Cara Membuat Kue Lapis Tepung Beras

Editorial Mealy

Kue lapis adalah makanan ringan khas Indonesia yang sangat disukai oleh berbagai kalangan, mulai anak-anak, remaja hingga orang dewasa. Banyak orang mengira cara membuat kue lapis tepung beras itu sulit, padahal nyatanya tidak. 

Beberapa ciri kue lapis yang enak adalah terasa manis, lapisannya lembut, dan legit ketika dimakan. Sayang sekali sampai saat ini banyak orang yang masih gagal saat membuat kue lapis tepung beras. Kebanyakan berakhir dengan kue yang bertekstur keras atau bantat, sehingga tidak enak dimakan.

7 Cara Membuat Kue Lapis Tepung Beras yang Lezat

Perlu kamu ketahui, kue lapis tepung beras adalah salah satu makanan ringan yang untuk membuatnya kamu tidak memerlukan banyak bahan. Tetapi kamu membutuhkan waktu yang cukup lama dan harus benar-benar sabar selama proses pembuatannya.

Karena sesuai dengan namanya yaitu kue lapis, kamu harus membuat satu persatu lapisan kue tersebut sampai selesai. Nah berikut ini merupakan rincian bahan dan cara membuat kue lapis tepung beras yang wajib kamu ketahui, supaya hasil kuenya manis dan legit.

Pilih Tepung Beras yang Tepat

Pilih Tepung Beras Yang Tepat

Langkah pertama yang harus kamu lakukan sebelum membuat kue lapis adalah memilih tepung beras yang tepat. Karena tepung beras adalah bahan utama yang akan kamu gunakan. Perlu kamu ketahui bahwa tepung beras terdiri dari merk serta jenis yang berbeda-beda.

Untuk membuat kue lapis tepung beras yang lembut, maka kamu harus menggunakan tepung beras murni tanpa campuran. Selain membuat tekstur jadi lebih lembut, tepung beras yang murni tanpa campuran juga aman jika kamu memiliki alergi terhadap bahan tepung tertentu.

Gunakan Tepung Sagu atau Tepung Tapioka

Gunakan Tepung Sagu Atau Tepung Tapioka

Selain tepung beras, kamu juga perlu tepung sagu untuk membuat kue lapis tepung beras. Tapi jika kamu kesulitan mencari tepung sagu, kamu bisa menggantinya dengan tepung kanji. Karena fungsi utama dari tepung sagu atau tepung kanji adalah untuk membuat kue lapis jadi kenyal. 

Jika dalam membuat kue lapis kamu hanya menggunakan tepung beras, maka kuenya hanya akan menjadi padat bahkan keras. Jadi saat membuat adonan pastikan kamu menggunakan tepung beras dan tepung sagu atau tapioka dengan perbandingan 75:25, supaya teksturnya kenyal.

Siapkan Pewarna

Siapkan Pewarna

Untuk membuat kue lapis kamu harus menyiapkan beberapa jenis pewarna yang berbeda minimal 2. Pastikan kamu menggunakan pewarna makanan yang aman, atau kalau kamu mau kamu juga bisa menggunakan bahan alami seperti daun suji.

Daun suji akan menghasilkan warna hijau yang cantik dan pekat pada adonan kue. Jika kamu ingin mendapatkan warna merah untuk adonan, kamu bisa menggunakan buah naga atau buah bit. Tapi jika ingin lebih mudah, kamu bisa langsung memakai pasta pewarna makanan yang dijual di toko.

Perlu kamu ingat, jika kamu menggunakan pasta pewarna makanan maka jangan tuangkan terlalu banyak. Karena hanya dengan 2-3 tetes pewarna makanan, adonan kue lapis sudah bisa berwarna cukup pekat.

Jangan Gunakan Santan Terlalu Kental

Jangan Gunakan Santan Terlalu Kental

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan saat membuat kue lapis tepung beras adalah menggunakan santan yang terlalu kental. Banyak orang mengira cara membuat kue lapis tepung beras yang rasanya gurih adalah dengan menggunakan santan yang kental dan banyak.

Padahal santan yang terlalu kental justru membuat adonan kue lapis jadi lebih berminyak, sehingga antar lapisan tidak bisa menempel satu sama lain. Jadi saat membuat adonan pastikan kamu tidak menggunakan santan yang terlalu kental apalagi dalam jumlah banyak ya.

