Jenis-jenis Gelas dan Fungsinya

Editorial Mealy

Gelas merupakan salah satu produk kaca yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Terdapat jenis-jenis gelas yang tersedia di pasaran dan memiliki kegunaan dan bentuk yang berbeda-beda. 

Secara umum, fungsi dari kelas adalah sebagai wadah air atau minuman. Namun, dengan semakin bervariasinya bentuk gelas, fungsinya menjadi lebih beragam. Macam-macam gelas di hotel bisa jasa berbeda dengan gelas di bar. Jadi, kamu perlu untuk tahu jenis dan kegunaannya, ya.

Ketika kamu akan membeli gelas, pastikan kamu tahu terlebih dahulu jenis gelas yang dibutuhkan. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari kesalahan pembelian gelas.

Gelas Kaca

Jenis Jenis Gelas Dan Fungsinya

Gelas jenis ini merupakan gelas yang digunakan pada umumnya. Meski terbuat dari material yang mudah pecah jika dibanting atau terjatuh, gelas ini memiliki daya tahan lama jika dirawat dengan baik. Gelas ini juga tahan panas dan dingin, sehingga cocok untuk segala minuman.

Terdapat beberapa bentuk gelas kaca yang mungkin sering kamu temui, nih. Sudah tahu semua fungsinya, belum?

Gelas Wine

Seperti namanya, gelas ini digunakan untuk menyajikan minuman wine. Selain itu, gelas ini juga bisa digunakan untuk minuman beralkohol lainnya. Bentuk dari gelas ini umumnya memanjang dan ramping. Gagang dari gelas di bagian bawah lebih panjang dari gelas jenis lain.

Selain bentuknya, kapasitas gelasnya juga cukup beragam, terdapat kapasitas untuk 150 ml, 200 ml, hingga dari 300 lm. Kamu dapat memilih sesuai dengan kebutuhan.

Gelas Sloki

Jenis gelas yang terbuat dari kaca ini digunakan untuk minuman sekali teguk. Contoh minumannya adalah soju ala Korea atau minuman beralkohol lainnya. Jika kamu suka menonton drama Korea, kamu akan sering melihat jenis gelas sloki ini.

Gelas ini terbuat dari kaca yang tebal dan ukurannya kecil. Kapasitas dari gelas ini sekitar 50 ml.

Fountainware Glass

Dari jenis-jenis gelas yang ada, gelas ini mungkin yang paling sering kamu temui di kafe atau restoran. Gelas ini digunakan untuk minuman dingin seperti soda, milkshake, dan jus. Bentuknya yang besar membuat gelas ini cocok untuk minuman dengan porsi banyak.

Bentuk gelas ini tidak terlalu ramping dengan bagian wadah lonjong dan ukuran lebar. Karena kapasitasnya yang banyak, gelas ini banyak digunakan di berbagai restoran dan rumah makan yang menyediakan minuman dengan ukuran besar.

Rock Glass

Gelas jenis ini dikenal dengan nama gelas lowball. Nama ini digunakan karena bentuknya yang lebar, akan tetapi pendek. Biasanya gelas kaca yang satu ini digunakan untuk minuman beralkohol. Namun, gelas ini juga cocok dijadikan sebagai wadah untuk minuman dingin dengan es serut.

Gelas tanpa gagang ini memiliki kapasitas yang besar. Meskipun memiliki wadah yang besar, gelas ini tetap mudah untuk digenggam, lho. Jadi jangan khawatir kesulitan dalam menggunakannya, ya.

Gelas Pitcher

Siapa yang suka dengan alat dapur yang estetik? Nah, sebagai pengganti teko, kamu bisa menggunakan gelas pitcher, nih. Gelas ini berbentuk tinggi dengan area mulut yang kecil di ujung, cocok untuk pengganti teko. 

Kapasitasnya yang besar membuat gelas ini bisa membawa banyak air. Bahannya yang terbuat dari kaca juga membuat gelas ini dapat memamerkan isi di dalamnya. Kamu dapat memasukkan berbagai buah untuk infused water. Gelas ini cocok kamu gunakan dalam keseharian.

Gelas Mug

Gelas ini memiliki beberapa jenis bahan, yaitu kaca dan porselen. Jenis gelas yang satu ini memiliki bentuk yang lebih besar, memiliki gagang, dan terbuat dari kaca tebal. Mug ini juga bisa digunakan dalam keseharian karena memiliki kapasitas yang besar.

