Cara Membuat Kue Kembang Goyang Renyah Tidak Berminyak

Editorial Mealy

Kue lebaran atau camilan satu ini tersedia di banyak daerah di Indonesia. Apabila kamu termasuk orang yang gemar makan kembang goyang, coba lah untuk memasak sendiri. Cara membuat kembang goyang renyah tidaklah sulit.

Dilihat dari bentuknya, memang terlihat sedikit membutuhkan usaha dalam pembuatannya, padahal tidak. Apabila memasak sendiri, kamu bisa membuat rasanya menjadi kembang goyang manis ataupun kembang goyang asin. Simak penjelasan serta langkah atau  cara membuatnya di bawah ini.

Apa yang Dimaksud dengan Kembang Goyang?

Kue Kembang goyang sendiri merupakan kue dengan bentuk seperti kelopak bunga, dan proses memasaknya digoyang terlebih dahulu sampai adonan lepas dari alat cetaknya. Itulah yang membuatnya disebut “kembang goyang”. Menarik sekali ya cara penamaannya?

Kue ini dibuat dari bahan dasar tepung ketan atau tepung beras. Seiring perkembangan zaman, varian rasa dan ragam warna dari kembang goyang ini semakin beragam. Apalagi kalau kamu memasaknya sendiri, kamu bisa menambahkan essens makanan yang kamu suka di kembang goyangnya.

Cara Membuat Kembang Goyang Renyah Tidak Berminyak

Kue kembang goyang berasal dari Betawi. Kue tradisional khas Betawi ini memiliki beberapa trik dalam pembuatannya agar hasilnya renyah dan tidak berminyak. Berikut bahan bahan yang harus kamu siapkan untuk mewujudkan kembang goyang original yang enak.

Kue Kembang Goyang Original

Bahan-bahan:

  1. 100 gr tepung beras

  2. 100 gr tepung terigu protein sedang

  3. 50 gr tepung maizena

  4. 50 gr gula pasir

  5. 2 butir telur ayam

  6. 400 ml santan cair

  7. ½ sendok teh vanilla essens cair atau bubuk

  8. ½ sendok teh garam halus

Cara Membuat:

Setelah menyiapkan bahan yang diperlukan untuk pembuatan kue kembang goyang, kamu bisa langsung memulai memasaknya. Coba ikuti langkah langkah di bawah ini untuk mendapatkan kue kembang goyang yang renyah.

  1. Bahan yang sudah disiapkan dicampur dalam suatu wadah dan kemudian diaduk sampai rata. Kamu harus pastikan tidak ada bahan yang masih menggumpal. Aduk terus sampai bagian yang menggumpal hilang.

  2. Setelah merata, adonan harus didiamkan terlebih dahulu. Waktu yang dibutuhkan dalam proses pendiaman ini yaitu kurang lebih sekitar 20 menit.

  3. Proses selanjutnya yaitu persiapan cetakan kue kembang goyang. Cetakan harus tidak lengket agar adonan bisa digoreng dengan maksimal. Hal yang perlu dilakukan yaitu memanaskan cetakan di minyak panas. Cetakan yang kena minyak panas menyebabkannya menjadi tidak lengket.

  4. Pasang kompor dengan api sedang dna kemudian celupkan cetakan yang sudah disiapkan ke dalam adonan. Ambil sedikit adonan,lalu masukkan ke dalam wajan berisi minyak panas.

  5. Saat menggoreng, kamu harus menggoyang cetakan agar adonan mengembang. Goyangkan sampai adonan lepas dari cetakan. Kemudian goreng kue kembang goyang ini sampai berwarna kuning kecoklatan. Setelah matang, angkat dan tiriskan.

  6. Tunggu sampai minyak dari kue yang masih panas ini turun.

  7. Setelah itu, simpan kue kembang goyang pada wadah yang kedap udara untuk menghindari kue menjadi melempem, amem atau tidak renyah lagi. Anda juga bisa membuat variasi rasa lain dengan menambahkan perasa tambahan pada adonan.

Kue Kembang Goyang Wijen

Selain versi original, versi favorit lainnya yaitu kembang goyang wijen. Hampir mirip dengan versi original, hanya saja ada tambahan bahan biji wijen. Berikut cara pembuatan kue kembang goyang wijen.

  1. Siapkan bahan kemudian kocok telur dan gula sampai larut dan berwarna pucat.

  2. Setelah larut, tambahkan garam, vanilla essens, dan tepung sedikit demi sedikit agar tidak menggumpal. Kemudian jangan lupa untuk menyaring adonan agar tidak terjadi gumpalan.

