Kenali Perbedaan Susu Full Cream, Susu Low Fat, dan Susu Skimmed Agar Tidak Salah Pilih!

Editorial Mealy

Perbedaan susu full cream susu low fat dan susu skimmed dapat dikenali meskipun beberapa jenis susu ini terlihat sama baik pada susu cair maupun susu bubuk. Selain label yang berbeda, ketiga jenis susu ini juga memiliki kandungannya masing-masing. 

Tiga jenis susu ini umum beredar di pasar dan bisa ditemui di supermarket, toko, dan sebagainya. Apa yang membedakan ketiga jenis susu ini? Berikut adalah penjelasan untuk masing-masing jenis susu agar kamu tahu perbedaannya!

Macam-macam Perbedaan Susu Full Cream Susu Low Fat dan Susu Skimmed

Di pasaran, pengelompokkan jenis susu didasarkan pada kandungan lemaknya. Terdapat beberapa jenis susu yang diolah untuk mengurangi kandungan lemaknya agar dapat memenuhi kebutuhan pasar. Mana jenis susu dengan kandungan lemak paling tinggi hingga paling rendah?

1. Susu Full Cream

Kandungan lemak yang paling tinggi terdapat pada jenis susu full cream. Susu ini umumnya disebut juga sebagai susu segar atau fresh milk, full fat milk, atau whole milk. Kandungan lemak pada susu segar ini adalah 3 hingga 3,5 persen. 

Biasanya susu full cream memiliki kekentalan yang lebih tinggi. Selain lebih kental, susu jenis ini juga memiliki rasa yang lebih gurih. Tidak hanya dapat dikonsumsi secara langsung, susu full cream juga kerap dijadikan sebagai bahan tambahan dalam memasak agar masakan lebih creamy. 

Meskipun memiliki kandungan lemak yang tinggi, susu full cream lebih disarankan untuk dikonsumsi oleh anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Di sisi lain, kandungan lemak yang tinggi ini tidak baik untuk orang dewasa karena dapat meningkatkan kadar kolesterol. 

2. Susu Low Fat

Jenis susu kedua adalah susu low fat. Seperti yang sudah disebutkan, perbedaan susu full cream susu low fat dan susu skimmed adalah dari kandungan lemaknya. Nah seperti namanya, susu low fat memiliki kandungan lemak yang lebih rendah jika dibandingkan dengan susu full cream. 

Umumnya susu low fat atau biasa disebut dengan susu rendah lemak atau semi skim milk memiliki kandungan lemak sekitar 1 hingga 2 persen saja. Kandungan lemak pada susu ini sengaja dikurangi agar jumlah kalori dalam susu ini juga menurun. 

Berbeda dengan susu full cream, susu rendah lemak memiliki tekstur yang lebih cair. Rasanya pun tidak terlalu creamy seperti susu segar. Dengan pengurangan kadar lemak dan kalori dalam susu low fat, kandungan vitaminnya juga turut berkurang. 

3. Susu Skim

Jenis susu dengan kadar lemak paling rendah adalah susu skim. Susu ini juga biasa disebut dengan susu non fat karena memiliki kandungan lemak 0 hingga 0,5 persen. Kadar lemak dalam susu ini memang sengaja dihilangkan hingga hanya menyisakan kandungan lemak setidaknya 0,5 persen saja. 

Dengan hilangnya kandungan lemak pada susu skim, maka asupan kalorinya berkurang dan vitamin dalam susu ini juga hilang. Namun, susu skim sangat cocok untuk dikonsumsi ketika sedang diet. Hal ini karena susu skim tidak mengandung lemak sama sekali sehingga tidak menambah konsumsi kalori. 

Perlu diingat pula bahwa susu jenis ini tidak dianjurkan untuk anak-anak di bawah usia 5 tahun. Hal ini dikarenakan susu skim dapat menghambat proses pertumbuhan anak karena kandungan lemak dan kalorinya yang rendah. 

