Bacon adalah: Daging, Jenis, dan Cara Memilih Bacon

Editorial Mealy

Apakah kamu pernah mendengar tentang bacon? Ya, itu merupakan salah satu makanan yang banyak digunakan untuk berbagai menu yang lezat. Namun, banyak orang yang mengira bahwa bacon adalah daging yang terbuat dari babi. Apakah itu benar?

Sebenarnya, kamu perlu memahami terlebih dahulu tentang pengertian bacon dan juga jenis-jenisnya untuk mengetahui bahwa bacon tidak melulu terbuat dari daging babi. Oleh karena itu, ketahui tentang arti bacon, jenisnya, dan cara memilih bacon yang tepat di sini.

Arti Bacon Adalah

Arti Bacon Adalah Sebenarnya, jika ada orang yang menganggap bahwa bacon adalah daging babi itu tidak sepenuhnya salah. Pasalnya, awalnya bacon memang dibuat dari olahan daging babi, yaitu tepatnya punggung atau perut babi. Potongan daging babi tersebut diberi garam dan diasapi hingga akhirnya bisa menjadi bacon.

Bentuk bacon itu adalah pipih dan memanjang, terutama untuk bacon yang ada di negara-negara barat seperti Amerika Serikat dan Eropa. Sementara itu, bacon tersebut biasanya disajikan dengan sosis dan telur sehingga menjadi perpaduan makanan yang sempurna untuk disantap saat sarapan.

Namun, seiring perkembangan zaman bacon adalah daging olahan yang diberi garam dan diasapi untuk bisa dimasak dengan cara direbus, dipanggang, dipotong kecil, ataupun digoreng.

Daging apa yang digunakan sebagai bacon tersebut? Kini, bacon tak hanya terbuat dari daging babi saja, tetapi juga beberapa jenis daging lainnya, termasuk daging sapi.

Asal Mula Bacon

Bacon sebenarnya adalah lembaran daging yang sudah diiris tipis dan diawetkan dengan menggunakan garam. Bacon tersebut awalnya memang terbuat dari perut atau punggung babi. Jadi, bagian samping dan belakang dari daging babi tersebut memang tidak mempunyai banyak lemak, tetapi dagingnya tebal.

Hal itulah yang menjadikannya sangat cocok digunakan sebagai daging asap. Bacon sendiri bisa dinikmati dengan berbagai makanan lainnya yang mempunyai rasa asin seperti telur dadar atau omelet, salad, sup, sandwich, burger, dan juga es krim.

Di Amerika sendiri, bacon menjadi salah satu makanan terpopuler. Bacon di Amerika berasal dari bagian perut babi yang diiris bersamaan dengan bagian lemak perutnya. Bagian itu diiris sejajar dan memanjang dengan kulitnya sehingga bacon yang dihasilkan terlihat tipis dan panjang.

Sementara itu, Inggris merupakan negara dengan bentuk bacon yang umum dikenal di dunia. Bacon Inggris (back bacon) mempunyai beberapa sebutan seperti bacon Irlandia (rasher) dan juga bacon Kanada.

Namun, bacon Kanada dibuat dari bagian tengah di punggung babi. Sedangkan bacon Inggris lebih ke tekstur yang mirip seperti daging ham.

Kini bacon dihadirkan dalam versi yang bisa dikonsumsi oleh semua orang, yaitu bacon yang terbuat dari daging sapi. Bacon yang satu ini lebih dikenal di negara dengan mayoritas penduduknya beragama Islam seperti Indonesia.

Bagaimana Proses Pembuatan Bacon?

Setelah mengetahui bacon artinya apa, kini mari kita bahas juga tentang proses pembuatan bacon tersebut. Nah, secara umum daging yang akan dijadikan bacon harus direndam terlebih dahulu dalam larutan garam dan nitrat setelah diiris tipis. Bagaimana Proses Pembuatan Bacon Namun, terkadang juga larutan tersebut ditambahkan dengan sedikit gula. Nah, selain itu ada juga daging yang langsung diasapi agar mempunyai rasa smokey yang menjadi ciri khas dari bacon tersebut. Lemak pada bacon akan memberikan sensasi gurih sehingga bacon terasa empuk tapi renyah.

Agar bisa mendapatkan rasa yang gurih dengan tekstur empuk dan renyah tersebut, rasio lemak harus sebesar setengah atau dua per tiga dari total dagingnya. Hal itu akan menentukan apakah kualitas bacon tersebut memang bagus atau tidak.

