Savory: Rasa Unik Makanan yang Bikin Nagih

Editorial Mealy

Bagaimana jadinya kalau beef steak diberi saus yang terbuat dari coklat? Pasti akan memberikan sebuah rasa unik, yaitu perpaduan antara gurih dan manis biasa disebut savory food. Kalau savory adalah sebuah kata dengan arti gurih. Menu unik tersebut belakangan sedang diminati pecinta kuliner, lho.

Sebenarnya, savory food sudah ada sejak lama hanya saja untuk dijadikan makanan favorit banyak yang berpikir dua kali. Pasalnya, kebanyakan orang sudah memiliki konsep bahwa makanan gurih itu akan lezat jika tetap gurih tanpa diberi sentuhan manis berlebih.

Padahal terkadang rasa yang kontras itu akan membuat sebuah kekuatan rasa spesial. Kalau tidak percaya, sepertinya kamu perlu coba beberapa contoh makanan gurih tersebut.

Savory Adalah

Seperti sudah dijelaskan sedikit bahwa savory adalah rasa gurih yang muncul dari perpaduan dua elemen makanan yang biasanya bertolak belakang. Ada gurih dengan manis, gurih dengan asin, atau gurih umami.

Di bidang kuliner, kata tersebut sangat identik dengan menu-menu kekinian dengan bentuk unik dan perpaduan rasa gurih dan satu rasa lainnya.

Misalnya, dari segi tampilan seperti makanan main course yang asin karena terdapat ayam krispi yang sangat menggugah selera. Tapi saat akan disantap, ternyata saus yang tersedia terbuat dari buah mangga yang manis atau coklat leleh. Tentunya cukup membuat kaget, bukan?

Beberapa jenis makanan savory yang sering dikolaborasikan dengan rasa lain adalah santan, jamur, keju, daging, dan sayuran. Kemudian diolah dan diberikan penyempurna, yaitu bahan makanan dengan rasa manis.

Bukan saja untuk makan utama di malam hari, savory food juga bisa disantap sebagai sarapan atau makan siang. Oleh karena itu, banyak sebenarnya pilihan makanan yang dapat disulap menjadi savory food.

Contoh Makanan Savory untuk Dicoba

Biar kamu tidak penasaran, berikut ini beberapa contoh makanan savory adalah unik. Namun, ternyata peminatnya sudah semakin banyak. Bahkan, restoran berbintang tidak segan untuk menyediakan menu-menu tersebut.

Dessert Maple Ham Cupcake

Dessert Maple Ham Cupcake Daging biasanya disajikan untuk menu utama dalam bentuk steak atau gulai dan sup. Akan berbeda tampilan dan cita rasanya ketika menjadi bagian dari dessert yang identik dengan rasa manis.

Seperti cupcake berbahan dasar tepung terigu dan rasanya manis, ditambah sirup maple yang manis asam. Kemudian disajikan dengan daging asap berbumbu sebagai toppingnya. Akan ada perpaduan rasa manis yang kental dari cupcake, lalu gurih asin dari daging asapnya.

Steak dengan Saus Cherry

Steak Dengan Saus Cherry Akan berbeda pula rasanya ketika steak sapi berbumbu bawang putih kemudian lada dan butter diberi sentuhan saus yang terbuat dari buah cherry. Akan muncul perpaduan rasa gurih dari bumbu steak dengan manis asam dari saus cherry.

Bagi yang suka makanan unik, menu satu ini adalah contoh savory food layak dicoba. Kamu bisa membuat resepnya di rumah, lalu rasakan sendiri bagaimana kolaborasi rasa yang muncul dari main course yang ternyata tersedia di sejumlah resto berbintang, lho!

Kukis Oatmeal dengan Bumbu Kemiri dan Karamel Asin

Kukis Oatmeal Dengan Bumbu Kemiri Dan Karamel Asin Kukis yang dibuat dari oatmeal akan terlihat lezat ketika ditambah sensasi coklat yang manis, sehingga bisa jadi cemilan yang tidak membuat gemuk. Namun, akan berbeda rasanya jika kukis oatmeal itu dipadukan dengan karamel yang asin dan kemiri cincang.

Tampilan luarnya mungkin akan menggoda karena seperti kukis pada umumnya, namun saat digigit akan terasa perpaduan rasa unik. Ada manis dari oatmeal, kemudian asin dari caramel yang diberi sentuhan garam, serta rasa kemiri yang selama ini identik sebagai bumbu makanan gurih.

