12 Fungsi Lain Tepung Maizena Selain Pengental Kuah Untuk Kebutuhan Sehari-hari!

Editorial Mealy

Rupanya ada beragam fungsi lain tepung maizena selain pengental kuah dalam kehidupan sehari-hari. Tepung maizena atau dalam bahasa Inggris dikenal sebagai corn starch merupakan tepung yang terbuat dari sari pati jagung. Tepung ini umumnya menjadi bahan pelengkap dalam masakan. 

Kamu dapat menggunakan tepung maizena untuk mengentalkan kuah dalam masakan atau menggoreng agar gorengan tetap renyah. Namun selain kedua fungsi tersebut tepung maizena rupanya memiliki fungsi lain. Ini dia beragam fungsi dari tepung maizena : 

Apa Fungsi Lain Tepung Maizena Selain Pengental Kuah? 

Tepung maizena dikenal dengan teksturnya yang halus dan warnanya yang putih. Tepung ini juga dikenal bebas gluten sehingga aman bagi penderita alergi gluten. Tepung maizena dibuat dengan menggiling jagung untuk kemudian diambil saripati yang kemudian dijadikan sebagai tepung. 

Saripati yang sudah diambil kemudian direndam dan difermentasi hingga menghasilkan tepung maizena yang berguna. Tidak hanya berfungsi sebagai bahan masakan, tepung maizena juga berguna untuk kebutuhan lainnya. Berikut adalah berbagai fungsi dari tepung maizena yang bisa kamu gunakan!

1. Membuat Masakan Tidak Gosong

Fungsi pertama dari tepung maizena adalah membuat makanan tidak cepat gosong. Ketika menggoreng, makanan sangat mungkin gosong karena berbagai faktor seperti api yang terlalu besar atau minyak yang terlalu panas hingga menggoreng terlalu lama. 

Maka dari itu, baluri bahan-bahan sebelum digoreng dengan tepung maizena. Hasil gorengan jadi lebih cantik dengan warna kuning keemasan tanpa rasa gosong atau warna kehitaman deh! 

2. Melembutkan Kue Kering

Fungsi lain tepung maizena selain pengental kuah adalah untuk membuat kue kering lebih lembut. Peran tepung maizena dalam proses pembuatan kue kering adalah membuat kue kering jadi lebih renyah namun lembut ketika dikunyah. 

Caranya cukup tambahkan tepung maizena dalam adonan kue kering. Namun jangan lupa mengurangi takaran tepung terigu jika menambahkan tepung maizena. Selain itu, ayak kedua tepung ini agar tercampur rata dan adonan kue kering menjadi mulus. 

3. Mengempukkan Daging

Untuk kamu yang suka memasak daging, tentu butuh kesabaran ekstra saat mengolah daging. Dibutuhkan waktu yang tepat untuk mendapatkan tingkat kematangan daging yang sempurna. Nah agar daging jadi lebih empuk dan juicy, kamu bisa gunakan tepung maizena lho!

Kamu cukup membaluri daging dengan tepung maizena sebelum menggoreng atau menumis daging. Dengan dilumuri tepung maizena, daging jadi lebih empuk dan juicy karena cairan juice dalam daging tidak keluar saat digoreng maupun ditumis. 

4. Membuat Minyak Tidak Meletup

Selain berguna untuk lapisan menggoreng karena fungsinya yang mampu membuat bahan masakan jadi lebih krispi dan empuk, tepung maizena juga berguna untuk mengurangi letupan saat menggoreng. Bahan-bahan seperti ikan atau hati ampela dapat dilapisi lebih dahulu dengan tepung maizena. 

Dengan demikian, minyak panas yang meletup karena bahan-bahan ini bisa diredam. Selain melapisi bahan, kamu juga bisa menambahkan setengah sendok makan tepung maizena ke dalam minyak goreng sebelum mulai menggoreng. Namun bersiaplah karena minyakmu akan jadi lebih keruh. 

5. Membuat Gorengan Lebih Krispi

Sudah rahasia umum jika fungsi lain tepung maizena selain pengental kuah adalah untuk membuat gorengan jadi lebih renyah dan krispi. Tepung maizena sering menjadi bahan dalam adonan pelapis gorengan. Kerenyahan hasil gorengan dengan tepung maizena juga lebih tahan lama. 

Namun jangan lupa mengurangi takaran tepung terigu jika adonan gorengan dicampur dengan tepung maizena. Gunakan takaran dan perbandingan yang tepat agar hasil gorengan jadi cantik dan renyah tahan lama ya!

