10 Ide Makanan Berkuah Terbaru Viral

Editorial Mealy

Saat ini Indonesia masih berada di musim penghujan, dimana curah hujan menjadi lebih tinggi dan suasana pun terasa lebih dingin. Pada saat cuaca terasa dingin, makanan berkuah menjadi salah satu menu yang banyak dicari. Karena sangat cocok menghangatkan tubuh yang terasa dingin.

Indonesia sendiri adalah negara yang sangat kaya akan kuliner, kamu bisa menemukan makanan mulai dari yang manis, pedas, asin, hingga asam. Nah kali ini kami akan membahas tentang beberapa ide makanan yang berkuah dengan rasa yang dominan gurih.

Makanan yang memiliki kuah di Indonesia juga dibuat dengan bahan utama beragam, ada yang dari sayuran, daging, ikan, dan lain sebagainya. Jadi kamu bisa memilih menu makanan dengan kuah sesuai kesukaanmu. Yuk simak ide makanan berkuah berikut ini yang bisa kamu masak di rumah.

10 Makanan Berkuah yang Gurih, Cocok Dimakan Waktu Hujan!

Banyak orang yang mengatakan bahwa salah satu cara menikmati musim penghujan adalah dengan makan makanan yang berkuah yang hangat. Apalagi jika makanan dengan kuah tersebut adalah makanan khas dari Indonesia, yang dimasak dengan berbagai bumbu serta rempah-rempah.

Seperti yang kita ketahui, salah satu manfaat rempah-rempah adalah untuk menghangatkan tubuh. Nah berikut ini merupakan aneka masakan berkuah yang bisa kamu jadikan pilihan untuk dimakan saat suasana sedang hujan.

Bakso

Bakso

Di Indonesia siapa yang tidak kenal dengan menu berkuah satu ini, bakso adalah makanan yang bisa kamu temukan dimanapun. Mulai dari pedagang kaki lima, rumah makan, bahkan restoran terkenal, banyak sekali yang menyediakan bakso.

Bakso sendiri adalah makanan sejenis bola daging, yang biasanya disajikan dengan mi, bihun, daun seledri, dan bawang merah goreng. Kuah bakso umumnya dibuat dengan bumbu garam, lada, bawang putih, dan terkadang diberi tambahan sumsum sapi supaya rasanya semakin gurih.

Soto

Soto

Soto adalah makanan khas Indonesia, tetapi setiap daerah di Indonesia memiliki jenis soto yang berbeda-beda dengan ciri khas masing masing. Jika kamu menyukai soto yang memiliki kuah bening dan terasa segar, maka kamu harus mencoba soto khas Boyolali.

Tetapi jika kamu menyukai soto dengan kuah santan yang kental dan gurih, maka kamu harus mencoba soto branggahan khas Kediri. Baik soto yang bening ataupun soto kuah santan, sama-sama memiliki cita rasa gurih dan sangat cocok dinikmati saat cuaca sedang hujan.

Rawon

Rawon

Makanan dengan kuah yang terasa gurih dan juga sangat cocok dinikmati saat hujan berikutnya adalah rawon. Makanan ini terbuat dari daging dan memiliki kuah yang berwarna hitam pekat, karena salah satu bumbu utamanya adalah rempah kluwek.

Rawon biasanya disajikan dengan sayuran tauge mentah dan potongan telur rebus atau telur asin rebus. Supaya rasanya jadi makin sedap, kamu bisa menambahkan sambal dan sedikit perasan jeruk nipis. Akan lebih nikmat lagi jika kamu menyantap rawon bersama kerupuk udang.

Sayur Sop Ayam

Sayur Sop Ayam

Di antara banyaknya menu berkuah sebelumnya, menu yang satu ini adalah yang paling mudah di masak yaitu sayur sop ayam. Untuk membuat sop ayam kamu perlu menyiapkan sayur-sayuran seperti kubis, wortel, kentang, dan lain sebagainya sesuai dengan seleramu.

Dan yang terpenting jangan lupakan ayam, jika ingin ayam yang lebih dominan daging kamu bisa memilih bagian dada atau paha atas. Selain cocok dinikmati saat hujan, makanan yang satu ini juga sangat baik untuk kesehatan karena berbagai kandungan nutrisi didalamnya.