Manfaat Masing-masing Jenis Susu

Selain perbedaan susu full cream susu low fat dan susu skimmed dari kandungan lemaknya, manfaat yang diberikan ketiga jenis susu ini juga berbeda. Dengan manfaat yang berbeda, masing-masing jenis susu juga harus dikonsumsi dengan tepat. Ini dia manfaat dari ketiga jenis susu ini : 

1. Manfaat Susu Full Cream

Karena kandungan lemaknya yang tinggi, susu full cream sangat berguna untuk pendukung pertumbuhan anak. Selain itu, susu jenis ini juga memiliki manfaat lain mulai dari manfaat untuk kesehatan hingga manfaat untuk masakan seperti penjelasan berikut ini : 

Untuk Makanan dan Minuman

Tidak hanya sehat, susu full cream juga memiliki rasa yang enak. Maka tidak heran jika susu ini kerap menjadi bahan tambahan untuk berbagai jenis makanan dan minuman. Susu full cream memberikan rasa dan tekstur yang creamy sehingga membuat makanan dan minuman terasa semakin lezat. 

Kamu bisa menggunakan susu full cream sebagai bahan tambahan untuk makanan seperti vla pada puding, krim pada pastry, isian kue, bitterballen, hingga macaroni schotel. Kamu juga bisa mencampurkan susu full cream dengan berbagai minuman seperti kopi atau teh. 

Untuk Kesehatan

Kandungan susu full cream juga sangat berguna bagi kesehatan. Dengan rutin mengkonsumsi susu full cream, kesehatan jantung dan tulang lebih terjaga. Kandungan kalsium dapat menjaga kesehatan tulang, gigi, dan kesehatan syaraf. 

Sedangkan kandungan magnesium dapat menjaga kesehatan jantung karena mampu mengontrol tekanan darah. Selain itu, magnesium juga berfungsi menjaga kelancaran peredaran darah sehingga mengurangi tekanan pada organ vital/

Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan, susu full cream juga bermanfaat untuk meningkatkan fungsi otak sehingga cocok untuk perkembangan anak. Vitamin B dalam susu full cream mampu meningkatkan fungsi otak dan menjaga siklus tidur terutama pada anak-anak. 

2. Manfaat Susu Low Fat

Perbedaan susu full cream susu low fat dan susu skimmed dari manfaatnya juga dapat ditemukan di susu low fat. Susu ini memang memiliki rasa dan tekstur yang kurang creamy jika dibandingkan dengan susu full cream namun tetap memberikan beberapa manfaat seperti berikut ini : 

Untuk Makanan dan Minuman

Meskipun memiliki rasa dan tekstur yang kurang creamy namun susu low fat tetap bisa dijadikan sebagai bahan tambahan makanan atau minuman. Susu jenis ini cocok untuk ditambahkan untuk makanan atau minuman yang tidak terlalu creamy sehingga tetap bisa menonjolkan rasa aslinya. 

Untuk Kesehatan

Bagi kesehatan, susu rendah lemak sangat berguna untuk menambah kekuatan tulang. Hal ini dikarenakan kandungan kalsium dalam susu rendah lemak tetap tinggi. Tidak hanya itu, susu rendah lemak juga menjadi minuman terbaik setelah berolahraga karena mampu membentuk massa otot. 

Manfaat lainnya dari susu rendah lemak kurang lebih sama seperti manfaat susu full cream yakni mengontrol tekanan darah, menyehatkan organ pencernaan, dan menjaga kesehatan organ vital seperti jantung dan sirkulasi darah. 

3. Manfaat Susu Skim 

Meskipun memiliki kandungan lemak yang paling rendah namun susu skim tetap bermanfaat terutama untuk kamu yang sedang diet. Tidak hanya itu, susu skim juga kerap digunakan untuk bahan tambahan dalam pembuatan makanan. Berikut beberapa manfaat susu skim : 

Untuk Makanan dan Minuman

Meski tidak menghasilkan rasa yang creamy namun susu skim kerap digunakan sebagai bahan tambahan untuk membuat makanan seperti kue, roti, pastry, dan sebagainya. Umumnya susu skim menjadi pilihan dalam pembuatan makanan yang sudah memiliki banyak kandungan lemak. 

Untuk Kesehatan

Seperti yang sudah diketahui, susu skim sangat baik bagi kamu yang sedang diet karena tidak berlemak dan rendah kalori. Selain itu, susu skim juga dapat menurunkan berat badan namun tetap memberikan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan untuk kesehatan tubuh. 

—-----------------------------------------------

Kini kamu sudah mengetahui apa saja manfaat dan perbedaan susu full cream susu low fat dan susu skimmed. Kamu bisa mengkonsumsi jenis-jenis susu tersebut sesuai dengan kebutuhanmu. Mana susu yang paling sering kamu konsumsi?

Yuk, tulis resep masakanmu

Buat resep di Mealy, dibayar tiap bulan!