Air Nira: Penjelasan dan Manfaatnya 101

Editorial Mealy

Kekayaan alam Indonesia memang sangat beragam, salah satu yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan maupun berbagai aspek kehidupan adalah air nira. Bukan sembarang air karena didapatkan hanya dari tanaman tertentu, lho.

Dulu untuk mendapatkan cairan ini sangat mudah, bahkan di setiap daerah banyak tersedia dengan kualitas bagus. Namun seiring perkembangan zaman, dimana semakin banyak lahan yang dijadikan bangunan maka eksistensinya semakin berkurang.

Apa itu Air Nira?

Kalau kamu belum tahu, air nira berasal dari bagian batang sejumlah tanaman yang termasuk dalam keluarga tanaman palma. Di antaranya kurma, aren, nipah, kelapa, siwalan, sagu dan masih banyak lagi.

Bisanya air ini akan diambil dengan cara melukai tangkai batang dari tumbuhan tersebut, kemudian ditampung menggunakan bambu atau tabung khusus. Namun, ada proses panjang sebelum bisa mendapatkan tetes demi tetesnya.

Sebulan sebelum proses penyadap atau menggores batang tanaman, petani nira akan memukul bagian batang tanaman palma tersebut sampai semua bunga yang masih menempel pada dahan menjadi berguguran.

Tujuannya adalah agar pori-pori batang menjadi lemas dan siap untuk mengalirkan air pada pembuluhnya. Alhasil, air yang didapatkan nantinya menjadi lebih banyak.

Karakteristik Air Nira

Warna Berbeda dengan air kelapa, air tebu, maupun air yang didapat dari tanaman secara alami ternyata ada beberapa karakteristik yang membedakan nira dengan air lainnya. Buat kamu yang belum pernah mencoba, perlu tahu terlebih dahulu supaya nantinya bisa mendapatkan versi murni dan aslinya.

Rasa

Rasa asli dari air ini adalah manis tanpa tambahan gula. Hal itu dikarenakan kandungan gula di dalamnya yang mencapai 10% sampai 15%. Jadi, ketika mengkonsumsinya tidak perlu menambahkan gula pasir atau gula jenis lainnya.

Aroma

Aroma air yang baru didapat langsung dari batang tanaman palma, biasanya sangat wangi. Aroma tersebut berasal dari bunga jantan tanaman tersebut. Aroma tersebut akan bervariasi, tergantung jenis tanaman palma yang disadap air batangnya.

Warna

Ada yang berwarna bening, biasanya yang berasal dari pohon kelapa atau aren. Ada juga yang sedikit lebih keruh akibat proses di dalam tubuh pohon induknya. Namun, mau bening atau keruh tidak akan mengurangi citarasa asli dari air tersebut.

Hanya saja, untuk kebutuhan bisnis nira asli para penjual ada yang menyaringnya sebelum dijual untuk meminimalisir debu dan kotoran yang ikut serta pada proses penyadapan di batang pohon.

Tekstur

Tekstur Teksturnya mirip dengan air mineral biasa, cair dan ringan. Jadi saat diminum akan cepat larut dan ditelan, ditambah pula kesegarannya yang membuat air ini menjadi pilihan ketika cuaca panas.

BACA JUGA: Berbagai Jenis Gula dan Manfaatnya

Kandungan Penting pada Air Nira

Biar lebih nyaman saat akan mengkonsumsinya, kamu perlu tahu bahwa di dalam nira terdapat berbagai kandungan hebat. Di antaranya adalah:

  • Protein 0,2%

  • Lemak 0,02%

  • Sukrosa 13,9% - 14,9%

  • Air 91,1%

  • Karbohidrat 8,21%

  • Alkohol 0,025% untuk setiap 100 ml

Manfaat Air Nira

Walaupun hanya berbentuk cairan yang langsung dapat diminum, namun air yang satu ini punya beragam manfaat. Sudah banyak orang merasakan manfaat tersebut, terutama di bidang kesehatan.

Obat Sariawan

Kandungan vitamin C di dalam air ini dapat membantu mengatasi masalah sariawan. Virus atau bakteri yang menjadi penyebab radang dan sariawan akan dilawan, sehingga proses penyembuhan penyakit ini menjadi lebih cepat.

Pencernaan Lancar

Ada juga khasiat air nira untuk membuat pencernaan menjadi lancar. Salah satunya karena kandungan mineral dan enzim penting yang dapat membantu pencernaan.

Mulai dari tenggorokan, lambung, hingga usus. Asalkan air ini diminum rutin, namun tetap dengan takaran tidak terlalu banyak.