Bakmi Rebus Jawa

Bakmi Rebus Jawa

Dibandingkan memasak mi instan saat hujan, mencoba bakmi jawa mungkin akan jauh lebih menarik. Selain rasanya yang lebih kaya karena rempah-rempah, bakmi rebus jawa juga jauh lebih sehat. Karena bumbu bakmi jawa tidak mengandung bahan pengawet atau pewarna sama sekali.

Untuk membuat bumbu bakmi jawa kamu hanya memerlukan cabai, bawang merah, bawang putih, kemiri, dan merica. Dan jika kamu ingin kuahnya terasa lebih creamy, kamu bisa menambahkan telur atau kaldu ayam. Nantinya selain creamy, kuah bakmi akan terasa makin gurih juga.

BACA JUGA: Aneka Kue Basah Tradisional Indonesia

Seblak

Seblak

Seblak adalah makanan khas daerah Jawa Barat yang saat ini bisa dengan mudah ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Hal ini dikarenakan rasa seblak yang dominan gurih dan pedas, sehingga sangat cocok dengan selera masyarakat di Indonesia.

Dalam satu porsi seblak biasanya terdapat kerupuk, aneka sayuran, telur, dan terkadang juga ceker ayam. Bahkan saat ini ada banyak penjual seblak yang juga menyediakan topping tambahan seperti jamur, frozen food, makaroni, dan lain sebagainya.

Tongseng

Tongseng

Menu makanan berkuah berikutnya yang tidak kalah nikmat dikonsumsi saat hujan adalah tongseng khas Boyolali. Tongseng adalah makanan yang dibuat dengan bahan dasar daging kambing, dan bumbunya sangat kaya akan rempah-rempah sehingga tubuh jadi terasa hangat.

Rasa pedas yang ada pada tongseng tidak hanya berasal dari cabai, tapi juga berasal dari jahe. Untuk membuat tongseng biasanya penjual tidak hanya menggunakan daging, tetapi juga menggunakan bagian iga dan tulang belakang kambing.

Mie Ayam

Mie Ayam

Sama seperti bakso, mi ayam adalah salah satu menu makanan dengan kuah yang sangat terkenal di seluruh daerah di Indonesia. Perpaduan antara mi yang kenyal, potongan ayam yang gurih, irisan sawi segar, dan kuah yang hangat tentu sangat menggoda.

Menemukan warung mi ayam di Indonesia terutama di Pulau Jawa adalah hal yang sangat mudah. Hanya dengan uang Rp8.000 kamu sudah bisa mendapatkan seporsi mi ayam yang sangat mengenyangkan. Dan menu ini akan terasa lebih nikmat jika dimakan bersama kerupuk.

Sayur Lodeh

Sayur Lodeh

Selanjutnya ada menu makanan dengan kuah santan kental berwarna putih yang sangat gurih yaitu sayur lodeh. Dalam satu porsi sayur lodeh biasanya terdapat sayuran seperti kacang panjang, daun melinjo, labu siam, dan terkadang juga ada wortel.

Rasa gurih pada kuah sayur lodeh berasal dari bawang putih, bawang merah, kemiri, lengkuas, dan jahe. Supaya lebih nikmat, kamu harus mencoba makan sayur lodeh bersama dengan tahu goreng, tempe goreng, atau telur dadar.

Laksa

Laksa

Menu berkuah terakhir yang bisa kamu jadikan ide untuk dimakan saat hujan adalah laksa. Di Indonesia sendiri terdapat 2 jenis laksa yang paling terkenal dan banyak disukai masyarakat yaitu, laksa khas Betawi dan laksa khas Bogor.

Laksa ini memiliki rasa yang pedas dan gurih khas santan kental. Dalam satu porsi laksa kamu bisa menemukan mi dan lauk bisa berupa telur, daging ayam, udang, atau lauk lainnya. Berbeda dengan olahan mi lain, laksa menggunakan mi yang terbuat dari tepung beras.

Sekarang saat hujan kamu tidak perlu bingung lagi harus makan apa. Jika ingin yang mengandung daging kamu bisa mencoba laksa, mi ayam, tongseng, rawon, soto atau bakso. Jika ingin makanan berkuah yang terbuat dari sayuran kamu bisa mencoba sayur lodeh atau sayur sop ayam.

Yuk, tulis resep masakanmu

Buat resep di Mealy, dibayar tiap bulan!