ketika sudah matang, kamu bisa menggunakan jenis mangga ini untuk membuat rujak buah dan dipadukan dengan buah lainnya. 

3. Mangga Madu

Ragam buah mangga di Indonesia selanjutnya yaitu adalah mangga madu. Ciri-ciri mangga madu antara lain mempunyai cita rasa manis yang mirip dengan madu, ukurannya normal alias tidak sebear mangga lainnya, memasuki usia matang mangga ini mempunyai kulit yang berwarna kuning oranye.

Namun ada satu hal yang unik dari mangga madu. Mangga madu ketika dirinya dikupas akan menampilkan warna daging buah yang berwarna putih. Sangat menakjubkan, bukan? Di saat jenis mangga lainnya mempunyai warna daging buah kuning, tetapi mangga ini justru putih. 

Kamu yang tertarik membeli mangga madu untuk mencicipi cita rasanya maka bisa mencoba pergi ke pasar. Pastikan sebelum membeli, kamu telah menanyakan jenis mangga apa yang dijual dan sebutkan jenis mangga yang ingin dibeli. 

4. Mangga Golek

Selanjutnya, ada mangga golek yang mempunyai nama seperti wayan. Golek mempunyai makna mencari, bisa dikatakan bahwa siapa saja yang telah mencicipi mangga ini maka ingin mencarinya lagi.

Bentuk fisik mangga golek cukup panjang dan mempunyai bintik-bintik hitam pada kulitnya yang hijau. Waktu yang pas untuk memakan mangga golek adalah saat mangga baru matang. Jika kamu memakannya lama setelah matang, maka rasanya terlalu berair seperti pepaya. 

Meskipun memiliki bentuk yang mirip dengan arum manis, mangga golek mempunyai ukuran yang lebih besar. Jadi, kamu bisa membedakannya dengan mudah. 

5. Mangga Manalagi

Ragam buah mangga yang perlu kamu tahu selanjutnya adalah mangga manalagi. Mangga ini mempunyai bentuk yang mirip dengan mangga madu. Rasanya seperti perpaduan antara mangga arum manis dengan mangga golek. 

Manalagi mempunyai keunikan ketika masih mentah dan matang, kulitnya tetap berwarna hijau. Pembedanya saat matang, kulitnya menampakkan warna keabu-abuan. Mangga ini berasal dari daerah Probolinggo. 

Isi buahnya padat dan ukurannya cukup kecil. Meskipun begitu, mangga ini mempunyai daya tahan cukup lama bahkan setelah dipetik dari pohonnya. 

6. Mangga Gedong Gincu

Mangga gedong gincu yang banyak ditemukan di Cirebon dan Majalengka ini mempunyai bentuk bulat seukuran buah apel. Kamu tidak perlu bersusah-susah payah membedakan mangga ini dengan jenis mangga lainnya. 

Karena mangga gedong gincu mempunyai warna kulit hijau, kuning, dan warna kemerahan yang sesuai dengan namanya yakni gincu. Warna kemerahan bukan hanya sebagai pembeda saja, melainkan juga penanda sudah matang. 

7. Mangga Cengkir Indramayu

Jika kamu menyukai mangga yang bisa membuat perut merasa kenyang, maka boleh mencoba mangga cengkir indramayu. Jenis mangga satu ini mempunyai ukuran cukup besar dengan buah daging mangga yang tebal pula. 

Buah mangga ini berasal dari Indramayu dan mempunyai rasa yang manis. Bahkan ada yang mengatakan bahwa manisnya mangga ini melebihi jenis mangga lainnya. 

8. Mangga Falan

Kamu mungkin sedikit asing mendengarkan jenis mangga satu ini. Aslinya, mangga falan berasal dari Thailand. Baru kemudian petani yang ada di Indonesia mulai membudidayakan jenis mangga satu ini. 

Bentuk mangga falan memanjang runcing dengan warna kulit hijau tua. Daging buahnya terasa manis dan mempunyai tekstur renyah ketika disantap. 

9. Mangga Alpukat

Mangga alpukat adalah mangga hasil perkawinan antara mangga madu dan mangga gedong. Bentukan dari mangga ini yaitu lonjong dengan rasa daging buah manis seperti jenis mangga madu. 

Nah, karena mangga ini disebut sebagai mangga alpukat. Sebagian orang ada yang memakannya mirip seperti makan alpukat. Yaitu dengan membelah tengah buahnya kemudian memisahkan bijinya. 


Dari berbagai ragam buah mangga yang disebutkan di atas, apakah ada mangga yang kamu kenali? Jangan lupa untuk mencoba varian mangga lain untuk memperluas pengalaman makan kamu terkait mangga.

Yuk, tulis resep masakanmu

Buat resep di Mealy, dibayar tiap bulan!