Jenis Blender dan Food Processor 101

Editorial Mealy

Jika berbicara tentang perbedaan blender dan food processor, masih banyak sekali orang yang belum bisa membedakan kedua alat elektronik dapur ini. Blender memiliki fungsi utama untuk menghaluskan bahan makanan baik itu yang basah maupun kering. 

Sedangkan processor punya fungsi utama dalam mengelola bahan makanan yang masih padat atau keras. Hasil proses penggunaan food processor ini adalah serpihan kasar bahan makanan tersebut. Meskipun punya perbedaan signifikan, namun keduanya unggul digunakan untuk urusan dapur. 

Utamanya kedua alat elektronik ini praktis untuk menghaluskan bahan makanan yang masih kasar atau padat. Jika dilihat dari jenisnya, ada beberapa jenis blender dan food processor. 

Macam-macam Blender dan Food Processor Terbaik

Sebagaimana yang sudah disinggung sekilas di atas, baik blender maupun food processor memiliki berbagai macam jenisnya. Penggunaan dari dua alat ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Secara garis besar semua jenis ini punya fungsi utama yang sama. 

Jadi meskipun berbeda-beda, namun penggunaannya sama. Langsung saja agar tak semakin penasaran, berikut ini beberapa macam jenis food processor dan blender yang umumnya dijual di pasaran: 

Blender Mata Konstan

Blender Mata Konstan

Jenis yang pertama ada blender mata konstan. Blender yang satu ini sama seperti blender yang umumnya kamu lihat di berbagai toko dan sangat umum digunakan oleh ibu rumah tangga. 

Sebagaimana namanya, blender ini punya mata penggiling yang tetap dan tidak bisa dibongkar pasang. Namun ada jenis blender ini yang sudah dilengkapi dengan fitur lain seperti wet mill dan dry mill. Wet mill ini digunakan untuk menghaluskan bahan basah. 

Sedangkan dry mill adalah fitur untuk menghaluskan bahan makanan kering. Setiap fitur tersebut juga dilengkapi dengan mata blender yang tajam dan terpasang secara konstan atau tetap. 

Single Serve Blender

Single Serve Blender

Selanjutnya dari jenis blender dan food processor ada yang namanya single serve blender. Alat ini punya nama lain yang sering disebut dengan personal blender. Umumnya single serve blender ini dipakai untuk menghaluskan buah dan sayur secara lebih praktis dan cepat. 

Bentukan jenis blender ini lebih mungil atau kecil dibandingkan blender biasa yang digunakan  untuk bumbu. Bentuknya bahkan ada yang hampir mirip dengan tumbler. Wadah blender single serve ini bahkan bisa langsung dijadikan sebagai gelas. 

Jadi ketika buah selesai diblender, kamu bisa langsung meminumnya dari wadah blender ini. Sedangkan bentukan wadah blender yang seperti tumbler pun bisa kamu bawa saat berolahraga, jadi sangat praktis digunakan. 

Hand Blender

Hand Blender

Hand blender punya bentuk yang berbeda dengan dua jenis blender sebelumnya. Hand blender tidak menyediakan wadah untuk bahan makanan yang akan dihaluskan. Jika dilihat secara seksama, blender ini hanya punya mesin dan mata pisau yang menyatu. 

Sesuai namanya, penggunaan blender ini dengan cara dipegang menggunakan tangan. Sedangkan bahan makanan yang ingin diblender bisa ditaruh di wadah sendiri seperti baskom dan sejenisnya. 

Saat menggunakan blender jenis ini kesannya akan seperti menumbuk makanan. Hanya saja cara kerjanya lebih cepat karena menggunakan mesin yang canggih. Hand blender memiliki ganggang memanjang untuk pegangan tangan yang sudah dirancang secara aman dan nyaman. 

Hand blender juga aman dipakai untuk menghaluskan bahan makanan secara langsung di dalam panci. Biasanya orang menggunakan blender ini untuk membuat sup krim atau saus. 

BACA JUGA: 8 Tips Membuat Vla Puding Mudah Sederhana di Rumah!

Cold Press Juicer

Cold Press Juicer

Sebenarnya kegunaan blender yang satu ini hampir sama dengan single serve blender, yaitu lebih cenderung digunakan untuk menghaluskan buah dan sayur. Hanya saja cold press juicer jauh lebih efektif karena tidak menimbulkan suhu panas saat digunakan. 

