Makanan Untuk Membersihkan Darah Kotor

Editorial Mealy

Darah kotor adalah suatu kondisi medis dimana darah yang ada dalam tubuh mengalami kekurangan oksigen. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya adalah pola makan. Nah kali ini kami akan membahas tentang makanan untuk membersihkan darah kotor.

Ketika kamu mengalami darah kotor, kamu bisa mengalami banyak gangguan kesehatan seperti alergi, kulit kering, dada nyeri, dan masih banyak lagi. Jika kamu sering mengalami jerawat atau bisul yang tidak segera sembuh, hal ini juga bisa menjadi salah satu tanda adanya darah kotor.

Seperti yang disampaikan sebelumnya darah kotor terjadi karena kurangnya oksigen pada darah. Dan kekurangan oksigen ini terjadi karena pola hidup yang tidak sehat. Maka dari itu kamu harus menjalankan pola hidup sehat mulai sekarang, baik dari faktor makanan, olahraga, dan sebagainya. 

Sampai saat ini masih banyak yang berpikir bahwa satu-satunya cara untuk membersihkan darah kotor adalah dengan mengonsumsi obat. Padahal nyatanya, kamu bisa mengobati darah kotor ini dengan makanan sehat yang bisa dikonsumsi sehari-hari loh.

Selain lebih mudah, mengosumsi makanan untuk membersihkan darah kotor tentu jauh lebih murah daripada harus membeli obat atau berkunjung ke dokter. Berikut ini merupakan 10 makanan alami untuk membersihkan darah kotor, yang harus rajin kamu konsumsi dari sekarang.

1. Apel

Apel

Makanan pertama yang sangat mudah kamu temukan dan berguna untuk membersihkan darah kotor adalah apel. Perlu kamu ketahui bahwa buah apel memiliki kandungan zat larut pektin yang sangat tinggi. Zat ini sangat bermanfaat untuk mengontrol kadar gula yang ada dalam darah.

Selain itu apel juga bermanfaat untuk mengikat kolesterol dan logam berat pada darah, sehingga aliran darah nantinya bisa lancar. Manfaat lain yang juga bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi sebuah apel setiap hari adalah pencernaan yang bersih dan sehat.

2. Ikan

Ikan

Selain mengandung protein tinggi bagi tubuh, ternyata ikan juga berguna untuk membersihkan darah kotor. Makanan yang berasal dari laut ini mampu membersihkan pembuluh darah. Bahkan ikan juga berguna untuk mencegah penggumpalan darah pada pembuluh arteri loh.

Kandungan omega 3 yang ada dalam ikan akan meningkatkan kolesterol baik pada tubuh dan menurunkan kadar trigliserida. Kadar trigliserida sendiri adalah salah satu jenis lemak yang mengalir dalam tubuh, dan jika berlebih akan menyebabkan berbagai penyakit.

3. Alpukat

Alpukat

Tentu kamu sering mendengar saat seseorang ingin diet, ia bisa mengonsumsi buah alpukat. Hal ini dikarenakan alpukat mampu menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada pada tubuh. Di sisi lain alpukat juga berguna untuk meningkatkan kadar kolesterol yang baik atau HDL.

Dengan mengonsumsi alpukat secara rutin, kamu bisa mencegah terjadinya oksidasi kolesterol. Perlu kamu ketahui oksidasi kolesterol bisa menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Jika pembuluh darahmu sempit, kamu akan merasakan sesak dan terbakar pada bagian dada.

4. Brokoli

Brokoli

Sayuran hijau yang satu ini memang diketahui memiliki banyak sekali manfaat, dan ternyata bisa membersihkan darah kotor juga. Brokoli memiliki kandungan vitamin K, yang berguna untuk mencegah penumpukan plak pada pembuluh darah arteri.

Sehingga dengan mengonsumsi brokoli secara rutin, kamu akan memiliki pembuluh darah yang sehat dan bersih. Mengenai cara mengonsumsi brokoli kamu juga tidak perlu bingung, kamu bisa merebusnya, dibuat tumis, atau kamu juga bisa memakannya mentah.

5. Kubis

Kubis

Berikutnya ada sayuran yang juga sangat mudah ditemukan di pasar atau supermarket yaitu kubis. Sayuran yang satu ini tentu sering kamu jumpai dalam berbagai menu makanan, salah satunya adalah sop. Tapi siapa yang tau ternyata kubis berguna untuk membersihkan darah kotor.

