Cara Menggunakan Timbangan Digital

Editorial Mealy

Timbangan adalah benda yang berfungsi untuk mengukur berat sesuatu, jenis timbangan juga beragam seperti timbangan buah, timbangan badan, dan lain sebagainya. Kali ini kami akan membahas mengenai cara menggunakan timbangan digital yang baik dan benar.

Karena saat ini timbangan digital mulai banyak digunakan, terutama oleh para pedagang dan pemilik usaha kuliner. Dibandingkan dengan timbangan tradisional, timbangan digital mampu memberitahukan jumlah berat yang lebih spesifik. Tentu kamu sudah sering menemui timbangan digital di toko buah.

5 Cara Menggunakan Timbangan Digital supaya Akurat

Meskipun terlihat mudah, tetapi menggunakan timbangan digital tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Karena jika salah cara memakainya kemungkinan timbangan tidak akan akurat, atau lebih buruknya lagi timbangan bisa mudah rusak.

Timbangan digital yang akan kami bahas kali ini adalah timbangan dapur dan timbangan buah, bukan timbangan badan. Tapi pada intinya cara menggunakan timbangan digital ini tidak akan berbeda jauh, berikut penjelasan secara rincinya.

Letakkan Timbangan Digital di Tempat Rata

Letakkan Timbangan Di Tempat Rata

Cara yang sangat penting dan harus selalu kamu ingat sebelum menggunakan timbangan digital adalah letakkan di tempat rata atau datar. Karena permukaan dengan kemiringan tidak rata, bisa mempengaruhi hasil pengukuran berat.

Biasanya yang terjadi jika permukaan timbangan tidak rata, maka benda yang ditimbang akan terhitung semakin berat. Hal ini tentu akan berakibat buruk jika kamu sedang menimbang adonan atau bahan tertentu untuk membuat makanan.

Kamu bisa menggunakan tempat rata seperti meja kayu, atau jika ingin lebih aman letakkan saja timbangan di lantai. Karena lantai rumah sudah pasti memiliki permukaan yang rata dan pastinya juga kokoh.

Letakkan Timbangan Digital di Tempat Kokoh

Letakkan Timbangan Di Tempat Kokoh

Berikutnya selain rata, kamu juga harus memastikan tempat yang digunakan untuk meletakkan timbangan itu kokoh. Jangan pilih tempat yang memiliki permukaan lembek, mudah goyah, elastis, apalagi berair atau basah. Karena hal ini juga bisa mempengaruhi akurasi timbangan.

Selain itu tempat yang tidak kokoh juga bisa menyebabkan timbangan digital jadi mudah rusak. Karena ketika timbangan berada di tempat yang mudah goyah, maka berat timbangan tidak akan seimbang. Dan jangan pernah menggunakan timbangan di atas meja yang elastis.

Pastikan Baterai Timbangan Digital Terisi

Pastikan Baterai Timbangan Terisi

Kebanyakan timbangan digital bisa dioperasikan dengan menggunakan baterai. Untuk cara isi ulangnya juga beragam, ada yang harus mengganti baterai dan ada yang menggunakan baterai isi ulang. Tapi yang terpenting, sebelum menggunakan timbangan pastikan baterainya sudah terisi.

Setelah kamu memastikan baterai timbangan sudah terisi, baru kamu bisa menekan tombol ON untuk menggunakan timbangan tersebut. Jika kamu menggunakan timbangan digital yang baterai isi uang, pastikan baterainya terisi penuh.

Karena ketika ketika baterai timbangan digital lemah, kemungkinan akan mempengaruhi akurasinya. Setelah selesai menggunakan timbangan pastikan kamu segera menekan tombol OFF untuk mematikan, supaya baterai timbangan tidak cepat habis.

Tunggu sampai Angka 0 Muncul di Timbangan Digital

Tunggu Sampai Angka 0 Muncul

Jika ingin menggunakan timbangan yang hasilnya akurat, saat baru dinyalakan kamu harus menunggu sampai muncul angka 0. Jika angka 0 belum muncul jangan langsung menimbang benda apapun, karena dikhawatirkan hasilnya tidak akan akurat.

Nah ada juga timbangan digital tertentu yang menyediakan tombol khusus, supaya angka 0 pada timbangan bisa muncul. Biasanya tombol ini terletak di sebelah kanan atau kiri layar angka, tombol tersebut bertuliskan zero atau tare.

Bersihkah Timbangan Digital dengan Tisu atau Kain

Bersihkah Timbangan Dengan Tisu Atau Kain

Cara menggunakan timbangan digital terakhir supaya tidak mudah rusak adalah bersihkan tisu atau kain di bagian permukaannya. Hal ini bertujuan untuk menjaga kebersihan benda yang akan kamu timbang seperti makanan, buah, atau sejenis bahan masakan.