BACA JUGA: Menu Diet Sederhana dan Enak yang Praktis

Cake Adas Lemon

Cake Adas Lemon Para pecinta masakan gurih pasti tahu kalau adas adalah rempah yang sering dipakai untuk membuat gulai, sup, soto, dan makanan utama berbahan daging-dagingan. Namun, ternyata ketika dijadikan bagian dari makanan savory juga mampu menawarkan rasa yang enak.

Apalagi cake lembut dengan aroma adas ini dipadukan dengan sensasi jeruk lemon yang asam dan segar. Cocok untuk dijadikan cemilan sore atau hantaran kepada sanak saudara, ketika hari raya tiba.

Mac n Cheese Saus Buah Pir

Mac N Cheese Saus Buah Pir Apakah kamu salah satu penggemar makaroni dan keju, yang belakangan sangat digemari karena citarasa gurih dari keju dan bumbu khas Italia itu? Di Indonesia, banyak resto hingga fast food yang menyediakan menu ini karena sangat populer.

Kamu bisa naik level dengan coba memadukan menu ini dengan tambahan saus berbahan manis, yaitu buah pir yang diberi brown sugar dan mentega. Selain rasa asin dari keju, juga akan muncul rasa manis dari buah pir dan brown sugar. Kemudian rasa gurih dari mentega leleh yang nikmat.

Untu penyempurnanya, bisa ditaburi dengan daging cincang yang sudah diberi bumbu dan dibakar sampai mencapai tekstur krispi.

Ramen Kuah Coklat

Ramen Kuah Coklat Siapa tak kenal ramen, makanan khas Jepang dan Korea yang mudah ditemukan di Indonesia saat ini. Biasanya mie buatan sendiri akan disajikan dengan kuah gurih yang terbuat dari rempah segar, sehingga cocok dijadikan makanan utama di siang atau malam hari.

Namun, ada beberapa resto yang berani ambil resiko dengan menyediakan ramen kuah coklat. Kamu bisa membayangkan, rasa coklat yang manis dan sedikit gurih ditambah rempah. Lalu, diseruput bersama mie.

Awalnya mungkin akan butuh penyesuaian untuk sampai ke taraf suka, namun jika kamu berhasil menemukan resep yang tepat maka menu ini dapat menjadi favorit, lho. Apalagi buat pecinta coklat, mungkin akan terpesona dengan sensasi rasanya.

Ayam Krispi Saus Coklat

Ayam Krispi Saus Coklat Salah satu masakan dari ayam yang masuk kategori savory adalah ayam krispi dengan saus coklat. Bagi pecinta makanan dengan taste savory, ini akan menjadi salah satu favorit karena ada sensasi asin dan ayam berbumbu yang dikolaborasikan dengan rasa manis yang kental dari coklat.

Bahkan, ada yang membuat kulit ayam krispi juga diberi bumbu coklat sehingga fully coklat menjadi identitas dari menu ayam ini.

Tips Memilih Savory Food

Mungkin bagi orang Indonesia yang terbiasa membedakan antara makanan utama dengan rasa gurih dan dominasi asin dengan dessert cenderung manis akan butuh penyesuaian.

Apalagi ketika baru pertama kali mencoba makanan savory yang unik. Ini tips untuk memilih makanan agar tidak kaget di lidah:

Pilih Bahan Utama yang Familiar

Bahan utama sebuah menu sebaiknya dipilih yang memang sudah biasa kamu konsumsi. Misalnya daging sapi dalam bentuk steak atau ayam bakar. Jadi, tidak terlalu kaget jika harus mengkonsumsinya dengan citarasa yang berbeda.

Bumbu yang Tidak Terlalu Kontradiktif

Memang untuk bumbu savory adalah perpaduan kontra gurih dengan rasa lainnya, namun kamu bisa pilih perpaduan yang tidak terlalu mencolok dan masih bisa diterima lidah. Nantinya, jika sudah semakin sering memilih menu savory akan terbiasa dan dibuat ketagihan.

Pilih Porsi Kecil Terlebih Dahulu

Untuk mencoba, lebih baik pilih menu dengan porsi kecil saja. Jadi kamu dapat menyantap beberapa menu savory yang tersedia.

Tertarik untuk mengkonsumsi makanan dengan nuansa rasa savory? Sepertinya kamu memang harus ikut tren makanan gurih tersebut supaya tetap bisa update dunia kuliner. Paling tidak menambah pengalaman makan dengan rasa yang beda.

Kalau mau mencoba sendiri resep savory adalah dengan mencari resep melalui internet, kemudian praktekkan di rumah lalu cek bagaimana rasanya. Kamu juga bisa menciptakan menu savory sendiri yang lebih enak dan cocok di lidah.

Yuk, tulis resep masakanmu

Buat resep di Mealy, dibayar tiap bulan!