Cara Membuat Bubur Nasi Lebih Mudah dan Cepat

Editorial Mealy

Kamu pasti sudah tidak asing dengan bubur, makanan yang banyak dijual untuk menu sarapan yang sehat. Meski sering dicap ribet, tetapi sebenarnya ada teknik tertentu dalam cara membuat bubur nasi lebih mudah dan cepat tanpa harus mengeluarkan banyak waktu.

Olahan nasi yang disebut bubur ini bukan hanya terkenal di Indonesia, melainkan juga di beberapa negara asia lainnya, seperti China, Korea, Jepang, bahkan hingga ke Portugal. Namun, sebenarnya asal mula bubur ini berasa dari China pada tahun 2697 sebelum masehi.

Sekarang, ada banyak cara untuk membuat bubur dengan berbagai kreasi sehingga kamu bisa tetap menikmati bubur meskipun sudah di zaman modern. Bubur juga sangat cocok kamu konsumsi ketika sakit karena manfaatnya yang bagus untuk kesehatan.

Cara Membuat Bubur Nasi Lebih Mudah dan Cepat

Ada beberapa cara membuat bubur nasi lebih mudah yang bisa kamu tiru di rumah. Diantaranya adalah:

Cara yang Paling Sederhana dan Cepat

Untuk membuat bubur dengan cara yang sangat sederhana dan cepat, kamu bisa mengikuti resep yang anti ribet dan sangat cocok untuk kamu yang sering malas membuat bubur. Namun, tentunya kamu harus menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu, yaitu:

  • 1 centong nasi (bisa disesuaikan dengan kebutuhan)

  • 150 ml air putih

  • ½ sendok teh garam

  • ½ sendok teh penyedap rasa

Setelah menyiapkan semua bahan, kamu bisa mulai membuatnya dengan cara:

  1. Masukkan air dan nasi ke dalam panci secara bersamaan, kemudian nyalakan api.

  2. Masak dengan api sedang sambil terus menerus diaduk agar tidak ada yang gosong.

  3. Jika kamu rasa airnya masih kurang, kamu bisa menambahkannya hingga mendapatkan tekstur yang kamu inginkan.

  4. Tambahkan garam dan penyedap rasa secukupnya sesuai selera. Aduk terus hingga tercampur merata.

  5. Tunggu hingga beberapa menit sambil terus diaduk sampai airnya menyusut dan nast dan siap dihidangkan.

  6. Angkat bubur dan pindahkan ke atas piring. Kamu bisa menambahkan topping, seperti bawang goreng atau lauk kesukaanmu sebagai pendukung.

Bubur Nasi Santan

Bubur Nasi Santan Berbeda dengan resep sebelumnya, cara membuat bubur nasi lebih mudah ini menggunakan beberapa bahan tambahan yang bisa menambah kelezatan bubur. Jangan khawatir karena cara memasaknya juga masih cukup mudah dan cepat. Siapkan bahan-bahannya berikut ini:

  • 1 setengah centong nasi

  • 500 ml air

  • 1 siung bawang putih yang berukuran besar, dalam keadaan sudah digeprek

  • 2 ruas jahe, sudah digeprek

  • 2 sendok teh garam

  • 1 sendok makan gula

  • 2 sendok makan santan kental

  • 1 sendok teh kaldu ayam, lebih baik yang bubuk

Setelah menyiapkan semua bahan, kamu bisa langsung membuatnya. Berikut caranya:

  1. Masak air yang telah disiapkan hingga mendidih di dalam panci.

  2. Setelah mendidih, masukkan nasi, bawang putih dan jahe yang sudah digeprek ke dalam panci secara bersamaan.

  3. Aduk terus hingga bubur mulai mengental dan lembut.

  4. Setelah mulai mengental, masukkan bahan lain, yaitu santan, garam, gula dan kaldu ayam. Aduk kembali hingga merata.

  5. Tes rasa apakah sudah sesuai dengan yang diinginkan, jika masih ada yang terasa kurang bisa tambahkan bumbu kembali.

  6. Jika sudah pas, kamu bisa angkat bubur dan pindahkan ke atas piring atau mangkok. Tambahkan topping sesukamu sebagai pendukung.

