Cek Perbedaan Mie Ayam dan Mie Yamien Biar Tidak Salah Pilih

Editorial Mealy

Mie menjadi salah satu kuliner yang diminati segala usia. Jenis mie yang bertebaran di Indonesia saat ini sudah banyak, misalnya mie ayam dan mie yamien. Perbedaan mie ayam dan mie yamien sendiri sering menjadi perdebatan di masyarakat umum.

Mie ayam dan mie yamien juga merupakan menu yang mudah ditemui di Indonesia. Baik dari makanan kaki lima hingga bintang lima, banyak sekali warung makan dan restoran yang menyediakan jenis mie ini. Berikut beberapa hal yang harus kamu tahu tentang kedua mie ini.

Mie Ayam Biasa itu Apa?

Siapa yang tidak mengenal Mie Ayam? Mie ayam original ini sebenarnya mempunyai banyak versi di seluruh Indonesia. Namun, kali ini kita akan membahas mie ayam yang paling umum yaitu mie ayam gurih dengan kuah kaldu yang hangat.

Mie ayam biasanya memiliki bentuk yang cukup bulat panjang dengan berbagai jenis mie. Kamu akan disuguhkan mie ayam jenis keriting ataupun lurus ketika di warung. Tekstur mie ayam yang enak biasanya kenyal dan lembut.

Warna dari tampilan mie ayam biasanya pucat kuning dengan potongan ayam yang berbumbu sesuai dengan khasnya masing – masing tempat makan. Selain itu, biasanya mie ayam disajikan dengan sawi, daun bawang, serta ada pelengkap kerupuk pangsit.

Mie ayam biasa ini biasanya memiliki rasa asin gurih dengan kuah hangat yang bisa disiram ke mangkok berisi mie atau hanya dinikmati secara terpisah. Biasanya kuah ini memiliki rasa kaldu dan sedikit tawar untuk menetralisir bumbu mie yang gurih.

Mie Ayam Yamin itu Apa?

Nah, sekarang saatnya membahas mie yamien yang tak kalah lezat dari mie ayam biasa. Mie yamien sendiri tidak jauh berbeda dengan mie ayam sebenarnya. Hanya saja, mie yamien biasanya disajikan dengan tambahan kecap pada bumbu mie nya.

Bentuk mie dari mie yamien ini beraneka ragam seperti mie ayam pada umumnya. Namun pada tampilannya sedikit lebih menarik karena memiliki warna pada mie nya. Warna ini adalah kecoklatan karena penambahan kecap saat memasaknya.

Penyajian mie yamien biasanya ditambah dengan taburan ayam yang berwarna pucat karena hanya dimasak dengan bumbu asin gurih. Hal tersebut biasanya agar menu mie yamien ini memiliki keseimbangan rasa yang mantap.

Mie ayam yamien biasanya juga disajikan dengan daun bawang, sayuran rebus seperti sawi ataupun tauge, lalu ada juga pangsit. Mie yamien juga disediakan kuah hangat yang cara menyantapnya juga sama dengan di mie ayam biasa.

Apakah Mie Yamin Halal?

Halal atau tidaknya makanan sebenarnya tergantung dari warung makan atau restoran yang menyediakan. Dalam hal ini, mie yamien tersedia dalam versi halal maupun tidak halal. Kamu Hanya perlu memilih warung atau restoran penyedianya dan memastikan halal atau tidaknya.

Saat ini sudah banyak tersedia mie yamin dan mie ayam yang halal dan enak. Jadi kamu tidak perlu khawatir kalau kamu memang mencari makanan yang halal. Namun, kalau kamu mencari makanan non halal pun, saat ini juga banyak pilihan yang tersedia.

Apa Perbedaan Mie Ayam dan Mie Yamien?

Seperti yang sudah dibahas di atas, mie ayam dan mie yamien adalah makanan yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan masyarakat Indonesia khususnya. Berikut adalah beberapa perbedaan mie ayam dan mie yamien agar kamu tidak salah pilih.

