Cara Menghilangkan Panas Cabe di Tangan

Editorial Mealy

Cabe adalah salah satu bahan makanan yang sering ditemui di dapur dan sering digunakan sebagai bumbu masak. Ketika sedang memasak sambal, pernahkah tanganmu terasa panas karena terkena cabe? Nah kali ini kami akan membahas bagaimana cara menghilangkan panas cabe di tangan.

Seperti yang kita ketahui kegiatan memasak tentu tidak jauh dari memotong, mengupas, meracik, menumbuk, dan lain sebagainya. Hal ini tentu menyebabkan tanganmu bisa terkena bumbu atau bahan masakan yang sedang diolah, salah satunya adalah cabe.

Ketika tanganmu terkena cabe dan tidak segera dibersihkan, maka bisa menimbulkan rasa panas atau terbakar yang sangat mengganggu. Bahkan ada beberapa orang yang tidak hanya merasakan panas, tetapi juga timbul sensasi kebas.

Cara Menghilangkan Panas Cabe di Tangan

Penyebab utama timbulnya rasa panas ketika tangan terkena cabe adalah karena kandungan minyak dan capsaicin pada cabe. Untuk mengatasi rasa panas tersebut, hanya membersihkannya dengan air mengalir tentu tidak cukup. Karena rasa panasnya akan kembali lagi setelah tangan tidak terkena air.

Selain karena memasak, ternyata rasa panas pada tangan juga bisa terjadi setelah kamu makan sambal langsung menggunakan tangan loh. Nah berikut ini merupakan cara menghilangkan rasa panas di tangan akibat cabe, dengan bahan-bahan yang sangat mudah.

Menghilangkan Panas Cabe Dengan Minyak Sayur

Cara Menghilangkan Panas Cabe Sambal Minyak Sayur

Bahan pertama yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan panas di tangan karena cabe adalah, minyak sayur. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu mengoleskan minyak sayur ke seluruh bagian tangan secara merata dan biarkan meresap.

Jika minyak sayur sudah tidak basah dan meresap di tangan, kamu bisa segera membilasnya dengan air sampai bersih. Ketika diolesi minyak tanganmu mungkin terasa lengket, tapi selain menghilangkan panas cara ini juga bisa menghilangkan bau cabe pada tangan loh.

Menghilangkan Panas Cabe Dengan Lidah Buaya

Lidah buaya adalah salah satu tanaman yang dikenal memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Untuk kamu yang mengalami panas di tangan karena cabe, kamu bisa menggunakan gel lidah buaya. Kamu bisa menggunakan gel lidah buaya dari tanamannya langsung atau yang berupa produk.

Gel lidah buaya bisa memberikan sensasi dingin pada kulit dan memperlancar sirkulasi darah. Penggunaannya juga sangat mudah, pastikan tangan dalam keadaan bersih kemudian olesi gel lidah buaya secara merata.

Menghilangkan Panas Cabe Dengan Susu Tinggi Lemak

Cara menghilangkan panas cabe di tangan yang tidak kalah mudah, bisa kamu lakukan dengan menggunakan susu. Berdasarkan penelitian, lemak yang ada dalam susu bisa memecah kandungan minyak yang ada pada lada dan cabe.

Jadi jika ingin menghilangkan rasa panas karena cabe, pastikan kamu menggunakan susu yang memiliki kandungan lemak tinggi. Gunakan susu dingin yang tinggi lemak, kemudian rendam tanganmu di dalamnya dan rasa panas pada kulit akan segera hilang.

Menghilangkan Panas Cabe Dengan Larutan Santan

Santan adalah salah satu utama yang wajib digunakan ketika kamu memasak opor atau gulai. Tapi ternyata selain digunakan untuk memasak, ternyata larutan santan juga bisa digunakan untuk mengatasi panas di tangan karena cabe loh.

Kamu cukup membuat larutan santan yang kental, kemudian mengoleskan atau merendam tangan yang panas pada santan tersebut. Cara yang satu ini diketahui cukup efektif dan bisa mengurangi rasa panas karena cabe dengan cepat.

Menghilangkan Panas Cabe Dengan Soda Kue

Selama ini banyak orang yang mengetahui fungsi lain dari soda kue adalah untuk membersihkan peralatan dapur. Padahal pasta soda kue juga bisa kamu gunakan untuk menghilangkan rasa panas dan terbakar pada tangan karena cabe.

