11 Buah Tropis Paling Populer di Indonesia

Editorial Mealy

Sebagai negara yang berada di kawasan tropis, ketersediaan tumbuhan yang ada di Indonesia tentu sangat menyesuaikan dengan iklim tropis yang terjadi, termasuk buah tropis yang banyak tumbuh dan dikembangkan. Kamu pastinya pernah menikmati salah satu atau beberapa jenis buah tersebut.

Jika dibandingkan dengan buah subtropis, jenis dari buah yang tumbuh di daerah tropis memang lebih banyak. Manfaatnya juga tidak bisa dipandang sebelah mata. Oleh karena itu, banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan, mulai dari menjaga kesehatan, kecantikan, hingga komposisi produk-produk alami.

Karakteristik Buah Tropis

Beberapa karakteristik utama dimiliki oleh buah tropis, sehingga menjadi cukup mudah untuk membedakannya dengan buah subtropis atau jenis buah lainnya. Mau tahu?

Kandungan Air Lebih Banyak

Jika dibandingkan dengan buah lain, kandungan airnya cukup banyak. Bahkan bisa dijadikan pengganti cairan tubuh yang kurang. Buah ini juga banyak disarankan untuk dikonsumsi ketika mengalami kondisi kesehatan tertentu, terutama yang berhubungan dengan kekurangan cairan.

Rasa Relatif Manis

Pada umumnya, buah yang sudah matang dan siap dikonsumsi memiliki rasa yang manis. Beda dengan buah subtropis, ada yang tetap asam meskipun sudah matang. Rasa manisnya membuat banyak orang suka serta bisa memenuhi kebutuhan gula pada tubuh secara alami.

Rasa Segar

Rasa buahnya juga segar dan dapat dijadikan pelepas dahaga saat cuaca panas terik. Banyak juga yang memilihnya untuk dijadikan salad, campuran sarapan, jus murni karena rasa segar yang alami tanpa harus menambahkan bahan lain sebagai penyempurna.

Kandungan Vitamin dan Mineral

Di dalam kebanyakan buah kategori tropis ini, terdapat kandungan vitamin dan mineral yang cukup lengkap. Di antaranya adalah vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, kalsium, dan zat besi.

Namun, di beberapa buah lainnya punya kandungan otentik yang berbeda sehingga fungsinya juga menjadi beda dan lebih spesifik.

BACA JUGA: Cara Membuat Salad Buah yang Enak dan Awet

11 Buah Tropis Populer di Indonesia

Apakah kamu penasaran apa saja sih buah tropis yang ada di Indonesia dan populer dikonsumsi, bahkan menjadi produk impor ke luar negeri? Ini dia 10 contoh diantaranya, mungkin beberapa diantaranya ada di depan rumahmu.

Belimbing

Belimbing Buah yang dikenal dengan nama starfruit ini merupakan buah dengan kadar air yang cukup tinggi. Di Indonesia, banyak orang menanamnya di pekarangan rumah sehingga bisa dimanfaatkan kapanpun dibutuhkan. Soal rasa, belimbing memiliki perpaduan rasa asam dan manis.

Buah ini seperti mangga namun memiliki lembaran sisi, sehingga ketika dipotong akan seperti bintang. Kandungan vitamin di dalamnya cukup lengkap dan sering dijadikan buah pendamping untuk menambah daya tahan tubuh.

Sirsak

Sirsak Buah ini memiliki kulit berwarna kehijauan dengan permukaan kulit memiliki duri namun tidak tajam. Isinya putih dengan tekstur berserat, soal rasanya asam dan sedikit manis. Biasanya dikonsumsi dalam bentuk jus atau dijadikan buah segar siap saji.

Mangga

Mangga Tanaman buah ini sangat banyak dijumpai di Indonesia, biasanya akan matang dua atau tiga kali dalam satu tahun. Kulitnya hijau dan postur buah berbentuk oval, sedangkan dagingnya berwarna orange dengan rasa manis apalagi untuk buah yang sudah matang.

Pengolahannya saat ini sangat bervariasi, mulai dari dimakan langsung setelah dikupas kulit dan dibuang bijinya. Dijadikan jus murni, dibuat menjadi permen, asinan, dan bahkan menjadi bahan tambahan sambal.

Sawo

Sawo Ada lagi buah sawo dengan rasa super manis, dagingnya tebal, dengan kulit yang kecoklatan tipis. Biasanya langsung dikonsumsi ketika sudah matang. Jika belum matang, maka akan ada campuran rasa sepet di lidah sehingga kurang enak ditelan.