1. Tampilan

Yap, paling mudah membedakan 2 menu makanan ini adalah dilihat dari warna tampilan. Hal tersebut karena mie yamin artinya adalah mie yamin manis atau menggunakan kecap dalam penyajiannya. Hal tersebut menjadikan warna mie yamien sedikit lebih coklat dibanding mie ayam biasa yang pucat.

Tampilan ini juga menjadi pertimbangan orang dalam memilih menu. Ada orang yang memang tertarik dengan mie yamien karena penampilannya yang berwarna dan menggugah selera. Ada juga yang tertarik dengan mie ayam karena penampilannya yang polos tapi penuh rasa gurih enak.

2. Tekstur

Mie ayam dikenal dengan tekstur yang lebih bulat dibanding mie yamien. Mie ayam juga memiliki tekstur lebih kenyal dibanding dengan mie yamien. Namun saat ini sebenarnya banyak mie ayam yang menyediakan jenis mie tipis, dan banyak juga mie yamien yang disajikan dengan mie bulat.

Namun pada awalnya, penyajian mie yamien identic dengan mie pipih tipis dan mie ayam dengan mie bulat yang panjang ataupun mie karet yang kenyal. Ragam variasi jenis mie ini akan memudahkan kamu sebagai konsumen untuk menyesuaikan selera

3. Rasa

Karena mie yamien menggunakan kecap pada penyajiannya maka rasanya akan cenderung manis gurih. Namun mie yamien yang enak tidak akan membuat kamu eneg karena rasanya yang terlalu manis.

Bahkan biasanya orang memilih mie yamien karena rasanya komplit yaitu manis, asin, dan gurih. Berbeda dengan mie yamien, mie ayam biasa memiliki rasa asin dan gurih. Tak kalah istimewa dengan mie yamien, mie ayam original ini juga memiliki penggemarnya sendiri.

Orang yang menikmati mie ayam biasanya karena rasanya yang simple dan pasti nyaman di perut kapanpun dikonsumsi.

4. Taburan Ayam

Nah, unsur yang satu ini juga sering menjadi salah satu perbedaan mie ayam dan mie yamien. Dimana taburan ayam pada mie yamien mayoritas adalah ayam suwir putih pucat yang berbumbu asin gurih dan sedikit lada. Jenis taburan ayam ini sepertinya untuk menyeimbangkan rasa.

Berbeda dengan taburan ayam pada mie ayam original dimana kadang menggunakan taburan ayam bumbu kecap. Meskipun ada beberapa mie ayam yang menggunakan taburan seperti pada mie yamien, namun taburan ayam bumbu kecap juga tak kalah digemari oleh masyarakat Indonesia.

5. Pelengkap Sayur

Pelengkap sayur yang ada di dua mie ini sebenarnya tak jauh berbeda. Namun ada sumber yang menyatakan bahwa mie yamien lebih sering diberi tambahan tauge rebus dibanding dengan mie ayam biasa.

Pelengkap sayur lainnya yang ada dikedua menu ini adalah sawi rebus. Selain itu, ada juga menu seperti bakso, pangsit, dan gorengan yang bisa ditambahkan kapanpun kamu mau. Item ini adalah  menu yang bisa dimakan di mie ayam ataupun mie yamin dan tidak bisa menjadi poin perbedaan.

Mie yamien sendiri punya beberapa kekhasan dari masing – masing daerah misalnya mie yamin malang, mie yamin semarang, dan masih banyak lagi. Lalu, mie ayam juga punya banyak tipe seperti mie ayam Bangka, mie ayam bandung, mie ayam wonogiri, dan mie ayam lain yang tak kalah enak.


Setelah membaca penjelasan tentang perbedaan mie ayam dan mie yamien, kamu pasti  jadi lapar ya? Tak heran mie ayam dan mie yamien menjadi makanan favorit banyak orang karena dalam satu mangkok, kamu bisa mendapatkan karbohidrat, protein hewani, protein nabati dan juga vitamin.

Selain soal rasa, harga jual mie ayam dan mie yamien juga ramah di kantong, dijamin terjangkau dan worth it untuk dicoba. Jadi, kapan mau kuliner menikmati kedua mie lezat ini?

Yuk, tulis resep masakanmu

Buat resep di Mealy, dibayar tiap bulan!