Suhu panas yang dihasilkan dari penggunaan blender tentu akan berpengaruh terhadap kandungan vitamin buah atau sayur yang sedang dihaluskan. Sedangkan cold press juicer ini dirancang untuk menghaluskan buah dan sayur menggunakan tekanan. 

Tekanan yang dilakukan oleh mesin jenis blender dan food processor ini tidak menimbulkan gesekan mata pisau dan bahan yang diblender. Jadi sangat aman dan tentunya efektif. Kamu jadi bisa menikmati jus buah atau sayur tanpa kekurangan kandungan vitamin dan nutrisinya. 

Jenis mesin penghalus makanan ini sangat cocok untuk kamu yang sedang diet dan suka konsumsi jus buah dan sayur. 

Juicer

Juicer

Lanjut ke jenis mesin penghalus makanan selanjutnya ada juicer. Seperti namanya, blender atau food processor yang satu ini secara signifikan digunakan untuk menghaluskan bahan menjadi jus. Alat penghalus makanan ini punya ukuran yang agak besar. 

Terdapat wadah penampung ampas buah atau sayur yang sedang diblender. Alat ini juga semakin lengkap dengan tabung jus yang berisi hasil menghaluskan buah atau sayurnya. Demi kemudahan penggunaannya, alat blender atau food processor ini sudah dibekali dengan tongkat.

Tongkat yang dimaksud di sini adalah alat kecil memanjang yang berfungsi untuk mendorong bahan yang sedang diblender agar bisa lebih mudah masuk dan tergerus mesin blender. Unggulnya lagi  juicer ini juga dilengkapi dengan saringan. 

Saringan pada juicer memiliki fungsi utama untuk menyaring biji buah dan atau ampas yang tidak diperlukan lagi. Sehingga nantinya hasil jus bisa lebih murni dan lebih nikmat dirasakan. Dari berbagai fitur yang disediakan, juicer tergolong blender dan food processor yang praktis. 

Food Processor 

Food Processor

Bentuk dan fungsi food processor yang hampir sama dengan blender ini membuat banyak orang jadi agak susah membedakannya. Yang jelas food processor ini cenderung digunakan untuk menghaluskan bahan makanan yang lebih beragam. 

Food dibekali dengan wadah yang lebih lebar, sehingga dapat menampung bahan makanan  yang ingin diolah dalam skala yang lebih banyak. Fasilitas ini jarang dimiliki oleh blender biasa yang ukurannya tidak lebar. 

Mulai dari daging, bumbu, sayuran, bahkan adonan bisa dihaluskan menggunakan food processor. Meskipun blender juga bisa melakukan fungsi yang dilakukan oleh food processor, namun umumnya kerja blender lebih ringan dari food processor.  

Hasil olahan blender food processor juga tidak selalu halus lembut. Hal ini karena food processor dapat difungsikan untuk merajang bumbu kasar. Secara umum ada banyak sekali macam-macam food processor. 

Salah satu contohnya adalah perajang bawang. Mesin food processor untuk merajang bawang ini lebih mungil namun sangat efektif untuk merajang bawang. Kamu tidak perlu lagi menghabiskan waktu merajang menggunakan pisau biasa. 

Ada juga food processor yang bentuknya seperti blender yang cenderung digunakan untuk menghaluskan bumbu atau adonan. Food processor memiliki mata pisau yang terpisah dengan wadah dan mesinnya. 

Hal ini tentu berbeda dengan blender kebanyakan yang mata pisaunya permanen atau menetap. Dengan mata pisau yang terpisah ini, food processor jadi jauh lebih mudah dibersihkan sehingga tidak ada lagi sisa bahan makanan yang menempel. 

Blender sudah pasti dapat menghaluskan bahan makanan karena didesain seperti itu. Sedangkan food processor tidak pasti dapat menghaluskan karena pada kenyataannya ada jenis food processor yang dirancang hanya untuk merajang bumbu dapur. 

Dari berbagai jenis blender dan food processor di atas, kini tentunya kamu sudah semakin paham dengan apa yang dimaksud blender begitu juga food processor. Keduanya punya fungsi yang hampir sama. Keduanya sama-sama praktis dan hemat waktu saat digunakan.

Yuk, tulis resep masakanmu

Buat resep di Mealy, dibayar tiap bulan!