Caranya adalah campurkan pasta soda kue dengan air secukupnya menggunakan wadah yang tidak terlalu besar seperti mangkuk. Setelah itu oleskan cairan soda kue tersebut secara merata di bagian tangan yang terasa panas.

Menghilangkan Panas Cabe Dengan Sabun Cuci Piring

Seperti yang kita tahu saat ini ada banyak sekali sabun cuci piring yang bisa menghilangkan berbagai kotoran dan lemak. Untuk menghilangkan rasa panas di tangan karena cabe, sabun cuci piring diketahui lebih efektif dibandingkan sabun cuci tangan biasa loh.

Karena sabun cuci piring diketahui dapat melarutkan kandungan minyak yang berasal dari cabe. Jadi setelah kamu memotong cabe atau paprika, pastikan kamu segera cuci tangan menggunakan sabun cuci piring sampai bersih.

BACA JUGA: Berbagai Jenis Gula dan Manfaatnya

Menghilangkan Panas Cabe Dengan Hand Sanitizer

Selain berguna untuk menghilangkan kuman dan menjaga tangan tetap bersih, hand sanitizer juga bisa digunakan untuk menghilangkan panas karena cabe. Karena hand sanitizer memiliki kandunag alkohol, yang bisa melarutkan minyak cabe dan capsaicin.

Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu mengoleskan hand sanitizer secara merata pada tangan yang terasa panas. Tapi sebelum menggunakan cara ini, pastikan kulitmu tidak alergi terhadap kandungan alkohol. 

Menghilangkan Panas Cabe Dengan Gula Pasir

Tahukah kamu ternyata menggunakan gula pasir adalah salah satu cara menghilangkan panas cabe di tangan yang sangat mudah dan efektif. Kamu hanya memerlukan gula pasir tanpa harus mencampurnya dengan bahan lain atau mengolahnya lagi.

Caranya pastikan tanganmu sudah bersih dan dalam keadaan sedikit basah, kemudian taburkan gula pasir pada tangan yang panas. Biarkan selama beberapa saat, kemudian basuh tangan dengan air dan gosok dengan lembut hingga bersih.

Menghilangkan Panas Cabe Dengan Oleskan Madu

Masih dari bahan dapur yang juga memiliki rasa manis, madu juga bisa kamu gunakan untuk menghilangkan panas di tangan karena cabe. Karena madu memiliki kandungan antioksidan yang bisa meringankan gejala peradangan dan rasa terbakar pada kulit.

Caranya rendam kapas dalam sebuah mangkuk berisi madu, kemudian totolkan kapas tersebut sedikit demi sedikit pada tangan. Jangan oleskan madu begitu saja secara merata pada tangan yang panas, karena nantinya tanganmu justru terasa lengket dan madu menetes kemana-mana.

Menghilangkan Panas Cabe Dengan Rendam dengan Air Hangat

Cara menghilangkan panas cabe di tangan yang satu ini mungkin akan terdengar aneh yaitu, merendamnya dengan air hangat. Tapi nyatanya dengan menggunakan air hangat, justru rasa panas dan terbakar karena cabe bisa cepat hilang loh.

Caranya dengan merendam tangan pada air hangat dalam waktu 20-30 detik selama beberapa kali. Tapi mungkin tidak semua orang bisa menggunakan cara ini. Karena ketika tangan yang terasa panas karena cabe direndam dengan air panas, akan timbul sensasi perih pada kulit. 

Menghilangkan Panas Cabe Dengan Kompres dengan Es Batu

Cara Menghilangkan Panas Cabe Sambal Kompres Dengan Es Batu

Cara terakhir yang tidak kalah mudah adalah, mengompres langsung tangan yang panas menggunakan es batu. Tapi perlu diingat, gunakan kain ketika mengompres tangan dan usahakan es batu tidak langsung mengenai kulit.

Ketika tangan dikompres dengan es batu, maka rasa panas akan langsung menghilang. Tapi supaya rasa panasnya benar-benar hilang, kamu harus mengompres tangan dengan es batu beberapa kali.

Cara menghilangkan panas cabe di tangan bisa kamu coba di rumah dengan bahan seadanya. Kamu bisa menggunakan bahan seperti minyak, santan, susu, soda kue, gula, es batu, dan banyak lagi. 

Yang terpenting Anda harus konsisten dan melakukannya beberapa kali sampai panas benar-benar hilang.

Yuk, tulis resep masakanmu

Buat resep di Mealy, dibayar tiap bulan!