Dalam Rujak Buah, Wajib Ada 6 Buah Ini Agar Terasa Makin Segar!

Editorial Mealy

Belakangan ini, cuaca memang sedang panas. Tentu saja rasanya melegakan bila kamu mengonsumsi rujak buah segar. Selain enak, rujak buah juga kaya akan berbagai vitamin yang menyehatkan tubuh.

Sesuai namanya, rujak buah merupakan campuran buah yang disajikan dengan bumbu tertentu. Biasanya, hidangan ini dikeluarkan sebagai dessert pencuci mulut. Rujak awalnya dikonsumsi oleh orang Jawa saja, namun kini masyarakat di daerah lain pun menyukainya.

Rujak buah juga cocok bagi kamu yang sedang menjalani program diet karena jumlah kalorinya sedikit. Meskipun begitu, kamu bisa merasa sangat kenyang hanya dengan mengonsumsi seporsi rujak buah. Semakin bervariasi jenis buahnya, maka akan semakin segar pula rasanya.

Buah yang Wajib Ada dalam Rujak Buah Segar

Rujak buah memang memiliki rasa yang sangat lezat. Namun, rasa tergantung dari pemilihan buah, loh! Makannya, penting untuk memilih jenis buah yang tepat. Agar tidak salah, berikut beberapa jenis buah yang wajib ada dalam rujak segar buatan kamu!

1. Bengkuang

Bengkuang

Bengkuang adalah salah satu buah dalam rujak yang wajib ada. Rasanya nikmat dan cocok dengan lidah orang Indonesia. Selain menjadi campuran rujak, bengkuang juga bisa kamu konsumsi secara langsung.

Buah yang satu ini mengandung kadar air tinggi dan nutrisi melimpah, sehingga baik untuk kesehatan. Selain itu, juga kaya akan kalsium, karbohidrat, magnesium, protein, dan vitamin C. Bengkuang bisa meminimalisir resiko penyakit kanker, melancarkan pencernaan, dan menjaga kesehatan jantung.

2. Nanas

Nanas

Apakah kamu pernah menonton film Spongebob? Nah, karakter spons berwarna kuning ini tinggal dalam rumah berbentuk nanas yang harus ada dalam rujak buah. Nanas sendiri merupakan jenis buah-buahan tropis yang banyak ditemukan di Indonesia, Malaysia, Singapura, dan negara tropis lainnya.

Buah nanas kaya akan enzim, vitamin, dan senyawa antioksidan. Manfaatnya juga banyak bagi kesehatan tubuh, misalnya meningkatkan kekebalan tubuh, melancarkan pencernaan, dan menguatkan tulang.

Eitsss! Bagi kamu yang sedang diet nggak usah takut gendut. Nanas hanya mengandung sedikit kalori meskipun rasanya sangat manis. Kamu pasti banyak menemukan buah ini pada penjual rujak buah segar di sekitar kamu.

3. Mangga Muda

Mangga

Berkebalikan dari nanas yang manis kayak kamu, mangga muda malah memiliki rasa yang asam. Mengonsumsi mangga muda dalam rujak di siang hari akan membangkitkan semangat kamu. Dibalik rasa asamnya, mangga muda mengandung vitamin C yang tinggi.

Selain itu, ada juga kandungan zat besi, kalsium, dan magnesium sekitar 80% dari kebutuhan harian manusia. Mangga muda kaya akan vitamin K, A, C, dan B6, sehingga bisa memperbaiki kesehatan tulang, mata, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

4. Jambu Air

Jambu Air

Seperti memasukan rasa nanas dan mangga muda, jambu air adalah buah yang memiliki rasa manis-asam. Jambu air harus ada dalam rujak buah segar buatan kamu. Cita rasanya yang unik ini juga cocok untuk kamu sajikan sebagai asinan.

Di Indonesia sendiri, tidak sulit untuk menemukan jambu air. Banyak keluarga yang memiliki tanaman ini di pekarangan rumahnya. Jambu air minim kalori, namun kaya akan karbohidrat, sehingga bisa membuat kamu kenyang lebih lama.

5. Semangka

Semangka

Melihat buah semangka dari kejauhan saja sudah berhasil membuat kamu ngiler. Buah berbentuk bulat besar dengan warna hijau pada bagian luarnya dan merah segar di dalamnya ini siap memanjakan lidah kamu.

Semangka memiliki rasa manis, namun aman bagi penderita diabetes. Buah satu ini juga kaya akan air, sehingga cocok untuk kamu konsumsi saat siang bolong. Wah! Membayangkannya saja sudah terasa segar sekali.