Sebagai saran agar tekstur dan rasanya tetap enak, jangan memasak bacon pada suhu tinggi. Selain itu, bacon juga tidak boleh dimasak terlalu lama. Hal itu karena panas tinggi dan durasi memasak yang terlalu lama akan menjadikan kandungan nitrat dalam bacon berubah menjadi nitrosamin.

Oleh karena itu, cara memasak bacon yang paling tepat adalah dengan menggunakan microwave. Bacon yang dimasak dengan proses tersebut mengandung lebih sedikit nitrosamin.

Berbagai Jenis Bacon

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bacon adalah daging yang diawetkan dengan garam dan terkadang juga diasapi. Bacon terbuat dari daging apa? Namun, bacon kini tak hanya terbuat dari daging babi tetapi juga berbagai jenis daging.

  1. Bacon Bebek

Bacon Bebek Bacon yang satu ini terbuat dari daging bebek yang diiris tebal dan memanjang. Daging tersebut kemudian diawetkan dengan menggunakan proses yang sama seperti pembuatan bacon babi.

Nah, untuk dagingnya sendiri, bacon bebek tersebut dibuat dari bagian dada bebek karena bagian tersebut mengandung sedikit lemak.

  1. Bacon Ayam Goreng

Bacon Ayam Goreng Jenis bacon yang kedua adalah bacon ayam goreng. Sebenarnya, bacon yang satu ini memang cukup unik dibandingkan dengan jenis bacon lainnya. Bacon tersebut sudah diperkenalkan pada tahun 1990 di Texas.

Bentuk bacon tersebut seperti lembaran daging ayam yang dibalut dengan tepung krispi dan dimasak dengan deep fried. Jadi, tampilannya tak beda jauh dari ayam goreng, hanya saja bacon ayam goreng tersebut mempunyai bentuk pipih, tipis, dan memanjang.

  1. Bacon Soy Protein

Bacon Soy Protein Bacon ini sangat cocok untuk kamu sang vegetarian. Bukan terbuat dari daging, bacon yang satu ini terbuat dari campuran gandum, minyak, putih telur, sayur, dan lain-lain. Lalu, kemudian dibentuk mirip bacon.

  1. Bacon Salmon

Bacon Salmon Bacon juga bisa dibuat dari daging salmon yang terkenal lezat itu. Biasanya, bacon salmon dimakan bersamaan dengan bagel, tomat, krim keju, dan bawang.

  1. Bacon Domba

Bacon Domba Apakah kamu suka dengan daging domba? Jika iya, maka bacon domba sangat cocok untuk dikonsumsi. Bacon tersebut terbuat dari perut domba yang diiris tipis memanjang, diasapi, dan diberi bumbu. Hal itu menjadikan rasa bacon ini sangat kuat.

Bagaimana Cara Memilih Bacon yang Terbaik?

Setelah mengetahui bacon adalah daging olahan yang terbuat dari berbagai bahan daging. Apakah kamu kini tertarik untuk mengkonsumsi bacon?

Tunggu dulu! Jangan sampai salah pilih bacon karena ada berbagai macam jenis bacon seperti yang sudah dijelaskan di atas. Oleh karena itu, terapkan cara berikut untuk memilih bacon yang terbaik.

  • Pastikan bahwa tidak ada aroma anyir dari bacon tersebut.

  • Selain itu, warna bacon yang berkualitas bagus adalah warna dengan perpaduan putih dan merah yang berasal dari daging bacon yang masih fresh.

  • Irisan bacon juga harus rapi dan tidak menjadikan serat daging menjadi rusak.

BACA JUGA: 6 Tingkat Kematangan Steak, Cek Mana yang Paling Enak

Kini, kamu sudah memahami tentang bacon adalah apa, jenisnya, cara mengolah, proses pembuatan, dan cara memilihnya. Nah, terapkan berbagai penjelasan di atas untuk bisa memilih bacon yang terbaik.

Selain itu, pastikan bahwa cara memasak bacon tersebut harus tepat agar tidak mengubah tekstur dan rasa dari bacon tersebut. Bagi para muslim, pilihlah juga beberapa jenis bacon yang sudah dijelaskan di atas sebagai alternatif bacon enak untuk dinikmati dan juga halal untuk dikonsumsi.

Yuk, tulis resep masakanmu

Buat resep di Mealy, dibayar tiap bulan!