Memasak Bubur Agar Tetap Lembut dan Tidak Gosong

Untuk memasak bubur agar tetap lembut dan tidak gosong. Resep yang satu ini cocok untuk kamu yang sering mengeluh sering gosong dan tidak lembut jika membuat bubur. Pertama, siapkan bahannya terlebih dahulu:

  • ½ gelas beras

  • 3 gelas air untuk rebusan yang pertama

  • 1 gelas air untuk rebusan yang kedua

  • Penyedap rasa

  • Garam secukupnya

Setelah semuanya siap, kamu boleh masuk ke tahap memasaknya, yaitu:

  1. Cuci beras hingga bersih kemudian masukkan ke dalam panci dan tambahkan 3 gelas air serta garam dan penyedap rasa yang sebelumnya sudah disiapkan

  2. Nyalakan api sedang, tunggu hingga airnya mendidih atau sekitar 5 menit. Aduk sesekali untuk memastikan tidak ada beras yang mengendap.

  3. Ketika sudah mendidih, tutup pancinya dan tunggu hingga gelembung air naik ke atas.

  4. Jika gelembungnya sudah naik, matikan api dan diamkan panci selama 30 menit.

  5. Setelah 30 menit, kamu bisa menambahkan kembali air dengan takaran 1 gelas yang sebelumnya sudah disiapkan. Aduk hingga merata sehingga tidak ada beras yang menggumpal di bawah.

  6. Nyalakan lagi apinya, sedang saja jangan terlalu besar. Tunggu hingga air mendidih.

  7. Jika gelembung air sudah naik, atau sekitar 5 menit, kamu bisa mematikan apinya.

  8. Diamkan lagi selama 30 menit dalam keadaan panci yang tertutup. Maka, bubur akan terasa lebih lembut dan tidak gosong.

  9. Angkat bubur dan sajikan di atas piring.

BACA JUGA: Cara Memasak Beras Shirataki dengan Mudah, yang Mana Favoritmu?

Manfaat Sarapan dengan Bubur

Setelah mengetahui bagaimana cara membuat bubur nasi lebih mudah dan cepat, sekarang waktunya kamu mengetahui apa saja manfaat sarapan menggunakan bubur. Tidak hanya menjadi menu sarapan yang praktis, bubur juga ternyata memiliki banyak khasiat, diantaranya:

Menyehatkan Sistem Pencernaan

Bukan lagi rahasia jika bubur dapat menjadi salah satu makanan yang bisa menghangatkan sistem pencernaan, seperti lambung maupun limpa. Penelitian di China menunjukkan bahwa nutrisi dalam bubut dapat membantu fungsi organ lebih optimal.

Limpa menjadi organ yang memiliki bagian sangat penting dalam kekebalan tubuh manusia. Untuk itu, sangat penting untuk menjaga kesehatannya, salah satu caranya yaitu dengan memakan bubur.

Dapat Meningkatkan Energi

Bubur yang sering disantap ketika pagi hari memang memiliki manfaat untuk meningkatkan sirkulasi energi. Menyantap bubur yang hangat dapat mendorong energi setelah sebelumnya butuh waktu yang lama untuk memulihkan sistem dalam tubuh ketika bangun tidur.

Detoks Racun

Tidak hanya menjadi sumber energi, bubur yang disantap dalam keadaan panas pun dapat menjadi detoks racun melalui kelenjar keringat. Hal itu terjadi karena suhu dalam bubur yang panas dapat menghangatkan tubuh serta melancarkan sirkulasi darah.

Sehingga juga dapat membantu keringat lebih banyak yang keluar. Keringat tersebut merupakan hasil racun yang sudah terdetoks. Untuk itu, bubur juga dipercaya ampuh dalam mengobati flu, demam dan beberapa penyakit lainnya. Hal ini karena salah satu manfaat bubur dapat mendetoks racun

Rendah Kalori dan Cocok untuk Diet

Kalau kamu sedang diet, jangan khawatir karena kamu masih bisa menyantap bubur. Asalkan tidak menggunakan kecap, kerupuk dan kacang, kamu bisa merasakan manfaat bubur yang rendah kalori. Bagaimana tidak, satu porsi bubur polos biasanya memiliki 150 kalori saja.

Bubur menjadi salah satu makanan yang banyak disukai masyarakat, banyak pula orang yang menjualnya setiap pagi. Kamu tidak perlu repot-repot membelinya, karena kamu bisa membuatnya sendiri di rumah dengan resep cara membuat bubur nasi lebih mudah ini.

Tidak membutuhkan terlalu banyak waktu untuk membuat menu sarapan yang satu ini dan kamu juga bisa merasakan manfaatnya untuk kesehatan. Mulai dari untuk menyehatkan sistem pencernaan, meningkatkan energi hingga cocok untuk menu diet.

Yuk, tulis resep masakanmu

Buat resep di Mealy, dibayar tiap bulan!