6. Belimbing

Belimbing

Belimbing juga menjadi buah yang tak boleh absen dalam rujak. Berbeda dari buah lainnya yang bentuknya basic-basic saja, belimbing memiliki bentuk bintang bila kamu memotongnya. Rasanya asam dan siap membuat kamu ketagihan.

Belimbing dalam rujak buah sangat cocok kamu konsumsi bersama sambal rujak dan bumbu kacang. Kaya akan antioksidan, mangan, dan zinc, belimbing bisa meminimalisir resiko penyakit mematikan dan memperkuat sistem imunitas tubuh.

Manfaat Rujak Buah Segar

Kamu pasti sudah tahu jika aneka buah-buahan mengandung vitamin yang kaya. Nah, berbagai vitamin yang terkandung ini bisa memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh kamu. Berikut beberapa manfaat mengonsumsi rujak buah.

1. Menurunkan Gula Darah

Mengonsumsi makanan manis memang kerap menjadi penyebab naiknya gula darah. Alhasil, kamu menjadi terkena diabetes. Jangan khawatir, mengonsumsi rujak buah bisa menurunkan kadar gula dalam darah.

Hal ini karena adanya buah mangga muda yang mengandung antioksidan tinggi. Selain itu, juga akan kandungan vitamin C, vitamin A, vitamin B, kalium, vitamin K, dan folat.

2. Meminimalisir Resiko Penyakit Jantung

Penyakit jantung menjadi top one penyakit mematikan di seluruh dunia. Makannya, setiap orang pasti menjaga kesehatannya untuk menghindari resiko penyakit ini. Ternyata, mengonsumsi rujak buah segar secara teratur bisa menurunkan resiko penyakit jantung.

Manfaat ini bisa didapat dari aneka buah, seperti nanas, belimbing, dan jambu air. Selain itu, juga bisa didapat dari bumbu kacang yang menjadi cocolan rujak buah. Bumbu kacang mengandung zat aktif, seperti senyawa resveratrol dan asam oleat yang bisa melindungi pembuluh darah jantung dari radikal bebas.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Kesehatan mata sebenarnya akan melemah seiring bertambahnya usia. Apalagi, di era digital seperti sekarang ini. Penggunaan gadget secara berlebihan untuk berbagai keperluan tentu akan mengganggu kemampuan fungsional mata kamu.

Dalam rujak buah, nanas bisa menjaga kesehatan mata. Mengandung beta karoten atau vitamin A, nanas bisa mengurangi stres pada mata akibat cahaya alat elektronik. Mengonsumsi rujak buah segar dengan rutin juga bisa mempertajam kemampuan penglihatan kamu.

4. Menjaga Kesehatan Tulang

Buah-buahan dalam rujak juga kaya akan kalsium dan vitamin K. Tentu hal ini baik untuk kesehatan tulang. Kamu bisa mencegah osteoporosis atau pengeroposan tulang lainnya hanya dengan mengonsumsi rujak.

Tulang yang kuat tentu bisa membuat kamu lebih nyaman beraktivitas. Kamu bisa lebih leluasa dalam menjalani kegiatan yang menguras fisik.

5. Menjaga Kesehatan Kulit

Bagi kaum hawa, kesehatan kulit penting untuk menunjang penampilan. Nah, dalam rujak ada buah bengkuang yang bisa menjaga kesehatan kulit. Buah ini kaya akan vitamin C dan antioksidan yang bisa memproduksi kolagen supaya kulit tetap sehat.

Mengonsumsi rujak secara rutin bisa menyamarkan tanda-tanda penuaan dini. Selain itu, bisa juga memperbaiki kulit yang kering akibat terlalu sering terpapar sinar matahari.

6. Mencegah Obesitas

Sudah bukan rahasia lagi jika buah-buahan segar memberikan efek kenyang yang cukup lama. Buah sangat kaya akan karbohidrat, tapi rendah kalori dan lemak.

Konsumsi rujak buah tentunya sangat cocok bagi kamu yang sedang menjalani program penurunan berat badan atau ingin mempertahankan bentuk tubuh agar tetap proporsional. 


Ingat, semua manfaat di atas bisa kamu dapatkan jika kamu mengonsumsinya secara teratur. Namun, bukan berarti berlebihan ya! Segala sesuatu yang berlebihan tetap tidak baik, walaupun buah memberikan efek samping yang sangat sedikit.

Kamu bisa berkreasi dengan aneka buah di rumah agar rasanya semakin variatif. Rujak buah segar bisa menjadi teman ngemil kamu di kala lapar. Cocok juga untuk cuci mulut sehabis makan besar.

Yuk, tulis resep masakanmu

Buat resep di Mealy, dibayar tiap bulan!