Cara Membersihkan Kulit Sapi

Editorial Mealy

Sampai sekarang banyak orang yang mengira bahwa bagian dari sapi yang bisa diolah jadi makanan lezat hanyalah daging dan tulang sumsumnya. Padahal kulit sapi juga bisa dimasak jadi makanan yang enak loh. Tapi untuk itu, kamu harus tahu cara membersihkan kulit sapi yang baik dan benar.

Perlu kamu ketahui bahwa membersihkan kulit sapi tidak sama seperti membersihkan kulit ayam atau kulit kambing. Jadi kamu tidak boleh membersihkan kulit sapi hanya dengan menyiramnya menggunakan air bersih. Karena hal tersebut akan membuat kulit sapi tetap berbau tidak enak.

Jika kamu bisa membersihkan kulit sapi dengan baik, maka ketika dimasak kulit tersebut tidak akan mengeluarkan bau khas yang menyengat. Selain itu kulit sapi yang bersih akan lebih mudah diolah, karena bumbunya akan mudah meresap dan teksturnya jadi lebih lembut.

6 Cara Membersihkan Kulit Sapi dengan Mudah

Sekarang tentu kamu sudah tahu bahwa membersihkan kulit sapi dengan benar sangat penting, supaya masakan jadi lebih lezat. Selain itu membersihkan kulit sapi dengan baik juga bertujuan untuk memastikan bahwa setiap bakteri dan kotoran yang ada pada kulit benar-benar hilang.

Tahukah kamu ternyata untuk membersihkan kulit sapi, kamu bisa menggunakan bahan-bahan sederhana yang ada di rumah loh. Berikut 4 cara membersihkan kulit sapi dengan cepat dan sangat mudah menggunakan bahan dan peralatan sederhana di dapur.

Gunakan Air Panas dan Dibakar

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan kulit sapi dengan mudah adalah melalui proses pembakaran. Sebelum dibakar, kamu harus menyiapkan air panas terlebih dahulu untuk merebus kulit sapi yang masih berbulu. 

Rebus kulit sapi dalam air mendidih selama kurang lebih 10-20 detik, dan periksa apakah bulunya sudah bisa dikerok atau belum. Jika bulunya sudah mulai terlihat lepas dan mudah dikerok, segera angkat kulit dan tiriskan sebentar supaya tanganmu tidak terkena air panas. 

Kemudian kerok bulu sapi secara searah, supaya kamu lebih mudah selama mengerok bulunya. Setelah kulit sapi bersih dari bulu, segera bakar kulit langsung di atas api kompor jangan lupa untuk menjepitnya dengan alat pemanggang. 

Tunggu sampai kulit berwarna kecoklatan dan dan sedikit menggulung kemudian angkat. Jika ingin memasaknya siram dengan air panas dan rendam selama 10-15 menit, supaya kulit jadi kenyal dan empuk. Setelah itu kamu bisa memasaknya sesuai dengan seleramu.

Gunakan Kapur Sirih

Gunakan Kapur Sirih

Berikutnya cara membersihkan kulit sapi yang tidak kalah mudah adalah dengan menggunakan kapur sirih. Bahan lain yang perlu kamu siapkan untuk membersihkan kulit sapi dengan kapur sirih hanyalah air. 

Dibandingkan cara lainnya, metode kapur sirih ini diketahui lebih mudah dan cepat. Langkah pertama siapkan wadah untuk merebus air, jika air sudah mendidih masukkan kapur sirih dan aduk hingga tercampur merata. 

Pastikan kamu sudah memotong kulit sapi yang akan dibersihkan, sehingga proses berikutnya bisa lebih mudah dilakukan.

Sediakan wadah berbentuk datar atau kamu bisa menggunakan talenan kayu, dan letakkan kulit yang sudah dipotong kecil di atasnya. Kemudian siram perlahan secara merata kulit tersebut menggunakan air rebusan kapur sirih tadi.

Jika semua kulit sudah disiram secara merata menggunakan air kapur sirih, diamkan beberapa saat kemudian bersihkan bagian luar kulit menggunakan pisau. Sebelum memasak kulit yang sudah dibersihkan dengan kapur sirih, pastikan kamu membersihkannya lagi dengan air bersih.

Metode Perebusan

Metode Perebusan

Jika kamu masih bingung bagaimana cara menggunakan kapur sirih dan metode pembakaran, kamu bisa mencoba metode perebusan. Cara yang satu ini sangat mudah, tapi kamu membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama.

