Odeng: Cemilan Unik dan Gurih dari Korea

Editorial Mealy

Bagi yang suka nonton drama Korea, pasti pernah melihat artisnya makan odeng saat adegan makan-makan. Apa itu odeng? Ternyata, merupakan salah satu cemilan yang terkenal di Korea berbahan dasar tepung dan daging ikan yang diolah dengan cara direbus dan disajikan dengan tusuk sate.

Apakah benar makanan tersebut berasal dari Korea? Yuk, simak beragam informasi seputar cemilan unik ini. Untuk menambah referensi kamu biar lebih dekat dengan negeri ginseng itu khususnya dengan makanan-makanan tradisionalnya yang enak.

Apa itu Odeng?

Odeng yang juga dikenal dengan nama fishcake yang ditusuk menggunakan lidi tersebut memiliki sejarah yang cukup panjang. Awalnya merupakan kuliner dari Jepang yang dinamakan oden, meskipun proses pengolahan dan tampilannya berbeda.

Oden merupakan jenis makanan rebus yang bervariasi dan disajikan di dalam sebuah mangkuk khusus. Salah satu menu rebusan itu adalah fishcake yang dibuat dari tepung beras dicampur daging ikan giling. Tips Makan Odeng Paling Nikmat Saat penjajahan Jepang di Korea, orang Jepang banyak yang menetap di daerah Busan dan sekitarnya. Disana hadir pabrik yang menyediakan bakso ikan kesukaan warga Jepang.

Di tahun 1719, yang dipercaya sebagai awal munculnya makanan berbahan ikan ini, dimana awalnya diberi nama saengseon sukpyeon. Setelah Jepang angkat kaki dari Korea, makanan tersebut masih eksis bahkan menjadi makanan nasional disana sampai saat ini.

Jika ke Korea, kamu akan dengan mudah menemukan Odeng di pasar malam, disajikan di dalam mangkuk rebusan berkuah dengan asap yang mengepul. Tinggal pilih, mau odeng rebus, goreng, atau odeng dengan bentuk-bentuk unik dan semua berbahan dasar ikan.

Jenis Odeng

Berbicara soal jenis odeng setelah tahu apa itu odeng, yang populer saat ini ada tiga macam. Masing-masing memiliki ciri khas tekstur dan rasa. Kamu tinggal pilih, mau mencicipi yang mana.

Odeng Tang

Odeng Tang Kalau mau menyantap odeng halal sebagai santapan utama bersama nasi, maka odeng tang adalah pilihannya. Jenis odeng yang disajikan di dalam mangkuk khusus, kemudian diberi kuah kaldu yang sudah ditambah irisan bawang, kacang kedelai, dan cabe.

Rasanya menjadi sangat enak jika dimakan bersama nasi dan ditambahkan kimchi lobak yang terkenal pedas itu.

Penyajiannya yang sudah “naik kelas” ini menjadi salah satu alasan kenapa banyak restoran yang menyediakannya dengan berbagai campuran menggoda lidah. Pastinya memiliki citarasa yang lezat, pas di lidah pecinta makanan berkuah.

Odeng Kaldu

Odeng Kaldu Jenis odeng yang satu ini, paling populer di Korea, hampir di semua street food tersedia dengan ukuran dan campuran berbeda-beda.

Terbuat dari tepung yang dicampur dengan daging ikan, lalu direbus bersama kuah kaldu yang sudah diberi rempah-rempah lengkap. Jadi selama proses memasak odeng, semua bumbu juga akan sangat meresap ke dalam daging odeng tersebut

Biasanya, selain odeng akan ada pilihan lain di dalam kuah kaldu tersebut, mulai dari daun bawang, lobak, kepiting, hingga rumput laut. Rasanya sangat nikmat, apalagi kalau disantap saat musim dingin atau hari hujan.

Odeng Saus

Odeng Saus Selanjutnya ada odeng saus yang bentuknya berupa gulungan dan mirip dengan sate usus namun dengan diameter lebih lebar dan tebal. Penyajiannya dengan cara digoreng sampai matang dan empuk, kemudian disajikan dengan saus cabe khas Korea atau saus tomat.

Untuk yang lebih otentik, ada yang menggunakan saus tom yam dengan rasa asam yang maksimal, bahkan saat ini banyak tersedia frozen food odeng saus di Indonesia. Ini memudahkan kamu yang penasaran dengan rasa odeng asli tersebut.

Penyajian Odeng Terbaik dengan Apa?

Selain dimakan langsung saat masih hangat bersama kuah kaldu, penyajian terbaik odeng lainnya adalah bersama tteokbokki berupa kue beras dengan kuah pedas.

Hampir semua penjual tteokbokki juga akan menyediakan odeng sebagai tambahannya. Supaya ketika rasa pedas terasa di lidah, maka tinggal gigit odeng dan minum kuah kaldunya untuk meredakan pedas.

