Salted Caramel: Cara Membuat dan Contoh Minuman Kekinian

Editorial Mealy

Pernah mencoba minuman kekinian yang memiliki rasa manis-manis asin? Kalau pernah, mungkin minuman itu mengandung salted caramel. Karamel dengan rasa asin tersebut memang banyak dipakai sebagai bahan pemanis pada minuman dan dessert masa kini. 

Dalam bahasa Indonesia, bahan pemanis tersebut dinamakan karamel asin. Bahan dasar pembuatan salted caramel adalah gula, mentega dan sedikit garam. Rasa yang dihasilkan oleh pencampuran bahan-bahan tersebut sangat unik dan tentu saja enak.

Membuat Salted Caramel Ala Rumahan

Terlanjur suka dengan karamel asin untuk disiramkan pada minuman, kue ataupun dessert? Membeli di cafe, resto dan mall tentunya bisa membuat kantong jebol dan boros. Solusinya? Buat sendiri caramel salty tersebut di rumah dengan bahan-bahan yang lebih murah.

Cara membuat karamel asin rumahan dengan rasa istimewa sangat mudah. Catat dulu bahan-bahan dan cara memasaknya berikut ini.

1. Bahan-Bahan 

Bahan untuk membuat salted karamel sebenarnya tidak banyak dan mudah sekali didapatkan di pasar, minimarket ataupun swalayan. Bahan-bahan yang diperlukan untuk satu resep karamel asin yaitu:

  • Gula palem 150 gram
  • Gula pasir 50 gram
  • Susu full cream 80 ml
  • Mentega tawar atau butter 4 sendok makan
  • Vanili 1 sendok makan
  • Garam halus ¼ sendok teh

2. Cara Membuat

Hot Chocolate Saus Karamel

Setelah semua bahan salted caramel rumahan disiapkan, tinggal satu langkah lagi yaitu membuat pemanis hits tersebut. Langkah-langkah pembuatan karamel asin sebagai berikut:

  • Panaskan panci lalu rebus air dan tambahkan gula hingga meleleh. Gunakan api kecil sampai sedang saja supaya karamel tidak gosong dan menjadi pahit. Jangan aduk campuran ini hingga meleleh sempurna.

  • Masukkan susu, butter dan garam, aduk-aduk sampai tingkat kekentalan yang diinginkan.

  • Tambahkan vanili lalu goyang-goyangkan sampai semua bahan tercampur sempurna. Jangan biarkan terlalu lama, segera angkat panci dari kompor.

  • Siapkan toples atau wadah anti panas, lalu tuangkan karamel ke dalamnya.

  • Kalau sudah dingin, simpan karamel di kulkas. Panaskan sebentar saus karamel ketika ingin menggunakannya sebagai campuran makanan dan minuman.

Tips Membuat Salted Caramel di Rumah Anti Gagal

Membuat karamel yang bahannya dari gula memang tidak semudah yang dibayangkan. Sifat gula jika terkena panas mudah meleleh dan cepat menjadi gosong. Kalau sudah gosong tentu saja karamel rasanya berubah menjadi pahit dan tidak enak lagi untuk dimakan.

Tapi jangan kuatir, agar bisa menghasilkan salted caramel rumahan yang enak seperti di cafe, ada tips-tips yang dapat ditiru. Tips anti gagal membuat salty caramel diantaranya adalah:

1. Pakai Panci atau Wajan yang Tepat

Kunci anti gagal yang pertama adalah pada alat masak yang digunakan. Mengingat sifat gula yang mudah gosong saat kena panas, atasi dengan panci atau wajan yang cukup tebal. Selain cukup tebal, pilih panci atau wajan yang anti lengket untuk memanaskan gula.

Ketebalan panci akan menahan gula agar tidak cepat menjadi gosong dan berubah menjadi hitam warnanya. Kalau bisa, gunakan wajan atau panci yang memiliki permukaan lebar. Ini juga akan menahan gula tidak menggumpal dan matang merata.

2. Pakai Termometer Memasak

Supaya makanan ini tidak cepat gosong, jangan gunakan suhu yang terlalu tinggi. Bagaimana caranya? Cek suhu menggunakan termometer khusus memasak. Cek suhu kompor setiap saat selama proses pembuatan karamel asin.

Yang perlu dipantau adalah suhu gulanya agar tidak terlalu panas. Suhu kematangan karamel paling ideal yaitu 160-170°C. 

3. Pakai Sea Salt

Ciri khas dari karamel ini adalah rasa asin yang khas. Bukan sembarang garam, rasa asin yang khas tersebut didapatkan dari sea salt. Oleh sebab itu, tambahkan sedikit saja sea salt saat membuat karamel. 