Bahan dan peralatan yang perlu kamu persiapkan hanya air dan wadah untuk merebus, sesuai dengan kulit sapi yang akan dibersihkan. Langkah pertama rebus air tetapi jangan sampai mendidih, kemudian masukkan kulit sapi dan diamkan selama 5 menit.

Setelah kulit terlihat mulai menyusut, segera angkat dan tiriskan kemudian bersihkan bersihkan bulu dengan cara mengeroknya menggunakan pisau. Setelah kulit terlihat bersih, rebus kembali dengan air mendidih selama beberapa menit dan tiriskan lagi.

Langkah terakhir, bersihkan bulu-bulu halus pada kulit sapi menggunakan pisau yang tajam. Supaya lebih bersih kamu bisa menggosok langsung kulit menggunakan tangan, dan pastikan tidak ada lagi bulu yang tersisa pada kulit sapi.

BACA JUGA: Cara Membuat Kue Kembang Goyang Renyah Tidak Berminyak

Gunakan Vanili dan Garam

Seperti yang disampaikan sebelumnya, untuk membersihkan kulit sapi kamu bisa menggunakan bahan-bahan sederhana dari dapur. Vanili dan garam adalah 2 bahan yang sangat efektif untuk membersihkan bulu dari kulit sapi. Bahkan cara ini juga bisa menghilangkan bau tidak sedapnya. 

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah merebus air, kemudian masukkan 2 bungkus vanili dan 1 sendok makan garam. Aduk supaya kedua bahan tercampur merata dengan air, kemudian tunggu sampai air mendidih.

Setelah air mendidih matikan kompor dan tunggu sampai suhu air menurun atau tidak terlalu panas. Masukkan kulit sapi kedalam air vanili dan garam, diamkan selama 10-20 detik. Jika sudah periksa apakah bulu sudah bisa dikerok dari kulit sapi dengan menggunakan pisau.

Jika masih sulit, kamu bisa memasukkan kulit ke dalam air vanili dan garam tersebut sekali lagi dengan durasi yang sama seperti sebelumnya. Dan jika ingin kulit sapi lebih bersih, kamu bisa membakarnya di atas api kompor sebentar supaya bulu halus ikut menghilang. 

Gunakan Bawang Putih

Jika sebelumnya sudah dibahas cara membersihkan kulit sapi dari bulu, sekarang kami akan membahas supaya kulit sapi bersih dan tidak berbau. Tahukah kamu, kulit sapi yang sudah dibersihkan dari bulunya dan siap dimasak disebut kikil.

Nah tips membersihkan kikil supaya tidak menimbulkan bau tidak sedap ini juga sangat penting, supaya masakanmu jadi lebih lezat. Caranya sangat mudah, haluskan bawang putih beberapa siung sesuai dengan banyaknya kulit sapi yang akan kamu masak. 

Setelah dihaluskan, lumuri kulit sapi yang sudah dibersihkan bawang putih halus tersebut. Diamkan selama beberapa saat, kemudian kamu bisa langsung memasaknya sesuai dengan keinginanmu. 

Gunakan Jeruk Nipis

Terakhir cara yang sangat mudah untuk membersihkan kulit sapi dari bau tidak sedap adalah dengan menggunakan jeruk nipis. Sebelum memasak kulit sapi pastikan kamu merebusnya terlebih dahulu, kemudian lumuri dengan air jeruk nipis secara merata. 

Setelah kulit sapi dilumuri air jeruk nipis secara merata, tunggu beberapa menit kemudian cuci dengan air bersih. Karena jika tidak dicuci dengan bersih, kulit sapi akan terasa asam karena jeruk nipis tadi.

Supaya kulit sapi bisa bersih dari bulunya, kamu bisa menggunakan teknik perebusan, pembakaran, menggunakan air kapur sirih, atau air vanili dan garam. Ciri utama dari kulit sapi yang sudah bersih dan bisa dimasak adalah tidak adanya bulu sedikitpun pada kulit.

Sementara cara membersihkan kulit sapi dari bau yang tidak sedap adalah dengan menggunakan bawang putih halus atau air jeruk nipis. Dengan menggunakan bawang putih atau jeruk nipis, maka kulit sapi tidak akan bau atau berlendir.

Yuk, tulis resep masakanmu

Buat resep di Mealy, dibayar tiap bulan!