Jaga Kadar Gula Penderita Diabetes

Penderita diabetes sangat membutuhkan asupan gizi yang mampu menjaga kestabilan gula darah, air dari pohon palma ini bisa menjaga kondisi gula darah agar tetap stabil. Kolaborasi beberapa kandungan penting di dalamnya akan melakukan hal tersebut.

Cukup dengan mengkonsumsinya dalam jumlah sedikit namun rutin setiap hari. Jangan lupa konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter ketika akan mulai mengkonsumsi air tersebut.

Jaga Kekuatan Tulang

Kekuatan dan kepadatan tulang juga akan terjaga salah satunya ketika rutin mengkonsumsinya. Ada kandungan vitamin C, D, dan E yang akan berkolaborasi untuk menjaga kondisi tulang kamu tersebut.

Tapi, jangan lupa untuk dibarengi dengan penerapan pola hidup sehat lainnya supaya upaya menjaga tulang bisa terwujud maksimal.

Obat Demam

Ada kandungan antibodi yang akan membantu tubuh pulih dari demam lebih cepat. Ketika demam membuat tubuh lemah, air ini akan menjadi solusi yang cepat. Cukup dengan mengkonsumsinya ketika demam lalu tunggu khasiatnya yang membuat tubuh lebih kuat dan demam turun.

Obat Penenang

Saripati nira sering juga dimanfaatkan sebagai obat penenang, misalnya ketika kamu sulit tidur dan banyak pikiran di malam hari. Coba minum sedikit air tersebut, maka kondisi tubuh akan jauh lebih rileks dan siap untuk beristirahat.

ASI Lancar

Bagi ibu menyusui yang mengalami masalah ASI tersendat atau tidak lancar, bisa coba minum air ini untuk membantu memperlancar produksi ASI. Ada kandungan enzim yang akan merangsang proses pembentukan air susu pada kelenjar air susu wanita.

Obat Sembelit

Ada kandungan serat di dalam air dari batang palma ini yang akan membantu mengatasi masalah sembelit. Khasiat yang sama akan dirasakan ketika menjadikan air nira untuk asam lambung. Seratnya akan membantu membuat dinding lambung lebih tebal dan kuat.

5 Hasil Olahan Air Nira

5 Hasil Olahan Nira Bukan saja bisa dikonsumsi langsung dengan meminumnya, kamu juga dapat mencoba berbagai produk olahan lainnya yang berbahan dasar air nira. Jangan khawatir soal rasa dan khasiat, tetap terjamin karena pengolahan alami yang sudah dilakukan sejak lama.

Tuak Manis

Berhubung cairan ini mengandung alkohol, maka sering dijadikan bahan tambahan dalam pembuatan tuak tradisional di berbagai daerah. Salah satunya adalah tuak Batak dengan melakukan fermentasi selama waktu tertentu sampai menjadi tuak tanpa bahan kimia.

Sirup

Dengan memadukannya bersama bahan lain, ada olahan sirup yang bahan bakunya adalah air dari batang tanaman palma ini. Rasanya tentu manis, sehingga dalam proses pembuatannya tidak lagi dibutuhkan gula dalam jumlah banyak.

Gula Aren

Air yang diolah dengan cara dimasak kemudian didinginkan sehingga bisa menjadi gula aren dengan kadar manis yang pas. Gula aren banyak dimanfaatkan sebagai tambahan pemanis pada berbagai jenis makanan tradisional hingga modern.

Gula Semut

Gula semut juga merupakan salah satu olahan dari air nira. Dimana dipadukan dengan bahan lain, sehingga menjadi gula semut yang sangat kaya manfaat.

Kecap Manis

Saat pembuatan kecap manis, air ini sering dijadikan bahan tambahan pemanis alami. Tujuannya supaya rasa kecap tidak terlalu manis dan minim penggunaan bahan kimia.

Informasi tentang air nira sangat penting diketahui supaya ketika kamu butuh pengobatan alami tanpa bahan kimia, bisa mengandalkan produk alam ini. Caranya bisa dengan mengkonsumsi versi aslinya berupa cairan langsung dari batang pohon palma, maupun yang sudah diolah menjadi bentuk lain.

Mau mendapatkan produk air asli dari tanaman berbatang tinggi ini? Kamu bisa mencarinya di pasar tradisional, bahkan penjual langsung dari kebun palma juga masih sangat mudah dijumpai di berbagai daerah.

Yuk, tulis resep masakanmu

Buat resep di Mealy, dibayar tiap bulan!