6. Lebih Cepat Meresap Minyak

Alasan lain tepung maizena kerap digunakan untuk menggoreng karena tepung maizena mampu menyerap minyak dengan cepat. Jadi bahan yang kamu goreng akan lebih cepat matang karena minyak terserap ke bahan makanan dengan cepat. 

Penyerapan juga dapat lebih sempurna karena hingga ke dalam. Makanan pun matang dengan sempurna dan merata. Meski demikian, minyak yang terserap juga tidak berlebihan sehingga kamu tidak perlu terlalu khawatir!

7. Tambahan MPASI

Fungsi lain tepung maizena selain pengental kuah adalah sebagai tambahan untuk MPASI. Makanan Pendamping Air Susu Ibu atau biasa disebut sebagai MPASI adalah makanan yang diberikan untuk anak dalam masa transisi dari asi ke makanan padat. 

MPASI harus sehat dan lembut. Namun karena teksturnya yang lembut terkadang bisa jadi terlalu cair. Untuk mengentalkan MPASI kamu bisa menambahkan satu sendok teh tepung maizena dalam pure yang diaduk dengan cepat. Penambahan tepung maizena tetap aman dan tidak merubah rasa. 

8. Mengurangi Minyak Rambut

Tidak hanya digunakan untuk memasak, tepung maizena rupanya juga berguna untuk mengurangi minyak pada rambut. Bagi kamu yang memiliki rambut berminyak tentu hal ini cukup mengganggu. Apalagi tidak semua shampo dapat mengatasi permasalahan ini. 

Tepung maizena dapat mengurangi masalah rambut berminyak lho! Campurkan tepung maizena dengan minyak yang harum seperti peppermint dan lavender agar rambut tetap segar dan wangi!

9. Mengurangi Iritasi

Selain mengurangi minyak di rambut, tepung maizena juga dapat mengatasi iritasi pada kulit. Namun hanya iritasi ringan seperti akibat gigitan serangga atau ruam pada kulit. Untuk mengurangi iritasi, gunakan pasta dari tepung maizena. 

Caranya cukup dengan mencampur 3 sendok makan tepung maizena dengan air bersuhu ruang. Kemudian pasta dapat dioleskan pada area yang terkena iritasi. Ternyata fungsi lain tepung maizena selain pengental kuah juga berguna untuk kesehatan ya!

10. Masker Wajah

Karena dapat menyerap minyak, maka tepung maizena dapat digunakan pula sebagai masker wajah. Tepung maizena dapat menjadi bahan dasar untuk campuran masker organik. Kamu bisa menambahkan bahan-bahan lainnya seperti madu, minyak zaitun, atau bahan lain sesuai kebutuhan kulitmu. 

Tidak hanya berfungsi sebagai masker, tepung maizena juga dapat difungsikan sebagai scrub atau lulur tubuh. Selain aman dikonsumsi, penggunaan tepung maizena sebagai masker dan lulur ini juga bisa bikin kulitmu mulus dan glowing!

11. Menghilangkan Bau

Tepung maizena ternyata juga berfungsi untuk menghilangkan bau terutama untuk bau pada karpet. Caranya hanya dengan menaburi karpet dengan tepung maizena kemudian diamkan selama 30 menit. Setelah 30 menit, bersihkan tepung maizena dari karpet dengan vacuum cleaner. 

Tidak hanya menghilangkan bau, tepung maizena juga bisa membersihkan kecoa. Caranya, campurkan plester paris dengan tepung maizena dan diamkan beberapa menit. Bersihkan area tersebut dan kecoa tidak akan kembali lagi! 

12. Membersihkan Kaca

Fungsi terakhir dari tepung maizena adalah untuk membersihkan kaca. Tepung maizena dapat dibuat menjadi larutan pembersih kaca dengan mencampurkan 2 sendok makan tepung maizena dengan setengah cangkir amonia dan 3,7 liter air. Kemudian aduk rata larutan ini. 

Setelah itu masukkan dalam botol semprot dan larutan pembersih kaca siap digunakan. Jangan lupa bilas kaca yang sudah dibersihkan dengan larutan ini menggunakan air hangat. Setelah dibilas, keringkan kaca dengan kain yang tidak berserat. 

—---------------------------------------

Jadi apa fungsi lain tepung maizena selain pengental kuah? Jawabannya, banyak fungsi lain dari tepung maizena mulai dari membersihkan karpet hingga jadi masker wajah. Apakah kamu pernah coba salah satu dari fungsi tepung maizena di atas?

Yuk, tulis resep masakanmu

Buat resep di Mealy, dibayar tiap bulan!