Nanas

Nanas Antioksidan cukup tinggi terdapat pada nanas, begitu juga dengan vitamin C. Buah ini juga banyak dikonsumsi untuk mencegah berbagai penyakit. Kulitnya berduri dan memiliki jambul hijau di bagian atas buah.

Untuk bisa mendapatkan daging nanas yang asam manis dan kaya cairan, butuh proses membuka kulit yang cukup teliti agar duri dan tidak ada bagian serat kasar tertinggal.

Kelengkeng

Kelengkeng Mirip dengan durian, buah kelengkeng memiliki ukuran sebesar kelereng dengan daging buah berwarna bening dan rasanya manis serta biji berwarna hitam. Buah ini juga memiliki kadar air yang tinggi, sehingga bagus dikonsumsi meskipun tidak boleh terlalu banyak.

Alasannya kandungan gula di dalamnya cukup tinggi, sehingga kalau dikonsumsi terlalu banyak tentu berdampak pada kondisi kesehatan.

Matoa

Matoa Mirip dengan kelengkeng, namun ukurannya lebih besar. Buah ini merupakan buah tropis khas dari Papua, tapi saat ini sudah semakin mudah ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Bentuk buahnya oval, permukaan kulitnya kasar, dan berwarna hijau kecoklatan.

Rasanya manis mirip perpaduan antara buah kelengkeng, rambutan, dan sedikit aroma durian yang menjadikan rasa legit.

Durian

Durian Durian juga merupakan buah dari daerah tropis yang sangat populer dan kulitnya berduri tajam. Sementara itu, saat dibuka akan terdapat ruang-ruang berisi daging durian yang manis.

Banyak jenis durian yang dikembangkan di Indonesia, masing-masing memiliki cita rasa manis dan aroma yang tajam. Buah durian ini memiliki penikmatnya sendiri di Indonesia dan dunia.

Nangka

Nangka Selanjutnya ada buah nangka yang juga memiliki aroma khas. Banyak dipakai sebagai campuran makanan agar memiliki aroma yang enak. Ukuran buahnya cukup besar, seperti ukuran bola kaki namun bentuknya oval atau kadang agak menekuk seperti dagu manusia.

Tekstur daging buahnya lembut dengan warna kuning yang maksimal dan di dalam satu buah nangka akan terdapat isi buah yang cukup banyak. Bisa dicabut satu persatu ketika sudah matang, kemudian langsung dikonsumsi.

Kelapa

Kelapa Siapa yang tidak tahu kelapa, salah satu buah yang memiliki sejuta manfaat dari akar hingga daunnya. Buah kelapa sendiri memiliki bentuk bulat dan berwarna hijau atau kuning tergantung jenisnya.

Untuk membuka buah ini, diperlukan effort cukup maksimal karena dilapisi serabut tebal dan cangkang yang juga tak kalah keras. Buah ini memiliki kandungan air yang banyak, bisa diminum langsung maupun diolah.

Kelapa yang masih muda, daging buahnya sangat lezat dan bisa menghilangkan dahaga hingga rasa lapar karena tekstur daging seperti jelly dan lembut. Namun untuk buah kelapa yang sudah tua, daging buahnya diolah menjadi parutan kelapa dan santan.

Buah Naga

Naga Buah naga juga punya keunikannya sendiri sebagai buah tropis yang populer. Kulit luarnya seperti kulit naga yang berwarna merah, tapi setelah dibuang kulitnya akan tersisa daging buah berwarna merah pekat atau putih.

Rasa buahnya tidak terlalu manis, namun mengandung banyak air. Kandungan gizinya banyak sehingga sering dianjurkan untuk dikonsumsi sejak balita. Kontur tanah tropis Indonesia sangat cocok untuk tanaman buah naga. Tak heran jika banyak supplier buah naga di Indonesia.

Apakah kamu sudah mencoba semua buah tropis di atas? Buah-buahan ini tidak sulit untuk didapatkan karena pada umumnya ada di toko buah-buahan terdekat. Hanya saja untuk beberapa jenis buah yang masuk kategori musiman, sehingga hanya ditemukan di bulan-bulan tertentu saja setiap tahunnya.

Tidak ada salahnya mengkonsumsi buah karena banyak manfaat yang bisa didapatkan. Tinggal kamu pilih, lebih suka buah dengan rasa manis maksimal, sedikit asam, atau masam manis. Selanjutnya, jadikan makanan rutin agar kesehatan lebih maksimal.

Yuk, tulis resep masakanmu

Buat resep di Mealy, dibayar tiap bulan!