Selain itu, penyajian yang juga banyak disediakan penjual adalah bersama kimchi. Apa itu odeng akan menjadi penyeimbang rasa pedas kimchi ketika berpadu di mulut saat dimakan bersama nasi hangat.

Jika kamu pecinta odeng goreng, maka penyajian paling enak adalah bersama saus tomat dan mustard. Jadi rasa gurih dari odeng akan berpadu dengan rasa asam manis saus tomat dan sedikit pedas dari mustard.

Dimana Resto Odeng Paling Enak?

Mau makan odeng yang enak lalu mencoba odeng resep terbaik langsung dari ahlinya? Di Jakarta, Bandung, Surabaya, atau daerah lainnya di Indonesia? Berikut ini beberapa rekomendasinya:

Mu Gung Hwa

Di beberapa daerah Jakarta, terdapat gerai Mu Gung Hwa yang menyediakan berbagai makanan khas Korea Selatan termasuk odeng. Citarasa Korea asli bisa didapat dari menu yang tersedia. Oleh karena itu, lokasinya cukup banyak. Ada di Kebayoran Baru, Lippo Karawaci, Kelapa Gading, dan lainnya.

Samjin Amook

Masih di Jakarta, tepatnya di Jalan Letjen S. Parman Nomor 28, Tanjung Duren Selatan, Grogol, Petamburan. Ada street food Korea yang menyajikan odeng kaldu yang enak. Ada juga versi gireng dan versi lainnya yang sedang populer. Harganya juga terjangkau, mulai dari belasan ribu saja.

Spicywon

Di Jalan Tamansari Bawah Nomor 1, Dago Bawah, Bandung tersedia street food yang menyediakan odeng enak dan 14 menu lainnya asli Korea Selatan. Rasanya juga enak, pastinya sangat terasa rempah dan keempukan odengnya sangat terasa.

Gildak

Kalau kamu berada di daerah Kiaracondong, Bandung ternyata ada street food Korea yang  juga menyediakan menu odeng enak. Bahkan tersedia sejumlah menu modifikasi, dengan saus dan rasa yang tetap enak.

Buka setiap hari, dari pukul 10.00 WIB sampai 22.00 WIB dengan harga terjangkau. Wajib coba, kalau memang suka makanan Korea yang bikin nagih itu.

Daebak

Di Jalan Putat Jaya Lebar C Nomor 11, Sawahan, Surabaya juga terdapat gerai makanan Korea yang sangat disukai warga Jawa Timur. Berbagai menu yang biasanya hanya dapat kamu lihat di dalam drama Korea ada disini, termasuk mencicipi langsung apa itu odeng kaldu dan goreng.

Kamu bisa menikmati berbagai menu andalannya setiap hari, mulai buka pada pukul 11.00 WIB dan tutup pukul 22.00 WIB.

BACA JUGA: Resep Rice Bowl untuk Jualan Enak dan Mesti Dicoba

Tips Makan Odeng Paling Nikmat

Kalau kamu baru pertama kali ingin makan odeng, sekaligus mengetahui odeng terbuat dari ikan apa dengan langsung mencicipinya. Ada beberapa tips memakannya agar terasa benar-benar nikmat:

Pilih Jenis Odeng

Tentukan dulu jenis odeng mana yang ingin kamu cicipi, apakah versi pakai kaldu, pakai saos, atau odeng tang yang khusus menyediakan odeng dan kaldu yang gurih.

Pilih Tempat Makan

Cari tempat makan odeng paling enak di tempat kamu, lalu pastikan menu pilihan kamu tersedia disana. Jangan lupa, minta referensi orang yang sudah pernah makan di lokasi tersebut sebelumnya.

Pesan Menu Paling Enak

Kalau sudah ada di tempat makan pilihan, pesan menu yang sudah kamu incar. Jangan pesan terlalu banyak dahulu, coba versi kecil saja untuk kamu yang baru pertama kali mengkonsumsinya.

Makan Bersama Kaldu atau Saus

Padukan odeng dengan kaldu atau saus, lalu rasakan sensasi nikmatnya. Kalau mau menjadikannya makanan utama, jangan lupa pesan nasi sebagai pelengkapnya.

Sekarang menemukan odeng di beberapa daerah terbilang tidak susah. Pasalnya, sudah banyak orang yang menjual camilan ini dengan makanan Korea lainnya.

Apakah kamu puas dengan informasi seputar apa itu odeng hingga tips agar bisa mendapatkan odeng paling enak? Ayo coba sekarang untuk merasakan sensasi makan sambil membayangkan artis Korea favorit kamu.

Yuk, tulis resep masakanmu

Buat resep di Mealy, dibayar tiap bulan!