Karena kubis memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, bahkan bisa mencegah terjadinya kanker pada tubuh. Selain itu serat yang ada pada kubis juga berguna untuk menyeimbangkan kadar gula darah dan menurunkan kadar kolesterol pada tubuh.

6. Bayam

Bayam

Makanan untuk membersihkan darah kotor berikutnya bisa kamu beli dengan harga yang murah yaitu bayam. Bayam diketahui sangat efektif untuk menurunkan kadar homosistein yang ada dalam tubuh. Homosistein sendiri adalah sejenis asam amino dalam tubuh.

Jika kadar asam amino homosistein dalam tubuh terlalu tinggi, maka bisa menyebabkan terjadinya penyempitan pembuluh darah. Nah kandungan kalium, serat, dan folat yang ada pada bayam ini berguna untuk mencegah terjadinya penyempitan pembuluh darah tersebut.

BACA JUGA: Mengenal Ragam Buah Mangga yang Ada di Indonesia

7. Kacang-kacangan

Kacang Kacangan

Ingin cari camilan tapi yang menyehatkan dan bisa membersihkan darah kotor? Kamu bisa mencoba kacang kenari dan kacang almond. Kedua jenis kacang ini sangat efektif untuk menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada dalam darah.

Selain itu kacang kenari dan kacang almond juga berguna untuk mencegah penumpukan plak yang mungkin terjadi pada pembuluh darah arteri. Karena keduanya memiliki kandungan serat, vitamin E, dan protein yang tinggi. 

8. Semangka

Semangka

Tahukah kamu ternyata buah semangka juga bermanfaat untuk membersihkan darah kotor. Buah semangka memiliki kandungan asam amino yang bisa meningkatkan produksi nitrat oksida di dalam tubuh. Nitrat oksida ini bisa membuat pembuluh darah jadi lebih rileks.

Selain itu nitrat oksida juga mampu menurunkan tekanan darah serta menurunkan risiko peradangan pada tubuh. Berdasarkan sebuah penelitian di tahun 2019, semangka dinyatakan mampu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. 

9. Tomat

Tomat

Tomat adalah buah kecil berwarna merah yang sering dijadikan sebagai jus dan diketahui memiliki banyak manfaat. Salah satu manfaat dari tomat adalah mampu membersihkan darah yang kotor. Buah ini bisa mengurangi risiko terjadinya penyempitan pembuluh darah atau aterosklerosis.

Dengan mengonsumsi tomat secara rutin, kamu juga bisa menurunkan risiko penyakit jantung dan meningkatkan jumlah kolesterol baik dalam tubuh. Harga tomat juga cukup murah, sehingga kamu tidak perlu bingung jika ingin mengonsumsinya setiap hari.

10. Buah Bit

Buah Bit

Terakhir masih dari kategori buah-buahan yang juga  bermanfaat untuk membersihkan darah kotor yaitu buah bit. Buah yang satu ini juga mampu meningkatkan produksi oksida nitrat dalam tubuhmu. Tetapi untuk mendapatkan buah bit, mungkin kamu harus ke toko buah khusus atau supermarket.

Dengan mengonsumsi buah-buahan yang mengandung oksida nitrat secara rutin, kamu bisa mengurangi risiko terkena penyempitan pembuluh darah. Buah bit sendiri memiliki kandungan nitrat di dalamnya, dan ketika dimakan maka tubuh akan merubahnya menjadi oksida nitrat.

Ada banyak sekali cara yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan darah kotor, tanpa harus buru-buru mengonsumsi obat. Untuk buah seperti bit, tomat, alpukat, apel, dan semangka, kamu bisa menjadikannya jus. Bisa juga dimakan secara langsung karena buah-buahan tidak perlu diolah.

Jika ingin mencoba makanan untuk membersihkan darah kotor dari sayuran, kamu bisa mengolahnya jadi menu yang enak. Tapi pastikan cara memasaknya juga sehat, seperti direbus, dikukus, atau ditumis. Pastikan kurangi penggunaan minyak karena bisa menambah kolesterol.

Yuk, tulis resep masakanmu

Buat resep di Mealy, dibayar tiap bulan!