Jadi sebelum menimbang bersihkan dulu permukaan timbangan, baru gunakan untuk menimbang benda yang ingin kamu timbang. Minimal kamu harus membersihkan permukaan timbangan ini sekali dalam sehari.

Supaya timbangan digital bisa akurat maka kamu harus memperhatikan dimana timbangan diletakkan, penggunaan baterai, dan menunggu sampai angka 0 muncul. 

Sedangkan untuk menjaga timbangan tidak mudah rusak, kamu harus membersihkannya dan mengganti atau mengisi baterai secara rutin.

BACA JUGA: Dalam Rujak Buah, Wajib Ada 6 Buah Ini Agar Terasa Makin Segar!

4 Kelebihan Timbangan Digital yang Harus Kamu Tahu

Tahukah kamu, ternyata timbangan digital memiliki lebih banyak keunggulan dibandingkan dengan timbangan manual loh. Mulai dari pedagang di pasar hingga toko buah dan toko bahan makanan berskala besar, banyak yang sudah menggunakan timbangan digital.

Dan untuk kamu yang sering berbelanja baik ke pasar atau supermarket tentu sudah tidak heran lagi dengan hal tersebut. 

Banyaknya orang yang menggunakan timbangan digital tentu bukan tanpa alasan, berikut beberapa kelebihan timbangan digital yang jadi alasan kenapa banyak orang menggunakannya.

1. Tingkat Keakuratan Lebih Tinggi

4 Kelebihan Timbangan Digital Yang Harus Kamu Tahu

Alasan yang paling utama kenapa timbangan digital lebih banyak diminati adalah karena tingkat keakuratannya yang lebih tinggi. Dengan timbangan digital, kamu bisa mengetahui berat suatu benda bahkan dalam hitungan miligram.

Bahkan timbangan digital juga bisa menunjukkan jumlah timbangan dengan angka desimal. Dan angka timbangan ini juga bisa kamu lihat dengan mudah melalui layar atau kolom, yang biasanya terletak di bagian depan timbangan.

2. Bentuk Sederhana dan Mudah Dibawa

Alasan berikutnya kenapa mulai banyak pelaku bisnis menggunakan timbangan digital adalah karena bentuknya yang sederhana dan mudah dibawa. Jika menggunakan timbangan manual, kamu harus membawa anak timbangan yang beratnya dari 100 gram hingga 1 kilogram.

Sedangkan dengan menggunakan timbangan digital, kamu tidak perlu membawa perlengkapan lain lagi seperti anak timbangan. Selain itu timbangan digital juga mudah dibawa karena ukurannya yang biasanya kecil dan bobotnya yang ringan, bahkan tidak mencapai 2 kilogram.

3. Cara Penggunaan Lebih Mudah

Dibandingkan dengan timbangan manual, timbangan digital jauh lebih mudah digunakan. Dengan timbangan manual kamu harus menyeimbangkan antara berat benda dengan anak timbangan, supaya tahu berapa berat benda.

Sedangkan dengan timbangan digital, kamu hanya perlu meletakkan benda yang akan ditimbang di atas timbangan. Tanpa menggunakan perlengkapan lain lagi, kamu bisa langsung mengetahui berat benda tersebut, sangat mudah bukan.

4. Lebih Mudah Ditemukan

Di masa modern seperti saat ini, kamu akan lebih mudah menemukan timbangan digital daripada timbangan manual di pasaran. Bahkan timbangan digital ini juga bisa kamu beli dengan mudah melalui toko online.

Salah satu alasan kenapa timbangan digital lebih mudah ditemukan, tidak lain karena jumlah peminatnya yang juga banyak. Untuk membeli secara online, kamu hanya perlu mencari di internet jenis timbangan sesuai yang kamu butuhkan.

Setidaknya ada 4 alasan utama kenapa saat ini timbangan digital jauh lebih diminati dibandingkan dengan timbangan manual. Mulai dari tingkat akurasi lebih tinggi, bentuk sederhana dan mudah dibawa, penggunaan lebih mudah, hingga mudah ditemukan di pasaran.

Tentu sekarang kamu tidak bingung lagi bukan bagaimana cara menggunakan timbangan digital. Dengan cara penggunaan yang benar, maka timbangan digital tidak akan mudah rusak dan hasil timbangan yang diperlihatkan pasti akan akurat.

Yuk, tulis resep masakanmu

Buat resep di Mealy, dibayar tiap bulan!