  3.  Ini dia step terpenting yaitu penambahan biji wijen ke dalam adonan. Pastikan kamu mengaduknya dengan rata.

  4. Kemudian sama dengan cara pembuatan versi originalnya, kamu harus menyiapkan cetakan dengan mencelupkan di minyak panas.

  5. Setelah itu, ambil adonan kemudian goreng dengan cara menggoyangkannya di minyak panas.

  6. Angkat dan tiriskan apabila kue kembang goyang sudah kuning kecoklatan.

  7. SImpan kue di tempat rapat dan kedap udara.

Tips Memasak Kue Kembang Goyang

Kembang goyang haruslah renyah dan tidak berminyak. Setelah membaca cara membuat kembang goyang renyah barusan, kamu juga harus memperhatikan tips di bawah ini. Berikut tips memasak kue kembang goyang yang akan membuatnya renyah enak.

1. Pakai Tepung dan Santan dengan Komposisi tepat

Supaya hasil dari kue kembang goyang renyah, kamu harus membuat campuran dengan bahan dasar tepung beras dan tepung terigu. Hal lain yang harus diamati yaitu komposisi santan, telur, gula dan vanili sebagai bahan cairnya. Anda tidak perlu menambah air karena sudah ada santan.

2. Siapkan Cetakan di Minyak Panas

Adonan haruslah tidak menempel di cetakan saat proses penggorengan. Untuk menghindari menempelnya adonan, Anda harus mencelupkan cetakan di minyak yang panas. Hal ini dilakukan agar bentuk kue kembang goyang rapi.

Sebelum kamu mencelupkan alat cetakan di adonan, cek ulang mengenai garis batas tinggi untuk adonan yang ada di cetakan. Posisi adonan diusahakan untuk tidak melebihi batas tersebut. Hal itu dikarenakan apabila melebihi batas, maka adonan akan menempel di cetakan.

3. Menyaring Adonan Sebelum Digoreng

Kamu juga bisa menyaring adonan sebelum masuk wajan penggorengan untuk menghindari adanya gumpalan dari bahan. Kembang goyang yang masih menggumpal akan menghasilkan kue yang bantat dank eras.

Kamu bisa memakai saringan yang memiliki lubang kecil untuk menyaring adonan kue kembang goyang. Tuang adonan perlahan ke saringan kemudian perlahan aduk dan tekan saringan hingga yang lolos dari saringan hanya adonan halus.

4. Perhatikan Goyangan Adonan

Untuk hal ini, pastikan dulu kamu sudah mengikuti tips mengenai jumlah adonan di cetakan. Pastikan adonan di cetakan tidak terlalu penuh. Selanjutnya, cara menggoyangkannya yaitu dengan menggoyang cetakan perlahan.

Proses penggoyanagan ini dilakukan sampai adonan terlepas dari alat pencetak. Kamu bisa melakukan proses ini tanpa buru-buru karena proses ini memang butuh kesabaran dan ketelatenan. dan kamu juga harus hati-hati karena proses ini melibatkan minyak panas

5. Penyimpanan Kue Kembang Goyang

Nah, hal ini tentu saja penting untuk diperhatikan. Bagaimana tidak? Kue kembang goyang baiknya disajikan dalam kondisi masih renyah. Untuk menghindari kue kembang goyang masuk angin, maka harus disimpan di tempat yang rapat dan kedap udara.

Kamu bisa menyimpannya dalam toples atau mengemasnya dengan plastic sealed apabila hendak menjualnya. Pastikan udara sulit masuk ke tempat penyimpanan sehingga kerenyahan dan cita rasa dari kue kembang goyang ini tidak berubah.

Kue kembang goyang ini memang luar biasa unik dan memiliki ciri khas mulai dari bentuknya, namanya, hingga cara membuat kembang goyang renyah dan enak. Sebagai masyarakat Indonesia, mengonsumsi kue tradisional juga salah satu usaha dalam melestarikan budaya.

Kamu bisa membuat kreasi kue kembang goyang ini sesukamu dengan toping dan rasa yang bervariasi. Hal tersebut berguna agar kue kembang goyang mu ini anti mainstream, menarik dan diminati oleh orang lain pula. Jadi bagaimana, apakah kamu tertarik mencoba membuatnya sendiri?

Yuk, tulis resep masakanmu

Buat resep di Mealy, dibayar tiap bulan!