Caranya, masukkan sea salt ketika karamel sudah cukup matang dan aduk untuk meratakannya. Ini penting, karena sea salt atau garam laut memiliki butiran yang kasar dan tidak mudah leleh.

4. Tambahkan Krim

Salted caramel yang gurih didapatkan dari krim yang dicampurkan padanya. Selain itu, penggunaan krim dapat membuat karamel memiliki tekstur yang lembut. Karena itulah, tidak ada salahnya menambahkan heavy cream saat memasak gula untuk dijadikan karamel.

Tambahkan krim tersebut dalam larutan gula dan aduk sampai merata. Jika ingin rasa yang lebih dominan asin, tambahkan butter.

5. Masak Menggunakan Api Kecil

Gula adalah bahan yang sifatnya mudah sekali leleh dan gosong. Untuk mengatasinya, masak karamel memakai api kecil saja. Selain menghindari gosong, memasak karamel dengan api kecil bisa menambah kuat aroma yang dihasilkan. 

Baca juga: Kenali Rempah dalam Masakan Eropa Lebih Dekat

Minuman Kekinian dengan Salted Caramel

Kamu sangat manis asin yang khas, saus karamel ini memang sedang digemari, utamanya oleh anak-anak muda. Berikut ini beberapa minuman kekinian dengan saus karamel yang disukai siapa saja. 

1. Salted Caramel Apple

Salted Caramel Apple

Minuman kekinian ini mempunyai perpaduan rasa yang unik dan sekaligus segar berkat tambahan buah apel di dalamnya. Cara membuatnya mudah, tinggal masukkan krim saja, jus apel, garam laut dan tentu saja saus karamel asin.

Agar semakin sempurna, tidak ada salahnya menambahkan irisan buah apel segar ke dalam minuman. 

2. Hot Chocolate Saus Karamel 

Hot Chocolate Saus Karamel

Ada lagi minuman dengan saus karamel asin yang cukup enak untuk dicoba, apalagi bagi mereka penggemar coklat. Saus karamel rasa asin dipadukan dengan minuman coklat panas, pasti sudah terbayang bagaimana uniknya.

Buat dulu coklat hangat, lalu tambahkan susu, dan siram dengan saus karamel. Minuman ini tentunya sangat cocok dinikmati saat cuaca sedang dingin. Lebih asik lagi kalau diberikan garnish marshmallow pada minuman. 

3. Mudslide Salted Caramel

Mudslide Salted Caramel

Para penggemar kopi boleh mencoba minuman mudslide, yang merupakan varian dari kopi. Pada resep asli minuman muslide dibuat dengan mencampurkan vodka, mengandung alkohol yang cukup tinggi, tapi hal tersebut bisa dihilangkan.

Bagaimana cara membuatnya? Siapkan kopi, vodka dan irish cream, lalu campurkan dengan sea salt dan saus karamel asin. Irish cream dan jug vodka (bagi yang tidak ingin) dapat diganti dengan minuman coklat. Cicipi dan rasakan sendiri bagaimana kenikmatannya.

4. Mocha Saus Karamel

Mocha Saus Karamel

Kebanyakan orang Indonesia menyukai minuman dengan rasa mocca, yang merupakan perpaduan kopi dan coklat. Paduan mocca yang enak bisa semakin nikmat kalau ditambah saus karamel yang rasanya asin. 

Minuman ini bahkan dapat dijadikan sebagai menu andalan bagi yang memiliki kafe. Perpaduan rasa manis, gurih dan asin adalah kenikmatan yang sulit didapatkan. Ingin mencoba membuatnya? Siapkan dulu bahan-bahannya yaitu susu, bubuk coklat dan heavy cream. 

Campurkan ketiga bahan tersebut ke dalam kopi yang sudah diseduh, dan akhiri dengan siraman saus karamel salty untuk melengkapi rasanya. Coklat dan kopi menghasilkan rasa baru yang disebut mocha dengan ciri khasnya, ditambah gurihnya susu dan saus asin, siapa yang tidak tertarik.

Membuat salted caramel di rumah menjadi cara hemat untuk bisa menikmati aneka hidangan dengan saus tersebut. Saus karamel asin memang sedang menjadi tren sebagai campuran dan topping makanan maupun minuman di cafe, resto, hotel ataupun mal.

Referensi :

https://www.allrecipes.com/recipe/245648/oh-so-easy-caramel-sauce/

Yuk, tulis resep masakanmu

Buat resep di Mealy, dibayar tiap bulan!