Dan dibandingkan dengan santan sachet atau santan buatan, akan lebih baik jika kamu membuat santan peras alami dari kelapa asli. Karena kue lapis tepung beras yang dibuat dengan santan peras dari kelapa asli akan memiliki rasa yang lebih khas.

BACA JUGA: 10 Cara Memasak Sarden Kaleng Agar Tidak Amis

Cara Membuat dan Mengaduk Adonan

Cara Membuat Dan Mengaduk Adonan

Sekarang kamu tentu sudah tahu 3 bahan utama untuk membuat kue lapis yaitu tepung beras, tepung sagu, dan santan. Tapi jangan lupa untuk menambahkan gula, air, daun pandan, dan vanili sesuai dengan takaran tepung yang sudah kamu gunakan tadi.

Langkah pertama dalam membuat adonan adalah merebus air, gula, dan ikatan daun pandan secara bersamaan. Setelah itu biarkan air selama beberapa saat supaya dingin, kemudian baru masukkan bahan-bahan seperti tepung beras, tepung sagu, dan vanili.

Aduk bahan adonan tersebut sampai rata, jangan sampai ada tepung yang menggumpal. Jika adonan sudah tercampur, pisah menjadi beberapa wadah sesuai jumlah pewarna yang akan digunakan, kemudian aduk sampai warna merata.

Pastikan adonan yang dipisah menjadi beberapa wadah memiliki jumlah atau takaran yang sama, supaya ketebalan kue tiap lapisannya nanti juga sama. Jika ketebalan antara satu lapisan dengan lapisan lain berbeda, kamu akan kesulitan dan kebingungan tentang kematangannya.

Gunakan Loyang Persegi dengan Permukaan Datar

Gunakan Loyang Persegi Dengan Permukaan Datar

Cara membuat kue lapis tepung beras yang tidak kalah penting adalah, memilih loyang yang sesuai dengan adonan. Jangan menggunakan loyang yang ukurannya terlalu kecil, karena akan membuat lapisan jadi terlalu tebal. Dan loyang yang terlalu besar, membuat lapisan jadi terlalu tipis.

Jika kamu ingin membuat kue lapis dengan ukuran yang besar, maka kamu bisa menggunakan loyang dengan ukuran 22x22x7 sentimeter. Dan tips yang tidak boleh kamu lupakan, pastikan kamu mengaduk adonan terlebih dahulu sebelum menuangkannya ke dalam loyang.

Mengaduk adonan sebelum dituang ke dalam loyang bertujuan untuk mencegah adonan supaya tidak mengendap di wadah sebelumnya. Karena adonan kue lapis yang didiamkan dalam jangka waktu lama, akan menyebabkan santannya mengendap di bagian bawah. 

Cara Menuang Lapisan Adonan

Cara Menuang Lapisan Adonan

Terakhir kamu juga harus tahu bagaimana caranya menuang adonan, supaya setiap lapisan kue bisa menempel satu sama lain. Tapi sebelum itu kamu harus ingat, ketika mengukus kue lapis tepung beras, gunakan api sedang supaya adonan bisa matang merata hingga ke bagian dalam.

Karena jika kamu menggunakan api besar, maka bagian luar adonan kue lapis akan lebih cepat matang dan menjadi kering. Hal ini akan membuatmu kesulitan untuk menuang adonan berikutnya dan antara lapisan satu dengan lainnya tidak akan bisa menempel.

Cara terbaik untuk menuang adonan kue lapis tepung beras adalah, dengan menuangnya secara cepat lakukan secara merata. Jangan sampai kamu menuangkan hanya dari satu sisi, seperti hanya di tengah atau di bagian pinggir.

Yang terpenting sebelum membuat kue lapis tepung beras, pastikan kamu sudah menyiapkan alat dan bahan terlebih dahulu. Bahan-bahan yang diperlukan meliputi tepung beras, tepung sagu atau tepung tapioka, gula, air, pewarna makanan, daun pandan dan vanili.

Sedangkan bahan yang harus kamu persiapkan adalah loyang, wadah adonan, mixer atau alat pengaduk adonan, dan panci untuk mengukus. Sangat mudah bukan, sekarang kamu tidak perlu bingung lagi tentan bagaimana cara membuat kue lapis tepung beras yang manis dan legit.

Yuk, tulis resep masakanmu

Buat resep di Mealy, dibayar tiap bulan!