Ukuran dari gelas mug juga beragam, di antaranya 325 ml dan 450 ml. Gelas ini cocok untuk berbagai minuman seperti air mineral dan kopi.

Gelas Kertas

Pernah melihat gelas kertas? Gelas ini sering digunakan pada acara-acara tertentu. Gelas kertas merupakan jenis-jenis kemasan gelas sekali pakai. Tentunya kertas yang digunakan bukan kertas biasa. Kertas yang digunakan adalah kertas karton yang tahan air dan tidak rembes.

Kamu perlu tahu bahwa gelas ini ramah lingkungan dan dapat didaur ulang. Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir untuk menggunakan gelas kertas sekali pakai ini. Meski bisa didaur ulang, kamu jangan membuang-buang gelas kertas, ya.

Gelas Plastik

Gelas plastik ini cukup terkenal dan sering digunakan untuk wadah minuman, terutama pada minuman kemasan. Dengan menggunakan material plastik, gelas ini lebih tahan banting jika terjatuh atau dibanting. Namun, kelemahan pada gelas jenis ini adalah tidak tahan pada suhu panas.

Namun, gelas yang terbuat dari plastik tidak ramah lingkungan. Bahan material plastik akan mengalami pembusukan setelah 60 tahun. Jadi, jika kamu ingin membeli gelas jenis ini, pikirkan terlebih dahulu dampaknya. Jika bisa, kamu dapat mengurangi penggunaan gelas ini.

BACA JUGA: 7 Penjual Serabi Solo Paling Enak di Jakarta

Jenis-jenis Gelas di Restoran, Bar dan Kafe

Selain yang telah disebutkan sebelumnya, terdapat beberapa jenis gelas lain yang biasa kamu temui di restoran, bar dan kafe. Beberapa jenisnya adalah sebagai berikut:

Unstem Glass

Unstem Glass

Ini adalah jenis gelas tanpa tangkai kaki. Kegunaannya untuk minuman yang dicampur es batu. Beberapa jenis unstem glass yang ada adalah:

  • Old fashioned: unstem glass dengan ukuran lebih pendek, antara 7-10 oz. Kegunaan untuk minuman keras distilasi dengan es.

  • High ball: unstem glass yang lebih tinggi. Kegunaannya untuk menyakikan spirit with mixer, contohnya Vodka tonic, Gin tonic dan Whisky coke.

  • Pilsner glass dan Beer Mug: kegunaannya adalah untuk menyajikan bir.

  • Shot glass: unstem glass dengan ukuran 1 0z- 2 0z. kegunaannya untuk menyajikan spirit tanpa es atau straight, pure, plain, atau neat.

Stem Glass 

Stem Glass

Sedangkan stem glass adalah gelas dengan tangkai kaki dan dapat digunakan untuk minuman dingin tanpa es. Beberapa jenis stem glass yang ada adalah:

  • Wine glass: kegunaannya adalah untuk menyajikan wine dengan temperatur 10-12OC untuk white wine dan 18-20OC untuk red wine.

  • Champagne glass: untuk menyajikan minuman champagne. Memiliki bentuk yang ramping dan panjang.

  • Cocktail or martini glass: untuk menyajikan minuman cocktail dan martini. Wadahnya memiliki bibir yang besar dan mengerucut.

  • Irish Coffee Glass: memiliki tangkai untuk pegangan di samping. kegunaan untuk menyajikan special hot coffee drink.

  • Poco Grande: memiliki kapasitas yang lebih besar dengan wadah yang bergelombang. Kegunaannya adalah untuk menyajikan minuman campuran hasil kreasi bartender.

Espresso Cup

Espresso Cup

Cangkir espresso merupakan cangkir gelas kaca kecil yang hanya dapat menampung dua hingga tiga ons cairan. Ukuran cangkir espresso juga harus diperhatikan ketika memilih ukuran shot. Pastikan espresso cup yang kamu gunakan bisa menampung semua shot yang diinginkan.

Secara keseluruhan, jenis-jenis gelas sangat beragam. Terdiri dari berbagai ukuran, bahan, dan kegunaan. Pastikan kamu memilih gelas yang sesuai dengan kegunaan.**

Yuk, tulis resep masakanmu

Buat resep di Mealy, dibayar tiap bulan!